Keturunan RA Kartini Ternyata Kini Hidup Susah, Ada yang Jadi Tukang Ojek..




Keturunan RA Kartini Ternyata Kini Hidup Susah, Ada yang Jadi Tukang Ojek
Kolase Tribun Jabar
RA Kartini dan sang putra, Soesalit Djojoadhiningrat. 
TRIBUNNEWS.COM-- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berencana membentuk sebuah tim kecil untuk mencari dan membantu kehidupan keturunan RA Kartini.
Hal itu dilakukan setelah Bupati Jepara Ahmad Marzuki menyebut adanya keturunan pahlawan nasional RA Kartini yang hidup dalam kondisi memprihatinkan.
Bupati Jepara, Ahmad Marzuki, di sela peringatan hari Kartini di Pendopo Kabupaten Jepara, Sabtu (21/4/2018), mengungkapkan keturunan langsung RA Kartini yang tinggal di Bogor, Jawa Barat tinggal dalam kondisi memprihatinkan.
RA Kartini lahir Jepara pada 139 tahun lalu diketahui menikah dengan Bupati Rembang RM Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, pada 12 November 1903.
Putri dari bupati Jepara Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat itu dikaruniai putra semata wayang RM Soesalit Djojoadhiningrat, yang lahir pada 13 September 1904.
RM Soesalit diketahui menikah dengan Siti Loewijah. Dari pernikahan itu lahir seorang putra bernama Boedi Setyo Soesalit.
Boedi Soesalit merupakan satu-satunya cucu RA Kartini. Kemudian Boedi Soesalit menikah dengan Sri Bidjatini dan dikaruniai lima orang anak. Kelimanya yaitu Kartini, Kartono, Rukmini, Samimum, dan Rachmat.
Namun sejak Boedi meninggal, kehidupan cicit RA Kartini itu memprihatinkan. Dari lima cicit itu, hanya cicit tertua bernama Kartini yang relatif ekonominya lebih baik "Setelah Boedi Soesalit meninggal,
Cucu menantu RA Kartini, Sri Bidjatini, bersama lima anaknya hidup dalam keprihatinan," ungkap Bupati Jepara, Ahmad Marzuki.
Marzuki merinci, cicit bernama Kartono saat ini berprofesi sebagai tukang ojek. Begitu pula dengan cicit bernama Samimum yang berprofesi sebagai tukang ojek.
Cicit lain bernama Rukmini telah ditinggal mati suaminya, juga kesulitan masalah ekonomi. "Sementara Racmat sudah meninggal,” ucap Marzuki.


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Keturunan RA Kartini Ternyata Kini Hidup Susah, Ada yang Jadi Tukang Ojek, http://www.tribunnews.com/nasional/2018/04/23/keturunan-ra-kartini-ternyata-kini-hidup-susah-ada-yang-jadi-tukang-ojek.

Editor: Hendra Gunawan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “