PEDOMAN PRILAKU YANG BAIK (REVISI)

PEDOMAN PRILAKU YANG BAIK


A. Orang Prilakunya Baik Punya Tata Krama.
Orang yang prilakunya baik ialah orang yang suka berbuat baik melalui pikiran, ucapan dan perbuatan.
Prilaku: prilaku yang baik mencakup tiap gerakan tubuh seperti; berjalan dengan baik, berdiri, duduk, dan tidur, semua dilakukan dengan baik hingga terlihat baik dan tak tercela.
Norma-norma aturan dalam perbuatan yang baik contohnya:
Tidak boleh melangkahi seseorang, misalnya; kalau mau melewati orang tua yang sedang duduk, biasakan membungkuk atau badan menunduk sebelum, waktunya dan sesudah melewatinya.
Tidak boleh mengambil sesuatu yang berada ditempat yang lebih tinggi dari kepala orang tua, jika terpaksa biasakan mohon maaf sebelumnya.
Tidak boleh memegang bagian kepala dan muka siapa pun, kecuali anak-cucu sendiri, biasakan hal baik ini.
Tidak boleh bercanda dengan orang yang lebih tua, kecuali teman akrab, biasakanlah hal baik ini.
Menjaga anggota badan lebih baik, agar tidak menyentuh badan orang lain, biasakanlah hal baik ini.
Tidak boleh menuding dengan telunjuk tangan ke arah orang lain, sebaiknya gunakan jempol jari, biasakanlah hal baik ini.
Ketika masuk atau keluar di kendaraan umum, jagalah jangan sampai menyenggol tubuh atau barang orang lain, kalau tidak terhidarkan, biasakanlah mohon maaf sebelumnya.
Ketika memberikan sesuatu kepada orang lain jangan dengan cara melempar, atau mendorong waktu berdesakan, biasakanlah hal baik ini.
Jangan menghalangi orang lain sedang nonton sesuatu, kalau mau lewat biasakan mohon maaf seblumnya.
Jangan mengganggu orang lain yang sedang sibuk bekerja.
Jangan bising hingga mengganggu orang lain yang sedang mendengar sesuatu.
Jangan bising ketika berkunjung ke rumah orang lain.

Norma-norma aturan dalam ucapan yang baik contohnya:
Jangan memotong pembicaraan orang lain, bila mau bicara tunggu kesempatan suasana diam, biasakanlah hal baik ini.
Jangan bicara dengan suara terlalu keras.
Bicaralah dengan suara normal, santun, kalem, tidak dengan nada marah atau membentak, jagalah kesopanan dengan siapa pun, biasakanlah hal baik ini.
Jangan bicara mau menang sendiri, jika tidak setuju berilah alasannya dan penjelasan, agar orang lain mengerti, biasakanlah hal baik ini.
Jangan bicara kasar dengan siapa pun, kapan dan di mana pun, bicaralah dengan suara lembut, sopan, dan enak didengar, biasakanlah hal baik ini.

Norma-norma aturan dalam pikiran yang baik contohnya:
Biasakanlah memusatkan pikiran agar bisa bekerja dengan giat, ulet, dan hasilnya penuh optimal.
Ketika menghadapi kekecewaan, jangan memperlihatkan kemarahan, atasilah dengan kesabaran dan menahan diri, biasakanlah hal baik ini.


B. Orang Yang Prilakunya Baik Nampak Beradab.
Norma-norma aturan dalam perbuatan yang baik contohnya:
Berpakain yang bersih, rapih dan sopan, tidak seronok, ketat, atau terbuka, biasakanlah hal baik ini.
Jangan berganti pakaian di depan umum, bila perlu lakukan di ruang tertutup, biasakanlah hal baik ini.
Jangan mencungkil upil, mencolek dan menggaruk anggota badan di depan umum, biasakanlah hal baik ini.
Jangan kencing, berak di depan umum, apalagi memeluk dan mencium wanita.
Jangan bersendawa, menguap waktu makan bersama, kecuali sendiri, biasakanlah hal baik ini.
Jangan bersin terlalu keras, sebaiknya ditutup sapu tangan, biasakanlah hal baik ini.
Jangan meludah, berdahak di depan umum, apalagi suara keras berhamburan, biasakanlah hal baik ini.
Jangan makan terburu-buru dan lahap sekali di depan umum, makan pelan dan rapih, tidak boleh sambil berdiri, biasakanlah hal baik ini.
Waktu makan jangan ambil terlalu banyak, acak-acakan, jangan menyuap makanan terlalu banyak, atau bersuara capuk-capuk, tidak ngobrol dan nengok kiri-kanan waktu makan, biasakanlah hal baik ini.
Jangan mengambil atau memberi makanan dengan tangan sendiri, kecuali dengan sendok, biasakanlah hal baik ini.
Jangan mengambil makanan melewati tubuh orang lain, jika terpaksa sebelumnya mohon maaf, atau minta diambilkan, biasakanlah hal baik ini.
Jangan menggunakan sendok, garpu, piring, gelas yang sudah tahu milik orang lain, biasakanlah hal baik ini.
Jangan mengambil makanan dengan sendok sendiri ketika makan bersama, gunakan sendok yang baru, biasakanlah hal baik ini.
Jika terpaksa bicara waktu makan bersama, sebaiknya jaga jarak, biasakanlah hal baik ini.

Norma-norma aturan dalam ucapan yang baik contohnya:
Jangan bicara hal yang menjijikkan di depan umum seperti kotoran, anggota tubuh yang bersifat pribadi, dan hubungan intim, biasakanlah hal baik ini.
Jangan bicara rahasia orang lain, atau pribadi yang memalukan di depan umum, apalagi yang merugikan orang lain, kecuali tujuannya baik untuk mengingatkan mereka, agar berubah hingga menjadi baik, biasakanlah hal baik ini.


PEDOMAN PRILAKU YANG BAIK
Pepatah menulis: “Kejujuran Adalah Kekayaan Bagi Orang Baik”

C. Orang Yang Prilakunya Baik Pasti Sopan-Santun.
Norma-norma aturan dalam perbuatan yang baik contohnya:
Ketika duduk dengan orang tua, duduklah dengan sopan, bila orang tua duduk di lantai atau di bawah, seharusnya mengerti lalu turun ke bawah, ambil jarak dan duduk tetap sopan dan hormat, biasakanlah hal baik ini.
Ketika berjalan bersama orang tua, sebaiknya mengikuti dari belakang dan jaga jarak hingga terdengar suaranya, biasakanlah hal baik ini.
Ketika bersama orang tua di mana pun, jangan membelakangi, namun berhadapan menatap mukanya dengan rasa hormat, biasakanlah hal baik ini.
Memberikan tempat duduk kepada orang hamil, orang tua atau yang membawa barang berat dengan rasa tulus, biasakanlah hal baik ini.
Jangan merokok di tempat umum, di dalam mobil, apalagi tempat larangan merokok, untuk menghindari celaan orang lain, biasakanlah hal baik ini.
Ketika memasuki tempat ibadah bukalah topi, dan sepatu-sandal termasuk ke rumah orang, untuk memberi rasa hormat, biasakanlah hal baik ini.
Ketika bertemu dengan orang lebih tua memberi salam hormat duluan adalah wajib, yang tua akan membalasnya, biasakanlah hal baik ini.
Ketika bertemu dengan lawan jenis sebaiknya pria memberi salam hormat duluan, kecuali dengan sanak family sendiri biasakanlah hal baik ini.
Ketika bertamu yang mau berpamitan harus duluan memberi salam hormat kepada pemilik rumah, biasakanlah hal baik ini.
Ketika dalam pertemuan, yang melihat duluan yang seharusnya memberi salam hormat kepada tamunya, biasakanlah hal baik ini.
Ketika orang lain memberi salam hormat duluan, jangan mengabaikan harus membalasnya, kecuali budaya di barat atau eropa orang tua lebih dulu, biasakanlah hal baik ini.

Norma-norma aturan dalam ucapan yang baik contohnya:
Jika bertamu, bicaralah dengan sopan kepada orang lebih tua, jangan meniru-niru apalagi main-main, biasakanlah hal baik ini.
Jika bertamu, jangan bergosip tentang sanak familynya, apalagi mecela dan menjelekkan, biasakanlah hal baik ini.
Jika bertamu, jangan bicara ribut, bising, mencela, apalagi bertengkar argumen, bila tuan rumah bersikap hormat layaknya rumah ibadah, biasakanlah hal baik ini.
Sebelumnya minta maaf jika mau mengambil debu kotoran, atau serangga yang ada di atas kepala orang lain, biasakanlah hal baik ini.
Selalu ucapkan terimakasih atas pertolongan dan bantuan yang diterima dari orang lain, tak peduli berapa besar kecilnya, biasakanlah hal baik ini.
Selalu mohon maaf dengan tulus kepada orang lain, bila merasa bersalah, biasakanlah hal baik ini.

Norma-norma aturan dalam pikiran yang baik contohnya:
Berpikir; selalu memberi hormat kepada orang yang lebih tua, tak peduli status, kedudukan, kaya-miskin, biasakanlah hal baik ini.
Berpikir; selalu mau berlaku sopan terhadap orang yang lebih tua, tak peduli status, kedudukan, kaya-miskin, biasakanlah hal baik ini.
Berpikir; selalu mau baik hati dan berlaku santun, kepada siapa pun, tak peduli status, kedudukan, kaya-miskin, biasakanlah hal baik ini.

D. Orang Yang Prilakunya Baik Memilki Pribadi Simpati.
Norma-norma aturan dalam perbuatan yang baik contohnya:
Bisa menyesuaikan diri dengan orang lain di mana pun berada, dan tetap menjaga etika kesopanan baik sedang duduk, berdiri, berjalan, makan-minum.
Jangan mau berbeda ditengah kerukunan orang lain, biasakanlah hal baik ini.
Bila bertamu tidak usah berlama-lama, kecuali perlu mau selesaikan masalah, biasakanlah hal baik ini.
Ketika di tempat rumah duka-cita, jangan tertawa keras, atau memperlihatkan kegembiraan seakan tak menghormati keluarga sedang berduka-cita, biasakanlah hal baik ini.
Sebaliknya, bila di rumah yang sedang pesta suka-cita, jangan menunjukkan kesedihan, murung, dsb, biasakanlah hal baik ini.
Ketika berwisata dengan rombongan, harus kompak ikuti aturan, berbagi suka-duka bersama dan membantu mereka, biasakanlah hal baik ini.
Sebagai tuan rumah; menyambut tamu dengan salam hormat, suguhan minuman-makanan secukupnya, biasakanlah hal baik ini. Menyambut tamu dengan ketulusan hati sesuai tradisi budaya setempat, biasakanlah hal baik ini.
Menyambut tamu jangan pilih kasih status, baik dia pendeta atau pengemis, kecuali bila curiga pencuri, biasakanlah hal baik ini.
Menyambut tamu harus sigap ketika tiba, meski sedang sibuk atau tidur, jadi lebih dahulukan tamu, baru kerja atau istirahat, biasakanlah hal baik ini.
Jika sedang menyambut tamu jangan suka melihat jam, seolah mengusir cara halus, biasakanlah hal baik ini.
Jika menyambut tamu, ingat ada janji, sebelumnya minta maaf kepada tamu dan memberitahu ada janji, biasakanlah hal baik ini.
Menyambut tamu harus selalu bersikap tulus hati dan senang, dengan ucapan terimakasih atas kunjungannya, biasakanlah hal baik ini.
Jangan memandang orang lain berlebihan, atau sebaliknya merendahkan dan melecehkan, hingga membuatnya tidak nyaman, bersikaplah normal dan selalu sopan dan hormat, biasakanlah hal baik ini.
Menyambut kedatangan tamu denagn senang hati, juga mengantar pulang dengan senang hati pula, agar berkesan indah, biasakanlah hal baik ini.

Norma-norma aturan dalam ucapan yang baik contohnya:
Ketika bertamu jangan suka mencela, dan menyalahkan dekorasi rumah orang lain, akan menyakiti hati tuan rumah, bila ada usulan sampaikan dengan cara halus, humoris agar tidak menyinggung perasaannya, biasakanlah hal baik ini.
Jangan memuji berlebihan penampilan orang lain secara langsung, sebab bisa membuatnya malu dan enggan, biasakanlah hal baik ini.
Jangan mengungkit dan membuka rahasia kesalahan teman sendiri karena akan timbul ketidak nyamanan, jika perlu kasih tahu cara halus dan humoris, agar tidak tersinggung, biasakanlah hal baik ini.
Jangan mengejek dan menggoda wanita berlebihan di depan umum, sebab akan membuat malu, biasakanlah hal baik ini.
Jangan bicara tubuh cacad orang di depannya, sebab akan membuat tersinggung dan marah, biasakanlah hal baik ini.
Jangan menyinggung nasib buruk orang lain di depannya, jika perlu berilah pandangan hidup yang benar, biasakanlah hal baik ini.
Jangan menyinggung kejelekkan paras orang lain, atau pakaian tidak rapih, sobek, kotor tidak dicuci, gunakan cara halus dan humoris, agar tidak marah, dan mau memperbaikinya, biasakanlah hal baik ini.
Jangan cerita memalukan kepada tamu baru, agar tidak sungkan, biasakanlah hal baik ini.
Jangan buka rahasia orang lain di depan umum, bicara yang menyenangkan, halus dan humoris, agar tidak terisnggung dan marah, biasakanlah hal baik ini.
Jangan cerita sedih di tempat pesta, sesuaikanlah ikut sikon, biasakanlah hal baik ini.

Norma-norma aturan dalam pikiran yang baik contohnya:
Berpikir jangan suka merepotkan orang lain, jika perlu bantuan gunakan cara yang simpel tidak berlebihan, biasakanlah hal baik ini.
Berpikir jangan ceroboh dan jangan suka minta segala sesuatu kepada orang baru kenal, biasakanlah hal baik ini.

E. Orang Yang Prilakunya Baik Penampilannya Anggun.
Norma-norma aturan dalam perbuatan yang baik contohnya:
Menyadari tiap gerakan tubuh baik duduk, berdiri, jalan dengan tubuh tegak tapi rileks, agar nampak tidak sombong dan angkuh, biasakanlah hal baik ini.
Harus menyesuai diri dengan status, jangan menipu orang dengan cara penampilan (styles) keren, wajar saja apa adanya, kalau bisa rendah hati lebih bagus, biasakanlah hal baik ini.
Bersikap berani dan tanggung jawab baik di depan atau belakang orang, jangan gugup, ragu-ragu, plin-plan, binggung, sebab tidak akan dihargai orang lain, malah sulit dipercaya, biasakanlah hal baik ini.

Norma-norma aturan dalam ucapan yang baik contohnya:
Bicara dengan suara yang normal cukup didengar, gunakan kata-kata yang jelas, terbuka atau transparan mudah dimengerti, tak berbelit, samar-samar hingga sukar dimengerti, biasakanlah hal baik ini.

Norma-norma aturan dalam pikiran yang baik contohnya:
Berpikir; sadar tentang segala sesuatu yang indah, damai, baik, menyenangkan, biasakanlah hal baik ini.
Berpikir; secara luas, berwawasan, pertimbangan yang tepat dalam bergaul dengan siapa pun tak peduli status, kaya-miskin, biasakanlah hal baik ini.
Berpikir; tahu kapan harus bicara, dan apa yang perlu dibicarakan diiringi cinta-kasih, sabar dan mau memaafkan jika perlu, biasakanlah hal baik ini.
Berpikir; terbuka, lapang dada, positif, trampil menguasai emosi, mudah mengerti sikon orang lain dalam bergaul, dan komunikasi cara damai, persaudaraan, kebersamaan, mau mengalah, biasakanlah hal baik ini.

Berpikir; penuh pengertian, rajin menambah ilmu yang bermanfaat, biasakanlah hal baik ini.

Berpikir; teguh, ulet, gigih pantang menyerah, berani, tegas, jujur, bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya, hingga berhasil dengan baik dan berguna bagi semua, biasakanlah hal baik ini.

F. Orang Yang Prilakunya Baik Berhasil Dalam Pekerjaan.

Orang yang prilakunya baik berhasil dalam pekerjaannya, sebab dia melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar serta bijaksana, tak suka menangguhkan hingga menunggak pekerjaan.
Norma-norma aturan dalam perbuatan yang baik contohnya:
Melaksanakan tugas dengan baik dan benar, teliti serta penuh tata-tertib, biasakanlah hal baik ini.
Melaksanakan tugas dengan tepat waktu, agar tidak mengecewakan orang lain dan menunggunya, akhirnya merugikannya.
Jika ada surat segera membalasnya, hal ini adalah sikap tanggung jawab untuk menjaga persahabatan utamanya menghormati orang lain, biasakanlah hal baik ini.
Bekerja kelompok harus saling membantu, kerja keras di depan atau belakang dalam menyelesaikan tugasnya, biasakanlah hal baik ini.

Norma-norma aturan dalam ucapan yang baik contohnya:
Bicara jujur apa adanya disertai ketulusan hati, hingga bisa dipercaya, biasakanlah hal baik ini.
Jangan mudah bikin janji atau menawarkan sesuatu bila tak menyanggupinya, lebih baik pertimbangkan kemampuan dulu, biasakanlah hal baik ini.

Norma-norma aturan dalam pikiran yang baik contohnya:
Miliki sifat selalu jujur terhadap diri sendiri maupun pada orang lain, biasakanlah hal baik ini.
Miliki sifat selalu rajin dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan dengan baik dan benar, hingga tuntas sekuat tenaga, biasakanlah hal baik ini.
Miliki sifat selalu mampu bekerja sendiri tak tergantung pada orang lain, kecuali terpaksa memerlukannya, biasakanlah hal baik ini.
Trampil membagi waktu yang tepat dalam kerja; untuk istirahat, untuk makan dan tidur serta berlibur, biasakanlah hal baik ini.
Patuhi segala peraturan pemerintah, aturan agama, aturan adat-istiadat, aturan masyarakat, biasakanlah hal baik ini.
Melaksanakan tugas dengan baik sebagai pimpinan atau bawahan, sesuai porsinya, biasakanlah hal baik ini.
Ketika ada masalah, kesulitan, atau kendala, tetaplah konsisten bekerja dengan gigih, patuhi aturan, jangan mudah menyerah, mengeluh, menuntut lebih, dsb, biasakanlah hal baik ini.
Melaksanakan tugas dengan tekun, ulet dan sabar hingga berhasil, biasakanlah hal baik ini.
Jangan punya sifat keras kepala, jika salah sadari dan akuilah, agar tidak terus bertambah buruk, ingat manusia tak luput dari kesalahan dan kekurangan, biasakanlah hal baik ini.
Berupaya dengan gigih, ulet, sabar untuk meraih cita-cita demi kemajuan dan kesuksesan disegala bidang, hati-hati dan mawas diri dalam tiap tingkatan, biasakanlah hal baik ini.


PEDOMAN PRILAKU YANG BAIK
Pepatah menulis: “Kejujuran Adalah Kekayaan Bagi Orang Baik”


G. Orang Yang Prilakunya Baik Berhati Mulia.
Orang yang prilakunya baik dan tulus pasti memancarkan cinta-kasih, memiliki pandangan dan wawasan yang luas, suka melihat dan menilai orang lain dari sisi baiknya (positif tinking).
Norma-norma aturan dalam perbuatan yang baik contohnya:
Bila melihat orang lain salah dan memalukan, tolonglah dia agar tidak mengulangi, jika tak mampu pura-pura tidak melihatnya, biasakanlah hal baik ini.
Bila menemukan barang milik orang lain di mana pun, segera berikan, jika tak tahu berikan kepada petugas yang berwajib, biasakanlah hal baik ini.
Bila tahu akan ada kejadian yang mecelakakan atau membahayakan orang lain, segeralah beritahu mereka, biasakanlah hal baik ini.

Norma-norma aturan dalam ucapan yang baik contohnya:
Jangan mengejek atau menertawakan atas kesalahan orang lain, sebab akan memalukannya, biasakanlah hal baik ini.
Jangan bicara menyombongkan diri sendiri, atau menekan dan menakut-nakuti tapi bicaralah dengan sopan, lembut dan apa adanya, biasakanlah hal baik ini.

Norma-norma aturan dalam pikiran yang baik contohnya:
Memperlihatkan cinta-kasih kepada siapa pun, utamanya pada orang kecil dan memuji jika perlu, biasakanlah hal baik ini.
Memperlihatkan keprihatianan atas derita orang lain, baik dengan tetangga, dan lingkungan, lalu menolong semampunya dan berbagi suka-duka, biasakanlah hal baik ini.
Kepedulian pada orang yang sedang sial mengalami kecelakaan, kebakaran, ulurkan bantuan segera semampunya, biasakanlah hal baik ini.
Bersikap sportif waktu kalah atau menang di pertandingan, jangan bikin rusuh atau menyombongkan diri jika menang, biasakanlah hal baik ini.
Buang rasa dendam dan ingin membalas kejahatan orang lain, lebib baik biarkan berlalu, ingat bahwa hal itu buah karma kita di masa lalu, biasakanlah hal baik ini.

H. Orang Yang Prilakunya Baik Tidak Mementingkan Diri Sendiri.
Norma-norma aturan dalam perbuatan yang baik contohnya:
Waktu mau makan mempersilahkan orang tua dan perempuan lebih dulu makan, biasakanlah hal baik ini.
Jangan berebut tempat duduk baik di kendaraan, di tempat pertunjukan, dsb, lebih bagus antri ikuti aturan, biasakanlah hal baik ini.
Jangan mengambil perhatian teman yang sedang bicara dengan orang lain, jika perlu permisi dulu minta maaf untuk menyampaikan sesuatu hal, biasakanlah hal baik ini.
Dalam pertemuan, sebagai orang tua, pejabat, atau pimpinan harus trampil menempatkan diri sesuai status, jangan sampai menghalangi yang lebih muda, biasakanlah hal baik ini.
Dalam jamuan makan, perhatikan di sekitar agar dapat makanan yang cukup hingga tidak kurang makanan, biasakanlah hal baik ini.
Waktu jamuan makan bersama, harus saling menolong mengambil makanan yang jauh jangkauan, jangan sibuk makan untuk sendiri saja, biasakanlah hal baik ini.
Waktu jamuan makan bersama jangan serakah, ambil makanan secukupnya jangan terlalu banyak, agar semua kebagian, biasakanlah hal baik ini.
Waktu jamuan makan bersama, ambil makanan secukupnya, jangan sampai terbuang, biasakanlah hal baik ini.
Waktu berwisata rombongan, jangan maunya dibayarin melulu, cari kesempatan untuk membalas kebaikan orang lain, biasakanlah hal baik ini.
Jika pinjam barang, dsb, harus tanggung jawab untuk mengembalikan segera secara utuh setelah selesai, biasakanlah hal baik ini.
Selalu ingat membalas budi baik orang lain, jangan sampai melupakan bahkan mengabaikan, anggaplah mereka orang tua atau guru sendiri, dan menolong yang memerlukan adalah sifat mulia, biasakanlah hal baik ini.


Norma-norma aturan dalam ucapan yang baik contohnya:
Jangan minta seseorang dalam pertemuan agar keluar untuk membicarakan rahasia, sebab akan timbul kesangsian orang lain, biasakanlah hal baik ini.
Jangan suka memborong bicara sendiri, hingga orang lain tak ada kesempatan bicara, lebih baik mendengar masukan menambah wawasan luas, biasakanlah hal baik ini.
Jangan memotong pembicaraan tentang masalah orang lain, tunggu sampai selesai baru bicara seperlunya, biasakanlah hal baik ini.
Jangan mencela barang atau sesuatu yang diberikan orang lain, meski yang diberikan kurang bagus dan tak berguna bagi diri sendiri, sebab kemampuan tiap orang berbeda, biasakanlah hal baik ini.
Sebaliknya jangan tanya harga barang yang diberikan orang lain, hormatilah simpatinya sebab kemampuan tiap orang berbeda, biasakanlah hal baik ini.
Jika memberi sesuatu pada orang lain jangan tunjukan harganya, yang penting ketulusan hati kita dalam memberi, bukan harganya, biasakanlah hal baik ini.
Jangan suka pamer diri lebih.., sebab orang lain akan tersinggung, sebaiknya berendah hati amat terpuji, biasakanlah hal baik ini.

Norma-norma aturan dalam pikiran yang baik contohnya:
Berpikir; jangan suka meminta-minta, jika perlu minta pada orang lain yang selayaknya, dan secukupnya, biasakanlah hal baik ini.
Berpikir; jangan suka mengincar barang orang lain atau hewan yang disukai, biasakanlah hal baik ini.
Berpikir; jangan suka sering pinjam uang atau barang pada orang lain, jika perlu pinjam segera kembalikan tepat waktu, biasakanlah hal baik ini.
Berpikir; jangan suka menyandarkan diri pada orang lain, sebaliknya justru harusnya menjadikan sandaran bagi orang lain, jika tak mampu berusahalah sekuat tenaga jangan menyusahkan orang lain, biasakanlah hal baik ini.
Berpikir; harus tanggung jawab selesai tugas tepat waktu, jika kerja sama harus saling bantu dalam suka-duka, biasakanlah hal baik ini.
Berpikir; jangan suka makan kacang lupa kulit istilahnya lupa jasa baik orang lain, balaslah bila ada kesempatan dapat hoki, biasakanlah hal baik ini.
Berpikir; jangan suka iri-hati, panasan atau sirik-dengki kelebihan orang lain, sebaliknya harus turut bahagia atas kesuksesan orang lain, biasakanlah hal baik ini.


PEDOMAN PRILAKU YANG BAIK
Pepatah menulis: “Kejujuran Adalah Kekayaan Bagi Orang Baik”

I. Orang Yang Prilakunya Baik Hatinya Tulus.
Norma-norma aturan dalam perbuatan yang baik contohnya:
Mengetuk pintu atau isyarat lebih dulu, sebelum dipersilahkan masuk rumah atau kamar orang, jangan langsung masuk hal ini adalah tata-krama dan aturan hidup bermasyarakat, biasakanlah hal baik ini.
Bila sudah masuk rumah orang, jangan melihat atau melongok kamarnya seperti ingin menyelidik, hal ini tindakan tak pantas, biasakanlah hal baik ini.
Jangan langsung memegang barang sesukanya di rumah orang, permisi dulu pada tuan rumah adalah tindakan bijak, biasakanlah hal baik ini.
Jangan langsung membaca surat pribadi orang lain sebelum minta izin, artinya jangan suka mencampuri urusan orang alin, biasakanlah hal baik ini.
Jangan suka baca buku harian, catatan atau rekening pribadi orang lain, bila tidak ditugaskan atau diiznkan, artinya jangan suka mencampuri urusan orang alin, biasakanlah hal baik ini.
Jangan duduk di balik meja kerja orang lain, sebab siapa tahu ada menyelip sesuatu yang bersifat pribadi, artinya jangan suka mencampuri urusan orang alin, biasakanlah hal baik ini.
Jangan membuka-buka buku di atas meja kerja orang lain, sebab siapa tahu ada tahu ada menyelip sesuatu yang bersifat pribadi, artinya jangan suka mencampuri urusan orang alin, biasakanlah hal baik ini.
Jangan ceroboh masuk ke lingkup kelompok orang lain tanpa diundang, jika diajak pun harus pikir dan pertimbangkan serius dulu, biasakanlah hal baik ini.
Jangan suka menguping pembicaraan orang lain, jika tak mau ada masalah, biasakanlah hal baik ini.
Jangan suka mengintip dan mau tahu rahasia pribadi orang lain, jika tak mau ada masalah, biasakanlah hal baik ini.
Bila tidak diajak orang lain bicara hal rahasia, sebaiknya menghindar dan menjauh, jika tak mau ada masalah, biasakanlah hal baik ini.

Norma-norma aturan dalam ucapan yang baik contohnya:
Jangan suka tanya hal pribadi atau urusan orang lain, kecuali ada kaitannya atau mau menolong mereka, biasakanlah hal baik ini.
Jangan suka tanya apa yang sedang ditulis orang lain, kecuali kepada anak sendiri atau teman dekat, biasakanlah hal baik ini.
Jangan suka tanya tentang berapa besar penghasilan orang lain, kecuali kepada anak sendiri atau teman dekat, biasakanlah hal baik ini.
Jangan suka cerita kejadian rahasia orang lain di depan umum, jika tak mau ada masalah, biasakanlah hal baik ini.
Jangan suka membocorkan rahasia orang lain kepada siapa pun, jika tak mau ada masalah, biasakanlah hal baik ini.
Jangan suka cerita kejelekan orang lain, kepada siapa pun, jika tak mau ada masalah, bicaralah hal positifnya, biasakanlah hal baik ini.
Jangan suka bicara plin-plan, ragu-ragu, membingungkan, bicara wajar apa adanya, agar bisa dipercaya orang, biasakanlah hal baik ini.
Jangan suka bersumpah demi meyakinkan orang lain atas cerita itu, bicara tegas, jujur, wajar apa adanya, otomatis bisa dipercaya orang, biasakanlah hal baik ini.
Akhirnya jangan suka berbohong, sebab akibatnya selamanya tak bisa dipercaya orang, bicaralah dengan tegas, jujur, wajar apa adanya, otomatis bisa dipercaya orang, biasakanlah hal baik ini.

Norma-norma aturan dalam pikiran yang baik contohnya:
Berpikir; Mau menjadi orang berprinsif benar, punya pendirian baik di depan atau di belakang orang, biasakanlah hal baik ini.
Berpikir; Mau mempertahankan kepercayaan orang yang diberikan, dengan ucapan dan tindakan jujur dan benar, biasakanlah hal baik ini.
Berpikir; Jangan menghalalkan segala cara cari keuntungan di luar norma dan aturan agama, masyarakat dan pemerintah serta adat tradisi. Kekayaan hasil dari menipu dan melanggar hukum tidak akan langgeng, bahkan menjerumuskan ke jurang derita atau penjara, biasakanlah hal baik ini.
Berpikir; Memegang teguh kebenaran dan keadilan terhadap siapa pun, hal ini adalah sikap terpuji dan dihormati oleh siapa pun, biasakanlah hal baik ini.


J. Orang Yang Prilakunya Baik Tidak mau Berbuat Jahat.
Norma-norma aturan dalam perbuatan yang baik contohnya:
Dasarnya penuh cinta-kasih, tak menganiaya apalagi menyakiti orang atau makhluk lain, biasakanlah hal baik ini.
Dasarnya tidak mau mengganggu dan melecehkan orang yang lebih rendah atau anak kecil sekalipun, biasakanlah hal baik ini.
Dasarnya tidak merugikan, menyusahkan atau mempermalukan orang lain, dan tidak membuat derita makhluk lain demi kepausan sendiri, biasakanlah hal baik ini.
Dasarnya tidak mencari keuntungan di atas kesukaran dan kerugian orang atau makhluk lain, biasakanlah hal baik ini.
Dasarnya tidak suka mabuk-mabukan, terlibat narkoba, sebab tak berguna bahkan hanya merusak moral, biasakanlah hal baik ini.
Dasarnya tidak suka berjudi sebagai nafkah hidupnya, dia lebih suka bekerja keras apa pun pekerjaannya, biasakanlah hal baik ini.
Dasarnya tidak suka mencuri atau jadi preman atau memeras dengan cara mengandalkan badan berotot besar, kumis baplang, dia lebih suka bekerja keras apa pun pekerjaannya, biasakanlah hal baik ini.
Dasarnya tidak suka mencicipi istri orang, sebab akibatnya merusak rumah tangga orang lain, karena istri sendiri pun tidak habis sampai mati, biasakanlah hal baik ini.

Norma-norma aturan dalam ucapan yang baik contohnya:
Dasarnya tidak suka bertengkar, bila ada masalah menahan diri dulu, lalu selesaikan dengan cara baik dan benar, dipahami dengan benar bahwa kerusuhan hanya akan merugikan, sebaliknya kerukunan dan persatuan adalah membawa kedamaian hati bagi semua pihak, biasakanlah hal baik ini.
Dasarnya tidak suka bergunjing, memfitnah di belakang, atau mengadu-domba tapi bicara yang berguna (positif) atau memuji dan bermanfaat, biasakanlah hal baik ini.
Dasarnya tidak suka menghasut orang lain hingga timbul salah paham, biasakanlah hal baik ini.
Dasarnya tidak suka mengutuk, atau mengharap orang lain celaka, tidak menimbulkan permusuhan, sebaliknya memancarkan cinta-kasih mengharap semua makhluk bahagia, biasakanlah hal baik ini.

Norma-norma aturan dalam pikiran yang baik contohnya:
Dasarnya tidak suka berpikir; mengharap orang lain tertimpa nasib sial, sebaliknya memancarkan cinta-kasih mengharap semua makhluk bahagia, biasakanlah hal baik ini.
Dasarnya tidak suka berpikir; untuk menghancurkan oang lain demi keuntungan sendiri, biasakanlah hal baik ini.
Berpikir; trampil menguasai diri dari segala godaan yang datang, biasakanlah hal baik ini.
Berpikir; menyadari kejahatan akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Manusia harus berlatih meditasi hingga bijaksana, akhirnya tahu dan mengerti mana yang baik dan jelek, mana yang berguna dan tak berguna, mana yang membawa derita dan bahagia, lalu membuang yang salah, tak berguna dan efek derita, biasakanlah hal baik ini.

Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup bahagia. Sadhu.

Pepatah menulis: “Kejujuran Adalah Kekayaan Bagi Orang Baik”


Diambil dari buku berjudul: “Pedoman Berprilaku Baik”
Penerjemah Thai-Indo: Imtip Pattajoti Suharto-Bandung, 8 Agust 2005.
Revisi & Penyempurnaan: bhikkhu Sudhammacaro.
Penerbit: Buddha Metta Arama-Jakarta.
Ditulis ulang 5-6 Agustus 2008.
Salam damai dan bahagia selalu.
Bhikkhu Sudhammacaro.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “