BANJIR Akibat Jebolnya Tanggul Cisanggarung juga Rendam Lahan Pertanian-Tanggul yang jebol di dua titik itu panjangnya mencapai 20 meter.by Eko Nugroho 17 Februari 2020





BREBES –  2 titik tanggul Sungai Cisanggarung yang berada di Desa Limbangan dan Babakan, Kecamatan Losari, Brebes, jebol, Senin 17 Februari 2020. Akibatnya, banjir tak hanya merendam pemukiman, tapi juga merendam ratusan hektare lahan pertanian dan tambak.
Informasi yang diterima PanturaPost, tanggul yang jebol di dua titik itu panjangnya mencapai 20 meter.  Di Desa Babakan misalnya, air dari sungai masuk ke permukiman di desa setempat dan desa Desa Kalibuntu.
Warga Desa Kalibuntu Kecamatan Losari, Ahmad Rifa’i (43) mengatakan, air mulai masuk ke permukiman sekitar pukul 05.30 WIB. Ketinggian air sekitar 30-50 sentimeter.
“Tanggul yang jebol berada Dukuh Bojong, Desa Babakan. Kami yang tinggal di Desa Kalibuntu ikut terdampak banjir,” ucap Rifa’i.
Sementara itu, menurut Sekertaris Camat (Sekcam) Losari, Takwid, jebolnya tanggul di Dukuh Limbangsari, Desa Limbangan merendam puluhan hektare lahan persawahan dan tambak. “Kalau di Desa Limbangan tanggul jebol merendam puluhan hektare lahan,” ungkapnya.
Sementara itu, Danramil 05 Losari Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri Muhtadi, mengatakan jebolnya tanggul di 2 titik tersebut juga membuat air melimpas ke Desa Pekauman, Losari Kidul. Di sana, pemukiman warga terendam tingginya mencapai 50 sentimeter.
Ia menambahakan, sementara warga Babakan yang rumahnya terendam banjir dievakuasi ke Dukuh Tembongrea, Desa Bojongsari. Sedangkan banjir yang menggenangi Desa Pekauman dan Losari Kidul mulai surut sekitar pukul 07.05 WIB. Pukul 07.45 WIB.
Beruntung, kata dia, hingga kini, tidak ada korban jiwa atas banjir ini. Untuk kerugian harta benda belum bisa ditaksir.
“Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan siaga untuk mengamankan diri. Termasuk mengamankan perabotan rumah tangga termasuk peralatan listrik apabila terjadi peningkatan air,” pungkasnya.
Editor: Irsyam Faiz


Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “