Fakta Imlek, Go Xi Fa Cai yang Keliru Sampai Cara Dapat Angpao Gede Mohammad Saifulloh, Jurnalis · Jum'at 01 Februari 2019 18:41 WIB









https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 01 196 2012601 fakta-imlek-go-xi-fa-cai-yang-keliru-sampai-cara-dapat-angpao-gede-qy8EoO6nZZ.jpg



GONG XI FA CAI, semoga mendapatkan lebih banyak kekayaan. Ucapan tersebut dipastikan bertebaran saat Tahun Baru China alias Imlek tiba pada 5 Februari 2019 mendatang.

Tapi Okezone menemukan fakta bahwa ucapan saat Imlek yang benar adalah Kiong Hi. Jangan lupa gerakan kedua tangan mengepal ke depan alias pai-pai. Nah, baru tahu ya Okezoners?

Lewat ucapan serta kepalan tadi terlihat optimisme mendapat rezeki lebih baik setahun kedepan. Senada dengan nuansa warna merah yang bisa ditemui di pernak pernik Imlek. Memang Imlek bukan hanya merayakan pergantian tahun. Di balik kemeriahan kumpul keluarga, banyak filosofi ajaran China kuno yang lestari.





Tradisi Yee Sang atau bersulang dan makan bersama di tengah masyarakat Tionghoa peranakan jelang Imlek kental dengan rasa kekeluargaan. Hidangan salad, ikan, dan buah spesial yang dikenal sebagai Prosperity Salad dipercaya sudah biasa disajikan warga wilayah pantai selatan China sejak 1.500 tahun lalu.

Mereka juga percaya waktu-waktu khusus saat Imlek. Mulai jam yang tepat memberikan angpao, larangan menyapu rumah jelang Imlek, sampai waktu sembahyang di kelenteng pun diatur.
Ketika Imlek tiba, orang Tionghoa punya tradisi mudik. Prinsipnya sih sama dengan Muslim di Indonesia yang mudik kala Lebaran di Indonesia. Apalagi kalau bukan berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman. Nah, buat non Tionghoa pun bisa ikut menikmati liburan bernuansa Imlek.




Coba kunjungi tempat rekomendasi Okezone. Ada Vihara Petak Sembilan, klenteng Sam Po Kong di Semarang serta berbagai wihara di Surabaya, Singkawang serta beberapa tempat ibadah lainnya.
Tempat liburan Imlek di Jakarta yang wajib dikunjungi dengan nuansa serupa ada di Kampung China Cibubur, Pecinan Glodok, Kelenteng Kim Tek Lee Tamansari sampai Klenteng Boen San Bio, TMII.
Bagi yang potensi angpaonya banyak, bisa menengok perayaan Imlek paling meriah di China. Atraksi lampion terbesar di Nanjing, festival lentera di Beijing, sejarah masa lampau di Ping Yao, dan menelusuri tembok China di Beijing bisa jadi kenangan terindahmu.





Bicara Imlek hambar rasanya tanpa angpao. Sebagai pelestari tradisi, kaum Tionghoa memerhatikan urutan penerima besaran angpao. Lalu, apakah non Tionghoa juga bisa berharap dapat angpao? Cek juga alasan mengapa umat Kristiani, Budhis, Islam keturunan Tionghoa tetap merayakan Imlek. Bahkan banyak lahir tokoh nasional seperti Gus Dur ternyata mempunyai titisan darah Tionghoa pula. 

Alasannya ternyata terkait persebaran serta akulturasi lima macam orang Tionghoa, di antaranya Surabaya Hokkian dan Pontianak Hakka. Jawabannya bisa Okezoners cek di artikel-artikel Okezone Weekend Serba Serbi Tahun Baru Imlek.



Dilema kembali melanda jika Okezoners muslim yang punya teman Tionghoa. Ketika ingin mengucapkan selamat Imlek, apakah diperbolehkan atau tidak? Okezone punya jawaban sahih dari ustadz terpercaya.

Simak pula deretan artis yang merayakan Imlek. Dijamin Okezoners bakal enggak percaya! Klik dulu lifestyle.okezone.com pada Sabtu-Minggu tanggal 2-3 Februari 2019. Bai bai zai jian, sampai jumpai lagi! (ful)



Komentar

terserah mengatakan…
ayo tes keberuntungan kamu di agen365*com :D
WA : +85587781483

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “