Fenomena Dhamma

Monday, November 14, 2016

PURNAMA BULAN PENUH MALAM INI SENIN TG 14-15 TENGAH MALAM LEBIH TERANG, KALAU BOLEH JANGAN TIDUR SAMPE JAM 12.00 LIHAT BULAN PURNAMA LEBIH TERANG PENUH KE AJAIBAN ALAM... Mirip Bumi, Planet Ini Berwarna Biru-Tampilan planet Biru mirip Bumi. (Foto: Space)-Moch Prima Fauzi-Jurnalis








WASHINGTON - Sebuah planet yang dinamakan HD 189733b merupakan planet biru yang memiliki tampilan seperti Bumi. Meski begitu, planet tersebut memiliki suhu yang lebih panas dibanding Bumi.

HD 189733b berukuran seperti Jupiter dan memiliki cuaca sendiri. Angin di planet tersebut memiliki kecepatan hembusan hingga 5.400 mph atau sekira 8.700 km/jam.
BERITA REKOMENDASI

Langit Diperkirakan Berawan, Warga Yogyakarta Tidak Bisa Saksikan "Bulan Super"
Mari lihat "bulan super" nanti malam
Malam nanti "bulan super" terdekat sejak 1948

Meski begitu, para Ilmuwan menganggap, kemiripan HD189733b dengan Bumi disebut karena faktor kebetulan belaka.

"Warna biru pada planet tersebut bukan berasal dari pantulan laut tropis seperti di Bumi. Hal itu dikarenakan atmosfir yang tertiup mengandung awan tinggi yang tercampur dengan partikel silikat," ungkap NASA, dikutip dari Space, Senin (14/11/2016).

Ini bukan lah pertama kalinya ada planet yang memiliki kemiripan dengan Bumi. Sebelumnya Ilmuwan juga menjumpai hal yang sama pada planet es Uranus dan Neptunus.

Dari kedua planet tersebut, Ilmuwan mengungkap bahwa atmosfer yang berada di atasnya mengandung metana yang memantulkan tampilan seperti ombak berwarna biru dari ruang angkasa.

HD189733b sebenarnya, telah ditemukan NASA pada 2005 silam. Munculnya warna biru yang mirip dengan Bumi di planet tersebut diketahui pada tahun 2013 menggunakan teleskop Hubble milik NASA.

Kini, keberadaan planet tersebut kembali terungkap bersamaan dengan pengumpulan data NASA yang mengkategorikan HD189733b sebagai Galaxy of Horrors beserta kelima planet lainnya di situs exoplanet.nasa.gov.
(kem)

Bersiaplah, Supermoon Teristimewa sejak Indonesia Merdeka Akan Menyapa-Minggu, 13 November 2016 | 21:55 WIB

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home