KISAH ZHOU CHU




Sering kali kita mendengar ada orang yang sedang membicarakan orang lain: orang ini lho baik,dia itu lho orangnya jahat, dll...Mengapa sama-sama sebagai manusia bisa ada perbedaan? Sebenarnya begitu kita dilahirkan ke dunia, hati masing-masing orang adalah baik, tiada perbedaan. Setelah masing-masing tumbuh menjadi dewasa  karena lingkungan yang dihadapi berbeda, apa yang dipelajari juga tidak sama barulah mulai timbul perbedaan sifat.Ada yang baik, ada pula yang buruk.


Karenanya saat seseorang masih kecil jika tidak mendapatkan didik-an yang baik, hati yang polos-lugu bisa menjadi buruk&jahat. Maka dari itu sebagai orang tua harus benar-benar memperhatikan pendidikan anak sedini mungkin. Kisah berikut menceritakan seorang anak yang dulunya tidak menurut kepada orang tua, lantas menjadi musuh masyarakat, pada akhirnya bisa sadar&memperbaiki diri.


Pada jaman dinasti Jin barat(西晋xi jin),daerah Yi Xing(义兴sekarang daerah Jiang Su Yi Xing ) hiduplah seorang pemuda yang bernama Zhou Chu()sejak kecil ayahnya telah meninggal dunia. Sebenarnya Zhou Chu adalah seorang pemberani&berjiwa adil.Sayangnya karena tiada orang yang mempedulikan,ia berubah menjadi penjahat.Di mana-mana Zhou Chu melakukan kejahatan. Karena itu penduduk setempat sangat membencinya.Pada saat yang bersamaan di dalam desa terdapat seekor naga yang jahat&seekor harimau yang ganas. Setiap hari para penduduk tegang&gelisah. Para penduduk menganggap perilaku Zhou Chu sama membahayakannya dengan naga jahat&harimau ganas, mereka menyebut ketiganya sebagai 3 yang menakutkan(三害san hai).


Diantara ketiganya, Zhou Chu masih dianggap sebagai yang paling menakutkan.Suatu hari Zhou Chu mendengar kabar tentang naga jahat&harimau ganas, ia ingin membuktikan kepada para penduduk bahwa dirinya lebih hebat daripada keduanya.Segeralah Zhou Chu pergi berkelahi dengan mereka. Setelah berkelahi 3 hari 3 malam barulah Zhou Chu dapat mengalahkan naga jahat&harimau ganas. 


Dalam perjalanan pulang ke desa, Zhou Chu melihat para penduduk sedang mengadakan persiapan untuk pesta.Pada awalnya ia mengira pesta tersebut adalah untuk menyambutnya, akan tetapi kenyataan tidak demikian.Karena sudah lama tidak kelihatan batang hidungnya, penduduk setempat mengira Zhou Chu telah tewas. Mereka merayakan hilangnya 3 yang menakutkandari desa mereka. Menyadari jika para penduduk sebenarnya sangat membencinya Zou Chu bertobat.Ia berguru kepada Lu Yun (). Setelah beberapa tahun tekun belajar&merubah kebiasaan lama yang buruk,Zhou Chu pada akhirnya dapat menjadi seorang pejabat yang bijak&mengayomi para penduduk.


人之初,性本
Ren zhi cu,xing ben shan
性相近,
Xing xiang jin,xi xiang yuan
苟不教,性乃
Gou bu jiao,xing nai qian
教之道,
Jiao zhi dao,guo yi zhuan.


Penulis: Xie Zheng Ming.
Ahli Sejarah Kuno Conficius dan bahasa Mandarin.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “