PURNAMA BULAN PENUH LEBIH TERANG BENDERANG MALAM INI TG 14-15 NOV. Langit Diperkirakan Berawan, Warga Yogyakarta Tidak Bisa Saksikan "Bulan Super"-Markus Yuwono (Sindo Radio)-Jurnalis YOGYAKARTA – Warga Yogyakarta, diperkirakan akan sulit unutk melihat peristiwa astronomi langka, supermoon, yang akan terjadi malam ini, Senin (14/11/2016). Hal itu terjadi setelah Badan Meteorologi Gefisika dan Klimatologi (BMKG) Yogyakarta memperkirakan wilayah Yogyakarta akan berawan hingga hujan ringan, malam nanti










Kepala BMKG Yogyakarta, Toni Agus Wijaya mengatakan, peristiwa supermoon atau jarak terdekat bumi dengan bulan terjadi pada 14 November 2016 sekira pukul 18.24 WIB. Bersamaan dengan peristiwa bulan purnama pada pukul 20.52 WIB.


"Peristiwa tersebut dapat diamati di Indonesia, termasuk Yogyakarta. Namun cuaca nanti diperkirakan berawan hingga huja ringan, jadi berpotensi tidak teramati bulan purnamanya," katanya

Peristiwa astronomi langka ini terakhir kali terjadi pada tahun 1948, dan kemungkinan akan berulang sekira 70 tahun mendatang. Masyarakat bisa menyaksikan fenomena itu dengan mata telanjang.

Dari informasi yang dihimpun, bulan akan melintas di orbit dengan jarak 356.511 kilometer (km) dari Bumi. Hal itu merupakan jarak terdekat sejak 68 tahun lalu. (fds)

BERITA REKOMENDASI

Mari lihat "bulan super" nanti malam
Malam nanti "bulan super" terdekat sejak 1948
Fosil Burung Purbakala Ditemukan di China

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “