Fenomena Dhamma

Saturday, February 27, 2016

IPTEK-SAINTIS-HUKUM ALAM...Gerhana Matahari dalam Naskah Tiongkok Kuno-Jum'at, 26 Februari 2016 - 12:40 wib (Foto: European Space Agency) Aditya Gema-Jurnalis.



JAKARTA - Gerhana matahari telah menjadi subjek yang menarik sejak zaman dahulu. Di naskah Tiongkok kuno, terungkap gerhana matahari dianggap dapat meramalkan masa depan kaisar.

Di zaman kekaisaran Tiongkok dulu, gerhana matahari sangatlah sakral. Dua astronom kerajaan dibunuh karena gagal memprediksi gerhana matahari kuno.


Orang Tiongkok Kuno percaya bahwa gerhana matahari terjadi ketika naga langit memakan matahari. Mereka juga percaya, naga ini menyerang bulan saat terjadi gerhana bulan.




Dalam bahasa Tiongkok, gerhana diistilahkan sebagai "chih" yang berarti memakan. Di sebuah naskah kuno, peristiwa gerhana matahari digambarkan seolah-olah "matahari telah termakan".

Pada saat itu, ketika akan terjadi gerhana matahari, para prajurit akan menabuh drum sekencang-kencangnya untuk menakut-nakuti naga itu agar pergi. Demikian seperti dikutip Bibalex Kamis (25/2/2016). (din)


0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home