“SIMBOL SUCI TOPI/ TOPONG PUTIH atau KUPLUK-PUTIH (kain penutup kepala berwarna putih)”



Terdapat banyak Umat agama menyatakan bahwa: “Orang itu sudah Suci hanya setelah pergi ke tempat yang disebut ‘Tempat Suci’ lalu pakai TOPI/TOPONG PUTIH atau KUPLUK-PUTIH (kain penutup kepala berwarna putih)”

Adalagi sebutan: “Orang itu sudah Suci, sebab Orang itu suka menolong orang2 menderita sakit, orang2 miskin, atau orang2 yang membutuhkan bantuan dengan ‘Tanpa Pamrih’ lalu disebut ‘Orang Suci’, dsb, dan sama2 pakai TOPI/TOPONG PUTIH atau KUPLUK-PUTIH (kain penutup kepala berwarna putih)”

Yang lain mengatakan: “Orang itu sudah Suci, sebab Orang itu Pemimpin Agama yang Kudus Pengikutnya sudah Jutaan Orang di seluruh Dunia, dan sama2 pakai TOPI/TOPONG PUTIH atau KUPLUK-PUTIH (kain penutup kepala berwarna putih)”

Bagaimana Menurut anda, apakah Benar Orang kalau sudah pakai TOPI/TOPONG PUTIH atau KUPLUK-PUTIH (kain penutup kepala berwarna putih)”  boleh disebut ‘Orang Suci’ begitu..?

Benar atau tidak, Apa sebab dan alasannya…?

Silahkan teman2 komen Pencerahan yg benar dan berguna, trims sadhu.

Komentar:

1. Nammo Buddhaya bhante... namasakara... menurut saya orang yang suka menolong ya penolong org yg di tolong.. yg suka membantu dan memberi orang2 yg kesusahan ya dermawan... yang suka pake warana warna putih ya itu warna favoritnya... oh ya bayi baru lahir blum tentu suci. krn sudah membuat derita sang ibu yang melahirkan.. apa itu alami proses kelahirannya ataupun caesar... maaf bhante.. menurut bhante seorang bhante apa sudah suci.. dalam Buddhist yg di katakan suci apa harus mencapai arahat dulu bhante ? anumodana bhante....


2. Namo Buddhaya, Mnrt sy Warna putih hny lah lambang kesucian. Tp itu hnylah sbh lambang,tdk ada benda apapun(apalagi hny topeng/kupluk/topi pth)atau siapapun yg bisa mensucikan org(diri sndr/pun org lain). Yg bisa mensucikan diri kita sndr hny lha tindakan, ucapan, n pikiran yg didasarkan pd motivasi n cr yg baik n bijak.


3. Namasthe Bhantie, Sukhita Hontu, yang bisa menilai org suci ato engga hanya dirinya yg tau, tp klo org suka membantu menolong org lain tanpa ember2, ya bolehlah disebut calon org suci, krna org suci seharusnya sdh ga punya rupa/pancakhanda. Mohon koreksi ya Bhante. Amitofo.


4. Namo Buddhaya, selamat pagi...kalau menurut sy yg masih bodoh mengenai stat Bhante tidak dapat dikatakan orang Suci Bhante, karena selama manusia masih memiliki Lobha, Dosa Dan Moha tdk dpt dikatakan suci, kecuali jika sdh bisa membebaskan diri dari Lobha, Dosa dan Moha seseorang dapat dikatakan suci + sehari2nya hanya membaca Paritta suci + bermeditasi, menjauhi kehidupan duniawi termasuk perempuan (penggoda/ Mara) he he he...maaf jika pendapat saya yg bodoh ini salah he he he, Salam hormat Saya Kepada Bhante, Salam Metta Bhante.


5. Pagii bhante.. Menurut sy di dunia ini gakk άϑά org suci.. Krn manusia semuanya punya dosa karma.. Dosa itu gakkk bisa di tutupi dengan pake serba putihh.. bahkan sampe rambut di cat putih juga tetap ajaa manusia itu berdosa.. (˛) Ħεε Ħεε. pggggg...ya jls tdkkkk apakah mereka semua sudah terbebas dr kilesa... tidak ada orang yg suci ketika masih ingin perempuan cantik,kekuasaan ,uang,harga diri dan ingin di sanjung. Di singgung sedikit saja golok melayang dg atas kebenaran diri sendiri.


6. menurut saya.. orang yg sudah pake topi/topong putih dan di luarny sudah jelas orang suci, di dalam hatinya blm tentu dia suci. jd orang suci tidak harus pakai topi putih dll.. tp yg penting adalah dia sudah bisa menetralkan pikiran, membeningkan batin.. terima kasih.


7. Namo Buddhaya, menurut saya orang yang banyak berbuat amal, banyak berdoa, sering ketempat suci , memakai tppi putih dan atribut lainnya belum bisa di katakan suci ...selama hatinya tidak suci...suci ataw tidaknya yang menilai bukan kita tapi yang di atas....karena Dia mengetahui semua.yang kita perbuat ....terima kasih..


8. tidak benar, tidak semudah itu apasih tujuannya seperti yg di tuliskan anda pakai ..... itu agar orang banyak melakukan kebaikan mengurangi keburukan , kalau menurut saya semua oarang bisa melakuan seperti itu tanpa harus pakai topi putih atau kopiah asalkan tujuannya yaitu mulia membantu bukan bikin masalah. Satu2nya manusia yg bs dikatakan suci hanyalah: bayi yg baru lahir..


9. menurut saya bhante adalah orang yang sedang menjalankan kesucian.. mungkin bisa di katakan seperti itu. kalau orang suci... hemmmmmm saya belum pernah ketemu orang suci selama hidup ini. kalau sok suci dan munafik banyak saya jumpai di kehidupan saya... hihihihihi ikut ikutan bhante aja dah hihihihi....


9. Orang suci adalah para Sotapañña, Sakadagami, Anagami dan Arahat. Diluar yg 4 itu hanyalah Putujhana orang-orang yg masih tenggelam di dunia Samsara.  penutup putih tidak dapat di katakan suci ... penilaian sampul dari pada isi ..


10. Nammo buddhaya bhante n teman2.. @ CT, belum pernah ketemu org suci ya, nti sy kenalin ya tetangga saya nama nya si suci.. Hihihi.. @KTL, tidak perlu membebaskan lobha dosa moha, tetep aja di panggil namanya suci.. He he he.. Santai santai omithofo ..



Kesimpulan: Teman2 Dharma, tiap agama dan Umatnya termasuk Umat Buddha punya penilaian masing2, mereka menyebut dg kata2 SUCI itu dg Gampang sekali, tanpa tahu dan mengerti sesungguhnya arti kata ORANG SUCI itu yg bagaiamana dan seperti apa.


Ukuruan (Tolak Ukur) sebutan Suci menurut umat agama lain memang seperti itu, apa yg ditulis diatas. Bhante sendiri bukan orang SUCI dan tdk tahu dan belum ngerti seperti apa dan bagaimana orang Suci itu.


Jd, bila ada teman2 yg tahu dan ngerti dari hasil belajar Dharma silahkan sampaikan… biar kita semua tahu dan mengerti sebutan Orang Suci itu spt apa dan bagaimana…


Bhante cuma mengajak anda utk menjawab dan memberi penjelasan pertanyaan diatas, bukan utk DEBAT KUSIR, dan pertanyaan diatas WAJAR krn sdh ada Faktanya ratusan tahun yg lalu, anda tdk perlu tersinggung lalu EMOSI/ MARAH2. Coba latihan tenang dg kepala dingin dan santai aja.  

bhante sendiri merasa bukan Orang Suci, sebab merasa msh banyak karma buruknya, hihihihi.

Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "