Yanto Vipaka Dharma Beri "PERINGATAN KERAS" Anggota STI Semua HARUS LEPAS JUBAH krn msh DUNIAWI dg SIMPAN UANG DI BANK BCA-BRI PULUHAN MILIAR atas nama Yayasan Sanggha Theravada Indonesia.. Bhikkhu2 Anggota STI hrs LEPAS JUBAH krn Simpan Uang Pribadi di Bank2 BCA, dll... Yanto Vipaka Dharma: Bhikkhu2 Anggota STI yg simpan Uang di Bank BCA-BRI, dll, harus LEPAS JUBAH, bahkan STI yg simpan Uang di BCA Puluhan Miliar atas nama Yayasan STI harus LEPAS JUBAH karena itu Duniawi... ...










Wigen David Seorang bhante memang harus bisa melepas duniawi.
Tidak boleh bahas masalah POLITIK itu menurut saya sih. Kalau salah SORRY...Lihat Lainnya



William Sandjaja Cobalah ke laman FBnya Sudhammacaro Goey postingannya kaya begitu, ini orang pastilah bukan buddhist dan mungkin juga nama samaran.


William Sandjaja Coba juga lihat laman FBnya Yanto Vipaka Dharma saya tidak percaya dia yang tulis tulisan di atas. Saya kira namanya saja yang sengaja dituliskan di tulisan itu dan dipostkan supaya punya kesan seolah-seolah dia yang nulis. Jadi Yanto ini kemunkinan sudah menjadi korban.


Yanto Vipaka Dharma Benar broo...saya awalnya hanya menegur beliau jgn ikut campur politik,karena bhante gak boleh ikut campur politik,kalo bagusnya bantu secara langsung kelapangan...dan jg kalo masih mau urus duniawi atau politik mending lepas jubah dulu,jikalau mmg sdh bisa melepaskan keduniawian baru pake jubah lagi...cuma gitu aja sdh main fitnah dia seolah2 gua yang comment diatas...

Kwanz Kwan: Hai Yanto Vipaka Dharma, Situ maksudnya berani ga situ negor bhikkhu bhikkhu yg ada di STI yg megang uang untuk lepas jebah.... kan sebelumnya anda telah dengan lantang dan angkuhnya menghakimi seorang bhikkhu untuk lepas jubah.


Vera Tan Sudhammacaro Goey Anda buddhis? Knapa memecah belah? Buat yg baca, teliti, periksa sebelum percaya.



Jaya Sena Ehm... umat buddhist ko pemahaman dhammanya dangkal bgt. Zaman sekarang bhikkhu2 jg butuh uang kale buat sarana dan prasarana, asal uang itu dpt dimanfaatkan dgn baik emank ada yg salah!!! Berpikir positif aja kalee..

Tan Ruslan Bujug buneng... Umat ngajarin seorang Bhante ttg sila n vinaya,, dan umat bisa2 nya suruh lepas jubah bhante ..uedannn gendeng umat indon



Dedy Liu Chandra https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fac/1.5/16/1f605.pngπŸ˜…https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fac/1.5/16/1f605.pngπŸ˜…https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fac/1.5/16/1f605.pngπŸ˜…https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fac/1.5/16/1f605.pngπŸ˜…https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fab/1.5/16/1f923.png🀣https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fab/1.5/16/1f923.png🀣https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fab/1.5/16/1f923.png🀣
Dedy Liu Chandra Lidah tak bertulang https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f2b/1.5/16/1f604.pngπŸ˜„https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f2b/1.5/16/1f604.pngπŸ˜„menimbulkan karma baru



Sudhammacaro Goey Ayo siapa lagi yg mau BIKIN KARMA BURUK TUNGGU NEXT ON YAH... BIAR PUAS BIKIN KARMA BURUKNYA KRN SDH AHLI DHAMMA MERASA HEBAT PALING BENER PISAN HAHAIIII... RASAIN LU...
Dedy Liu Chandra https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f5c/1.5/16/1f92d.png🀭https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f5c/1.5/16/1f92d.png🀭https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f5c/1.5/16/1f92d.png🀭


Widiyono Vijayo Tidak perlu merasa paling sucilah kalau batin masih penuh dengan kedunguan, kebencian, kemarahan, dan sampah-sampah batin lainnya. Lebih baik lihat ke dalam diri dulu sebelum melihat orang lain. Ya nggak?


Dedy Liu Chandra Widiyono Vijayo iya bener tuh ... emang ... kok bisa bilang gitu sama Bhante mahathera ..pake bilang lepas jubah https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f5c/1.5/16/1f92d.png🀭https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f5c/1.5/16/1f92d.png🀭https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f5c/1.5/16/1f92d.png🀭



Widiyono Vijayo Selama seorang bhikkhu tidak melanggar parajika, dia masih seorang bhikkhu. Seorang bhikkhu yang melanggar salah satu dari 4 parajika, otomatis dia sudah bukan bhikkhu lagi meskipun sepintas dia masih pakai jubah bhikkhu. Seorang bhikkhu yang melanggar sanghadisesa pun masih bisa 'direhabilitasi".



Dedy Liu Chandra Jadi siapa yang di maksud sok suci ni ... https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fac/1.5/16/1f605.pngπŸ˜… aku masih penuh dosa moha dan bla bla .....jadi aku pasti mana berani merasa suci https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fda/1.5/16/1f60c.png😌, hahaha


Tan Ruslan bener sekali harus melihat ke dlm diri sndiri aja ,, kalo sudah bisa melihat ke dalam diri sndiri minimal fotonya jelas di buka ga perlu berbicara di balik gambar


Dedy Liu Chandra Tan Ruslan ai ai ai ... setujuuuuhttps://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f55/1.5/16/1f44d.pngπŸ‘https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f55/1.5/16/1f44d.pngπŸ‘https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f55/1.5/16/1f44d.pngπŸ‘https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f55/1.5/16/1f44d.pngπŸ‘https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f55/1.5/16/1f44d.pngπŸ‘ jadi jelas



Yanto Vipaka Dharma Bukan saya yang comment tersebut saya hanya negur beliau utk tdk ikut campur politik,kalo masih mau ikut campur mending lepas rubah...trus dia langsung fitnah gua dgn cara seolah2 gua yang comment diatas...ini jelas2 bukan bhante,mohon diselidiki di vhr mana beliau berada...kebetulan saya jg punya koneksi org2 STI dan sangha theravada thailand suruh cek ini bhante sebenarnya siapa sih...


Kwanz Kwan hahahahhh... berani negor bhante sudhamma tapi koq kaga berani negor STI... jadi situ lebih takut sama organisasi yah tapi kaga takut kena karma krn telah berlaku kurang ajar memaksa seorang bhikkhu lepas jubah.

buddha kaga pernah ngajarin seorang upasakha untuk menghakimi seorang bhikkhu untuk lepas jubah,
bahkan jika anda seorang bhikkhu sekalipun kaga bisa seenaknya seorang bhikkhu menghakimi bhikkhu lainnya untuk lepas jubah.

lalu anda itu ngakunya punya koneksi org STI, bangga yah bisa punya koneksi org STI... tapi lucunya koq kaga mengenali bhante sudhammacaro.
bhante sudhamma itu angkatannya bhante Sukhemo krn bhante sukhemo lah yg menjemput bhante sudhammacaro sepulang dari thailand. kalau mengikuti tradisi STI beliau itu levelnya mahathera.

Vera Tan Sudhammacaro Goey Anda buddhis? Knapa memecah belah? Buat yg baca, teliti, periksa sebelum percaya.


Jaya Sena Ehm... umat buddhist ko pemahaman dhammanya dangkal bgt. Zaman sekarang bhikkhu2 jg butuh uang kale buat sarana dan prasarana, asal uang itu dpt dimanfaatkan dgn baik emank ada yg salah!!! Berpikir positif aja kalee


Yanto Vipaka Dharma Bukan saya yang comment tersebut saya hanya negur beliau utk tdk ikut campur politik,kalo masih mau ikut campur mending lepas rubah...trus dia langsung fitnah gua dgn cara seolah2 gua yang comment diatas...ini jelas2 bukan bhante,mohon diselidiki di vhr mana beliau berada...kebetulan saya jg punya koneksi org2 STI dan sangha theravada thailand suruh cek ini bhante sebenarnya siapa sih...


Kwanz Kwan hahahahhh... berani negor bhante sudhamma tapi koq kaga berani negor STI... jadi situ lebih takut sama organisasi yah tapi kaga takut kena karma krn telah berlaku kurang ajar memaksa seorang bhikkhu lepas jubah.

buddha kaga pernah ngajarin seorang upasakha untuk menghakimi seorang bhikkhu untuk lepas jubah, bahkan jika anda seorang bhikkhu sekalipun kaga bisa seenaknya seorang bhikkhu menghakimi bhikkhu lainnya untuk lepas jubah.

lalu anda itu ngakunya punya koneksi org STI, bangga yah bisa punya koneksi org STI... tapi lucunya koq kaga mengenali bhante sudhammacaro.
bhante sudhamma itu angkatannya bhante Sukhemo krn bhante sukhemo lah yg menjemput bhante sudhammacaro sepulang dari thailand. kalau mengikuti tradisi STI beliau itu levelnya mahathera.


Jaya Sena Dan hrsnya jg bhante ga boleh main fb.. tigas bhikkhu itu berdiam diri dan bermeditasi bkn facebookan


Kwanz Kwan sebelumnya anda katakan "umat buddhist koq pemahaman dhammanya dangkal bgt"... lah lalu kenapa sekarang anda yg berpemahaman dangkal ? dikemanain itu pemikiran positifnya?
wakwkwkkkk.....



Jaya Sena Emank loe aja kwanz yg butuh duit!!!! Bhikhu2 jg butuh duit kalee buat mengembangkan dhamma ato hal prasaranalainnya.. hari gini jaman modern bkn jaman primitif semua pake duit... jgn jd buddhist ktp ya!!!

Jaya Sena Dan hrsnya jg bhante ga boleh main fb.. tigas bhikkhu itu berdiam diri dan bermeditasi bkn facebookan


Kwanz Kwan sebelumnya anda katakan "umat buddhist koq pemahaman dhammanya dangkal bgt"... lah lalu kenapa sekarang anda yg berpemahaman dangkal ? dikemanain itu pemikiran positifnya?
wakwkwkkkk.....


Jaya Sena Emank loe aja kwanz yg butuh duit!!!! Bhikhu2 jg butuh duit kalee buat mengembangkan dhamma ato hal prasaranalainnya.. hari gini jaman modern bkn jaman primitif semua pake duit... jgn jd buddhist ktp ya!!!


Wigen David Itu mungkin bukan bhante nya. Sudah di hack. Jangan mudah terpancing


Kwanz Kwan ooo berarti yg bilang bhikkhu ga boleh pegang uang itu berarti orangnya primitif dan pemahamanya dangkal... tapi yg bilang bhikkhu pegang fb itu orangnya udah sangat sesuai dengan perkembangan jaman... gitu yah neng sena.... tp koq saya masih ora mudeng...
boleh pegang uang ga boleh pegang fb... apa salah si fb coba koq di haramkan....

ya wes lah kalo yg dimaksud pemikiran postitif yg seperti itu ya sudah monggo silakan dilanjutkan pemikiran positifnya ga perlu marah marah jg kale sampe kata tanda seru kali nya muncrat kemana mana atau barangkali yg dimaksud pemikiran positif itu yg tegas marah marah sampe muncrat tanda seru 3x wakwkwkkkk....



Kwanz Kwan kalo yg ini gimana nih? ini bhikkhu yg pegang fb tapi sangat menentang dengan keras bhikkhu pegang uang loh...
http://www.facebook.com/andi.kusnadi

waduh... itu bhikkhu jangan dimarahin yah neng sena....
jangan divonis primitif pemikiran dangkal dan ga mengikuti perkembangan jaman.
·

Kwanz Kwan kadang saya ga abis mikir sama umat buddha indon... waktu bhikkhu menyendiri dibilang bhikkhynya sombong ga mau ngajarin dharma, dan cuma mementingkan diri sendiri ga mau bantu umat...

eh giliran ada bhikkhu yg ngajar dhamma di fb di omelin , disuruh diem disuruh meditasi yg lebih parah lagi malah sampe ada yg nyuruh lepas jubah...
apakah ini yg disebut dengan umat buddha berpikiran positif yg sangat sesuai dengan perkembangan jaman wakwkwkkkk....


Jaya Sena Hii kwanz seharusnya jg sebagai bhikkhu atau umat awan jika suka dgn fb, berfblah dgn kata2 dhamma, mengajarkan org lain dlm dhamma bknnya saing hujat2 menghujat, jelek menjelekin di fb.. intropeksi diri lbh baik drpd bnyk berdebat di fb

Yanto Vipaka Dharma Yanto Vipaka Dharma Beri "PERINGATAN KERAS" Anggota STI Semua HARUS LEPAS JUBAH krn msh DUNIAWI dg SIMPAN UANG DI BANK BCA-BRI PULUHAN MILIAR atas nama Yayasan Sanggha Theravada Indonesia.. Bhikkhu2 Anggota STI hrs LEPAS JUBAH krn Simpan Uang Pribadi di Bank2 BCA, dll...

Yanto Vipaka Dharma: Bhikkhu2 Anggota STI yg simpan Uang di Bank BCA-BRI, dll, harus LEPAS JUBAH, bahkan STI yg simpan Uang di BCA Puluhan Miliar atas nama Yayasan STI harus LEPAS JUBAH karena itu Duniawi... Bhikkhu2 Sanggha Theravada Indonesia tentunya Sanggha juga akan ikut kena bhante.jadi bhante harus ingat bhante ada sumpah Sila dan Vinaya,kalo memang masih suka dgn duniawi mending bhante Lepas Jubah deh,sekiranya sdh bisa melepaskan duniawi baru pake jubah lagi...jgn kau kotori Sanggha dengan kalimat2 yg bisa membuat org berpikiran aneh ttg bhante....comment ini bukan dari saya...waduh ini bhante tukang fitnah...parah banget...sdh gua capture tu comment aslinya...



Grace Setiawaty Monyong Engkong Goey jd anteng, ntah karna abis gw semprot ato dpt karma buruk kena tornado di cirebon..smoga Engkong baik" aj dsana, jgn kumat lg, jgn posting aneh" lg...kasi Dhamma yg baik dan benar


Kwanz Kwan Grace,
pemikiran seperti itu muncul dari perspektifmu sendiri....
tidak muncul dari pemikiranku,
tidak muncul dari pemikiram san fu,
tidak muncul dari pemikiram tan ruslan
tidak muncul dari pemikiram liu chandra
tidak muncul dari pemikiran ko miming.

seseorang yg (merasa) membela kebenaran tak seharusnya melakukan dengan cara2 yg salah.

hanya karna sepasang kekasih dianggap myeleneh lalu ketua rt dan rw juga perlu melakukan tindakan nyeleneh
hanya karna merasa agamanya dipermalukan sepasang kekasih yg dituduh mesum diarak dan ditelanjangi....
apakah ini cara yg benar ?

jika cara cara itu kamu anggap benar, abaikan petunjuk dibawah berikut ini :

Teguhlah dalam Dhamma ketika mereka berbuat kesalahan
Ketika mereka kejam, jangan mengikuti cara cara mereka
melainkan ttp berpegang teguh utk menjadi sahabat dalam kebajikan


Grace Setiawaty Setiap case it berbeda, sepasang kekasih it JIKA pun salah tdk merugikan org lain, ini org jelas" mempermalukan nama Bhante. Jika teman" lain yg menasehati dgn lembut bs menghentikannya, tentu gw yg salah kalo msh berbuat bgt. Spt pertanyaanku pd San Fu, jd kt harus membiarkannya spt yg dia lakukan, mendukungnya spt yg u lakuin ato memarahinya spt yg gw lakuin? Jawabannya ya tergantung mana yg efektif menghentikannya.

Jgn ngomong bullshit lah dia sedang mengajarkan Dhamma dgn cara ekstrim, kt tau bkn it yg sdg dia lakukan, emang u pikir umat Buddha it dodol smua pa ngak bs bedain nyeleneh dgn Dhamma?


Grace Setiawaty Perasaan u jg sering ngatain Bhante" STI ato Bhante" yg konservatif lainnya, u ngak takut kena karma buruk pa? Apa bedanya Bhante konsevatif dgn Bhante nyeleneh bgn? Justru Bhante" konservatif lbh bs dimengerti karna berusaha mempertahankan ajaran asli Buddha, sy tdk berani sembarangan menilai...u berani kan, bilang tdk sesuai jaman lah bla bla bla...jd Kwan, nasehatmu hrs u terapkan jg buat dirimu sendiri


Grace Setiawaty Gw benernya biasa aj dia kalo hina ato ejek gw tp kalo dia ngatain presiden Jokowi sama Ibu Sri mulyani it benar" pidana loh...it Ahmad Dhani uda jd tersangka karna pasal penghinaan pd Presiden. Ngak ada bedanya sama yg dilakuin Engkong Goey ini, kalo bnr ada yg melaporkan beliau lsg diciduk dianya..jelas jelas ngatain dan menghina Presiden bkn mengkritik loh.. u bs liat sendiri kan, kalo u anggap it kritikan, brarti gw jg cm kritik dia donk ngapain u protes, wkk


San Fu Grace Setiawaty hasilnya kalau membuat anda dan orang lain marah dan menambah rasa tidak suka serta menaikan ego tentu saja dilihat dari pandangan berumat kurang efektif. dan ini menimbul kan banyak sekali karma baru.


San Fu ……………Aku adalah pemilik karmaku sendiri, pewaris karmaku sendiri, terlahir dari karmaku sendiri, behubungan dari karmaku sendiri, terlindungi oleh karmaku sendiri, apapun karma yang kuperbuat, baik atau buruk itulah yang akan ku warisi. maaf ini copas biar cepat https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fa8/1.5/16/1f601.png😁https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fd9/1.5/16/1f64f.pngπŸ™https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fd9/1.5/16/1f64f.pngπŸ™https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fd9/1.5/16/1f64f.pngπŸ™


Grace Setiawaty San Fu, kalo postingan nyeleneh Engkong Goey tdk segera dihentikan akan mengakibatkan smakin bnyk org marah, bkn kah lbh bnyk karma buruk yg akan terjadi...dan boleh pcaya boleh tdk, sy sdkt mengkhawatirkan Engkong kita yg satu ini akan cilaka karna postingannya ini.. https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fa5/1.5/16/1f642.png:)


San Fu maksud Grace Setiawaty mungkin baik, seperti kata Kwanz Kwan. setidaknya jgn dengan cara yg mengundang reaksi yang sama.


Grace Setiawaty Kalo bgt, tugas San Fu utk membujuknya menghentikan postingan nyeleneh dgn lemah lembut, penuh pengeetian..jgn spt Kwan yg justru mendukungnya ya.. https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fb0/1.5/16/1f609.png;)


San Fu jauh saya sama bhante, Grace Setiawaty. bhante sudah senior jauh sebelum saya mengenal dharma, kita hanya koment kritik dan saran status bhante dan teman setingkat pengetahuan kita saja.


Kwanz Kwan setiap orang melihat dari kacamata yg
berbeda... ketika kamu melihat bhante
sudhamma mempermalukan nama baik bhante,
justru saya melihat kalian lah umat yg
mempermalukan nama baik bhikkhu.

saya tidak melihat umat menasehati bhante
dengan lembut, yg saya lihat para umat
menasehati bhante dengan cara cara yg kurang
ajar yg sama sekali tidak memiliki rasa
hormat kepada seorang bhikkhu, tak memiliki
hormat pada sesepuh.

kita melihat dengan dua sudut pandang yg
berbeda, ok saya mengalah dengan mencoba
melihat dari kacamata kalian... lalu
bagaimana dengan kalian.. kenapa kalian masih
bersikeras hanya mau melihat dari kacamata
kalian sendiri ?

kedua apakah saya ngatain bhante STI. coba
sebutkan nama bhante bhante nya yg pernah
saya katain, semua kritikan saya dari sejak
dulu hanyalah mengritik lembaganya, tidak
pernah mencela dan menghina personal bhikkhu.
yg saya kritik tajam adalah pemuja pemuja
organisasi dan yg menuhankan organisasi...

silakan kamu baca baca lagi catatan catatan
yg pernah saya buat di facebook tamandharma.
silakan kamu cari adakah saya menyebut nama
dari bhikkhu dan menyerang personal nya?

nama bhikkhu yg pernah saya sebut baru
didiskusi kali ini dengan menyebut nama
bhante sukhemo... itupun dengan menyatakan
maha sepuh bhante sukhemo adalah seangkatan
bhante sudhammacaro krn demikianlah yg saya
tahu. silakan dibantah jika hal itu tidak
sesuai fakta.

nama bhikkhu lain yg saya sebut adalah U
sikkhananda Andi. ketika saya sebutkan nama
bhikkhu tsb bukan hendak ngatain bhikkkhu tsb
tapi sedang menunjukan kepada sdri jaya sena
bahwa pemikirannya adalah hasil dari
pemikirannya sendiri, krn ada loh bhikkhu yg
pemikirannya malah berkebalikan 180 derajat
dari pemikirannya. ini yg saya mau dia lihat,
tapi lucunya dia malah menganggap saya juga
menentang bhikkhu pegang uang, silakan baca
di argumen saya di komentar nya sdri sena.

jadi ketika saya kemukakan nama bhante andi
itu untuk membuka pikiran sdri jaya sena
untuk jg berpikiran positif seperti yg ia
sarankan bukan untuk ngatain bhikkhu sikkha,
krn saya mah mau pegang uang atau mau main
facebook itu mah haknya dari para bhikkhu tsb
kan uangnya bukan hasil nyolong dan nipu.
dan kalian umat silakan mengritik tapi tidak
berhak melarang, mendiktenya apalagi
memakinya krn itu bukan kapasitas umat awam
untuk menghakimi para bhikkhu.

saya pernah juga koq berselisih paham dengan
bhikkhu muda yg namanya sudah saya lupa...
agacito atau entah apa... anggap saja agacito

bhante tersebut saya tidak kenal dan tidak
tahu dari mana apakah dari sti, dari stt atau dari
stm saya tidak perlu latah untuk mencari tahu,
tiba tiba bhikkhu muda tsb menegur saya
langsung ke inbox saya...

bhikkhu muda tsb berpikiram buruk tentang saya,
saya saat itu berpikir koq ada bhikkkhu yg cuma
membaca kata kata langsung memvonis saya,
bhikkhu kenapa melekat pada kata kata...
kata kata itu kan kosong, kata kata itu delusi
kenapa bhikkhu bisa tidak memahami hal yg mendasar
seperti itu sehingga terjebak pada dualisme
buruk dan baik hanya karna tidak memahami maksud
dan tujuan saya dalam mengritik.

dan kalau mau ceramah kenapa ga langsung di
wall aja jadi semuanya juga bisa belajar ga
perlu ngajarin saya krn saya itu hampir semua
sutta buddha bukan cuma saya baca tapi saya
salin (copas) ulang selama berhari hari dan
saya kumpulkan diforum tamandharma yg waktu
itu saya kelola. saya baca dan salin berbulan
bulan saja masih tidak bisa selesai saking
banyaknya padahal saya dibantu juga oleh
rekan rekan dari forum DD.

saya sudah sebegitu banyak membaca teori
buddha jadi ga perlu dikasih tau lagi saya
udah tau begitulah yg ada dipikiran saya
ketika itu.

meskipun saya anggap bhikkhu tsb sudah keluar
dari jalurnya karna datang tanpa diundang,
mengajar tanpa diminta padahal ketika
diundang malah kaga ada yg mau mengajar.

namun saya tetap menghormati bhikkhu muda tsb
dgn tidak memvonis, meledek dan mengatainya
hei bhikkhu anda sudah melanggar vinaya krn
mencampuri keduniawian, sebaiknya anda lepas
jubah...

saya tetap waras saya tetap menjaga pikiran
positif saya dengan menghargai maksud baik
bhikkkhu tsb meskipun saya tetap menyanggah
pendapat pendapatnya yg hanya muncul dari
pemikirannya sendiri.

ketika saya mendebat menyanggah dan
mengeluarkan argumentasi yg mematahkan
argumentasi itulah cara saya menghargai lawan
debat saya, bukan seperti cara cara kalian yg
mengemukakan pendapat yg tujuannya ingin
mematahkan "tangan dan kaki" nya bhante
sudhammacaro.

ketiga, kalau memang demi alasan bhikkhu bisa
dipidana ya uraikan saja alasn alasannya...
bhante plis jangan hina hina lagi presiden di
ruang umum krn kekuasaan yg sekarang ini
sudah balik lagi ke jaman orde baru di mana
siapapun yg dianggap menghina kepala negara
akan dijebloskan kepenjara...

ingat ini udah bukan jaman sby dimana ketika
sby dihina dan dibuly tidak di ancam penjara
tapi hanya cukup megucap kata prihatin, saat
ini penguasanya sudah balik lagi ke jaman
order baru dimana hukum rimba berlaku
kembali, harap bhante belajar dari kasusnya
ahok krn saya tak ingin bhante bernasib
seperti ahok yg dijebloskan ke penjara hanya
berdasar pada kebencian belaka.

sampaikanlah yg perlu disampaikan, dan jangan
ngambek bila tidak didengarkan.

nah yg saya sampaikan kepada kalian berkali
kali juga untuk berhati hati krn kita tidak
pernah tahu pencapaian apa yg sudah dicapai
oleh bhikkhu yg kalian cela dan maki tsb...
hukum karma itu bukan hukum rimba namun
hasilnya bisa 10x 100x bahkan 100000x lebih
menyakitkan dari hukum rimba.

jadi ya sudah, kalau tidak mau diingatkan ya
sudah nikmati saja.
saya sudah menyampaikan
apa yg perlu disampaikan.

mengenai perseptif grace yg mengatakan saya
mendukung yg terlalu ekstrim... ya sudah
terserah grace saja deh...
toh apa yg saya tulis dan apa yg saya katakan
tidak pernah benar dalam perspektif grace.

percaya cukur ga percaya yah gondrong... jauh
hari sebelum ini saya sudah pernah meminta
kemurahan hati bhante sudhammacaro untuk
berbelas kasih pada umat agar umat tidak
terjebak moha krn salah jalan akibat salah
memahami maksud dan tujuan bhante,
selanjutnya apakah bhante punya pemikiran dan
pertimbangan yg lain biarlah nanti waktu yg
menjawabnya...

saya tidak mau berbalik latah ikut ikutan
menghakimi bhikkhu hanya karna bhikkhu tidak
meluluskan permintaan saya.
Adalah pemikiran yg kekanak kanakan jika saya
ngambek dan berprilaku seperti kalian hanya karna
bhantenya tidak mengabulkan permintaan saya.

saya cukupkan sampai disini saja,
krn fb inipun skrg jadi ribet...
banyak tulisan saya yg tidak bisa nongol krn
dianggap spam oleh fb...
mungkin krn saya terlalu banyak
berkomentar...
jadi harap maklum kalau tulisan ini saya
jadikan satu.  salam...


Yanto Vipaka Dharma Woiii brooo Kwanz Kwan saya tdak ada niat utk menghina bhante Sudhammacaro Goey hanya mengingatkan saja...anda boleh omongin org dgn gaya bahasa kalian sendiri,saya hanya sentil sedikit saja bhante sudhamacarro aja kamu sdh balas dgn omong ini itulah skrg yg saya mau nanya sama kamu kamu itu siapa? Sdh yakin kalo saya kena karma buruk hanya comment kyk gitu aja...kamu kan sdh paham dharma sampai sdh ngerti apa yg di comment dibanding saya yg umat awam dan tdk tau apa2 soal dharma,tp satu broo elo masih belom lepas dari yg namanya padamnya keinginan untuk commenin orgbdi facebook artinya percuma saja kamu belajar dharma tp masih gak bisa nerima masukan dari org lain....paham kan ente????


Yanto Vipaka Dharma Apa karena dia seorang mahathera bisa memvonis org dapat karma buruk? Anda juga masih manusia biasa...buktinya anda masih hidup di dunia fana ini...bukannya babar dharma malah omongin negarawan...apakah yakin sdh jadi arahat...setau saya murid2 buddha semuanya menjadi arahat karena mereka tidak mengurusi lagi duniawi dan rajin meditasi...


Yanto Vipaka Dharma Apakah anda tidak mendapat karma buruk memposting photo2 bhante STI yg jadi panutan banyak org...


Yanto Vipaka Dharma Saya banyak kenal bhante2 walaupun umatnya ada salah gak pernah memvonis umatnya dapat karma buruk malahan di doakan supaya dapat berkah dari buddha inilah dharma yang sebenarnya


San Fu maaf Kwanz Kwan, kalau anda bisa melihat dari kacamata bhante Sudhammacaro Goey, coba tolong terangkan hasil terawangan anda, apa maksud bhante? apa benar itu ajaran ekstrim (baru baca juga ada ajaran ekstrim di Buddha) seperti yang anda katakan?


Yanto Vipaka Dharma Aliran baru kaleeee brooo ajaran buddha extreme...baru dengar broo...


Kwanz Kwan perasaan saya cuma bilang ke yanto itu lancang kaga bilang yanto itu menghina.... nah kalo yanto bisa menyentil kenapa saya kaga boleh menyentil juga yah.... itu sih namanya mau mencubit tapi tak mau dicubit.....

emang ada yg arahat disini? siapa yg arahat? wah saya baru tau kalo udah ada yg arahat.... tahapan untuk menuju arahat ada 8 jenjang jauh amat mikirnya udah sampe ke arahat segala.

mulai mabok?
dan san fu juga mulai ikutan mabok ?

minumnya kapan pada mabok nya sekarang wakwkwkkk

koq sanfu suruh saya liat dari kacamata bhante... kacamatanya bhante aja ga pernah dipinjemin kesaya pegimana saya bisa ngeliatnya wakwkwkkkk...

saya kaga bisa menerawang tapi saya sedikit banyak mengerti maksud dan tujuan bhante krn sifat beliau memang agak mirip saya... kritis dan keras kepala wakwkwkkk....

dulupun saya ini banyak mengritik umat buddha yg perfeksionis taoi banyak yg salah paham dengan kritikan saya, hasilnya memang diluar dugaan saya... alih alih mereka bisa terbuka pikirannya eh mereka malah pada ngamuk ngamuk seperti orang mabok karna merasa saya ini kejam dan sadis kalo sudah mengritik... padahal apa yg saya tulis hanya apa adanya tapi memang saya akui saya tidak menggunakan prasaan dalam mengritik... krn yg namanya logika tak mengenal perasaan... tak jarang kritikan itu saya tambahi sedikit cabe yg ternyata dianggap sangat pedas bagi yg tak biasa...... meskipun begitu ketika mengritik saya tak pernah menyebut namanya... jadi kenapa harus merasa padahal tak saya sebut namanya....

yg saya maksud ekstirm itu diluar yg biasanya dan terlalu sulit untuk dipahami.... semacam ajaran zen ... ajaran ini bagi kebanyakan orang akan dianggap nyeleneh dan menyimpang, padahal sesungguhnya ajaran ini ajaran buddha juga sama seperti yg ada ditheravada namun disampaikan dengan cara cara yg tidak lazim dan dianggap nyeleneh bagi yg masih polos cara berpikirnya.

kitab disobek sobek, patung dibakar, murid digetok gurunya... kisah kisah itu ada di zen... hal yg ekstrim dan nyeleneh kalo menggunakan pandangan theravada... krn kalo di theravada itu murid dan umat itu harus nya didoakan sama bhikkhu biar dapat berkah bukannya malah digetok krn getok menggetok bukan ajaran dharma yg sebenarnya https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/faa/1.5/16/1f603.png:-D https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/faa/1.5/16/1f603.png:-D https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/faa/1.5/16/1f603.png:-D


San Fu saya mabok justru baca panjang panjang gini, muter di tempat... tapi saya suka kalau bicara logika... jadi kita tunggu saja jawaban bhante Sudhammacaro Goey, apa benar ajarannya begitu agak menjurus "ekstrim" begitu? https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fd9/1.5/16/1f64f.pngπŸ™ mohon di kelarifikasi, karena sahabat facebook saling berargument dan berasumsi sendiri sendiri.



Kwanz Kwan argumen dan asumsi itu kan bagus...
saya memang sengaja memancing untuk saling berargumen dan berasumsi....
ini jauh labih bagus memancing cara berpikir dan akan membuka wawasan daripada cuma saling menyindir dan meledek.

apalagi yg ga pernah koment eh begitu nongol cuma "wakwkakk" doank... itu orang ketauan males mikir tp senengnya ngetawain yg lagi pada ngamuk ngamuk.... https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/faa/1.5/16/1f603.png:-D https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/faa/1.5/16/1f603.png:-D https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/faa/1.5/16/1f603.png:-D ... psstt... kaga usah disebut siapa namanya yah....


San Fu justru kalau berasumsi tidak menemukan logika, makin semrawut, jadi harus ada penjelasan dari termaksud https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fd9/1.5/16/1f64f.pngπŸ™


San Fu kalau ada maksud tersembunyi dalam wacana ini, misal mau PDKT. saya tidak tau, jadi mohon saya di inbox dulu https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f27/1.5/16/1f600.pngπŸ˜€https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fa8/1.5/16/1f601.png😁https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fa8/1.5/16/1f601.png😁




Meski era keterbukaan, jangan coba mencaci…
news.detik.com


Grace Setiawaty Ucapan Benar (sammΓ€-vΓ€cΓ€) adalah berusaha menahan diri dari berbohong (musΓ£vΓ£dΓ£), memfitnah (pisunΓ£vΓ£cΓ£), berucap kasar / cac i-maki (pharusavΓ£cΓ£), dan percakapan yang tidak bermanfaat / pergunjingan

Dalam Pancasila Buddhis dan JUB8 ditekankan Ucapan benar beserta turunannya...
Di ajaran Zen pun tidak pernah dalam prakteknya mengajarkan Dhamma dengan melanggar Sila dan JUB8 ini karna memang tidak masuk akal mengajarkan Dhamma dengan melanggar ajarannya sendiri


Grace Setiawaty Dan tdk usa dikasi tau Grace jg melanggar Sila, uda tau..hhh.


Dedy Liu Chandra Grace Setiawaty udah capek sih https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fa8/1.5/16/1f601.png😁 aku juga kurang respect tentang postingan demikian ... tapi ya sudah lah


Dedy Liu Chandra Kwanz Kwan ko mingming ya https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f2b/1.5/16/1f604.pngπŸ˜„https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f2b/1.5/16/1f604.pngπŸ˜„sama owe dan Tan Ruslan pastinya


Tan Ruslan Ada apa nih owe di panggil2


Grace Setiawaty Dipanggil buat diajak ikutan reuni 212...Engkong dah dsana ...pembenci jokowi kan pada ngumpul dsana. .Ntar Engkong mau pidato Monyong Jokowi


Dedy Liu Chandra Yang cuma baca dan wkwkkw doang


Grace Setiawaty Just kidding y....ntar dimarahi lg, hhh..


Benny Gosal Ini para otak bego masih pada menabur karma buruk disini. Udah bubar sana



Helsye Dwirani Hati2...jangan sembarang ngomong....takutnya akun ini di hack org dng ujaran kebencian kayak Saracen...buat mengadu domba umat Buddha.



Kwanz Kwan wakwkwkk... umat buddha indon yah kayak gitu banyak yg radikal...
mengaku memiliki cinta kasih dan belas kasih tapi cuma teori belaka...
makanya jangan heran sebelumnya ada yg dari agama tetangga sebelah takut sama umat buddha radikal...

kalo di agamanya tokoh agama mana berani mereka cela dan mereka caci maki sekalipun sang tokoh agama bergelar us***, ul***, ataupun yg lg dicari cari polisi mengucapkan kata kata kasar dan hinaan. mereka tidak berani lancang menggurui tokoh2 agama tsb krn mereka menyadari kapasitas mereka itu cuma umat awam... mereka tau diri posisi mereka ada dimana tdk pernah merasa diri mereka jauh lebih hebat dari sang tokoh agama.
para tokoh agama tsb tetap dihormati dan tak ada umatnya yg berani mencaci makinya. inilah budaya santun mereka yg tak ada di umat buddha indon yg radikal.

kalo di buddhis (cuma di budhis indon) umatnya malah kebalikannya... sangat tidak menghormati, Bahkan cuma krn sepenggal kata monyong saja bisa membuat mereka naik darah dan berani mencaci maki dan menghujat bhikkhu tanpa takut kena karma... mrk sama sekali kaga mikir bagaimana jika seandainya bhikkhu yg dimakinya sudah mencapai tingkat kesucian, karma nya bisa berlipat lipat ganda... dan karna ketidak tahuan lah mereka terjerumus karma berat... saya prihatin...
semoga mereka menyadari kebodohan mereka.

karna ketidak tahuan seseorang membuat karma.
di kisahkan oleh buddha, dimasa yg lampau ada seorang upasikha yg bertugas menyapu halaman
pada suatu hari ia melihat ludah ditempat yg telah disapunya dan krn kesal terucaplah kata kata... "yg meludah ini pasti pelacur"...
dan ternyata ludah tsb adalah ludah bhikkhuni yg yg sudah arahat... akibat karmanya dikehidupan kehidupan selanjutnya ia terlahir dan menjalani kehidupan sebagai pelacur....hanya karna memaki ludah karma yg luar biasa pun didapat....
sancai sancai...



San Fu salut Kwanz Kwan berani ngomong "kebanyakan umat buddha indon itu dikasih air susu dibalas air tuba" https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f55/1.5/16/1f44d.pngπŸ‘


Kwanz Kwan oo... ngomong donk yg jelas...kan saya juga bisa fokus bahasnya

tingkat kesucian itu bukan cuma arahat.
tingkat kesucian yg paling pertama itu sottapanna... ini baru berhasil memutus 3 belenggu... orang yg berada tingkatan ini masih bisa marah, masih melekat pada nafsu nafsu indriya... termasuk nafsu sex pun masih ada....

dari empat tingkat kesucian itupun masih terbagi dua magha dan phala... tingkat kesucian yg sudah betul betul dicapai yg disebut phala... sedangkan yg belum berhasil mencapai namun sudah berada dijalannya disebut magga.
menghalangi seorang bhikkhu yg sedang berusaha mencapai phala seperti menggodanya dan termasuk memaksanya lepas jubah adalah karma buruk yg cukup berat.

kita tidak pernah tahu pencapaian apa yg sudah berhasil diraih oleh seorang bhikkhu.... katakanlah ia belum meraih buah kesucian phala sekalipun , namun krn ia sudah berada di jalannya ia sudah berada di tingkatan awal, sottapanna magga.

sekalipun ladangnya belum terlalu subur dibanding tingkatan tingkatan yg ada diatasnya.. namun itu masih jauh lebih subur jika dibandingkan umat biasa yg ladangnya masih super gersang.
dan itu sebabnya kenapa setiap tahun kita melakukan dana diladang yg subur pada semua bhikkhu sekalipun bhikkhu itu belum mencapai buah kesucian namun mereka telah berada di jalan kesucian (magga)

urutan pencapaian kesucian :
sotapanna magga - sotapanna phala - sakadagami magga - sakadagami phala - anagami magga - anagami phala - arahat magga - arahat phala.


Kwanz Kwan loh kenapa ga berani?
apa itu kasar didengarnya? apakah itu terdengar menyakitkan?
terdengar sadis dan tidak berperasaan?

ya wes saya alusin deh...
sangat sedikit umat buddha yg dikasih air susu dibalas logam mulia https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/faa/1.5/16/1f603.png:-D https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/faa/1.5/16/1f603.png:-D https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/faa/1.5/16/1f603.png:-D


San Fu berarti sottapanna bisa ada di umat awam juga dong!? mereka lepas dari belenggu Silabbataparamasa : Kepercayaan tahyul bahwa upacara agama saja dapat membebaskan manusia dari penderitaan.


San Fu yang lain masih balas kembali pakai susu (positif thinking) https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fa8/1.5/16/1f601.png😁


Kwanz Kwan itu sangat sangat mustahil...
seorang bhikkhu sekalipun sangat sangat sulit untuk mencapai kesucian phala dijaman ini... beda dgn di jaman buddha, semua umat awam yg bisa mencapai tingkat kesucian phala itu krn mendengar sabda sang buddha...
mereka mencapai buah kesucian krn memang telah waktunya masak bersamaan dengan munculnya buddha. buddha lah yg bisa menjadi faktor pencerahnya...

sedangkan di jaman tanpa buddha... sudah tidak ada lagi faktor pencerahnya.... satu satunya cara ya harus melalui jalan kesucian (magga)... dan jalan kesuciannya ya harus melalui jalan MB8 dan memutus belenggu... jadi jangan pernah berpikir kan saya udah ga percaya sama tahyul lalu situ merasa sudah tercerahkan... gimana bisa?? la wong jalannya saja tidak ditempuh.



San Fu kalau semua harus menurut si A syarat dari si A, harus menempuh jalan seperti si A berarti juga belum sesuai dengan memutus belenggu Silabbataparamasa : Kepercayaan tahyul bahwa upacara agama saja dapat membebaskan manusia dari penderitaan. kalau masih napsu masih entenglah, napsu kan syarat ke 4, sottapanna masih boleh bernapsu koq... yg berat justru ini "dogma" yg terus terusan di dogtrine sehingga... (kembali ke atas ini)



Kwanz Kwan tahyul dan doktrin (dogma) agama beda beda tipis....
doktrin tuhan penciptaan itupun tahyul, dan saya rasa saya ga perlu nyebutin doktrin doktrin agama apa aja yg tahyul itu nanti bakalan banyak yg ngamuk lagi...

udah ah capek... gw mau istirahat....
o iya silakan bantah pernyataan saya yg menyatakan kebanyakan umat buddha membalas air susu dengan air tuba...
jangan lupa yah kirim logam mulia nya... wakwkwkkk https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/faa/1.5/16/1f603.png:-D https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/faa/1.5/16/1f603.png:-D https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/faa/1.5/16/1f603.png:-D


San Fu kan udah dibalas logam mulia... mending bahas argument dogma harus begini harus begitu (termasuk dogma yg harus harus di agama buddha) dari pada nyindir nyindir ga jelas... nambah nambah karma aja bukannya nambah ilmu https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fa8/1.5/16/1f601.png😁


Yanto Vipaka Dharma Ahhhh (sambil nyeruput kopi hangat) slurrrrppppp.... teori....
Yanto Vipaka Dharma Dog ma dan dog trin keknya adok beradik...
Yanto Vipaka Dharma Mending ngopi di pagi hari pikir mau buat kebaikan apa hari ini ya? Daripada dengar dharma yg banyakan teori melulu...
Yanto Vipaka Dharma Untung air tuba kalo pake air aki atau air keras gmana?
Yanto Vipaka Dharma Nah skrg yg jadi masalahnya siapa yang menjadi kompasnya? Umat biasa yang bisanya jiplak kompas utk di perdebatkan? Dharma bukan sesuatu yg harus dipersebatkan tp di jalani di kehidupan sehari2


San Fu kompas itu bukan siapa, tapi apa, misal teori di kitab suci... debat harus ada, asal logika dan sehat... kalau tidak boleh di debat namanya sudah ter dogtrine habis alias cuci otak alias kerbau dicocok hidungnya.
· Balas · 5 jam
Yanto Vipaka Dharma Kalo di balas pake logam mulia trus dikumpulin trus mencapai 20milyard lebih trus akan ada comment lg menipu umat...jadi harus gimana atu? Mending dikasih air aja karena air bisa menopang kehidupan...hayoooo siapa yang bisa hidup tanpa air????


Yanto Vipaka Dharma Air kalo di kemas di volume 600ml bisa di jual dgn harga 3000 perbotolnya....kalo asumsi satu orang bisa dana air 6ltr artinya 6000ml/600 = 10 botol x 3000= 30.000 x 100 orang perhari =3jt perhari x 30 hari= 90jt x 12 = 1milyardlebih x 10 thn = 10milyard lebih,masih belom 20milyard jadi aman gak ada yang bakalan comment


Komentar Kwanz Kwan ditandai sebagai spam.Tampilkan komentar


San Fu sadhu sadhu https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fd9/1.5/16/1f64f.pngπŸ™https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fd9/1.5/16/1f64f.pngπŸ™https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fd9/1.5/16/1f64f.pngπŸ™


Sudhammacaro Goey Temen2 Dhamma trims udah Mampir di Status bhante jd rame meskipun Hujan Lebat Komen makin Lebat aja... Buddha bilang Ngajarkan Dhamma sm Orang2 Bego Banget tdk Gampang, krn blom Waktunya mereka, ibarat Bunga teratai yg di Kolam itu, Umat2 Bego Banget ini sm dg Bunga teratai di bawah Air tinggal di Lumpur, msh jauh Mengerti soal Dhamma, mereka cm bisanya hahaiii... yah udah lah maklumi sj...


Dedy Liu Chandra Hahaha... ya gitu deh .. wkwkw wkwkw aja saya mah


Sudhammacaro Goey Kalau baca2 Komen ini disini jd Inget ke masa lalu dg WIRAJANA, ANGGARA dkk dulu...








Comments

Popular posts from this blog

HUBUNGAN ANTAR SHIO JANGAN SALAH MEMILIH JODOH

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “

" NAMA-NAMA BUDDHIS "