Apakah Doa Permintaan kepada Tuhan atau Allah itu Dikabulkan?




(Agama hrs sesuai dg Akal Sehat (Cerdas)-serie ke-2)

Banyak pemuka agama menyatakan dengan tegas bahwa doa permintaan kepada Tuhan atau Allah itu pasti terkabul asal percaya saja. Sebab Tuhan atau Allah sudah berjanji akan mengabulkan semua doa permintaan manusia yang percaya kepada-Nya. Jika belum terkabul jangan bosan terus berdoa meminta, mungkin suatu saat Tuhan akan mendengar doa anda.  

Andaikata semua doa permintaan dikabulkan oleh Tuhan /Allah, jumlah manusia kira-kira 6-8 miliar, Tuhan Allah hanya satu, betapa sibuknya. Misalnya manusia berdoa minta kaya, minta sehat, minta cerdas, minta selamat, minta sukses, minta jodoh, minta mobil, dan minta segalanya.

Dan bila benar Tuhan Allah itu bisa mengabulkan semua doa permintaan manusia. Logikanya berarti manusia tidak perlu sekolah, tidak perlu belajar, tidak perlu bekerja, tidak perlu ke dokter atau RS, tidak perlu buka usaha, buka toko, tidak perlu polisi, tidak perlu ada hukum, dsb. Betapa enaknya hidup manusia bila segala sesuatu tinggal berdoa minta kepada Tuhan Allah lalu dikabulkan.

Tapi barangkali hal itu hanyalah mimpi di siang bolong, janji yang tak akan terwujud. Sebab buktinya anda bisa saksikan; rakyat miskin ada di mana-mana bahkan di seluruh dunia. Lalu, tidak ada jaminan keselamatan, kejahatan merebak dan merajalela. Bahkan perang yang membantai sesama manusia masih banyak terjadi, dimana pelakunya orang-orang yang taat agama.  

Faktanya, anda mau makan saja harus kerja cari uang, anda sakit harus pergi ke dokter lalu makan obat, baru bisa sembuh, anda ingin kaya harus kerja keras dan usaha. Anda ingin cerdas harus belajar ke sekolah, anak anda mau minum susu anda harus beli.

Maka ada baiknya ajaran agama harus direvisi atau diperbaiki dengan benar, agar jangan membuat orang jadi pemalas, hanya menjadi peminta-minta dalam segala hal.

Mohon maaf tulisan ini (Status di-atas) bukan untuk men-Diskriditkan atau me-Lecehkan ajaran Agama-apapun yang anda Anut. Namun, tujuan mulia dari tulisan ini untuk membuka Wawasan anda dengan Benar, dan menempatkan apa yang Benar pada Posisinya yang Benar, kira2 demikian.

Tapi, jng salah paham krn ada Doa yg Istimewa yaitu; “Tradisi Doanya Masyarakat Tibet yg Hebat”, krn mampu Menyadarkan dan Menyejukkan Hati Sanubari dan boleh jadi mampu memberi Inspirasi bagi anda yg benar2 Yakin kpd Dharma ajaran Buddha…

Next On…belajar sabar yah…sebab banyak Orang hanya mau tau aja… Giliran Praktik tdk mau…jd hrs Pelan2… se-Tahap demi se-Tahap…sambil cari Info dulu yah … 


Semoga berguna utk menambah Pengetahuan Dharma dan buka Wawasan, mohon maaf kalau tdk berkenan dihati anda.


Penulis: Orang Jadul Meleketek-he.

Komentar:  



1. selamat pagi bhante dan teman teman. yah dengan berdoa itu adalah langka atau ucapan yang bisa disampai dan di dengar oleh para dewa atau tuhan, yang disertai kerja keras dan usaha, ibaratnya doa yang terkabul adalah dimana seseorang telah melengkapi syarat dan mendapatkan rekomendasi dari tuhan,hahahaha. mohon maaf kalau jawabannya ngawurr,hahaha.


2. Bhante, kenapa sekian banyak orang hanya " Meminta " tidak berdoa (misalnya memohon ampun dan memuja Nya ) yang lain....he....he....



3. Namo buddhaya bhante n teman2... Di buddhist ada satu hal yg tidak dimiliki agama lain yaitu Belajar jd Tuhan.. Kalau agama lain menyembah Tuhan , sdgkan agama Buddha belajar jd Tuhan.. Belajar meditasi sebenarnya menyatukan diri dgn Sang Pencipta.. Dan kita sendiri akhirnya jd Tuhan itu sndiri... Tuhan itu siapa? Dia yg menghidupkan .. Dan kenapa kita bisa hidup... Mohon maaf jika ada kata2 yg salah , maklum sdng belajar ttg dhamma.. Santai santai omithofo.


4. siang bhante.salam kasih.wah jadi teringat dgn motto alma mater sy:ora et labora,berdoa&berusaha.sang pencipta memiliki segalanya,untk apa kita meminta kpd NYA jk tdk menyiapkan diri untk menerima pemberian NYA?


5. Kalo udah mentok ngga ada jalan lain ya hanya doa aja sbg solusinya. Mungkin dengan doa lebih bermanfaat daripada kegiatan lain. Doa adalah permintaan atau pengharapan untuk aktivitas kerohanian yg tidak mungkin tergantikan dengan perbuatan lainnya. Semoga dengan doa dapat keselamatan dalam menjalani kehidupan.


Namo Buddhaya Teman2 Yg Budiman, trims anumodana komennya bgs2.
Mohon maaf tulisan ini (Status di-atas) bukan untuk men-Diskriditkan atau me-Lecehkan ajaran Agama-apapun yang anda Anut. Namun, tujuan mulia dari tulisan ini untuk membuka Wawasan anda dengan Benar, dan menempatkan apa yang Benar pada Posisinya yang Benar, kira2 demikian.

Umat ber-Agama atau menganut Agama itu bebas, tapi ada baiknya kaji lebih dulu isinya dengan penelitian dan analisis yg benar2 teliti dan hati2, jangan lupa gunakan ‘Akal Sehat’ karena hal itu adalah hak mutlak dan syarat mutlak bagi anda sebagai penganutnya, sebab agama tidak memaksa anda.

Lagipula anda sebagai manusia pasti punya yang namanya: “AKAL SEHAT” kan…?
Ya Gunakan dg Benar yah…? Lain cerita dg Hewan yang tdk punya “AKAL SEHAT”…tul ga…? Buktinya: Hewan ke-mana2 telanjang tdk mau ber-pakaian spt manusia. Mengapa…? Sebab, Hewan tdk punya “AKAL SEHAT”…tul ga…?


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “