Fungsi Indra Keenam Anak Indigo dari Sisi Spiritual dan Sosial


Ulasan Khas Fenomena Ganjil Anak Indigo


Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta, Anak indigo terlahir dengan kemampuan spiritual dan kecerdasan yang tinggi. Tak jarang orang menyebutnya sebagai pemilik indra keenam. Lantas apa fungsi indra keenam sebenarnya?

"Anak indigo terlahir dengan kemampuan yang bersifat spiritual dan memiliki kecerdasan yang tinggi. Kemampuan spiritualnya bisa bermacam-macam dan berbeda dengan dari teman sebayanya," kata dr Erwin Kusuma SpKJ (K), yang juga psikiater dari RSPAD Gatot Subroto ketika berbincang dengan detikHealth, seperti ditulis Rabu (3/10/2012).

Kemampuan spiritual tersebut meliputi kemampuan untuk melihat masa depan, melihat masa lampau, telepati, membaca pikiran, bahkan melihat hal-hal yang gaib seperti hantu, makhluk halus dan hal-hal supranatural lainnya. Tak jarang orang menyebut orang indigo sebagai orang yang memiliki indera keenam.

Untuk dapat disebut sebagai indigo, seseorang harus memiliki kecerdasan yang tinggi dan kemampuan spiritual yang baik. Anak indigo memiliki kemampuan pemahaman yang melebihi anak-anak seusianya. Namun ia juga harus memiliki kemampuan spiritual yang tinggi.

Seperti dikutip dari buku 'Misteri Indra Keenam pada Anak' karangan Zen F. Hawka, ada banyak pemahaman terkait dengan keberadaan indra keenam, baik ditinjau dari agama, masyarakat tradisional maupun pendapat para pakar.

Fungsi indra keenam menurut agama

Agama memiliki pandangan tersendiri tentang keberadaan indra keenam. Menurut agama, orang yang mengaktifkan indra keenam dapat digolongkan menjadi dua, yaitu golongan yang diridhai Tuhan dan golongan yang tidak diridhai Tuhan.

Golongan yang diridhai Tuhan misalnya para wali, ulama, rahib, pendeta, sedangkan golongan yang tidak diridhai Tuhan misalnya dukun atau semua orang yang berupaya mengamalkan pekerjaan syirik hanya untuk memperoleh kesaktian.

Dalam agama, fungsi dari mengaktifkan indra keenam adalah untuk meningkatkan nilai keimanan dan amalan spiritual seseorang. Hal ini merupakan fungsi sekaligus tujuan dari mengaktifkan indra keenam itu sendiri.

Jika menyimpang dari semua itu, maka bisa dipastikan seseorang sudah berada di luar jalur agamanya. Sebab, indra keenam tidak ubahnya hadiah dari Tuhan bagi umat-Nya yang taat menjalankan semua ketentuan-Nya, tanpa mengharapkan imbalan apa pun.

Fungsi indra keenam menurut masyarakat tradisional

Ada bermacam-macam nama yang diberikan masyarakat tradisional untuk orang-orang yang memiliki kemampuan mengaktifkan indra keenam. Secara garis besar, indra keenam dipilah menjadi dua, yaitu golongan kiai, rahib, atau orang-orang yang ditokohkan, dan golongan dukun, paranormal atau tabib.

Bagi masyarakat tradisional, kemampuan mengaktifkan indra keenam dipandang sebagai satu bentuk kesaktian yang didapatkan dari berbagai macam doa dan tarikat.

Dalam hal ini, mereka lebih akrab dengan sebutan membuka mata ketiga, yaitu ilmu kebatinan untuk bisa berkomunikasi dengan makhluk halus dan semacamnya.

Fungsi indra keenam menurut para pakar

Pada tahun 1930-an, seorang ilmuwan bernama DR. J.B Rhine mengadakan penelitian terkait dengan ESP (Extra Sensory Perception) atau indra keenam di Duke University. Penelitian tersebut membuahkan hasil yang cukup menakjubkan dan mampu menghipnotis banyak ilmuwan lain untuk berlomba-lomba melakukan penelitian serupa.

Hasil penelitian DR. J.B Rhine yang terangkum dalam bukunya 'Extra Sensory Perception after 60 Years' tersebut kemudian menjadi ilmu wajib sebagai pendahuluan kuliah psikologi di Universitas Harvard.

Berdasarkan beberapa hasil riset, sebenarnya setiap manusia di muka bumi ini pernah mengalami pengalaman ESP. Hanya saja, mereka sering tidak menyadari pengalaman itu. Tak jarang, manusia merasa takjub dengan kemampuannya sendiri, karena secara tiba-tiba bisa melakukan sesuatu yang sebenarnya jauh dari kemampuannya.

Sebagai contoh, saat seseorang dikejar anjing, maka kemampuan larinya akan bertambah hampir dua kali lipat dari biasanya.

Menurut para pakar, indra keenam bisa dilatih dengan memaksimalkan fungsi serta peranan panca indra. Selain itu, perlu juga dilakukan beberapa langkah untuk meningkatkan daya kepekaan serta kualitas spiritual.

Semua langkah itu juga akan berdampak positif jika dilakukan pada seorang anak, karena dapat digunakan untuk menunjang prestasi akademik anak. (mer/ir)

KOMENTAR:

1. wooow.keren,,,andai aku bisa jadi begini ,,!maka akan byk org yg mendatangiku,akan banyak pertanyaan yg menghampiriku,,,dan akan banyak banyak lagi masalah yg akan kubabarkan diantara org yg percaya akan kata kataku,tapi sayangnya aku bukan INDIGO. tapi aku hanya seorg penhuni Dunia Maya ,yg terlalu tinggi hayalan tanpa bayangan.

2. Kasian lho, sama anak2 yg terlahir memiliki bakat indigo. Knp nggk, ! Mereka kadang melihat mahluk2 peta atau asura yg menyeramkan dgn muka hancur berdarah2,atau tanpa kepala dsb bahkan mereka kadang di ikuti juga, krn s mahluk ini meminta tolong ingin menyampaikan pesan kpd keluarga mereka. Biasa terkait kasus pembunuhan.. !

3. Kalo dianggap kemampuan,maka shrsnya digunakan utk kpntgn org lain aja. Kalo diblng serem katanya ga jg kok.

4. namo budhaya bhante, saya mau tanya apakah seseorang yg memiliki kemampuan seperti ini merupakan buah dari hasil perbuatan lampaunya. Dengan kemampuan seperti ini saya merasa bersyukur tetapi dengan kelebihan ini saya merasa sedikit kesulitan apalagi berkomunikasi dengan sekitar terkadang mereka tidak mengerti apa yang saya bicarakan dan tidak sedikit melihat saya dengan aneh. mohon petunjuknya bhante. Terima kasih.

5. heheheee namo budhaya bhante... s'lam.... ada sebagian pada diri saya juga anak saya ... :) ... bagai mana nih .. kadang serem juga looo...

6. Ada yg kurang nich Bhante...Gmana dg sistem kerja Indigo?Salam Damai.

7. oh..yg namanya indigo tuh, ya mirip manusia normal. cuma indranya lbh peka. daya konsentrasinya lbh tinggi. kalo cm mau tau tntg masa depan mah gampang, kita pun sering..saya pun sering. sblm org lain bicara kdg kt pun tau dia mau bicara apa. teman wkt sma aj takut. pas dia tlp, blm dia bicara, sy uda blg, kamu pasti mau ngomong soal ini. lho kok tau? tau aj gt.. mau jd peramal kan mudah, suka2 aj ngomong. kalo meleset, blg aj ada begini ada begitu.cari alasan. sistem kerja indigo ya tau bgt aj. spt mata yg bs melihat. trjadi scra alami. meditasi yg benar, sila dijaga, manatau tiba2 jd sakti. daripada sakti, bs meramal atau yg aneh2, sy lbh senang jd org beruntung.

dimana perlu disitu ada. dimana mau minum, disitu sumur ada. enak lo jd org beruntung daripada jd cenayang. jd cenayang bnyk pusing. biar hukum alam berjalan sesuai alurnya. sy pernah merasakan, yg namanya beruntung itu enak. dlm setiap perkara, sy menang. ikut lomba cepat tepat buddhis, grup kami juara 2thn berturut2. tahun ketiga, sy uda tamat sma. pdhl sy tdk jago menghafal. disitu lomba disitu buku dibuka. ajaibnya ya menang. panitianya bingung,

kami ini tim underdog. ada gilanya, sepanjang lomba, gembira terus. yg lain sampe gemetar. di sekolah kan ajaran theravada. di lomba, semua aliran dicampur.pernah ditanya nama asli candi borobudur apa. sambhara bhumi buddhara. trlintas bgt aj..benar pula. pdhal dlm hati, manalah daku tau apa pula nama aslinya..ha3x. inilah indahnya hidup.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “