TEORI SEBAB-AKIBAT BUKTI TERJADI- Kanada peringatkan 'gelombang kejut' dari penangkapan putri pendiri Huawei Yahoo News dan Agen Berita Yahoo News dan Agen Berita•13 Juni 2020




Intelijen Kanada peringatkan 'gelombang kejut' dari penangkapan putri pendiri Huawei-TORONTO (Reuters) - Badan intelijen Kanada memperingatkan bahwa penangkapan putri miliarder pendiri Huawei Ren Zheng akan memicu "gelombang kejut" global dan secara serius mempengaruhi hubungan dengan China, sesaat sebelum penahanannya di Vancouver atas permintaan ekstradisi AS, dokumen pengadilan baru menunjukkan Dirilis pada Jumat, dokumen-dokumen itu menunjukkan keterlibatan Dinas Intelijen Keamanan Kanada (CSIS) dalam penangkapan Meng Wanzhou pada Desember 2018, Meng adalah chief financial officer raksasa teknologi China Huawei Technologies Co Ltd, perusahaan di pusat teknologi nirkabel 5G next generation dan objek sengketa yang sudah berjalan lama dengan administrasi Presiden AS Donald Trump.

Laporan CSIS diungkapkan dalam dokumen pengadilan sebagai bagian dari proses ekstradisi Meng. Dalam memo 1 Desember 2018 yang telah dihapus, CSIS mengatakan disarankan oleh FBI AS mengenai rencana untuk menangkap Meng ketika dia tiba dalam penerbangan ke Bandara Internasional Vancouver di hari yang sama.

"Penangkapan itu kemungkinan akan mengirimkan gelombang kejut ke seluruh dunia," kata CSIS. "Kegiatan yang direncanakan akan memiliki konsekuensi besar secara internasional dan bilateral," kata laporan itu.

Pengacara Huawei menyebutkan bukti dokumen bahwa pihak berwenang telah berkonspirasi melawan Meng.

Meng dituduh oleh otoritas AS melakukan penipuan bank karena menyesatkan HSBC tentang hubungan Huawei dengan perusahaan yang beroperasi di Iran, menempatkan HSBC pada risiko denda dan hukuman karena melanggar sanksi A.S. terhadap Teheran.

Pengacara Meng berpendapat bahwa kasus itu harus dibuang karena Kanada tidak memiliki sanksi terhadap Iran. Meng mengatakan dia tidak bersalah. Bulan lalu, seorang hakim Kanada mengizinkan kasus itu berlanjut, menolak argumen pembelaan bahwa tuduhan AS terhadap Meng bukan merupakan kejahatan di Kanada.

Dokumen-dokumen pengadilan baru menunjukkan CSIS prihatin tentang kapan penangkapan Meng dapat dipublikasikan. Pengacaranya mencatat bahwa hal itu sangat menarik, karena Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Trump dan Presiden Cina Xi Jinping menghadiri KTT G20 di Argentina dan makan bersama pada malam 1 Desember.
(Pelaporan oleh Denny Thomas, Penyuntingan oleh Tom Brown)

Komentar

Marsya mengatakan…
test

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “