"TIDAK ADA SIMBOL SUCI DLM AJARAN BUDDHA"


Uraian dan Analogi Kesadaran Sempurna seorang manusia tingkat BUDDHA.


Buddha arti sederhananya ialah Orang yang telah mencapai Kesadaran Sempurna. Yaitu; Sadar untuk tidak berbuat Jahat dengan cara apapun, Bebas dari segala jenis Kejahatan Lahir dan Batin, baik yang Kasar atau Halus.


Analisis bhante sbb:

Kebanyakan orang hidup tiap hari dengan Kesadaran yg tidak Sempurna spt Buddha, secara Analoginya sbb: Saat kita Melamun ke masa/waktu yg lalu, itu berarti Kesadaran Sempurna/Murni (Sati) sering hilang/ pergi terbawa oleh Lamunan ke masa lalu/waktu yg lalu, atau terbawa ke Ingatan masa/waktu lalu.

Sebaliknya, saat kita punya Rencana Kerja/Plening/Program Kerja ke depan, kita berpikiran ke masa/ waktu yg akan datang, berarti Kesadaran Sempurna/Murni (Sati) kita itu terbawa oleh Rencana Kerja/Plening/Program Kerja ke depan. 

Ada juga saat orang Marah2, tp setelah selesai orang itu bilang: ‘Maaf ya tadi saya HILAF krn Emosi, HILAF ini artinya tdk ‘SADAR’ Kesadarannya tdk Sempurna.

2. Ada lagi Komplotan Perampok dan salah seorang membunuh wkt Merampok, dan temannya bilang: ‘Kenapa kamu bunuh Pemilik Rumah itu kan kita janjinya tdk bunuh orang.

Lalu Pembunuh itu bilang: ‘Maaf saya tadi Tidak Sadar (HILAF) krn terpaksa Pemilik Rumahnya Melawan’.

3. Yang lain ada orang suka Mabuk2an atau Nyabu dg teman2nya hingga bicaranya melantur, lalu orang yg lihat bilang: Orang Mabuk dan suka Nyabu itu suka ngelantur bicaranya krn tdk SADAR.

4. Kadang ada orang Pikirannya SADAR, tp Ucapannya tdk SADAR, ada juga orang yg Pikirannya SADAR, Ucapannya SADAR, tp Tindakannya tdk SADAR. Dan Sebaliknya… 


Kesimpulan: Kesadaran Sempurna yg dimiliki oleh seorang BUDDHA disini diartikan Orang yg tdk pernah Melamun, tdk pernah punya Rencana ke depan/waktu yg akan datang, tdk pernah Melakukan Kesalahan apapun tanpa SADAR, dari Pikiran-Nya SADAR, Ucapan-Nya SADAR, dan Tindakan-Nya SADAR hingga sekecil apapun bentuknya.

Sebaliknya, seorang Buddha selalu SADAR dg Tindakan-Nya, Ucapan-Nya, dan Pikiran-Nya, tdk pernah HILAF atau tdk SADAR.


Artinya seorang yg telah mencapai tingkat Buddha setiap saat selalu ‘HIDUP SAAT INI’.


Teman2 yang Budimana dan Lembut hatinya, Tulisan ini untuk Mengenang dan Mengingat Keluhuran, Ke-Agungan dan Ke-Muliaan Buddha Gotama seorang Manusia yang telah Berhasil Meraih Kesempurnaan yakni; Kesucian Lahir dan Batin menurut Tradisi ajaran Buddha Gotama.


Semoga berguna untuk menambah Pengetahuan dan Wawasan Dharma.
Mohon Maaf bila ada yang salah dan tidak berkenan di-Hati anda. Sadhu.



Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "