Jangan Buang Biji Anggur ! Ini Manfaatnya...






Tak kenal, tak sayang. Ungkapan itu pas menggambarkan keberadaan biji anggur. Bukan apa-apa bila memakan anggur seringkali biji dan kulit anggur kita buang. Padahal biji anggur memiliki banyak khasiat.

Beragam riset memperlihatkan biji anggur mengandung lemak, karbohidrat, protein dan senyawa polifenol. Senyawa polifenol tersebut memiliki turunan berupa asam galat, catechin, epicatechin, gallocatechin, epigallocatechin, epicatechin, dan proanthocyanidins.

Yang disebut terakhir bahkan memiliki sifat antioksidannya luar biasa. Kekuatannya mencapai 20 kali dan 50 lebih besar daripada vitamin E dan vitamin C.

Berikut fakta biji anggur.

1. Kandungan gizi anggur terbanyak berasal dari biji dan kulit anggur. Riset membuktikan biji anggur sumber fitokimia, sedangkan kulit anggur sumber antosianin.

2. biji anggur memiliki senyawa pycnogenol yang bisa mencegah serangan jantung melalui mekanisme perbaikan struktur pembuluh darah dengan membuatnya lentur. Nah pembuluh darah rapuh rentan mengalami sumbatan lemak dan kolesterol sehingga berujung kepada penyempitan pembuluh darah. Dosis konsumsi anggur (berikut bijinya) agar jantung sehat sebanyak 12—16 buah setiap 3—4 hari sekali.

3. Proanthocyanidins dalam biji anggur dapat memperbaiki elastisitas dan fleksibilitas kulit. Fungsi lainnya adalah melindungi tubuh dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

4. Ekstrak biji anggur mampu membunuh sel kanker di leher dan kepala melalui mekanisme apoptosis yang menyebabkan sel-kanker melakukan program bunuh diri dengan sendirinya. Itulah hasil riset Rajesh Agarwal dari University of Colorado Cancer Center dan profesor di Skaggs School of Pharmaceutical Sciences yang dipublikasikan dalam Journal Carcinogenesis.

Sumber : Bebeja



Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “