“ RT KAKAK LAKI2 BUDDHIS, TP KAKAK LAKI2 SAYA SUDAH PUNYA WIL LAGI, DAN TIDAK MENJALANKAN 5 SILA (MORALITAS), GIMANA MENASIHATINYA SAYA WANITA TIDAK B

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi Dharma; Tanya: Bhante, kakak laki2 saya Buddhis, berkaluarga 20thn, hidup mereka tidak begitu harmonis selalu tiap x cekcok hal kecil pun bisa jadi besar, bahkan kakak ipar saya selalu sms akan tingkah laku kakak saya, dia tidak menjalankan ke 5 sila dalam hidupnya, bahkan kini dia sudah punya wanita lain dalam hidupnya, saya hanya merasa sedih dengan apa yang di rasakan kakak ipar saya, karena kami sama2 wanita. Mohon petunjuk bhante. Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Teman2 maaf ini bukan wilayah bhante, jadi tidak usah komenlah yah takut salah, tapi ini ada pesan yang bagus tolong ditebak iseng2 dari siapa;

Calon-ku aku menahan sakit hati-ku, niat-mu ku-madu, beribu cara telah kucoba, tapi apa daya, ku tak kuasa, kau menginginkannya, Tak bisa jari2-ku, terima, dua cincin dari hatimu, dari cinta mu, dan, tak bisa, perasaan ku berbagi, kasih dengan dirinya, dari cinta mu,

Beribu cara, telah kucoba, tapi apa daya, ku tak kuasa, kau menginginkannya, tak bisa jari2ku, terima dua cincin dari hatimu dari cintamu, dan tak bisa perasan-ku berbagi, kasih dengan dirinya, dari cinta mu ho wohoowuo howohooo. Calon-ku aku menahan sakitnya hatiku....

Soal Hukum Karma orng yang seperti ini bhante belum tahu, sebab HK itu agak Rumit, maksudnya harus jelas mana yang salah dulu, sementara disini bhante belum jelas. Baiknya biarkan saja apa adanya karena kadang orang itu sebelum kena musibah atau bencana tidak mau SADAAAARRRRR.

Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna.

Namo Buddhaya, Untuk masalah ini, menurut saya dapat di bagi menjadi 3:
- Cobalah mencari waktu untuk merenungkan yang telah terjadi, mulai dari awal sampai terjadinya kejadian tsb. carilah apa yang harus diperbaiki (Jangan cari siapa yang salah, karena akan menimbulkan kebencian).

- Memang betul, apa yang kita dapatkan adalah hasil dari apa yang telah kita lakukan di kehidupan yang sebelumnya dan sekarang. Tetapi janganlah pesimis, RASA buah karma buruk ini bisa di buat menjadi tidak terlalu terasa berat. caranya (Cobalah hilangkan kebencian(ini harus dilatih), gantilah kebencian dengan perasaan kasihan (dia yg salah akan menerima akibatnya, dia yang salah tsb adalah suami kamu, jadi dengan perasaan sayang, kasihanilah dia). Dengan perasaan tidak ada kebencian tapi kasih sayang yang menginginkan dia berubah, bacalah paritta sesuai dengan anjuran teman-teman di atas.

Dengan penuh welas asih banyak melakukan perbuatan baik melepas mahluk hidup, menolong keluarga tidak mampu akan membuat paritta menjadi tambah sakti. SALAH SATU Pemicu paritta menjadi sakti dan hebat itu adalah orang yang membacakannya adalah orang baik, welas asih dan penuh kasih sayang. Sambil menunggu dia kembali sadar, coba alihkan pikiran ke hal yang lain, menyayangi anak, hobby dll.

- kalau memang buah karma buruk itu telah habis(dia telah sadar), jagalah agar hal yang salah jangan terjadi lagi. Ajaklah pasangan hidup kita untuk mau datang ke vihara dan cetya mendengarkan Dhamma, supaya lebih memahami mengapa kita ada di dunia ini, dan apa cita-cita semua mahluk, dan tentang hukum karma. sehingga kita bisa mengurangi kejahatan hidup yang kita lakukan dan memperbanyak kebaikkan sehingga memperoleh kebahagiaan. Hal-hal yang saya tulis di atas lebih mudah di tulis dari pada dijalankan.

Tetapi ingat, masalah itu telah terjadi pada kamu, bertekadlah untuk menyelesaikannya agar memperoleh kebahagiaan, tidak melanggar sila dan Dhamma dalam menyelesaikannya. Semoga kebahagiaan datang kepada kamu. Sadhu 3x
Semoga kita semua memperoleh kebahagiaan Sadhu 3x.

Demikian menurut pendapat pribadi saya Bhante, mohon koreksi dari Bhante bila ada yang salah dan kurang tepat. Semoga penanya bisa menemukan jalan yang baik dan berbahagia. Semoga kita semua bisa melaksanakan Dhamma dengan baik dan berbahagia Sadhu 3x


1. Selamat Pagi Bhante...mengenai kasus di atas sebaiknya konsultasi secara agama, untuk menguatkan iman ya yg terbaik menemui Bhante.Dan juga alangkah baiknya konseling pernikahan ke Psikiater/ psikolog bila tdk dapat ditemui jalan keluarnya alangkah baiknya perceraian dilakukan setelah mempertimbangkan segala aspek anak isteri dan suami.Sbelumnya juga harus dilakukan konseling pra perceraian bagi anggota keluara tsb dan pasca perceraian..


2. Dlm topik x ini, qta hny mendgr phk kk ipar yg mengadu. Sdgkn qta tdk th inti permasalahannya sndri krna apa (ga jelas). Menurut saya, lbh baik si penanya lbh terbuka pd kedua blh phk, baik kk nya sndri maupun kk iparnya. Bkan jaminan pula, seorg Buddhist bs mengontrol emosi dr nya sndri.

Terlebih mengendalikan pkran menjalankan pancasila atau atthasila. Krna, ucapan & perbuatan yg baik jg berasal dr pikiran & pandangan hdp yg benar ! Ada baiknya penanya bersikap netral &bijak, mengamati & memahami, memberikan kata2 yg pstif untk membangun "kesadaran" kedua blh phk, shga permslhan yg d hdpi ada penyelesaian nya . Smga dpt bermanfaat. sekian dr saya bhante !


3. Untuk kasus diatas , kalo boleh saya menyarankan kakak iparnya sering berdana utk vihara dan bermeditasi ,smoga saja dengan amal tsb membentuk energi yg memutuskan tali karma jahat. Kalo tidak berhasil , ya mohoh kelapangan hati dari yg bersangkutan. Hidup ini banyak cobaan supaya nanti yg masuk surga itu adalah orang-orang pilihan. Dgn berlapang hati , siapa tahu karma jahat lebih besar telah terlunasi. ( maaf kalo ada perkataan yg salah)..


4. Namo Buddhaya Bhante, sebagai adik alangkah mulianya kalau ingin membantu kerukunan keluarga kakaknya. Namun harus diingat masalah keluarga adalah masalah yang rumit, kadang campur tangan pihak ketiga bisa memperkeruh suasana.

Selain itu jangan hanya mendengar sepihak dan memandang dari luarnya saja, karna permasalahan sebenarnya hanya mereka berdua yg tahu. Kadang kalau sudah seperti ini selalu lelaki yg disalahkan.


5. Namo Buddhaya, Bhante, Kita hrs mempertemukan & mendgrkan antara ke 2 belah pihak yg bersangkutan,akan kebenarannya,baru kita bisa mengambil kesimpulan..bila hal tsb diatas yg sebenarnya maka tergantung org tsb mau diteruskan atau berpisah.. Yg penting itu adalah komunikasi, kesadaran, kesabaran dlm mengatasi situasi yg ada, jgn memojokan..Kita lht dl diri sendiri dimana kesalahannya.


6. Maaf klo menurut sy klo masih ingin memperbaiki hubungan,selain berdana dan meditasi.akan lebih baik tiap hari di rumah membaca parita.(Karaniya metta sutta) yg dilimpahkan ke suami.mgkn dgn begitu suami akan menjadi lebih baik dan berubah menjadi penuh kasih.terima kasih.


7. Sy sependapat dgn sdr Pangeran Adisasana Chen.. Dan yg hrs sll diingat adalah "karma perbuatan" krn apapun yg kita dpt tdk terlepas dr karma perbuatan diri kita di kehidupan lampau...


8. Namo Buddhaya,.Bhante.menurut sy semua tergantung mereka yg menjalankan.bila salah satu tdk mau memperbaiki hubungan kita jg tdk bs berbuat apa2.karna klo berceraipun byk yg harus dipertimbangkan.masalah anak2, ekonomi,dan perubahan lingkungan.harus dipertimbangkan matang2.jika masih bisa tersenyum menjalankan rumah tangga begitu ya udah teruskan aja..terima kasih.


9. Api jgn dilawan dgn api Lawanlah dgn air agar redah..


sy m tanya bhante gmn crnya kt kuat dlm menghadapi hal yg mistik agar kt sll selamat dlm menghadapinya dan menghadapi ketakutan dlm diri kita.


10. @Wiwi Susanti: Saya mau bertanya hal sama dgn Bhante ? Di indonesia byk hal yg berbau mistik utk masalah harta & cinta. Saya sering menjumpai wanita cantik kena pelet ataupun pria mapan yg kena santet wanita simpanan. Kekuatan mistik tsb susah dibendung kalo kita gak sering2 ibadah ke vihara. Karena salah satu hal yg membuat hal mistik sulit mendekati kita adalah minyak pelita , air dan abu dupa divihara.

Ke-3 hal tsb biasanya dioleskan pada kening , tenggorokan , dada , perut, punggung . Biasanya pemakaian dukun/orang pintar mengunakan pakaian korban (baju , sapu tangan ,rokok , makanan ,minuman , tanah kuburan , tanah rumah/tempat usaha kita , darah hewan ) atau benda korbannya sbg media penghantar energi jahat. Energi jahat tsb dlm bentuk energi saja , bisa juga mahluk jahat. Saya telah mengikuti saran dari Bhante utk membuat Altar Budha hal ini sangat membantu. Suasana rumah menjadi lebih tenang dan nyaman.


11. menurut sy bhante kasus seperti diatas masalah rumah tangga dua duanya si suami maupun si istri ga ada yang benar. yang benar adalah koreksi diri kenapa suami bisa jatuh kepelukan wanita lain dan untuk si istri kenapa sampai ditinggalin sm suami mungkin contoh suami pulang kerja sang istri belum menyiapkan makan, anak masih belum pada mandi, rumah masih berantakan ( wah repot punya istri model gini ) makanya jadi istri harus ngertiin suami so pasti rumah tangga aman, kalau tidak suami lama-lama ada WIL.


12. DI BIDANG APA PUN ,termasuk pernikahan ,perlu keseimbangan antara materi & batin ,baru semuanya berjalan dgn membahagiakan & menuju kesuksesan .sgt ptg u/ meningkatkan finansial keluarga ,ttp
jgn "" BODOH " DGN MEREMEHKAN ** KEMESRAAN DI DALAM KELUARGA *
ADA FAKTOR UTAMA : >>> terjadi :

1. PASANGAN ITU GA MELAKUKAN LAGI HAL2 YG MEMBUAT MEREKA JATUH CINTA

2. TELAH BANYAK PERLAKUAN & KATA KATA KASAR YG MENYAKITI HATI SATU SAMA LAIN SHGGA PERASAAN "" kata >>> cinta <<<<
TERTUTUPI RSA SAKIT HATI & bla..bla... bla....

3 . MASING 2 ...SUDAH GA MERAWAT DIRI LAGI SHHGA MENGHILANGNYA KETERTARIKAN FISIK .


4 >juga ade krn hukum karma >>> masa lampau >>>pembelajaran diri unk saat yg dijalaninya skrg

perselingkuhan bukan hanya laki2 hidung belang atau wanita genit tapi justru terjadi disekitar kita orang 2,,biasa saja ....

jatuh cinta bisa terjadi pada siapun dia , yg jd masalah ga bisa menahan perasaannya ,itulah >>> perselingkuhan

demi keutuhan keluarga >>>kedua hrs selesaikan bersama dgn tekad
& alasan yg kuat ,kalo ga selesai juga sebaiknya bawa ke hypnoterapi >>> pemulihan mental.


Kata "" cinta ""mudah diucapkan siapun dia ,tapi kdg manusia ga ngerti apa artinya ::: CINTA sendiri ._ bhante.


‎13. @Anen Tan: masuk akal juga pak Anen Tan , kalo sang suami pulang ada sajian makanan minuman ...rasanya mau cepat-cepat pulang krn laper...apalg kalo makanan tsb lezat tanpa tandingan dari luar. Apalg kalo istrinya bisa merias diri menjadi cantik dan harum ...suami tambah betah dirumah. Pulang kerja capek di pijat kaki dan punggung ...nah bisa bantu cari rezeki.....mgkn pikir-pikir suami kalo mau cari yg lain susah cari lebih bagus lagi....


14. @Mariaty Saputra : saya setuju dengan pendapat anda mungkin dengan membaca Paritta tsb kita bs membuat keluarga & lingkungan sekitar kita menjadi damai, tp pertanyaan saya adalah jika org tsb non Buddhis apakah akan berpengaruh dlm kehidupan RT mrk? saya juga mohon petunjuk bhante, dan karma apa yg akan diterima jk perbuatan itu bnr2 dilakukan oleh si lelaki tsb? trm kash bhante.


‎15. @shinta: tentu saja berpengaruh karena karaniya metta sutta bukan cuma utk Buddhis,.non Buddhis pun akan merasakan getaran cinta kasih dr ayat2 yg kita panjatkan dgn penuh cinta kasih.silakan dicoba..(Ehipasiko).

‎@Anen tan saya enggak setuju dgn anda pada dasarnya itu hanya satu diantara seribu alasan laki2 yg nyeleweng.saya setuju dgn pak Hadi Praluchi Kita hrs hilangkan kebencian Dan pancarkan cinta kasih Spt yg Mariaty katakan Dan memohon pada para bodhisatva agar disadarkan Dan di tunjukan jalan yg benar. Memang mudah di ucapkan tapi sulit dilakukan Krn org yg sudah menyakiti kita tdk boleh Kita benci.


16. hiihihihihiii..... :D jgn teruss mw dilayani & ga mw melayani org lain ,,, tar jadi cape deh hahhaa,:p


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur dan Ortu yang masih hidup atau yang sudah meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu. Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun. Ven. Sudhammacaro.

Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "