BERJUANGLAH ... (SAMMA-SAMADHI) [Puisi Dharma]

BERJUANGLAH.. (SAMMA-SAMADHI).

Kelahiran ku telah lama terjadi
Masa kanak-kana sudah kulewati
Masa remaja yang berkesan indah
Penuh canda-ria juga telah ku lalui

Kedewasaan ku yang penuh sukha dukkha
Banyak Rintangan Godaan dan Hambatan
Semua sudah berlalu meski berat kurasakan
Aku pernah merasa bahagia secara duniawi

Sekarang aku memasuki usia tua
Aku sering sakit hingga ingin mati saja
Tapi semua yang kujalani tak banyak berarti
Dibandingkan Dharma ajaran Buddha

Kini sisa hidup ku tinggal sedikit lagi
Aku baru ingat Sabda Buddha terakhir kali
Berjuanglah! Berjuanglah! Jangan Lengah..
Dan saat ini aku baru sadari arti kata-kata itu

Bahwa aku harus ber Samadhi dengan benar
Agar aku dapat mengatasi usia tua sakit dan mati
Tak ada kata yang lebih baik dan indah
Selain Berjuanglah! Berjuanglah! Jangan Lengah!

Dibuat di Pa Au Pusat Meditasi, Myanmar.
Minggu, 18 November 1996, jam 12.00.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “