“KALAU ORTU DUNGU GIMANA TINDAKAN ANAKNYA TERHADAP ORTU?”





Teman2 kl sempat silahkan simak pertanyaan dibawah ini.


Nammo Budhaya bhante, Namasakara... bila kita memiliki teman, saudara atau mungkin orang tua yg seperti itu bhante. Seperti itu maksudnya DUNGU? 


Sikap apa yg harus kita lakukan, krn kalau org tua harus kita hindarkan mungkin agak sulit bhante.... anumodana bhante..


Kalau mau jawab/ komen lbh bgs trims sadhu.  



KOMENTAR:

1. menerima segala kekurangan dan kelebihan krn tak ada manusia yg sempurna tak blh mencela apalagi menjauhi walau kdg terasa mejengkelkan berusaha sabar dan iklas menerima semuanya.


2. menurut Bang Tjahyadi Chai kl ada bhante pake jam tangan bgs, cincin emas, apa kata Dunia? Sama halnya kl Orang sdh usia Dewasa misal 40 th lbh, tp msh DUNGU, apa kata Dunia? he..he..he..Bang Tjahyadi Chai ini ada2 aja.


3. bersikaplha melindungi,karena dungu itu rentan menjadi korban.
sungguh sulit hidup dengan yg dungu (tidak memiliki kebijak-sanaan) karna kadar kebijaksanaan kitapun masih sangat sedikit. 
menghindar adalah yg terbaik namun bila tak bisa dihindari yg harus selalu disadari adalah jangan sampai ada kebencian dan jangan sampai menyimpan dendam walau dalam keadaan marah sekalipun.
jangan karna marah mengharap orang lain celaka.


4. Yang pertama, adalah memahami latar belakang dari sifat dan karakter mereka, kemudian tetap berbuat baik kepada mereka dengan sikap rendah hati, lama kelamaan dengan teladan hidup rendah hati (bukan rendah diri) mereka akan menyadari bahwa untuk menjadi baik tidak harus dengan sifat dan karakter yg dungu. Selain itu mendoakan mereka. Selanjutnya merupakan tanggungjawab pribadi.


5. setiap makhluk memiliki karma nya sendiri... (paritta Brahma Wihara Pharana -upekkha) bagus untuk direnungkan n di pakai dlm kehidupan keluarga, segala sesuatu dunia ini ada sebab n akibat , itulah inti ajaran Sang Buddha ... hidup harus rilex/santai ntetap bersyukur n intropeksi diri, sikap yg harus dilakukan bukan menghindar, tetapi melakukan pendekatan kpd ortu...yg utama didunia ini adalah berbakti kpd orang tua...kita lahir di dunia ini karena mereka(bukan dr batu) he he he...mohon maaf jika ada kata2 yg salah,, maklum lagi belajar ttg buku paritta... santai santai Omithofo.


6. Teman2 dlm hal ini bhante salut sm anda semua krn komennya sdh mendekati orang bijaksana cm tinggal selangkah lg cb tebak. he..he..he..itu bang tjahyadi chai pake punya bhante artinya makin dekat .

 semoga demikian adanya bhante. saya banyak belajar dari bhante. anumodana bhante.semoga ada karma baik jadi bisa berkunjung ke tempat bhante.

agak sulit kl ortu jadul d msh bnyak krn zaman dlu pendidikan tdk diutamakan d pergaulan dibatasi jd saat sdh tua tetat jadul d nampak dungu keras kpla mau menang sendri sulit diubah. kasihan ortu spt itu tp gimnapun itu msh ortu kita yg patut dihormati. pelan2 aja ajak ke wihara kl ada acra besar d menarik atau ks nonton film dharma blh. trimms sadhu.


7.  anumodana bhante dan teman2 . trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu... sadhu...sadhu...
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk baik yang nampak maupun tidak hidup berbahagia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “