JONGOS bante sukemol Kuncen VJDJ tanya: “Apa Bedanya Sembahyang dg Doa…”






Teman2 tlg simak pertanyaan dibawah ini..


Namo Buddhaya Bhante, sy JONGOS bante sukemol Kuncen VJDJ dan admin Begois Buddhasekul mo tnya: Apa Bedanya Sembahyang dg Doa…

Kl umat islam sembah batu hitam, juga umat kristiani sering cium salib …?
Mereka semua ngakunya sembah Tuan Aloh… dan Umat Buddha nyembah patung Buddha berhala apakah itu kategori Sembahyang atau Doa…?


Temen2 tlg Pencerahannya jelaskan Makna dan Contoh Sembahyang…
juga Makna dan Contoh Doa…


Teman2 silahkan komen yg benar dan berguna trims sadhu.


Komentar:


1. hemat sy sembahyang lebih ke tata cara peribadah-an.doa itu bagaikan komunikasi antara anak dgn ibu:manusia dgn sang khalik.berdoa blm tentu bersembahyang.doa dlm hati tampa hio pun bisa.salam.


2. Namo buddhaya Bhante Sudhammacaro,
Makna sembhayang menurut sy adalah suatu aktivitas atau kegiatan rutin yang bertujuan untuk menghormati tuhan kita(Islam kepada Allah dg cara sholat melalui alkuran,Kristen kepada yesus dg cara kebaktian melalui alkitap,Buddha kepada sang Buddha dg cara kebaktian melalui partita,dll)dan setiap agama memiliki cara sembhayang yang berbeda tp tetap pd satu tujuan.
Makna Dari doa menurut sy adalah semacam komunikasi antara kita dg tuhan atau pada diri kita sendiri,atau bisa di bilang dg bahasa modernnya CURHAT,..(doa ini biasanya di lakukan setelah kita selesai sembhayang),kata doa memiliki makna luas seperti memanjatkan,memohon,memuji,dll yang bertujuan positif untuk kehidupan individual masing2.


3. Namo Buddhaya dan selamat pagi mendekati Siang Bhante serta teman2 semuanya...jika menurut saya sich kategori sembahyang + doa sama ya, hanya sebutannya aja yg beda, sembahyang menggunakan hio dan berdoa tdk menggunakan hio, seperti membaca paritta (umat Buddha) he he he seperti juga cara cara tetangga kita...jika patung, salib atau kabah kan cm sebagai lambang (menunjukkan) bahwa seseorang itu begini dan begitu keyakinannya xi xi xi, jika ada yg bilang Agama Buddha menyembah patung...itu sich bisa dikategorikan seorg yg guoblllok wakakkkwkwkwkwkwkwk...jujur aja dan maaf bkn bermksd kurang ajar, kalau sy ini berani kok pegang, mengangkat atau pindahkan rupang2 dengan catattan selama rupang tsb bersih tdk dihuni makhluk2 asura atau peta xi xi xi, Salam Metta Bhante dan maafkan jika komen sy tdk berkenan atau ada yg tersinggung...Sanchai 3X, sabar 3X xi xi xi Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta, Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia...Sadhu 3X.


sembahyang = sembah + hyang, berarti menyembah "hyang", dan hyang ini bisa tuhan, bisa dewa, bahkan buddha pun kadang disebut hyang buddha yg kata lainnya sang buddha.
hyang itu dari bhs sanskrit kalo tidak salah, sedangkan sembah mungkin bahasa jawa, ini musti cek ke google dulu.

DOA ini aslinya dari bahasa arab deh kayaknya. Berdoa itu adl sbuah harapan/Permohonan kpd tuhan nya. Sdangkan Sembahyang adl aktifitas Ritual nya..


4. Namo buddaya Kalo menurut aku sembayang ada kegiatan yang dilakukan secara rutin
Misalnya kita sebagai umat buddha kebaktian setiap hari minggu demikian juga umat kristiani juga setiap minggu. Demikian juga umat islam sembayang 5 kali dalam sehari
Kalo berdoa menurut aku kegiatan yg tidak dilakukan secara rutinitas jadi berdoa kita lakukan kalo ada keinginan atau kemauan yg kita inginkan yang kita panjatkan kdp tuhan sesuai kepercayaan kita masing masing.

pada prinsipnya sembahyang dan doa adalah alat komunikasi qt dng Pencipta..bedanya kl sembahyang dpt d lakukan sendiri ato bersama2dan mempunyai prosedur2/urutan2 tertentu dlm melakukan upacara keagamaan.. Sedang doa bersifat pribadi n spontan.

Umat Buddha menekankan upacara tdk membawa pd kesucian, yg bisa membawa pencerahan adlh mempelajari AjaranNya, melaksanakan Dana, Sila, Samadhi tuk menuju tercapainya Pencerahan. Upacara hanya sekedar penghormatan pd Ajaran Kebenaran yg telah dibabarkan Buddha, sekedar latihan menurunkan Ego, kesombongan pd diri kita. Upacara sering disebut sembahyang isinya ada: sosialisasi antar umat, ada pengulangan sutta/ajaranan Buddha diterjemahkan agar selalu diingat, ada ceramah/cerita menyangkut Dhamma, ada meditasi, ada dana, ada rapat acr baksos juga disana. Doa bisa dinyatakan sebagai bertekad setelah melakukan suatu perbuatan kebajikan boleh apasaja, dana, sila at bhavana.


Mgkn scr umum klo sembahyang itu puja bakti upacaranya tp doa itiu parittanya. Tapi dlm agama Buddha tdk mengenal doa kpd suatu subyek yg bs mengabulkan keoinginan kita. Yg ada hy bersujud menghormat n mengenang. N tekad. Thx.


5. tapi setau saya yg sembahyang di tepekong mah gak pake aturan macem2 deh, cukup bakar hio aja trus tung2 cep seperti yg sejak kecil saya lakukan, tapi itu dulu.... kalo sekarang udah males... udah capek minta2 sama dewa, dewanya pada pelit2 kaga mau ngabulin huehehehhhh... dari pada nyembah2 minta2 sama dewa mending nyembah dan minta2 sama manusia itu pasti lebih terkabul ...


berita teraktual belum lama ini mengungkapkan betapa para gelandangan dan pengemis di idul fitri kemarin dalam satu harinya bisa menghasilkan 2 juta rupiah dalam sehari.... terbukti hanya manusia yg bisa mengabulkan permintaan, sedangkan dewa pada pelit2.

Kwanz Kwan iya sama dg bhante tp itu dulu zaman Perang melawan Kebodohan...bhante lbh parah kali dg anda..krn zaman dulu baru terkenal Gunung Kawi bhante Rajin kesana...duduk dibawah pohon To/ rejeki smp ketiduran pagi2 bangun badan tangan kaki dan sekujur tubuh basah krn hawa dingin nusuk tulang juga dilakonin pengen rejeki..eh..nyatanya ga dpt buahnya...malah sakit Flu.. heheheh..itu bgs juga buat pengalaman..manis dan pahit..hihihihihi, bhante ga malu disini jujur2an...sebab sdh lewati semua...


@kwanz kwan,,intermezzo: coba aja sogok dewa nya pake persembahan seperti buah, bunga atao lilin ,, sapa tau dapet nomor togel , ha ha ha...kalo kena jd org kaya mendadak, kalo tidak kena yah tepok2 jidat, he he he.., kalo sm manusia harus pake tampang memelas alias kasian ,baju sobek2.. pdhl di kampung nya punya rumah gedongan..hebat euy...namo buddhaya bhante n teman2.. met siang menjelang sore.. ditunggu bhante, doa buddhis biar ketemu dewa FU LU SOU, diusap ama mereka jd konglomerat xixixi,, santai santai omithofo...


6. Namo Buddhaya Temen Yg Budiman trims anumodana komennya bgs2 saling melengkapi, maaf kl salah menurut bhante Sembahyang dan Doa adalah Sebutan Umat terhadap Tradisi Agama yg ada di Indo. Buddhis menyebut Puja ditambah Bakti belakangan oleh umat yg terbawa Tradisi tadi. Anda yg ikut Komen disini berarti anda mau maju dan mengerti dlm belajar Dharma, bhante ikut Mudita Citta.


Sembahyang itu Kegiatan/ Aktifitas Upacara Formal dlm ber-Agama, ini biasanya dg Perlengkapan ikut serta yg harus disediakan. Misalnya; Muslim, Formalnya hrs ada Sajadah (kain tempat duduk) utk laki2 juga pake sarung dan kopiah kepala, wanita pake Mukhena kain putih biasanya mirip jubah menutup seluruh tubuh. Bacaannya ada wajib yg hrs dibaca dlm Sembahyang 5 waktu, Subuh kira2 jam 05.30, Duhur/Lohor kira jam12 an, Asar/ sore jam 15an, Maghrib jam 18 an, Isa jam 19an. Muslim tdk gunakan Patung krn dilarang.


Kristiani juga Formalnya Upacara Misa dsb  ada Perlengkapan yg harus disediakan, misalnya Katolik ada Rosario patung Yesus dan Bunda Maria, Air putih utk disentuh jari lalu dg ucapan; Atas nama Bapa, Putra dan Roh Kudus, Amin sambil disentuhkan ke tengah dahi, dada dan sebelah kana-kiri bahu. Lalu bacaan wajib misalkan; Bapa kami yg ada di Surga di-Muliakanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu..dst… atau Santa Maria Bunda Allah, Doakanlah kami yg berdosa ini..dst….


Buddhis Formalnya disebut Puja Bakti ada Perlengkapan yg harus disediakan misalkan meja Altar disediakan patung Buddha, kl umat msh terikat dg tradisinya ada yg ditambah dg para Bodhisatwa Kwan Im Pho Sah dan Dewa2. Sediakan bunga2 harum, pelita lampu, nyalakan dupa dan lilin sepasang. Bacaan wajibnya Namasakara, Wandana, Tisarana, Pancasila, Buddhanusatti, Dhammanusatti, Sangghanusatti, Saccakiya Gatha, Karaniya-Metta Sutta, diseling Meditasi, diakhiri Ettawata Pelimpahan Jasa.  Namun ada Tradisi Doa Buddhis yg amat bgs dan mampu memberi Pencerahan sama kita semua tp tunggu dulu..kasih tau ga..yah...takutnya rebutan...hehehehe..


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “