Fenomena Dhamma

Monday, November 14, 2016

INGAT BAEK2 YAH PROSES HUKUM ALAM [BUKAN CIPTAAN ALLOH TUHAN-MU]. BULAN PURNAMA PENUH CANTIK, INDAH, AMAZING...PROSES HUKUM ALAM AMAT RAPIH, TERATUR, TERTIB, LUAR BIASA.. Begini Cantiknya Penampakan Supermoon di Belahan Langit Indonesia-Ray Jordan - detikNews-Foto: Aqila Kiani Indra/pembaca detikcom.
















Jakarta - Fenomena astronomi 'supermoon' bisa disaksikan oleh masyarakat di Indonesia. Bagaimana penampakan bulan yang jaraknya lebih dekat dengan bumi tersebut?

Beberapa pembaca detikcom memberikan foto-foto hasil jepretan mereka saat menyaksikan supermoon tersebut. Salah satunya Aqila Kiani Indra. Siswi kelas XII tersebut mengabadikan momen supermoon itu dari lantai 5 gedung apartemen tempat tinggalnya di kawasan Casablanca, Tebet, Jakarta Selatan.
Begini Cantiknya Penampakan Supermoon di Belahan Langit IndonesiaFoto: Aqila Kiani Indra/pembaca detikcom

"Saya mengambil gambar ini dari lantai 5 apartemen saya dengan kamera Nikon Coolpix L820 sekitar pukul 22.00-22.30 WIB. Cukup sulit untuk mengambil foto-foto ini. Namun, saya sangat senang dengan hasil yang saya punya," kata Aqila kepada detikcom, Senin (14/11/2016).
Begini Cantiknya Penampakan Supermoon di Belahan Langit IndonesiaFoto: Aqila Kiani Indra/pembaca detikcom

"Untungnya, langit cukup jelas saat ini, sehingga membuat segalanya jauh lebih mudah," tambahnya.
Begini Cantiknya Penampakan Supermoon di Belahan Langit IndonesiaFoto: Aqila Kiani Indra/pembaca detikcom

Tal hanya Aqila, Sutan Felani juga mengirimkan hasil jepretan supermoon kepada detikcom. Dia mengabadikan momen itu menggunakan Sony Cybershot pada pukul 23.00 WIB.

"Ambil sambil tahan nafas biar enggak goyang, karena enggak pake tripod. Kamera ditempelin ke pagar, zoom in, press shutter for focus, tekan shutter lagi ambil gambar," katanya.
Begini Cantiknya Penampakan Supermoon di Belahan Langit IndonesiaFoto: Sutan Felani/pembaca detikcom

Fajri Tirta Nugraha juga mengirimkan hasil jepretan supermoon ke detikcom. Fajri mengabadikan momen itu menggunakan kamera ponsel miliknya.

"Terlihat di kawasan SCBD Jakarta Selatan fenomena supermoon sangat terang sekali dan tampak lebih besar dari bulan purnama biasanya. Sayang kameranya tidak terlalu jelas menangkap gambar salah satu kekuasaan Sang Pencipta," katanya.
Begini Cantiknya Penampakan Supermoon di Belahan Langit IndonesiaFoto: Fajri Tirta Nugraha/pembaca detikcom

Vincent Nuari juga mengirimkan foto hasil jepretannya. Dia mengabadikan momen itu di kawasan Jakarta Utara.

"Foto Supermoon ini saya ambil dengan kamera Nikon D3100 di Jakarta Utara sekitar pukul 23.00 WIB," katanya.
Begini Cantiknya Penampakan Supermoon di Belahan Langit IndonesiaFoto: Vincent Nuari/pembaca detikcom

Pembaca detikcom bernama Luhur juga mengabadikan momen supermon di kawasan Jakarta Utara pukul 22.30 WIB. "Ini supermoon dari Ancol. Diambil dengan kamera Samsung nx500, lens fix 45mm, F22, SIO 100, SS 5000," katanya..
Begini Cantiknya Penampakan Supermoon di Belahan Langit IndonesiaFoto: Luhur/pembaca detikcom

Tak hanya di Jakarta, fenomena alam ini juga bisa disaksikan dengan jelas di beberapa titik di Indonesia. Seperti yang disampaikan oleh Sunardin, warga Kendari, Sulawesi Tengah.

"Ketika saya pulang menuju rumah, di perjalanan melihat bulan purnama yang indah dan sangat terang menyinari sepanjang perjalanan saya meskipun cuaca langit agak mendung. Teringat bahwa malam ini adalah momen hadirnya supermoon berdasarkan berita online yang saya baca kemarin. Perlahan saya memarkir sepeda motor saya di pinggir jalan berniat ingin mengabadikan dengan merogoh HP saya (OPPO F1f) yang sudah usang dari saku celana jeans yang saya pakai. Meskipun baterai HP tinggal 19%, alhamdulillah masih bisa foto supermoon dan kesempatan saya malam ini belum tentu saya akan dapatkan lagi pada supermoon selanjutnya pada tahun 2034," jelasnya.
Begini Cantiknya Penampakan Supermoon di Belahan Langit IndonesiaFoto: Sunardin/pembaca detikcom

Ada juga Shane Mosley yang mengabadikan penampakan supermoon di Kota Malang, Jawa Timur. Dia mengatakan itu adalah momen terindah dalam hidupnya.

"Sungguh besar ciptaan Allah SWT dengan keindahan yang tiada tara. Dan inilah pengalaman terindah yang aku lihat secara nyata meski hanya di depan teras rumah. Aku agungkan kebesaran Tuhan betapa maha dahsyat," katanya.
Begini Cantiknya Penampakan Supermoon di Belahan Langit IndonesiaFoto: Shane Mosley/pembaca detikcom

Yus Rusila Noor, juga mengirimkan foto apik penampakan supermoon. Dia mengabadikan momen itu di kawasan Bogor, Jawa Barat.
Begini Cantiknya Penampakan Supermoon di Belahan Langit IndonesiaFoto: Yus Rusila Noor/ pembaca detikcom

"Foto-foto supermoon yang saya ambil di Bogor, menggunakan kamera Nikon P900," katanya.
Begini Cantiknya Penampakan Supermoon di Belahan Langit IndonesiaFoto: Yus Rusila Noor/ pembaca detikcom

Pada 1948 jarak bulan 356.461 km dari bumi, dan pada 2016 jarak bulan adalah 356.500 km dari bumi.
Begini Cantiknya Penampakan Supermoon di Belahan Langit IndonesiaFoto: Yus Rusila Noor/ pembaca detikcom

Supermoon adalah purnama yang punya ukuran lebih besar dibanding purnama pada umumnya. Namun orang awam sering kesulitan membedakan antara supermoon dengan purnama biasa. (jor/bis) 

1 Comments:

  • At 6:14 AM , Blogger Ibu Siti Romblah said...

    Saya sangat berterima kasih banyak Kpd Kyai SANJAYA, atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok Kyai SANJAYA, itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan Kyai,,bagi anda yang ingin dibantu sama Kyai SANJAYA silahkan hubungi Kyai di 082-399-986-107 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok Kyai KLIK<>DISINI

     

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home