" HIDUP MISKIN DAN SUSAH APA KARENA KURANG KE WIHARA? "

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi tanya: Bhante, seorang yang hidupnya susah dan juga sulit dia jalaninya itu, apa karena dia kurang ke wihara? Dan apakah yang kita dapat pada kehidupan serba buruk itu akan kita terima di masa akan datang juga? Mengapa dalam hidup ini apa yang kita tanam tidak sesuai dengan yang kita petik. Teman2 tolong ksh koment yg benar dan berguna, sadhu.

Jawab: Seorang yang hidupnya susah dan sulit dijalani bukan disebabkan kurang ke wihara, tapi karma buruk masa hidup yang lalu masih membayanginya. Hidup seperti itu, bisa akan terus dialaminya dalam hidup yang akan datang, selama orang tsb tidak mau merubahnya sendiri. Hidup akan berubah makin baik atau buruk tergantung apa yang dilakukan saat ini.

Apa yang anda tanam atau lakukan kadang tidak sesuai seperti apa yang anda petik atau nikmati? Hal itu, tergantung jenis dan nilai karma apa atau perbuatan apa yang anda lakukan.

Contoh; kalau anda membunuh atau merampok itu karma buruk yang nilainya berat atau tinggi. Andai ketahuan dan tertangkap, pasti anda akan langsung dihakimi masyarakat, paling sedikit dihukum berat. Sebaliknya bila anda berjasa besar misalnya dengan tulus dan sukacita; berdana membangun wihara atau mesjid atau gereja, atau sedekah ke panti asuhan, atau membangun panti asuhan, sekolah, dsb.

Pasti anda menerima buah karma baik yang nilainya tinggi secara langsung, paling sedikit dipuji dan dihormati dan disebut sebagai Dermawan di Era Modern. Nama harum anda akan terukir dan menyebar di kota anda, hingga kea lam Dewa, menurut Dharmapada.

Buktinya; Ananthapindika dan Wisakha di zaman Buddha Gotama masih hidup, sampai saat ini jadi kisah klasik disebut Dermawan pendukung anggota Sanggha (Dayaka) yang memberi suritauladan yang amat dikagumi oleh umat Buddha.

Teman-teman terimakasih atas dedikasi dan komennya yang berguna.

0. Kl mnrt w sich hdp seseorg tu susah ato sulit bkn krn jarang ato g prnh kvhr,tp kmgkinan hdp org tersbt emg sdh susah pd dsrny,ditambah lg org trsbt tdk mau brusha lbh gigih untk melakukan suatu hal yg bnr untuk memperbaeki khdpanny.kl mng...enai hal perbuatan yg kt lakukan skrg mk pd khdupan ms yg akn dtg br bs kt petik,smntr pd khdpn skrg yg kt dpt adlh dr perbuatan kt dimasa lalu.untk khdpn kedepan kt blm tau akan mndptkan hal buruk ato baek krn dlht dr perbuatan kt skrang br akn kt petik dikehdpn dpn...mk dr itu alangkah bgsny kt lbh byk berbuat baek pd khdpn skrg untk mndptkan hal y baik pd khdpn akn dtg..smoga coment saya ni dpt dimengerti mksdny....sie2...namo buddhaya...sadhu 3x

1. banyak faktor si Bhante, bisa dari hubungan kamma masa lalu , kita ke vihara buat kita dengerin Dhamma,buat kita semakin wisdom dalam menjalinin kehidupan ini.. dan juga menanam kamma baik untuk kehidupan ini dan selanjutnya.
2. menurut saya. orang yg bernasib buruk disaat ini padahal dia sudah berbuat.itu disebabkan purwa karma/perbuatan terdahulu .sdangkan yg kita tanam skrg akan dipetik dikemudian hari.
3. Nammo Buddhaya Bhante..Smua it kmbli ke diri msg"..Appn yg qt dpti masa lampau,skrg,dan yg akn dtng,it smua akbt dr prbuatan qt,karma nama'y,tp smua prbuatan it brsmber dr pikiran qt,jd jgalah n peliharalah baik" pikrian qt sesuai jln Dhamm...a agr styp prbuatan qt jg membwa kbaikan utk hdp qt,
jk seseorg yg ms skrg sgt sult atw kesusahan tp disaat it qt bnyk mlakukan kbjikan,pazti di masa yg akn dtng sese0rg akn mndpt buah atw hsl dr perbuatan bajik it di ms yg akn dtng.n kesulitan dimasa skrg adlh hasil perbuatan sese0rg it di msa lampau.Jd bnyklah berbuat bajik,karena sgala appn it brsumber dr diri sndiri,krna oleh diri sndirilah qt menjadi benar,dan oleh diri sndrilah qt mnjadi buruk.thx.
4. apa yg qt tanam itulah yg qt petik. buah khidupan susah/tdk semua tegantung di pohonx....
jika saat ini qt memanen buah yg jelek.kan pohon tsb msh mgkn di pupuk sehingga berbuah baik di panen berikutx.Semoga..Met siang ..Semoga kebahagiaan menyertai..
5. Apa yg terjadi dalam hidup qt yg sekarang dipengaruhi oleh karma masa lampau,tetapi bukan berarti qt harus menyerah dan tidak berusaha untuk merubah nasib buruk pada kehidupan qt yg sekarang,tidak ada sesuatu hal yg abadi di dunia ini,segal...a sesuatu bisa berubah,begitupun dgn karma buruk yg qt peroleh pada kehidupan yg lampau dapat qt tekan dgn perbuatan2 baik pada kehidupan sekarang,agar karma buruk pada kehidupan masa lampau tidak dapat berbuah karena waktu untk berbuahny telah habis..hal it dapat terjadi jika qt melakukan perbuatan baik yg sangat byk,..perbuatan baik yg qt lakukan pada kehidupan skg belum tentu berbuah pada kehidupan skg jg,dapat berbuah pada kehidupan berikutny tergantung dari kondisi yg ada...tergantung karma mana yg memiliki kekuatan yg lbh besar..mungkin pada kehidupan masa lampau anda melakukan perbuatan2 buruk yg sngt byk,shga perbuatan2 baik yg anda lakukan pada khidupan skg tidak dapat berbuah karena tertekan oleh kekuatan karma buruk yg lbh besar dr krma baik yg anda punya...smg dengan penjelasan yg singkat ini dapat bermanfaat...

6. Siapa yg menanam mka dy lah yg akan memetik buah'y,,menjalankn ibadah tapi tdk mengerti,kebiasan tapi tdk mo memeriksa,spanjng hidup mengikuti tetapi tdk mengenal jalan suci.begitulah kbnykan orang!"

7. salam metta bhante, Hidup ini tdk bisa ditebak hanya tuhan dan diri sendiri yg tau so perbanyak lah perbuatan baik slama qt masih bs dan mampu hehe life' is hard n keep your smilee,,,,, smoga smua mahluk berbahagia sadhu3x.

8. sebenarnya apa yg kita tanam, maka itu lah yg akan kita petik baik skg ataupun nanti.
Dan sebenarnya penyebab yg membuat kita mnderita hanya kita sendiri yang tahu. Mungkin ada sebagian org yg tdk menyadari kalau ia tlah melakukan perbuatan ...buruk yg akirny mnjadi sbuah penderitaan. Sehingga dgn ketidaksadarannya itu ia merasa bahwa apa yg dpetik tdk sesuai dgn apa yg ditanam. intinya dgn kesadaran yg tinggi, maka ssorg akan tahu ttg apapun yg trjadi ddlm hidupnya.

9. Namo Buddhaya bhante.. Ya saya rasa koment dari tman2 benar.. Dalam agama Buddha kita belajar hukum karma atau sebab akibat. Jika di masa sekarang merasa hidup susah pasti karena di masa lampau kurang menabung karma baik.. Tapi setau saya karma buruk di masa lampau dapat dihapuskan, sehingga nasib kita dapat diperbaiki.. Dan yg penting setelah kita menyadari hukum karma hendaknya kita berbuat baik dan mulai menabung karma baik agar dikemudian hari tidak menyesal karena hidup susah.. Omitofo.

10. kalo menurut Saya sebabnya bukan karena kurang ke Vihara, itu disebabkan karena karma di masa lampau yang berakibat di masa sekarang. Perbuatan yang dilakukan masa lampau akan berakibat dimasa sekarang ini. Dan perbuatan yang dilakukan dimas...a sekarang ini akan berbuah dan dipetik dimasa depan. Dan sebaiknya selalu berbuat yang baik menurut ajaran Buddha, Dhamma dan Sangha aja.

11. Namo Buddhaya,seseorg yg kekurangan dikehidupan skrg karena kurangnya perbuatan ber"DANA" dimasa lampau ataupun masa skrg.berdana itu membuat seseorg berkecukupan,menjadi raja ataupun raja dunia(Cakkawati) bahkan menjadi SAMMASAMBUDDHA,doro...ngan(JAVANA) dr kamma mempunyai 7 masa berbuah.JAVANA 1,berakibat dikehidupan saat ini jg,JAVANA 7,berbuah hanya 1 kehidupan mendatang,JAVANA 2-6 terus menerus berbuah sampai kta mencapai NIBBANA.jadi kalo mau berubah hrs banyak berdana,menjalankan SILA,berMeditasi dan akhirnya mencapai NIBBANA,sadhu3x


12. Kejadian saat ini adalah hasil darI karma kita di masa lampau. Jadi berhentilah mengeluh.Setiap penderitaan selalu ada hikmahnya. Memacu kita menjadi lebih kuat. Bersyukurlah apa yg ada saat ini. Jgn lupa berbuat kebaikan untuk menanam kebaikan spy kelak dapat di tuai. Enjoy the Holiday.

13. Namo buddhaya bhante met siang.mnurut sy bukan karna kurang ke vihara, tp karna karma baik nya blm berbuah.banyak lah berbuat baik dan berdana mudah2an dgn begitu karma baik akan kita petik di ke hidupan yang akan datang.

14. Namo Buddhaya,dalam beberapa tahun ini saya aktif di vihara,mengikuti berbagai kegiatan sosial,tapi cita2 atau apapun yang ingin saya capai,sampai saat ini belum tercapai...cita2 yang belum tercapai tidak membuat saya patah semangat tapi menjadikan lebih semangat untuk terus berbuat baik..karena saya percaya kalau kita terus menabung pasti akan dapat hasilx,seperti arisan yang menunggu giliran untuk dapat hasilx..

15. Namo Buddhaya...Seseorang yang telah melakukan suatu perbuatan,itu sudah disebut dengan Kamma. Mengapa? Karena semua perbuatan itu melalui 3 saluran kita sendiri,yakni:
Pikiran,ucapan dan perbuatan....Maka dalam Samyutta Nikaya dikatakan bahwa Tanamlah hasil yang baik,maka akan mendapatkan hasil yang baik juga.Tidak mungkin seseorang jika hari ini menanam mangga ,nantinya akan tumbuh pisang...Itu sungguh tidak mungkin.
Maka dari itu saudara-saudara se-Dhamma,laukanlah hal-hal yang baik,bukan melakukan hal-hal yang buruk..

16. karma masa lampau belum habis,karma baik belum masak jgn dipaksakan,jgn berharap lekas berbuah akan lama proses matang.

17. Namobuddhaya, kehidupan yg sulit bkn krn jarang k whr tp itu krn proses karma yg lampau yg hrs d terima pd kehidupan skrg ini, maka dr sebab itu pd kehidupan skrg ini prbanyaklah kebajikan agar kehidupan d masa yg akn dtg menjadi lbh baik.

Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma dan orangtua serta para leluhur, dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.

Komentar

Unknown mengatakan…
amituofo bhante..saya mau tanya..
apakah seseorang yang suaranya kecil itu termasuk karma yg qt buat di masa lalu juga?
soalnya ad org yg suaranya kecil (menurut kita) tapi menurut dia sendiri suaranya itu sudah maksimal..
mohon penjelasannya bhante..

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “