Fenomena Dhamma

Saturday, February 27, 2016

IPTEK-SAINTIS-HUKUM ALAM...Apa Sih yang Menyebabkan Gerhana Matahari Total? Kamis, 25 Februari 2016 - 14:05 wib-(foto: Vancitybuzz) Aditya Gema-Jurnalis.



JAKARTA - Peristiwa gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 telah menyedot perhatian khalayak ramai. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan peristiwa alam ini?

Seperti dikutip dari Gerhana-Indonesia.id, pada dasarnya Gerhana Matahari terjadi ketika matahari-bulan-bumi berada dalam posisi sejajar.

Pada saat Bulan berada di antara Matahari dan Bumi, sehingga bayang-bayang Bulan akan jatuh ke permukaan Bumi atau dengan kata lain cahaya Matahari terhalang oleh Bulan, tapi tidak semua area akan mengalami gerhana. Hanya area di Bumi yang dilewati oleh bayang-bayang Bulan yang akan mengalami gerhana.


Setelah memahami bagaimana proses terjadinya gerhana, ada baiknya masyarakat mengetahui jenis-jenis gerhana matahari. Fenomena gerhana matahari dibagi dalam empat jenis: gerhana matahari total, sebagian, cincin, dan hybrid.



Gerhana matahari total terjadi saat piringan bumi bisa menutup seluruh piringan matahari. Hal ini mengakibatkan Bulan tampak lebih besar dari matahari sehingga menghalangi sinar matahari yang masuk ke permukaan bumi.

Waktu maksimum terjadinya totalitas atau gelap sempurna ketika cahaya Matahari tertutup oleh Bulan adalah 7 menit 31 detik, namun pada umumnya totalitas terjadi lebih pendek dari waktu tersebut. (kem)


0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home