REBUTAN MEKANIK HP..
Teman2 tlg simak pertanyaan dibawah ini..
Amitofo Bhante, ada yg mau saya tny lagi, boleh ya.. ? dan minta
temen2 ks solusinya:
Saya dan pacar saya kan membuka usaha ponsel dan pny mekanik yg bsa dianggap lumayan cekatan dan tepat. Shga untuk pnghsilan di servisan lumayan bagus dan mknik ini sngat pnting di toko.
Tapi ada 1 tmn yg mungkin iri shga diam" d blkg sprti sdg
mnghasut mekanik kami utk brpndah tmpt ke toko tmn saya ini.
Yg ingin sya ty kan; apa yg harus kami lakukan spy dpt
mmprthankan mekanik ini.. ?
Mohon sarannya temen2. Amitofo.
Teman2 silahkan komen yg
benar dan berguna trims sadhu.
Komentar:
1. kalo
saya siii.... buka toko apapun harus kita bisa/dapat menguasai dengan baik..
tidak hanya tergantung tenaga karyawan.. intinya bila ada atau tak ada karyawan
kita tetap bisa jalan ..... terutama yang buka bengkel ( apapun ) itu juga
resto dll...
bila mana sewaktu2 karyawan minta berhenti ,,usaha tetap jalan dengan baik..... dan tidak panik...
bila karyawan minta pindah yaahh mana bisa di pertahankan juga... bila pertahankan ,, ntar besar kepala... ini juga tergantung orangnya dan juga jodoh .. mesti cocok dan nyaman aja... dan bukan masalah gaji.. gaji besar tapi gak nyaman juga kan gak enak .... sebelum dia out.. perlahanlah cari tenaga pendampingnya agar gak kelabakkan....
bila mana sewaktu2 karyawan minta berhenti ,,usaha tetap jalan dengan baik..... dan tidak panik...
bila karyawan minta pindah yaahh mana bisa di pertahankan juga... bila pertahankan ,, ntar besar kepala... ini juga tergantung orangnya dan juga jodoh .. mesti cocok dan nyaman aja... dan bukan masalah gaji.. gaji besar tapi gak nyaman juga kan gak enak .... sebelum dia out.. perlahanlah cari tenaga pendampingnya agar gak kelabakkan....
2. sebenarnya simple ya,
pertama gimana sih mekanik nya dulu sih, apa dia merasa nyaman kerja di tempat
kalian, kalau dalam pekerjaan yang terpenting kenyaman, pendapatan dan yang
terpenting antara boss dan karyawan itu klop dan mempunyai misi dan visi yang
sama. mau di racuni apa pun juga dia ngak akan meninggalkan pekerjaannya. maka
dari itu hubungan antara boss dan karyawan harus harmonis.
3. Namo
Buddhaya Bhante serta teman2 semua dan selamat pagi...salam hormat sy kepada
Bhante (Beranjali)...kalau sy yg menjadi pemilik toko, sy akan bicara baik2
sama mekanik tsb utk menanyakan kenapa alasannya mau pindah serta menamyakan
apakah sikap sy selama ini kepada mekanik tsb mengecewakannya hingga mau pindah
atau ada alasan lainnya, ll sayapun kan bertanya apa gaji yg dibayarkan tdk
mencukupinya...jika belum maka sy akan menawarkan utk memberikan tambahan
gajinya. apabila sang mekanik tetap pd keputusannya, maka solusi yg akan saya
ambil...jika mekanik tsb mers berkerja ditoko sy, dia tdk nyaman, tdk bahagia
dsbnya, maka sy tdk akan menahannya utk berpindah dan sy akan mencari mekanik
baru seperti yg dikomen Fera (setuju juga sobat Dedy Liu) he he he. dalam hal
apapun bukankah kita hrs yakin tingginya gunung ada yg lebih tinggi lagi dan
dalamnya lautan ada yg lbh dalam lagi, maksudnya diluaran selain mekanik yg mau
pindah kan pasti ada mekanik lain yg lebih handal darinya he he he, Salam Metta
Bhante serta teman2 semua. maaf sy setuju sama solusi Fera + Bro Dedy Liu.
4. Namo
buddhaya bhante n teman2.. Mempertahankan karyawan/pegawai/mekanik menurut sy,
harus di kasih "aku" nya ke mereka dgn kata2 halus .. Santai2
amithofo. Namo Amituofo Bro Tan Ruslan...benar dan setuju dgn kata2 halus siapa
tahu aja dpt mengubah pemikiran sang mekanik, Salam Metta Bro.
iya Romo Upasamo K, kl
bs dijual-belikan karyawan yg pinter kpd yg butuh bgs yah...Romo ini cerdas
juga soal gini2an...yg penting mani-kam lah..
5. Bhante...kesempatan utk
pemilik toko xi xi xi, Mekanik handalnya diobral aja dgn bandrol tinggi mumpung
toko2 tetangga byk yang berminat ha ha ha, sekelumit utk humor Bhante sebagai
canda siang xi xi xi, maaf dan salam Metta. ha ha ha Bhante utk money urusan ke
2 yg penting mencukupi aja buat kehidupan diduniawi dan yg terpenting kan
ketenangan bathin xi xi xi, salam Metta Bhante.
Simpulan:
Namo
Buddhaya Temen2 Yg Budiman, trims anumodana komen2nya bgs mencerahkan dan
membuka jalan keluar memberi solusi yg pas dan tepat.
Menurut bhante tambahan
dikit diluar nasihat Guru Agung Buddha, di zaman ini orang kerja juga termasuk
lagi belajr dan latihan teknis. Maksudnya, meski dia disebut seorang karyawan,
tp dlm hatinya sapa tau dia punya misi latihan teknis utk masa depannya agar
bisa buka sendiri spt Boss/Majikannya.
Jalan yg baek ialah,
perlakukan para karyawan spt anak/saudara yg baek hatinya. Dg sedikit ada rasa
menghargainya atas jasa baiknya, kita sebagai Boss sdg sepatutnya membalas atas
jasa baiknya para karyawan. Zaman kini, usaha/ bisnis apapun kl punya karyawan
hrs timbang rasa utk saling berbagi memberi dan menerima, demi kemajuan bersama
utk mencapai kebahagiaan lahir batin.
Apalagi kl baca masihat
Guru Agung Buddha soal kewajiban Boss terhadap karyawan ada 5 macam…(lht
sendiri di buku Dharma). Semoga komen
disini blh diambil makna dan yg berguna dijadikan Pegangan utk semua para
Usahawan/Bisnismen Buddhis.
Teman2 trims atas
dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para
Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua
makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut
berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu
sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun
Ven.Sudhammacaro.
Komentar