Fenomena Dhamma

Saturday, August 01, 2015

Agamawan [Penganut Agama] hrs Belajar Tau IPTEK utk Buka WAWASAN lbh LUAS, Jng spt KATAK dlm SUMUR, Fanatik Sempit Tertutup oleh Kata2 AWLOH TUHAN-mu...





NASA Temukan Planet Berpenghuni Seperti Bumi?

Jum'at, 24 Juli 2015 - 17:03 wib
Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, mengumumkan penemuan planet yang memiliki banyak kesamaan dengan Bumi, dan kemungkinan merupakan lokasi kehidupan di luar Bumi.
Mengutip laman IBTimes, Jumat (24/7/2015), planet tersebut bernama Kepler 452b, dan digambarkan sebagai yang terbesar, sepupu tertua untuk planet Bumi dan terkecil selama mengorbit di zona layak huni (habitable zone) di sekitar bintang yang menyerupai Matahari.
Dengan kata lain, planet ini 60 persen lebih besar dari Bumi, dan Kepler 452b orbitnya hanya 20 hari lebih lama dibanding Bumi. Para ilmuwan percaya, 6 miliar tahun dalam zona layak huni di dekat bintang yang memiliki masa dan suhu mirip Matahari, memiliki waktu lebih dari cukup bagi kehidupan berkembang di lautan dan permukaannya.
Bintang berusia 1,5 miliar lebih tua dibanding Matahari, yang berarti lebih besar dan lebih terang. Seperti bintang yang tumbuh sesuai dengan usia mereka, Kepler 452b menerima 10 persen lebih banyak energi dibanding Bumi.
“Kepler 452b dapat mengalami apa yang Bumi akan alami lebih dari satu miliar tahun dari sekarang,” kata Doug Caldwell, ilmuwan Seti Institute pada misi Kepler.
Tak hanya Kepler, NASA juga mengumumkan temuan 12 exoplanet lain yang kemungkinan di huni, atau planet yang mengorbit bintang selain Matahari, serta secara total jumlahnya 500.
John Jenkins, pemimpin data analisis Kepler di Ames Research Center di Moffett Field, California, mengatakan, “Ini menakjubkan untuk mempertimbangkan bahwa planet ini menghabiskan 6 miliar tahun di zona layak huni dari bintang.”

Lebih lanjut, Jenkins mengatakan, Kepler 452b cenderung memiliki gravitasi lebih kuat dari Bumi, dan berbatu dengan berapi yang aktif.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home