“ KARMA KEBIASAAN HILANG KENAPA? “

Diskusi Dharma Facebook.


Diskusi: Tanya; bhante, kan ada karma kebiasaan.kalau sekarang orang ada yang kaya,pasti kehidupan sebelumnya sering berdana, karma kebiasaan dibawa sampai kehidupan yang akan datang/saat ini. Yang saya tanya,kenapa orang kaya sekarang kok ada yang pelit? Apa karma kebiasaan kehidupan dulunya sering berdana hilang atau apa bhante,?,maaf kalau pertanyaan saya mungkin salah. Teman2 tolong ksh koment yg benar dan berguna, sadhu.

Jawab: Karma kebiasaan memang bisa hilang. Dengan alasan oleh pengaruh beberapa faktor. Misalnya, ada anak sejak kecil dididik ortu secara agamis. Tapi setelah remaja dia bergaul dengan anak nakal. Apa yang terjadi?

Faktanya banyak, contoh; Ryan penjagal dari Jombang yang agamis dari rumahnya. Setelah remaja bergaul dengan anak Waria, Ryan berubah kebiasaan menjadi sama dengan Waria. Akhirnya, Ryan dinyatakan pembunuh berdarah dingin. Banyak orang terkejut dan tidak percaya, sebab Ryan semula agamis kenapa bisa jadi pembunuh.

Lalu, para Teroris pun kisahnya mirip Ryan yang agamis, tiba-tiba jadi Garang.
Hal itu tergantung dari beberapa fakor, seperti pendidikan di rumah, lalu pergulan dan lingkungan dimana dia berada. Kalau orang sudah menikah ceritanya lain lagi, tergantung bagaimana hidupnya dia dengan pasangan yang saling mempengaruhi.

Faktor semua itulah yang membentuk kebiasaan menjadi pribadi yang kuat. Hingga bisa dibawa mati dan sampai kehidupan selanjutnya.

Teman-teman terimakasih atas dedikasi dan komennya.

1. Namo Buddhaya,orang kaya tapi pelit,mgkn it d sebabkan krn msh kuatx kemelekatan terhadap materi,dan tidak menyadari bahwa yang d miliki itu semua tidak kekal bisa hilang kapan saja,mengenai kamma kebiasaan masa lalu yang gemar berdana,tentu kebiasaan itu harus d kembangkan agar bisa bertahan,tapi karena ingatan manusia itu tdk begitu kuat terhadap kehidupan lampau sehingga kebiasaan itu bisa saja hilang.

2. Org kaya tp pelit kan tergantung dr org nya Mgkn dy kaya dg susah payah mk nya pelit.
Knp pertanyakan org kaya tp pelit Yg penting qt nya gmn.Qt udh cukup berdana atau belum
...Oc.


3. Motivasi dia berdana itu cuma sampe dia kaya, motivasi itu tidak bersambung sesudah dia kaya.


4. Kalou menurut saya, orang yg hdpnya makmur dgn materi pelit tdk m...au berdana (walou tdk semua org begt) itu semata2 bukan krn karma tp memang org tsb batinnya sdh melekat akan harta yg dimiliki uang untuk berdana dan berbagipun bgt pelit.. Mohon petunjuk bhante bl pendapat sy tdk tepat. Namo Buddhaya.


5. Namo buddhaya bhante, kalau menurut saya jika ada orang kaya yang pelit, itu berarti orang tersebut masih melekat trhdp harta duniawi dan orang tsb takut untuk kehilangan harta tsb..sesungguhnya berdana bukanlah sebuah hal yg menyebabkan kita... menjadi miskin,tetapi berdana adalah sebuah cara untuk memindahkan kekayaan didunia,menjadi sebuah karma baik yang berguna bagi dirinya,jadi itu juga bukan ikatan karma melainkan sebuah kemelekatan thdp harta didunia,dan orang kya seperti itu adlh orang yg harus disadarkan dan kalau memang ada ya itu tandanya dia tidak mengerti apa arti dari berkah utama yg jelas2 sudah diterangkan dlm parita, manggala sutta.Trimakasih. smoga slalu berbahagia dalam dhamma. Sadhu. Anumodana.namo buddhaya.


6. Namo buddhaya bhante met sore.kalau mnurut sy org akan pelit krna dia merasa untuk menjadi kaya dia harus melalui banyak hambatan, makanya stlah merasa kaya dia akan menjadi pelit.ttpi org seperti ini tidak akan lama kaya nya karna kurang nya jiwa sosial nya.sharus nya org uda kaya harus bisa banyak berdana,agar harta yg di peroleh bisa abadi.apalah arti sisipkan uang kita sedikit untuk org gak mampu,to kita gak jd miskin juga.


7. orang yang pelit jangan harap bisa kaya walau pun otak nya pinter. itu gak menjamin. itu si pendapat saya maaf kalo gak sependapat .

Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma dan orangtua serta para leluhur, dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “