Fenomena Dhamma

Saturday, August 01, 2015

Agamawan [Penganut Agama] hrs Belajar Tau IPTEK utk Buka WAWASAN lbh LUAS, Jng spt KATAK dlm SUMUR, Fanatik Sempit...





Astronom Temukan Tiga Planet Mirip Bumi Berukuran Raksasa- Jum'at, 31 Juli 2015 - 16:33 wib.

CALIFORNIA – Para astronom percaya jika mereka telah menemukan planet berbatu mirip Bumi di luar sistem Tata Surya. Planet tersebut diduga merupakan “dunia vulkanik” dengan batuan cair dan memiliki dua plabte Super-Earth yang mengorbit di bintang tersebut.
Mengutip Daily Mail, Jumat (31/7/2015), bintang tersebut bersembunyi di balik M-shaped belahan bumi utara konstelasi Cassiopeia, 'hanya' 21 tahun cahaya dari Bumi. Secara total, sistem bintang tersebut terdiri atas satu planet raksas, dan tiga super Bumi yang mengorbit sebuah bintang yang dijuluki HD219134.
Super-Earth memiliki massa yang lebih tinggi dari Bumi, namun lebih ringan dari planet lain seperti Neptunus, Saturnus, atau Jupiter. Planet Super-Earth terbentuk atas batu-batuan, gas, atau kombinasi keduanya.
Planet dengan orbit terpendek, HD2191134b bergerak setiap tiga hari dan saat ini planet tersebut telah transit di muka Bintangnya seperti yang terlihat dari sudut pandang Bumi. Berdasarkan pengukuran yang dilakukan NASAmelalui teleskop luar angkasa Spitzer, planet mirip Bumi raksasa itu memiliki massa 4,5 kali lebih besar dari Bumi dan berukuran 1,6 kali lebih besar.
“Kepadatan rata-ratanya mendekati kepadatan Bumi, menunjukkan komposisi yang mungkin mirip juga planet tersebut sangat dekat dengan Bintang dan memiliki suhu 700 derajat Kelvin atau (427 Celcius, 800 Fahrenheit),” tulis tim astronom dari Univeristas Jenewa yang turut mengambil bagian dalam penelitian.
Sayangnya meski memiliki bentuk Bumi, planet raksasa tersebut diperkirakan tak bisa ditinggali manusia karena banyaknya gunung berapi yang melelehkan lava panas yang tentunya tak baik untuk kehidupan manusia.- (amr)


0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home