Sssttttttt…Besok PUASA yah Jangan di Lupakan…Ntar Tengah Malam SAHUR..SAHUR.. …SAHUUURRR…


Yang punya Restoran, Rumah Makan, Warung Makan tolong Tutup dulu dlm Satu Bulan Puasa ini…Demi Menghormati Umat Muslim yg lagi Puasa…tapi Pegawai tetap harus dpt Gaji Bulanan Penuh… terimakasih yah..Termasuk Pemiliknya tolong Wajib Puasa..mau ga hihihihi…

Mengapa ajaran Buddha tdk ada Wajib Puasa spt Umat Islam…?

Menurut anda apa alasannya…coba uji Otaknya…
Silahkan komen yg benar dan berguna, trims sadhu.


Komentar:

1. Namo Buddhaya dan selamat pagi Bhante serta salam hormat saya kepada Bhante (Beranjali)...menurut sy Agama Buddhapun ada puasa Bhante tp berbeda dgn umat tetangga...seperti yg dijalankan Bhante tidak makan diatas jam 12 hingga esok pagi, meski minum tidak boleh mengandung serat (bubuk) boleh minum namun hrs disaring he he he serta tdk boleh berdandan2, memakai perhiasan2 dsbnya (Arthasila) tp jika Bhante melebihi Arthasila. jika utk 1 bulan penuh usaha dagang makanan jika menurut sy boleh tetap buka tp yeah hrs tertutup Bhante, krn kan tdk semuanya hrs puasa he he he...kasihan yang tidak berpuasa xi xi xi...maaf jika komen sy ini salah, tolong pecerahannya Bhante, Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia...Sadhu 3X, Salam Metta Bhante.


2. Dalam ajaran kepercayaan KU  puasa ada tapi tidak wajib, tetapi untuk mengendalikan semua itu tergantung ke mauan dan keinginan dari dalam hati diri.. bukan pemaksaan dari luar ... menjalankan tanpa keiklasan dari diri sama aja BO'ONG .... segalanya itu harus iklas .. bukan pemaksaan..... menjalankan dengan setengah hati akan memperburuk karma diri... jadi di sini kepercayaan yang AKU anut  tidak mau umat manusianya menambah karma buruk bila di terapkan kata WAJIB ... aku mencintai AJARANNYA.... DIA yang TERBAIK di antara yang baik ... Namo Buddhaya Bhante, semoga Bhante selalu bahagia dan sehat ..

dalam agama Buddha, terdapat puasa namun definisinya berbeda. Puasa jenis I, disebut Uposatha intinya tidak makan dari setelah siang hari sampai subuh. Puasa jenis II, disebut vegetaris intinya tidak makan makanan yang berasal dari makhluk hidup (dalam hal ini daging).


 Namashe bhante..dengan adanya Pancasila atau Dasa sila adalah hal yang paling mendasar yang harus kita jalani setiap saat baik itu secara fisik juga secara rohani...agar kita sellau mendapat kemajuan dalam Dhamma......

Puasa Buddhis tdk Ekstrim krn blh minum yg tujuannya yaitu agar badan tetap Sehat dan dpt Mengendalikan Nafsu2 Indera tsb. Selain puasa Atthasila, juga hrs Meditasi demi mencapai Kebijkasanaan, contohnya; jadi orang yg Sabar, dan penuh Cinta-kasih.

Naamsbekendheid Bhante. Demi menghormati umat Muslim yg lage Puasa Warung Makan ditutup Saturnus belang. Dan pegawai2 dpt gaji Penuh. Selama Satu Bulan Warung Makan tutup. Karena tutup Warung Makannya tak ada pendapatan. Jadi bagaimana bias membayar Gaji penuh untuk pegawai2 ..? bandarnya Tekor kl dirong rong penyakit mental melulu.

 Namo Buddhaya.. Hr ni q puasa,tp bkn ga mkn.. Cia cai or vege day tiap ce it n cap go.. Berusaha melatih diri untuk mengendalikan pikiran, ucapan dan badan jasmani agar tidak melakukan hal-hal buruk, itulah puasa.

Tiap tahun masuk bulan Puasa pasti dlm berita Rame2 Sweeping Yang punya Restoran, Rumah Makan, Warung makan hingga ada korban Pemiliknya di Pukuli dsb…Kasihan.. Mumpung belum Puasa dan Idul-Fitri blh bikin Dosa Rame2…hihihihihi….


Wah3 komennya bgs2 dan saling melengkapi jd Royoan (Kroyokan-dikroyok rame2). Yg menarik disini, sebagian besar Umat tahu Puasanya ajaran Buddha, tapi siapa dan yg mana yg sdh coba jalanin yah…? Atthasila atau Vegetarian..? Tlg yg suka jalanin Puasa Angkat Tangannya bentar aja…Nah…ternyata tdk ada yg Angkat Tangan…jadi..cuma..maaf yah..

Menurut bhante: Ajaran Buddha semuanya tdk ada Wajib (termasuk Puasa), Intisarinya ialah hanya Petunjuk Jalan Hidup dlm bahasa umum istilahnya Filsafat Hidup utk mencapai Kebahagiaan dan Kesejahteraan Hidupnya bagi yg mau menjalankan Petunjuk Jalan Hidup tsb.

Titik Beratnya ialah NIAT dan Kemauan Sadar kita utk menjalankan Petunjuk Jalan Hidup tsb, kalau mau dpt Kebahagiaan dan Kesejahteraan Hidupnya.

Umat yg punya NIAT dan Kemauan Sadarnya utk menjalankan Petunjuk Jalan Hidup tsb Pasti akan bertanya dan Mencari Tahu bagaimana Puasa dlm ajaran Buddha, lalu ikuti Petunjuknya spt yg diuraikan oleh: “Romo Upasamo Kwik dan dik Fera Kartika” yg sdh dekat tinggal satu langkah lagi.

Wajib dlm melaksanakan ajaran Agama apa pun segi Positifnya tentu membawa manfaat bagi dirinya dan orang lain. Segi Negatifnya pasti banyak pula, misalnya Timbulkan Masalah Baru dari Wajib tsb yakni; Ada yg Pro dan Kontra cara Wajib tsb yg kebanyakan Wajib dg cara Paksaan.

Segala yg Wajib itu sama dg Paksaan hasilnya tdk akan tumbuh Kebijaksanaan (tahu Benar dan Salah, tahu Malu dan Takut berbuat Salah/ Jahat) yg amat Penting dlm Hidup Manusia. Apalagi Wajib Agama yg sering di-Seleweng-kan demi Keuntungan Pribadi dan Kelompoknya, bahkan Merugikan Pihak2 lain.

Sementara ajaran Buddha tujuan Utamanya ialah mencapai Kebijaksanaan (tahu Benar dan Salah, tahu Malu dan Takut berbuat Salah/ Jahat) yg amat Penting dlm Hidup Manusia.

Dan Tujuan Akhirnya dg Modal Kebijaksanaan ini (tahu Benar dan Salah, tahu Malu dan Takut berbuat Salah/ Jahat) tiap Orang mampu Meraih Kebahagiaan dan Kesejahteraan dlm Hidupnya (Bebas dari Kejahatan yg Kasar smp yg Halus). 

Singkatnya menurut ajaran Buddha: Jangan Gantungkan Hidup-mu kpd yg Lain ….Namun, ber-Juang dan ber-Usahalah Sendiri, sebab Sendiri-lah yg Tentukan Hidup-mu, mau bahagia atau sengsara Derita krn Perbuatan-mu Sendiri, yg dlm bahasa ajaran Buddha (Dharma) disebut “Karma”. 

Demikianlah adanya semoga berguna membawa kemajuan dan Kebahagiaan serta Kesejahteraan bagi yg mau melaksanakan ajaran Buddha, terimakasih anumodana sadhu..

hahaa .... Apaan nih ... Sampe kedutan Terus nih ... Ada Yang manggil2 .... Bhante Bisa aja ... Satu langkah kedepan yaa .... Heeemmmm qiqiqiiii ..... Upasamo Kwik .... Setengah langkah ..... Looo ... Boleh pake jubah ..... nih .... hmm begitu yaaaa ... jd blh blh buat .... bhante yg Tanggung yaaa ...


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.



Komentar

santo mengatakan…
Semua agama ada ajaran puasa cuma istilahnya aja yg beda... intunya smu agama sama..
Saya dulu katolik dan menjalankan puasa ketika mau memasuki paskah...
Tp skrg sy lebih nyaman di buddha krn buddha menghargai semua mahluk dan puasa dlm agama buddha di sebut attasila... u perumah tangga bs menjlnkan 10 sila...tp kl bhante byk..
santo mengatakan…
Semua agama ada ajaran puasa cuma istilahnya aja yg beda... intunya smu agama sama..
Saya dulu katolik dan menjalankan puasa ketika mau memasuki paskah...
Tp skrg sy lebih nyaman di buddha krn buddha menghargai semua mahluk dan puasa dlm agama buddha di sebut attasila... u perumah tangga bs menjlnkan 10 sila...tp kl bhante byk..

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “