. “Ritual Kuno Penangkis Roh Jahat di Hong Kong”




(kalau di Indon ada ga yah..?)


Ritual pengusiran roh jahat dari zaman kuno rupanya masih dipraktikkan di tengah kota besar dan maju seperti Hong Kong. Mari menengok aksi seorang lansia yang menawarkan jasa pengusiran makhluk jahat.
Sambil berjongkok di “altar” darurat dengan dupa-dupa yang menyala di sekelilingnya, Oma Leung sibuk memukuli kertas seukuran manusia dengan sepasang sandal jepit.
"Aku kalahkan kamu, makhluk kecil. Aku usir kamu!” seru wanita berusia 76 tahun itu. Oma Leung adalah salah seorang praktisi ritual China kuno di Hong Kong yang bernama "da siu yan," atau "menghantam makhluk kecil yang jahat."


Oma Leung melakukan ritual tersebut di tengah-tengah distrik belanja yang hiruk-pikuk di Causeway Bay, dan jasanya mengusir roh jahat semakin laris saja. Dengan tarif HK$50 (sekitar 55 ribu rupiah), Leung mengklaim ia bisa mengutuk musuh-musuh para kliennya dan membalikkan nasib sial mereka dengan membakar kertas-kertas sesajen dan memukuli makhluk-makhluk dari kertas dengan alas kaki. Ritual tersebut, bagi mereka yang percaya, diyakini mengusir roh jahat secara umum atau musuh spesifik, seperti tetangga yang iri, kompetitor bisnis, atau pesaing dalam hal cinta.
Pengusaha wanita berusia 50 tahun bernama Ada Mak rela berangkat dari pinggiran kota Hong Kong setiap akhir pekan untuk menemui Oma Leung. Ia yakin, ritual tersebut bisa melindunginya dari gosip miring, tuntutan hukum, dan kerugian finansial.


"Saya selalu merasa tenang setelah menemui Oma Leung," ujar Mak, yang memilih agar sang nenek mengutuk musuh secara umum dan bukan target spesifik. "Jika Anda mengutuk seseorang secara spesifik, Anda hanya membidik orang itu saja. Mengutuk secara umum bisa membantu Anda mengalahkan siapa pun yang mencoba melukai Anda, termasuk yang tidak Anda sadari. Ini jauh lebih baik dan lebih efektif,” paparnya.


Berdasarkan pengakuan Oma Leung, jumlah klien yang datang padanya setiap hari cukup stabil. "Saya sudah melakukan ini selama delapan tahun terakhir,” katanya. Dia adalah satu di antara sekelompok kecil wanita tua yang berpraktik di area yang dijuluki "Goose Neck Bridge" di Causeway Bay. Mereka memilih tempat itu karena, kata mereka, roh-roh jahat suka dengan tempat-tempat yang gelap.


Dulu, Oma Leung mendapatkan uang dari mengumpulkan kardus bekas sebelum kemudian mendapat kekuatan yang merupakan “anugerah” dari Tuhan untuk mengusir roh jahat.

Setengah lusin orang tampak mengantri dengan sabar selama berjam-jam untuk mendapat giliran dilayani oleh Oma Leung. Ada empat turis dari Taiwan, pembantu rumah tangga, dan seorang gadis berumur delapan tahun.
"Putri saya mengeluh bahwa dia digencet teman-temannya di sekolah, dan dia sangat sedih,” ujar ibu si gadis kecil, Mandy Wong.
"Dia yang minta saya membawanya ke sini. Katanya, dia akan merasa lebih baik setelah ritual ini,” lanjut Wong, sambil mengawasi putrinya yang duduk diam di atas bangku kecil dan mengamati Oma Leung.
"Saya harap dia bahagia setelah ritual ini. Tak ada ruginya ke sini jika ini bisa membantunya merasa lebih baik,” ujar sang ibu, sambil memuji kemahiran Leung menghajar “makhluk-makhluk jahat,” ehm, maksudnya, teman-teman sekolah putrinya.


Setiap ritual bisa berlangsung selama sekitar 30 menit, tergantung seberapa besar kekuatan si roh jahat dan seberapa banyak Leung harus menghantam mereka sampai mereka pergi.
"Saya rasa ini bukan takhayul semata,” ujar Chau Hing-wah, kurator Hong Kong Heritage Museum, yang menyadari popularitas dari ritual "da siu yan" ini tengah meningkat di Hong Kong. Menurut prediksi Hing-wah, ritual kuno seperti ini tidak akan mati, justru bakal semakin populer.


sumber: Majalah Media Kawasan Edisi Juni 2012.
Penyelaras bhante Sudhammacaro.


               



Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "