“ ORTU JAUH DI KOTA A SAYA DI KOTA B, MAU BALAS JASA GIMANA CARANYA “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi Dharma; Tanya: Bhante, ortu saya hanya ibu seorang di kota A, ayah meninggal. Sudah beberapa kali saya bujuk ibu agar mau pindah dan tinggl dengan saya dikasihtau nanti di sini ibu juga bisa berjualan buka toko sepatu lagi di kota B tapi selalu menolak. Bhante apa yg harus saya lakukan ? karena disini saya juga ada keluarga dan saya juga ingin membalas budi kebaikkan ortu. Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna.


1. Namo Buddhaya Bhante, beberapa waktu yg lalu saya ada nonton drama kisah nyata Da Ai TV yg menceritakan seorang anak yg memboyong kedua ortunya dari desa ke kota dgn tujuan berbakti membalas jasa ortu. Namun sebaliknya bukannya menikmati hari tua yg penuh kebahagiaan, sebaliknya ortunya tidak terbiasa dan stress. Mereka yg sudah terbiasa hidup bersahaja di desa dan banyak teman,

akhirnya malah kesepian di kota berhubung anak dan mantunya sibuk dgn karier dan bisnis. Sebagai anak sebaiknya jgn memaksakan kehendak untuk berbakti kepada ortu menurut kebenaran kita sendiri. Namun harus dipikirkan dulu apakah itu sesuai dgn harapan dan keinginan ortu?


2. mungkin mama nya msh merasa bs hidup sendiri dan mandirI, shg semangatnya msh tinggi, klu memang dia sehat2 ya sering aja plg lht dia, bw dia mkn, atau jalan2 kemana2, sbb dia msh merasa dirinya berguna ditempat sana ya ksh aja,smp bnr2 dia udh tdk bs lagi berdikari ya baru dipikirkan way outnya,


yg penting mamanya merasa dia bahagia disana ya ksh aja lah,sejauh dia msh sehat utk itu, dr pd nanti dia dipaksa tinggal dgn km, dan tdk merasa leluasa dan tdk bahagia kan kasihan dia, biarkan aja dia menikmati hidupnya sesuai keinginannya, yg penting klu ada wkt tlp dia, pulang lht dia, dan adakan wkt km bersamanya berdua,ortu udh pasti bahagia klu bgt.


3. krn kebahagiaan mnrt km blm tentu menurut mama km adlh sama,krn kamu pakai kacamata kamu yg menilainya kebahagiaan akn terwujud apbl mama tinggal dgn mu,itu hny persepsi km, ortu yg paling bs merasa bahagia adlh klu walaupun dia merasa tua tp msh tetap berguna itu lah kebahagiaan ortu.mudah2an input ini bs dipikirkan.


4. Namo buddhaya, bhante.. Menurut saya, bukan krn beda kota sehingga menolak utk tinggal bersama.. Krn cara berpikir orang yg lebih tua itu kebanyakan tidak ingin mengganggu keluarga yg sudah anda bangun itu walaupun anak sndr ataupun cucu sndr.. Orang yg lebih tua kbnyakan lebih bahagia kalau anaknya sndr bahagia diluar sana dan tidak bersamanya.. Mungkin juga bisa karena orang yg lbh tua sudah lama tinggal di kota tsb dan sudah berniat dngn tekad bulat utk tinggal disana slamanya..

Mungkin agak rumit.. Klo ingin membuat yg terbaik untuk ortu, kita sndirilah yg pigi kesana untuk tinggal ataupun yg pntg di hari apapun sll datang melihat ibu anda sndr.. Tergantung dngn kondisi masing2 apakah anda bisa bersama dngn ortu anda dan klo tidak bisa, y paling skali2 paling tidak ada jenguk ortu sndr dan berlibur bersama.. Maaf klo ada kata2 yg menyinggung teman2 smua.. Salam namo buddhaya.. Thx


5. Ibu akan bahagia melihat anakx bhagia meskipun tdk bersamax. Ktnya tkut merepotkan.Mknya kita hrs seriNg telp. orgtua ditlp saja udh senang dtyakan kbrnya ya klo smpt kita yg kesana.


6. Mmang org tua smua begitu klau tggl dirmh sndiri trasa nyaman ktnya Biar dirmh anaknya smua trsedia tpi trasa sepi krena.


7. Kalo mau balas budi justru kita yg pulang ketempat ibu. Biar bs jaga ibu kita. Jika mereka gak mau kesisi kita. Jgn paksa kalo ibu mau di pasti pergi. Mukin dia kesana tak ada teman jd lebih milih di tempat asal. Teman kan penting apa lg org tua.


8. namaste bhante, menurut gw.dia punya alasan untuk hal itu.bukan alasan karena berbeda kota kita tdk bs balas budi mereka.asal ada niat dr kita aja.


9. kita bs membaca parrita,sutta n mantra untuk ibu kita,jg berdana.itu cara membalas budi kepada mereka ketika jauh dr mereka(berbeda kota)biarpun kita tdk bs merawatnya dikarenakan jarak.anumodana.


10. Namaste Bhante,Ibu Ayah saya tidak nyaman tinggal di rumah kami yg masing2 sudah berkeluarga,Ibu Ayah saya mau nya tinggal berdua di rumah sendiri,tetapi sebelahan rumah dgn adik saya,Ibu Ayah yg ceriwis ya hehehehe,kita sebagai anak mesti nurutin keinginan ortu,dan jika diturutin Beliau2 akan merasa bahagia.


11. Namo buddhaya bhante menurut saya: tanyakan pada ibu alasan knp ingin tetap di kota a, biarpun kita melakukan perbuatan baik. Blm tentu bs membalas smua pengorbanan ortu. Sekian tambahan dari saya. Karna smua comment diatas bagus dan baik.


12. setuju dg cie miao lie, Pak deng...asal kita rajin2 memantau keadaan ibu kita...jgn sampai kelupaan krn sibuk....ada kisah nyata...anak mantu sibuk pdhal satu kota...tau2 ibunya sudah meninggal sekitar 3-4 bln...yg tau tetangga si ibu tsb krn ibu tsb tdk keluar2 dan air kerannya mengucur hingga luber kemana2...sesal kemudian tiada berguna....


13. Namo Budhaya Bhante... sblmnya sy mengucapkan trmksh krn ud mengedit dan menjdkn dlm diskusi dhamma ttg mslh sy.. dan saran dr teman2 semuanya baik tp sy setuju dgn pendpt Miao Lie... Dan kmrn sy udah minta maaf sm mama sy perihal keinginan sy agar mama mau ikut sy ke Bdg... semoga mama sll dpt perlindungan dr Sang Tri Ratna. Sabhe satta bhawantu sukhitata... trmksh bhante...


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur dan Ortu yang masih hidup atau yang sudah meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu. Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun. Ven. Sudhammacaro.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “