“ KEBIJAKSANAAN DATANG DARI MANA “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Diskusi: Tanya; Bhante, dari mana kebijaksanaan sang Buddha datang ? Apakah dari meditasi? Atau yg lain? gimana menurut teman-teman? sungguh luar biasa di-pandangan manusia biasa seperti kita. Teman2 tolong kasih koment yang benar dan berguna, sadhu.

Jawab: Kebijaksanaan Buddha diperoleh dari Pengalam dan Pemahaman latihan Meditasi Samatha dan Wipassana. Latihan inipun dilakukan sudah sejak beberapa kali kehidupan lalu-Nya. Lihat riwayat para Buddha atau cara mencapai tingkat Buddha di blog ini.

Teman-teman terimakasih atas dedikasi dan komennya.

1. dari meditasi, serta meditasi perenungan yg dlm, dimana terdpt insight knowledge yg luar biasa, tiap saat dpt knowledge trs tanpa batas, semkin bnyk insight knowledge semakin bahagia dan semkin wisdom dtg, semua manusia pasti bs klu mau sun...gguh, bljr meditasi, dasarnya untung kt sgt bahgia krn ada ajaran kebenaran Buddha dimana kt mulanya bljr dr mendengar dharma, lama2 bljr meditasi, msk ke stream linenya, dan semkn hr semkin ngerti hidup yg relative and absolute truth bnr2 ada perbedaan disn, namun dua2nya perlu utk kt ketahui utk external agr kt bs hidup dan bs pakai di sosial dgn mindfully dan wisdomly, namun utk internal tentu kebahagiaannya yg tdk bs kt dpt dr external relative truth tsb, krn dia msk ke stage yg berbeda.inner happiness and and absolute one yg tdk bs kt dpt dr luar. namun krn ada luarlah shg kt ada pintu msk ke dlm, luar penting, dlm pun penting, sbb mrk paralel satu sm lain shg perlu balancing disini.

2. Bhante, menrt saya dari parami yg dikumpulkan dr sekian byk tumimbal lahir, jiwa metta karuna yg universal, jgn lupa dr ingatan past life dan meditasi yg sdh menembus ajaran yaitu abhinna yg ke6. Jd bijaksana n super jenius, ga ada nabi2 lain yg canggih spt Buddha qu. Hhmm.

3. Namo Buddhaya,kebijaksanaan sang Buddha,merupakan hasil dari latihan parami yang d latih dan d jalankan selama beberapa ribu kelahiran tentunya dengan hasil meditasi juga.sadhu..

4. Namo Buddhaya Bhante,Dhamma ada dimana saja, disekeliling kita, baik itu kecil atau besar, yg terlihat ataupun tdk, bagi yg dapat memahami Dhamma, disanalah kebijaksanaan berada.. Anumodana Bhante.

5. kebijaksanaan datang dari menanggapi hal2 yang terjadi di hidup kita dengan berusaha tdk berlandaskan keserahkahan,kebencian,dan ketidak tahuan batin. bisa juga kebijaksanaan berasal dari ajaran seorang guru berkualitas yang kita jalankan. so teliti dalam memilih guru. seorang guru harus memiliki silsilan dan vinaya yang benar di sehari2nya:d

6. dari meditasi pandangan terang dan meditasi kedamaian.. :) dengan berfikir yg terfokus dan niatan baik.. Berfikir positif juga.. Melatih disiplin 5 moral juga :)
7. Namo Buddhaya,Bhante...menurut saya kebijaksanaan dtg dr praktek meditasi...krn hanya dlm diam n tenang kita br bs melihat kilesa2 kita...^^ Mohon dikoreksi,Bhante jika da yg salah...makasi,Bhante.
8. Omitofo, Rivin @ setuju, dengan kita menjalankan sila sepenuh hati dan bermeditasi , niscaya kebijaksanaan itu akan datang dengan sendirinya tampa kita sadari, Namo Omitofo bhante.

9. sependapat dengan Princess Yechi :)kebijaksanaan datangnya dari kesadaran. orang yg slalu melatih (meditasi) dan menjaga kesadaran (wipasana) setiap saat tanpa jeda waktu ia akan menjadi buddha.
Buddha = "yg sadar".

10. Namo Buddhaya Bhante..menurut saya,,dari berlatih n mengembangkan hingga menjadi sempurna,salah 1 cara'y melalui meditasi..

11. Dari meditasi bhante, Dari meditasi bhante sadhu3X

12. Memahami semua yang terkondisi adalah Anicca, Dukkha dan Anatta.

13. Namo Buddaya Bante, kebijaksanaan didapat dari disiplin diri menjalankan sila dengan kesadaran penuh ...semoga bisa di terima.

14. Namo Buddhaya Bhante, Mnrt saya,kebijaksanaan tumbuh dari kesadaran jiwa dan pikiran seseorang yg terkendali dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma dan orangtua serta para leluhur, dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “