" SEJARAH KEBOHONGAN TENTANG AGAMA "


Agama adalah salah satu kebohongan terbesar dalam sejarah manusia, bayangin tuhan diam aja selama berabad-abad. Padahal manusia saling siksa krn membela agama masing-masing, apa sih susahnya kalau si Allah/ Tuhan itu dia muncul sekali aja, atau tiap 10 tahun sekali deh.

Nyatanya ampe sekarang si allah/ tuhan itu gak pernah nongol, hanya nongol dalam mimpi manusia YG TOLOL, GOBLOG AND BEGO BANGET.



Oleh Benjamin Radford


Cuplikan film “Innocent of Muslims” baru-baru ini menyebabkan kerusuhan gara-gara menggambarkan Nabi Muhammad sebagai seorang cunihin, penganiaya anak dan penjahat. Beberapa orang Amerika, termasuk duta besar Amerika Serikat untuk Libya, Chris Stevens, tewas dalam aksi protes terhadap film tersebut.


Tetapi di balik kemarahan tersebut, masih belum jelas apakah film itu benar-benar ada. Yang baru ada hanyalah cuplikannya. Investigasi terhadap “film” anti-Islam tersebut sedang dilakukan, tapi masih belum ditemukan bukti apakah film itu ada atau hanya sebuah kebohongan. 


Orang membuat kebohongan karena banyak alasan, tapi ketika penipuan dipadukan dengan hal yang berhubungan dengan agama hasilnya bisa menjadi menjadi sesuatu yang lucu hingga menjadi hal yang mematikan.


Berikut adalah tujuh sejarah kebohongan tentang agama:


1. Protokol tetua Zion
Mungkin ini adalah kebohongan tentang agama yang paling terkenal dan jahat dalam sejarah, “The Protokol of the Learned Elders of Zion” adalah sebuah buku yang seharusnya mengungkapkan sebuah rahasia konspirasi orang Yahudi untuk menguasai dunia. 


Buku itu pertama kali muncul di Rusia pada 1905, dan meskipun buku tersebut telah dicap sebagai pemalsuan, buku itu masih terus dicetak dan tetap beredar. Banyak orang menudukung kebohongan tersebut, termasuk aktor Mel Gibson, Adolf Hitler, dan pemilik perusahaan mobil Henry Ford, yang pada 1920 membiayai penerbitan setengah juta kopi buku itu.


2. Kain kafan dari Turin (Shroud of Turin) dan relik suci lainnya

Meskipun banyak orang percaya bahwa Shroud of Turin Italia adalah kain kafan pemakaman Yesus, Ada bukti menarik bahwa kain kafan tersebut faktanya adalah sebuah kebohongan, termasuk surat pada 1389 dari Uskup Prancis Pierre d’Arccisto French Bishop Pierre d'Arcisto Pope Clement yang menyatakan bahwa seorang pelukis mengaku bahwa dia menulis surat tersebut. 


Memang, bukti dari uskup tersebut sangat meyakinkan bahkan Pope Clement mengakui hal itu sebagai sebuah pemalsuan — salah satu peninggalan suci palsu yang tidak terhitung jumlahnya yang terus beredar saat itu. Usia karbon yang terdapat pada shroud of Turin ternyata tidak sama dengan saat penguburan Kristus tetapi dibuat 14 abad kemudian — tepatnya ketika seorang pemalsu mengaku membuat kain kafan itu. Bahkan yang lebih meragukan lagi, tidak ada catatan keberadaan kain kafan tersebut sebelumnya. 


Jika itu adalah benar kain kafan penguburan Yesus Kristus, hal tersebut terlihat meragukan karena tidak ada satu orang pun yang mengetahui tentang kain itu selama 1300 tahun. Meskipun masih banyak orang percaya keasliannya, bukti sejarah dan ilmiah menunjukkan Shroud of Turin mungkin adalah sebuah kebohongan. Seperti ditulis peneliti Joe Nickell di dalam bukunya “Relics of the Jesus” (The University Press of Kentucky, 2007), kain kafan yang ditampilkan di Turin hanya salah satu dari lebih dari 40 kain kafan Yesus yang semua diklaim asli.


3. Raksasa Cardiff
 
Ketika para petani sedang mencangkul di Cardiff, New York, mereka menemukan sebuah fosil orang pada 1869 yang dianggap sebagai sesuatu yang luar biasa. Cardiff Giant, nama populer fosil itu, adalah sebuah figur yang nyata dengan dimensi seperti manusia — kecuali tingginya yang hampir mencapai 3 meter. Itu sangat unik tapi figur tersebut menjadi perdebatan publik. 


Sebagian orang percaya itu adalah ukiran batu, tapi siapa yang akan membuat ukiran batu itu beberapa tahun lalu yang dikubur sangat dalam di bawah tanah? Sebagian orang lainnya, termasuk pastor lokal, yakin bahwa figur tersebut adalah bukti dari kebenaran harfiah dari kitab Injil, terutama pada Genesis 6:4 (“Ada raksasa di bumi pada saat itu” KJV).


Akhirnya, salah satu dari raksasa yang disebutkan di dalam kitab tersebut, ditemukan di lahan pertanian desa di New York! Itu adalah kebohongan yang cerdas yang dibuat seorang laki-laki bernama George Hull yang telah menanam batu ukiran yang kemudian ditemukan para petani, yang membuktikan bahwa apa yang dijelaskan ahli literatur kitab Injil salah.


4. Permainan sulap guru India Sai Baba

Salah satu pemimpin spiritual paling berpengaruh di India, Satya Sai Baba meninggal tahun lalu pada usia 84 tahun. Selama lebih dari lima dekade guru kharismatik tersebut memesona dan membuat para pengikutnya tertegun dengan menunjukkan keajaiban kecil, termasuk membuat abu suci, jam tangan, patung, kalung dan cincin yang terlihat keluar dari udara. 


Namun, para penyelidik yang meragukan keajaiban tersebut termasuk Basava Premanand dari Federation of Indian Rationist Associations menuduh Sai Baba menggunakan trik-trik sulap, dan mengatakan semua benda kecil tersebut mudah disembunyikan di dalam tangan dan jubah dengan lengan yang panjang. 


Setidaknya dalam satu kasus Sai Baba terlihat dalam film yang dibuat penyelidik Professor Richard Wiseman yang secara rahasia menarik benda-benda kecil dari pengikutnya sambil berpura-pura benda tersebut entah datang dari mana.


5. Penemuan bahtera Nabi Nuh
Usaha menemukan bukti sejarah dan arkeologi dari kejadian tersebut di Injil sering dilakukan dan sebagian mengklaim menemukan bahtera nabi Nuh. Meskipun banyak orang mengatakan penemuan kapal tersebut adalah sebuah kebohongan, pada 1993 seorang pria membuat kebohongan di CBS TV dia acara yang berjudul “The Incredible Discovery of Noah's Ark”. 


Acara tersebut menampilkan seorang pria bernama George Jammal, yang mengatakan telah menemukan kapal di sebuah pegunungan di Turki. Sebagai bukti dari penemuannya tersebut, dia dengan bangga menampilkan potongan kayu dari kapal tersebut. Kayu tersebut faktanya adalah kayu pinus yang diasinkan dalam saus kecap, dan Jammal adalah seorang aktor yang bahkan tidak pernah pergi ke Turki.


6. Makam James, Saudara Yesus

Pada 2002 seorang penjual barang-barang antik di Israel mengatakan telah menemukan sebuah kuburan dari batu kapur (digunakan untuk menahan tulang orang yang sudah meninggal) dengan sebuah prasasti dalam bahasa Aramik di salah satu sisi kotak yang mengidentifikasi isinya (kosong) sebagai “James, putra dari Yusuf, Saudara Yesus.” 


Penemuan tersebut menjadi pemberitaan internasional karena jika itu benar, mungkin bisa memberikan bukti arkeologi untuk Yesus Kristus. Namun, banyak arkeolog merasa ragu karena beberapa alasan, termasuk karena tidak jelas asal (sejarah) benda tersebut dan karena pola ukiran mawar pada makam di sisi lain telah rusak termakan waktu, sementara tulisan di sekitar prasasti yang masih terlihat jelas menunjukkan bahwa tulisan tersebut baru saja ditambahkan. 


Pembersih kapur juga terlihat digunakan pada tulisan tersebut agar terlihat lebih tua dari yang sebenarnya. Pada 2003 pihak otoritas barang antik di Israel menerbitkan laporan yang menyimpulkan bahwa prasasti tersebut adalah pemalsuan ukiran modern di makam tua. 


7. Tuhan Bicara kepada Peter Popoff Melalui Radio Gelombang Rendah 
Salah satu “televangelis” paling terkenal pada 1980-an adalah Peter Popoff, yang selama khutbah dan kesaksiannya, akan menyebut nama dan alamat rumah penonton yang belum pernah dia temui sebelumnya. Dia bahkan mengetahui detail profil orang seperti penyakit yang diderita anggota keluarga atau nama orang-orang yang telah meninggal. Tampaknya Popoff mendapat pesan tersebut dari Tuhan atau malaikat, dan hal itu membuat penonton dan pengikutnya sangat terkesan.


Pada 1986, pesulap James “The Amazing” Randi mendengar tentang kemampuan menawan Popoff dan memutuskan untuk melakukan penyelidikan. Randi mencatat setiap hal kecil yang mungkin tidak diperhatikan orang lain: Popoff memakai alat bantu dengar atau earphone. Dengan sebuah scanner radio, Randi menemukan bahwa Popoff sebenarnya mendapat informasi biografi tentang penonton dari istrinya (yang berbicara lebih dulu kepada penonton) menggunakan radio. Skandal tersebut menodai jabatannya sebagai pendeta, tapi dia akhirnya berhasil bangkit dan tetap aktif sampai sekarang.


Benjamin Radford adalah wakil editor majalah ilmu pengetahuan Skeptical Inquirer. Alamatnya situsnya adalah www. BenjaminRadford.com


KOMENTAR:


1. agama adalah salah satu kebohongan terbesar dalam sejarah manusia, bayangin tuhan diam aja selama berabad-abad, padahal manusia saling siksa krn membela agama masing-masing, apa sih susahnya dia muncul sekali aja, atau tiap 10 tahun sekali deh. nyatanya ampe sekarang tuhan gak pernah nongol, hanya nongol dalam mimpi manusia YG TOLOL, GOBLOG AND BEGO BANGET.


2. Kalo bersedia berpikir bebas, tanpa kesimpulan dari awal, tanpa ketakutan, maka banyak kibulan2 di ajaran agama. Semuanya, ga cuma yang ini atau itu. Tujuannya baik, tata perilaku. Tapi buatan manusia, sifatnya regional. Mana ada nabi Vladimir di Islam/Kristen kan?

3. Abraham/ibrahim pun akhirnya diketahui hanya legenda yahudi saja. Mana mungkin bisa bikin kotak hitam di mecca??? syukurin lu telah makan mentah2 legenda yahudi.. ternyata dr jaman dahulu kala, kebohongan itu lebih populer dr kejujuran...fadahal kejujuran itu sangat mahal harganya........

sy setuju bukan tuhan yang menciptakan manusia tetapi manusia yang menciptakan tuhan..dan banyak peperangan dan tindakan anarkis terjadi kerena Agama.. Makanya dalam Agama Buddha tidak pernah memperdebatkan Tuhan. Kalau sifat Ke Tuhanan memang di ajarkan , Jauhi kejahatan , Perbanyak berbuat kebajikan , sucikan Hati dan Pikiran kita. Itulah inti nya. pembelaan Agama(Tuhan).! Apakan Tuhan masih perlu dibela oleh manusia yang kabarnya diciptakanNya? Like this. Org yg beragama (ber tuhan) mrk hanya kuat dlm aqidah/keimanan. Tetapi miskin dlm norma, akhlak & etika.


4. Benar Bhante, sebetulnya umat manusia keinginan sederhana aja kita semua mau mencari kebahagiaan, kekayaan, kenyamanan dgn mudah lalu ingin mencari keselamatan setelah kematian dgn mudah cuma karena tidak mengerti akan sistim kehidupan yg sebenarnya, bahwa semua itu hanya fatamorgana, akhirnya banyak disalah gunakan oleh oknum manusia dgn menjual agama untuk keselamatan dalam kehidupan sekarang maupun yg akan datang, sungguh sulit Bhante bagi umat manusia untuk menuju Nibbana karena perlu praktek yg terus menerus dalam menjaga pikiran, ucapan n perbuatan agar tetap dijalan yg benar..


5. Kekotoran batin dan nafsu keegoan manusia oknum yang sering memprovokator atas nama Agama yang sering menimbulkan kobaran kebencian mengatas namakan pembedaan Agama (Tuhan)? Apakah Tuhan masih perlu dibeda oleh manusia yang katanya diciptakanNya?


Nammo Budhaya bhante, namasakara _/\_ , Sutanto Tan bila anda tersinggung saya mewakili bhante tuk minta maaf, saya tau perasaan anda, seperti saya dulu bertahun2 disindir ttg agama saya dan saya semakin bijak dalam itu. untuk bhante pastinya ini masukan yang baik, bhante menulis itu mungkin (menurut saya) untuk melatih diri kita sendiri dalam kesadaran dan kesabaran diri, pada saat kita baca apakah emosi memuncak, mari kita pancarkan metta, dan mawas diri agar lebih baik kedepannya.... hehehe.. Apapun agama mu apapun Tuhanmu yg menyelamatkanmu adalah amalan perbuatan baik mu.

hehehee..... bacalah dengan seksama jangan hanya membaca judulnya saja .... cerna dengan baik... karna di sini kita semua di UJI KEBIJAKSANAAN SEBAGAI SEORANG PENGANUT ... bagai mana dengan '' saya sebagai ateis yang berbudi '' ..

HINDU mngajarkan KERUKUNAN,BUDDHA mngajarkan KEDAMAIAN,KRISTUS mngajarkan CINTA KASIH,ISLAM mngajarkan KEBAJIKAN.BHINEKA TUNGGAL IKA TAN HANA DHARMA MANGRWA._





Komentar

Unknown mengatakan…
berkata agama kebohongan karena akal dan pikiran manusia masih sangat dangkal tentang keberadaan/wujud tuhan...
yang biasanya tuhan maunya dipersamakan dengan wujud mahluknya...
adanya langit, bumi, bintang, mahluk dan seisinya tentu ada yang mencipta...
soal bagaimana wujud tuhan silakan beragama... tk
Unknown mengatakan…
berkata agama kebohongan karena akal dan pikiran manusia masih sangat dangkal tentang keberadaan/wujud tuhan...
yang biasanya tuhan maunya dipersamakan dengan wujud mahluknya...
adanya langit, bumi, bintang, mahluk dan seisinya tentu ada yang mencipta...
soal bagaimana wujud tuhan silakan beragama... tk
teddy mengatakan…
Pantas saja orang budha banyak yang jadi bintang porno . Heeem ternyata buddha itu sangat menjijikkan
teddy mengatakan…
Pantas saja orang budha banyak yang jadi bintang porno . Heeem ternyata buddha itu sangat menjijikkan
Sun Gokong mengatakan…
Lo mau Posting blog Apa Ngehina Sih, Sini Lo Gue Tampol Jidat Lo, Ayo Kita Kelahi Satu Lawan Satu Biar Gue Tonjok Tu jidat lo Sampai Kena Otak LO Biar Lo Bisa Mikir Jernih.
Sun Gokong mengatakan…
Lo mau Posting blog Apa Ngehina Sih, Sini Lo Gue Tampol Jidat Lo, Ayo Kita Kelahi Satu Lawan Satu Biar Gue Tonjok Tu jidat lo Sampai Kena Otak LO Biar Lo Bisa Mikir Jernih.
Unknown mengatakan…
Saya mengutip kalimat di atas, "manusia menciptakan Tuhan." lantas kalau manusia menciptakan Tuhan, manusia ciptaan siapa? Gak mungkin lah tiba-tiba ada.

Anda juga mengatakan bhineka tunggal ika. Tapi, dalam artikel anda seakan menghancurkan persatuan tersebut.

Apakah buddha mengajarkan welas asih dengan cara menghina, atau mengolok olok orang/kelompok/agama lain?

Kalau anda bijak, anda diolok olok seharusnya diam dan membalas kebaikan.
vellin mengatakan…
Namo Buddhaya bhante.salam dari saya.
Manusia lahir dari karmanya sendiri.lebih baik bagi anda yang mengomentari,tolong jangan langsung menghina.buktikan terlebih dahulu,pelajari ajarannya.barulah bisa komentar.Sorry kalau tersinggung ...
Unknown mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
tentang kehidupan mengatakan…
Benar sekali tentang tulisan diatas, kita semua hanya korban sejarah, kalau memang tuhan itu pernah ada, mana pertolongan dia untuk kita, kita hanya diberi kesengsaraan. jadilah manusia yang bijak.
Lu mengatakan…
Assalamualaikum guys.. Aq pengen masuk islam guys.. Di agama islam ada penawaran perty sex di akherat.. Lo lo agama lain pada gak ada kan. Ajari aq keindahan islam plis
engga munafik mengatakan…
Keren, akhirnya ada yg sepemikiran :D
Unknown mengatakan…
Apapun ajaran dan pemahaman yg mengandung ideologi memiliki peranan yang sangat besar pada pola pikir dan kehidupan umat manusia, jadi sudah tentu perlu pembuktian secara empiris dan kebenaran yg obyektif. Dan tanpa perlu menggunakan pemikiran subyektif dan kesimpulan yg mentah, jauh dari kebenaran yg hakiki.
Unknown mengatakan…
Jika anda menanyakan mengapa Allah atau tuhan diam saja, melihat umat manusia saling membunuh dan menghancurkan, maka sebenarnya ada jawaban dalam qur'an, bahwa Allah telah berjanji akan membalas amal perbuatan manusia, nanti di akhirat. Telah cukup banyak contoh bagaimana allah menghukum dan menyelamatkan manusia. Dan telah menugaskan nabi dan rasul untuk mengingatkan kembali apa tujuan manusia diciptakan, yaitu untuk meng esakan tuhannya.
Namun manusia diciptakan bukan sebagai robot dengan hanya satu kemampuan, namun dibekali akal untuk memilah mana yang benar dan salah, lantas akan memberikan ganjaran surga atau neraka.

Jika anda tidak percaya adanya tuhan atau yang ghaib, maka mungkin anda berkaca pada diri sendiri, apakah yakin tidak ada kegaiban pada diri anda, misal apa itu nyawa, mengapa anda menjadi gemuk atau kurus, apa itu sakit, kspsn anda mati, apa yg bisa menyebabkan anda mati, dan berbagai pertanyaan lain.

Jika anda sudah percaya adanya hal ghaib, baru mulai membahas, apakah Tuhan ada.

Ibarat ilmu matematika, jika anda belum paham perkalian dan pembagian,belum waktunya anda menanyakan angka logaritmik
Admin mengatakan…
Tuhan itu ada.. namanya Tuhan alam semesta. Kalau agama itu buatan manusia. Tuhan tidak menciptakan agama. Kalau memang benar satu agama itu benar.. kenapa harus diciptakan beberapa agama, dan berbagai Tuhan. Berarti, pada waktu itu manusia itu menciptakan sebuah agama dengan mengatas namakan Utusan. Padahal soal utusan itu nggak ada..Itu hanya dibuat - buat supaya pada waktu itu dia dapat banyak perlindungan dari sesama manusia.
Admin mengatakan…
Kalau memang Allah mau menepati Janjinya di Akhirat... Mengapa manusia harus di posisikan terlebih dahulu di dunia ini.. Mengapa tidak secara langsung Memposisikan manusia ke tempat ahirat saja.. Katanya: Allah maha besar.. Lalu mana kebesarannya...
Unknown mengatakan…
assalamualaikum wr.wb.manusia punya akal,perasaan, dan hati.ke 3 nya itu harus di sinkronkan. jangan hanya pikiran aja di pakai. makanya enggak nyambung kalo ngebahas agama. bagi yg punya agama tolong pelajari dengan baik al-kitabnya. maka disitu kita menemukan jalan kebenarannya. jangan hanya berfikir tanpa pedoman. bisa jadi setan yg berbisik ditelinga. Waspadalah!
Keluarga Bahagia mengatakan…
untuk penengah perkara. Lu banyak banyak baca buku sejarah tong. banyak tuh di perpustakaan. Agama yang diciptakan Adam adalah agama Tuhan ( Allah SWT ), anak krturunannya lah yg ingkar terhadap perintah dan ajarannya makanya dia buat agama berdsarkan pemikiran sendiri. sampailah pada generasi seterusnya. Makanya Tuhan maha baik diutusnya juru selamat yakni nabi mahluk yg berdarah berdaging ( manusia ) untuk menyampaikan kebenaran agama. yg selama ini sdh membelot kemana mana. Ya namanya manusia tetaplah membangkang sepeninggalan nabi yg diutus menciptakan agama hasil karya sendiri. selanjutnya diutus nabi lagi terus, dan terus sampai nabi terakhir Rasullulah SAW. yg sampai sekarang ajarannya di anut sampai sekarang.
So kalau ente gak pengen punya agama/ateis itu terserah ente sendiri. Asal lo tau aja. Dunia dan kehidupan ini adalah sebuah ujian yang di beri oleh Tuhan Kepada umat manusia untuk mau turut atas perintah dan ajarannya. atau hanya pilih membangkang dan tidak mau mrngikuti ajaran dan perintahnya. Dan jani Tuhan itu benar hadiahny yg ikut dan taat perintahnya adalah surga dan yg membangkang adalah neraka. Jadi lo mau pilih yang mana
oscuro mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan…
Sejarahnya sudah beribu ribu tahun ditulis,kamu baru saja sehari dua bisa comment gini.sebenarnya kamu ini anak dajjal.
Unknown mengatakan…
ayoooo... siapa yg mau jadi dinosaurus.... 😊😀😀
ayah mengatakan…
Si dungu agamis vs si cerdas naturalisl
ayah mengatakan…
Kesadaran dan spiritualisme manusia berkembang dalam wujud ala mawah sadar,,,dimana ada orang yg berbakat agamis, ada yg tidak mereka lbh yerbuka, natural dan berfikir bebas,,,si agamis beda secara bahkan dalam level gen dgb si naturalis,,orang agamis, tak kan percaya evolusi, galaksi, heliosentris, dll. Mereka cenderung "takut" akan realita.menurut saya andaikan tuhan itu ada, dia bukan sosok person tapi merupakan ketidskbethinggaan energi dan merupakan sumber "kehendak"segala sesuatu di jagat raya ini,,..
Unknown mengatakan…
https://bit.ly/2O8CWwZ
thanks infonya
yenelsdirk mengatakan…
Saya percaya adanya Tuhan ....
Tuhan tdk bisa dilihat....
Namun kita bisa merasakan adanya Tuhan ....
Terbukti setiap yg saya minta, cepat atau lambat semua terwujud...
Alhamdulillah .... Allahu Akbar !
Semua permintaan kita pasti dikabulkan Tuhan, asal ....
Konsisten (istiqomah) dlm beribadah ..
Qt cinta dan sayang padaNya, otomatis Diapun cinta dan syg kpd kita..
Itu saja resepnya ...
yenelsdirk mengatakan…
Klo ada manusia yg suka menghina2 suatu agama, sah2 saja, mulut2nya dia, ....
Cuma agama saya blg, itu manusia dzalim dan fasik...
Pasti akan celaka ...
Klo blm celaka, berarti blm waktunya ...
Tuhan masih menutupi aibnya ...
Tapi sesuai janji Tuhan, dia akan celaka ! Pasti !
Sudah celaka, masih blm sadar juga ...
Bekal untuk masuk neraka jahannam ...
Itu firmanNya !
Budi Siswanto mengatakan…
Sayangnya saya terlambat bertemu dg blog ini. Siapapun penulisnya, saya acungi jempol, gak banyak orang yg berani mengungkap konspirasi global. Semua berkelit, semua berkilah. Padahal hati kecilnya bertanya-tanya juga soal kebenaran. Yg beragama, kadang jadi murtad, krn pada saat mrk susah...hati kecilnya bertanya-tanya...apakah Tuhan ada?? Koq tega membiarkan aku dalam kesusahan. Yg ateispun juga bertanya-tanya....apakah benar....semua yg terjadi ini adalah kehendak Tuhan....jgn-jgn hanya karena system kecerdasan alam semesta.....
Ok, salam buat penulis..semoga terus mendapat pencerahan dari kesadaran alam yg tertinggi....dan salam juga buat para umat beragama, yg tersinggung dg tulisan ini....saran sy, tambah pengetahuannya...agar mengumpatnya berdasarkan fakta bukan asumsi....

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “