RENUNGAN DHARMA: „TENTANG KEHIDUPAN „



                                                             oleh bhikkhu Sudhammacaro


Kini zaman Globalisasi yang membuat orang menjadi super sibuk, asyik mengejar uang, harta, kedudukan, popularitas hingga lupa waktu, dan lupa mengurus anak, apalagi mengurus orangtua yang sudah Uzur.

Seandainya ada orangtua yang ditelantarkan oleh anaknya, atau disisihkan ke ‘Panti Jompo’, hal itu wajar.

Mungkin saja orangtua itu dulunya kurang bertanggung jawab terhadap anaknya, karena sibuk mengejar hal duniawi tersebut, atau mungkin ada sebab dan alasan lainnya.

Kepada para orangtua yang sudah memiliki anak saat ini, bersiaplah dengan segala risiko seperti tidak diurus oleh anaknya sendiri, atau disisihkan ke ‘Panti Jompo’.

Sebab, banyak Panti Jompo isinya penuh orangtua yang terlantar, atau ditelantarkan oleh anak2nya.

Bahkan anak2nya tidak mau nengok orangtuanya di Panti Jompo, dengan alasan karena “ MALU dan MALAS atau SIBUK “.

Bagaimana dengan anda yang masih punya orangtua sudah Uzur?
Apakah orangtua anda diurus dan dirawat di rumah sendiri atau di titpkan ke Panti Jompo?

Semoga berguna utk menambah Pengetahuan dan Wawasan dlm belajar Dharma.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
semoga semua makhluk hidup bahagia.



---000---

Anumodana sdri. Anie S dan teman2 Dharma yg sdh komen, semoga berguna menambah pengetahuan dan wawasan dlm belajar Dharma.

Kesimpulan: Kata ‘ KESEPIAN YG MENDALAM‘ yang agak pas untuk menggambarkan orangtua Uzur yg msh hdp, apalagi bila sdh ditinggal pasangannya. Dan rasa ‘ BAHAGIA SEKETIKA ‘ bagi orangtua Uzur yang msh dirawat oleh anak2nya.


T eman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. Namo Buddhaya Bhante.... Sy msh mempunyai mama umur 80 thn skrg ini. Mama dulu tinggal bersama sy selama 8 thn. karena anak mama byk, yg berjumlh 11 org, skrg mama ya hrs rela diajak kesana kemari, dlm arti kata jln2 trus dari 1 anak ke anak yg lain hehehehe. Kadang di medan 2 bln, di jambi 2 bln, di jakarta 2 bln. Tergantung mama pilih mau kemana lg. kalo sampe msk panti jompo kyk nya blm ada di pikirn kita sama sekali. mama org tua yg hebat, dpt membesarkan 11 anak. Masa sih kt anak2 nya yg berjumlh sebyk itu tdk bs mengurus 1 mama. Betul dak. Sabbe satta bhavantu sukhitatta. Semoga semua makhluk hdp berbahagia. Sadhu 3x. Selamat siang semua.



2. Namo buddhaya.sesusah dan sesibuk apapun qta harus berusaha untuk merawat ortu sendiri di rumah sendiri.sebenarnya yg diperlukan orang tua di hari tuanya adalah waktu untuk ditemani oleh anak2 dan cu2nya.mungkin kadang sering qta dibuat kesal ama kelakuan yg kadang kekanakan tapi harus qta ingat bgmn orang tua merawat qta waktu kecil yg mungkin lebih rewel lagi.


3. Untuk panti jompo yang swasta, tingkat ekonomi setidaknya menengah. mereka/penghuni panti bukan mengharapkan derma dari pengunjung tetapi perhatian dari keluarga yang diinginkannya. Terlihat dari wajah mereka dan cara pandang mereka. Suatu saat kita pun akan menjadi tua dan tak berdaya. ketika karma sudah berputar pada posisi sebaliknya sesal kemudian tiada arti. orangtua harus di rawat dirumah sendiri.... no compromise..... no reason....


4. kalo d i panti,mungkin ada yang suka jumpa dengan seumuran dan teman ngobrol bagi yang anaknya di luar kota atau 1 atau 2 orang aja.... tergantung orang tua akan permintaannya... sebaiknya sii di rawat di rumah asalkan ada yang nemani ngobrol aja.. karna dah uzur hiburan satu satu nya adalah teman ber bicara dan bercerita.... bagi anak anak yang sibuk kerja untuk or tua juga keluarga.... yang penting bahagia bagi orang tua... apakah di panti atau pun rumah... yang terpenting adalah perhatian dan sering2 di ajak untuk ngobrol.../ mendampingi .... bercerita dan siap mendengar cerita2 masa lalu nya yang akan di ulang2 ceritanya... trim's bhante.



5. semua kembali ke hati nurani masing masing , panti jompo emang tempat tampungan orang usia lanjut jg tidak terurus dengan baik bila ada kunjungan mereka sangat ceria sekali karena pasti akan dapat makanan dari mereka yg berkunjung , ini menandatan mereka hanya menunggu saat tiba di panggil yg maha kuasa dari sorot mata mereka bisa terlihat meraka tidak ada semangat hidup , kami bernah beramal ke salah satu panti jompo di desa Boja.



6. saya dr kecil tdk punya mama,,,,yah kalau saya punya ortu ,,,kalau bisa dirawat sendiri di rumah,kalau memang bnr sibuk yah di panti juga tdk apa,asal hrs di tengok tiap minggu ,kalau tdk sibuk.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “