“ LADY GAGA (L) MAU KONSER KENAPA DITOLAK? CARI SOLUSI DONK. “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Namo Buddhaya Bhante, sy mo nanya nih; gimana sih konser Lady Gaga (L) di tolak?
Soalnya sy sdh beli tiketnya dri uang celengan 2 bln lalu, jd kecewa berat lah…  

Kl menurut temen2 and bhante, apakah dharma melarang nonton konser musik yg sy/umat sukai?

Mohon solusi temen2 and bhante bgsny gimna..terimksh.

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.


T eman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. Budhhadhamma tdk melarang atau mewajibkan menonton konser tertentu termasuk konser Lady Gaga, terpulang bagi umat kalau merasa bermanfaat atau tidak bermanfaat menonton konser tersebut.



2. konser musik merupakan sebuah seni .. :) tidak di larang.... asal kita tidak keluar jalur dari dhamma ... misalnya nih... bikin onar .. gitu loo.... hehehhee...masalah pakaian juga merupakan bagian dari seni.... bila di indo di larang karna pakaian sy rasa itu masalah kecil... bisa di bahas.. suru pakai pakaian yang sopan.... bagai mana dengan gadis2 sekarang yang kemana mana saya lihat memakai celana pendek kelewat pendek dan baju mini, mini banget... bagai mana ini...??? juga bagian dari seni.. bila2 ada yang tergoda ada juga yang cuek cuek.. malah merasa malu melihat hal seperti itu... tergantung pada diri sendiri hal semua itu....namo budhaya bhante...



3. Namo budhaya bhante menurut saya memang baju ϑ konser lady gaga terlalu terbuka dan tidak baik juga bagi generasi muda menontonya bila untuk 20 tahun ke atas mah seharusnya boleh asal jangan berlebihan dan tidak keluar dari jalur dharma itu saja bhante menurut sy. Mohon pencerahanya Ў EGP.... Anggap aja anda berdana... Emmm , saya binggung aja. Sebenarnya indonesia ini negara apa, demokrasi atau bukan sih????



4. Stau sy mah dlm ajaran Buddha tidak ada kata2 dilarang,yg ada klo bisa dihindari karna smua hasil ya kembali lg ke yg melakukan,tks.
setau sy,apa yg jng dilihat,jngn dilihat. apa yg jng dilakukan,jng lakukan.terpenting kita sadar apa yg baik buat kita.


5. tenang aja,belum dilarang kok..ada kemungkinan jadi tapi dengan syarat2 tertentu,Lady Gaga boleh pentas asal pakai jilbab n nyanyi lagu qasidahan...
Selamat sore Bhante menurut saya uang yg tidak sedikit buat bayar tiket lebih baik digunakan yg lain yg lebih bermanfaat , bila ingin lihat bisa lihat di TV atau di youtube kan jauh lebih murah dan aman , konser yg akan diselenggarakan itu ada potensi kericuhan karena ada pihak tertentu yg menentang dan tidak setuju bila ini tetep di ijinkan mereka pasti tidak tinggal diam kemungkinan ada yg bisa bikin ricuh tunggu saja tanggal mainnya selamat menonton semoga aman .



6. nammo budhaya bante,,yup,,konser adalah 1 dr sekian seni dhama tidak melarang menonton tp dhama menganjurkan jauhkan pandangan dri hal yg buruk sadhu,,,3x,,,,
bante mhon pencerahan nya,,
Mending ntn wayang kulit. Malam bhante, Lady Gaga ...jadi rame diperdebatkan. Saya nga kasih koment apakah Dharma melarang ? Biar Bhante dan teman2 yg mengerti bisa kasih koment.
Lady Gaga memang super unik, saya sendiri juga suka. Kalo ada uang lebih nga ada salahnya untuk bisa nonton...tapi itu menurut saya lho. Maaf kalo komennya salah.



7. se7 dgn temen2 diatas...mnrt sy ajaran buddha tidak ada membatasi umatnya...asalkan seseorg bijak tentu bisa membedakan hal2 baik n buruk...ttpi jgn mencoba menjerumus kan diri ke dlm air keruh...ibarat sesendok penjernih air pun tidak bisa menjernihkan seember air kotor...om mani pad me hum.


8. Konser lady gaga n agama tdk ada hubgan,cm tgantung yg liat, pikiran apa yg bkembang,kl kita meliat dr segi seni lady gaga tdk mlgar norma n kl diliat dr segi agama lady gaga jg tdk mlanggar agama. siapa lady gaga itu?



9.agama ya larang karna pakaiannya. selama segala sesuatu tidak membuat anda melekat dan terikat oleh kekecewaan dan ratap tangis ketika anda melepaskannya saya pikir itu sah2 saja...



10. namo budhaya bhante namasakara _/|\_ menurut saya boleh saja bhante. tapi kalau saya menjalani sila seperti bhante tentunya tidak boleh. benar tdk bhante mohon pencerahannya.


11. Dharma gx ada hub dgn nonton konser. jauh lebih baik konser lady gaga daripada premanisme berbungkus agama yang merusak beberapa vihara agama Buddha pada saat waisak.


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “