Fenomena Dhamma

Saturday, May 18, 2013

‘‘SELAMAT HARI RAYA WAISAK 2557 BE/ 2013 BAGI UMAT MAHAYANA’’



Semoga Berkah Waisak membawa Kemajuan dlm Praktik Dharma Umat Mahayana, hingga Berkah Kebajikannya selalu Mengiringi Umat Mahayana Mencapai Cita2 Luhur-nya yaitu Kebahagiaan, Kemajuan, Kesuksesan dan Kesejahteraan. 
 

Semoga Kebajikan Agung para Buddha dan para Bodhisattwa serta para Dewa selalu Membimbing, Menuntun dan selalu memberi Pencerahan Umat Mahayana, Sadhu.
 

Teman2 bila sempat tlg simak pertanyaan dari teman Dharma, dan mohon Pencerahan.
 

Namo Buddhaya bhante, sy mau Tanya kpd teman2 Dharma: Mengapa Mahayana merayakan Waisak lbh dulu satu minggu?
 

Lalu, kl Umat Tantrayana/ Wajrayana kpn Merayakan Waisaknya? Apakah hari tanggalnya sama dg Umat Mahayana?
 

Mohon Pencerahan dari teman2 Dharma terimakasih atas perhatiannya.
 

Silahkan teman2 kasih komen yg Jujur, benar, dan berguna, sadhu.


KOMENTAR:


1. ada seorang pria yg dilahirkan pada saat awal musim penghujan. setelah dewasa dan menikah, pria ini mempunyai 3 orang anak. kemudian ketiga anaknya memperingati hari lahir bapaknya dg 3 cara. anak 1 merayakannya tiap awal musim penghujan, tidak peduli tanggal berapapun itu. anak 2 mengingat tanggalnya dan merayakannya setiap tahun pada tanggal itu tanpa memperdulikan awal musim penghujan sudah datang ataupun belum. anak 3 punya cara mengingat tersendiri, dia menghapal rasi bintang sang ayah dan merayakannya saat tiba bulan pada rasi bintang tersebut. Hehehe.


2. itulah makanya peringatan hari besar buddhism pada theravada, mahayana, dan vajrayana jarang sekali ketemu cocok di hari yang sama. barangkali setelah siklus beberapa dekade baru bisa merayakan bersama lagi. dan ketiganya benar dalam metode penghitungan. Hehehe.


3. Selamat hari raya waisak .. Hari besar Buddha sakyamuni/Tay suhu sakyamuni JilayHut,, Menurut tanggalan imlek ( cina ) 1, Bln 4 tgl 8(sie gwee ce pwee) - Siddharta Gautama lahir ... 2, Bln 2 tgl 8(jie gwee ce pwee) - Siddharta Gautama menjadi seorang pertapa ... 3, Bln 12 tgl 8 (capjie gwee ce pwee)- Pertapa Gautama mencapai penerangan sempurna dgn gelar Sakyamuni Buddha yg bearti org yg ter Agung dari suku sakya yg telah mencapai penerangan sempurna ... 4, Bln 2 tgl 15(jie gwee capgo) - Parinirvana Buddha Sakyamuni.


4. Selamat merayakan waisak buat semua, utk yg hr ini ikut melaksanakan Yi Fo, selamat merayakannya. Dharmma yang suci adalah saling menghormati masing keyakinan, sama sperti kita menghormati keyakinan org lain. Dgn mempraktekan Dharmma yang suci sesungguhnya itulah ajaran dari GURU JUNJUNGAN KITA BUDDHA. Namo Buddhaya. AMITOFO.


5. selamat hari WAISAK , semoga semua mahkluk hidup berbahagai selalu, sahdu sadhu sadhu.

6. Selamat waisak untuk semua makhluk dimanapun berada, semoga semua makhluk hidup berbahagia.


7. Teman2 Yg Bijak Tarra Lozhang, Tan Rusla, Dedi Liu Chandra, teman2 lain Anumodana atas Pencerahannya, semoga berguna utk menambah Pengetahuan dan Wawasan Dharma,Sadhu. 



8. selamat sore semua! buddha saranang gacchami, dhammang saranang gacchami, sangghang saranang gachami dan seterusnya ( aku berlindung pada buddha, dhamma, sangha dan seterusnya ) dan itu sudah sering kita ucapkan saat di vihara dan bhante sudah sering melafalnya, dari itu kita tidak perlu melindungi dharma tetapi dharma yang melindungi kita , jadi kita termasuk bhante tidak usah pusing tentang ketuhananan yang di buat entah siapa, yang penting kita terus menpraktekan dharma ( kebenaran ) dan umat buddha seperti kita sudah bisa membedakan mana yang baik dan buruk. ingat dharma itu di praktekan bukan untuk di pelajari dan di perdebatkan. terima kasih , semoga semua makhluk hidup berbahagi!!


9. kalo untuk praktik, tidak beragama pun tidak masalah, asalkan tidak mengganggu hak hidup orang lain. akan timbul sedikit permasalahan bila kita berbenturan dg kebutuhan bernegara.


10. Apakah kita di rugikan atau tidak memakai nama tuhan! dalam agama buddha, kurasa tidak !! cuma perasaan orang orang tertentu yang merasa di rugikan. Perkembang agama buddha di indonesia banyak di kembangkan oleh bhikhhu bhikku theravadanya contohnya bhante uttamo, bhante pannavaro, bhante win dan sebagainya, untuk pak tarra lozhang pengetahuan agama nya tidak di ragukan lagi cuma perlu di aplikasi ilmu agamanya aja !!


11. semoga semua teman2x dhamma menyadari saat dimana kita blh kokoh dlm pendirian hal dhamma juga saat dimana kita blh lentur dlm dhamma diambil jln tengahnya krn Sang Buddha tdk pernah mengajarkan kita utk jadi
ekstrim & fanatik yg terlalu berlebhihan

Bila kita fanatik berlebihan menunjukkan tingkat keegoan tinggi sekali berarti dlm pelaksanaan & praktek dhamma masih tingkat taman kanak2 atau play group

Ke-Tuhanan yg terbaik adalah versi konggres WALUBI thn 1980an krn disaat sblm diputuskan sdh dibahas, diteliti, dianalisa & dipelajari oleh semua pihak baik STI ataupun oknum STI (C.Wowor & Panjika) kalau pun saat ini pihak STI & oknum STI (C.Wowor & Panjika) mengikari mereka blh dikategorikan bunglon dhamma & penjilat ludah sndri serta mereka tlh melakukan kebohongan dlm dhamma

Semua pihak marilah berpikiran jernih semua hal bila sdh diputuskan secara musyawarah & mufakat pastilah terbaik, janganlah mencoba mengingkarinya krn Sang Buddha tdk pernah mengajarkan kita semua utk mengikari hal apapun yg sdh kita putuskan bersama & Sang Buddha tdk pernah mengajari kita utk jadi pecundang dhamma.


12. Kalo tidak ada mbah ashin jinarakkhita ݪªª Ώggªk ada mbah panyavaro to.... Apalagi mas uttamo. Semua ini tentu jasa besar dari mbah ashin jinarakkhita to mas.


13. Sbg Orang Indonesia, Warga Negara Indonesia ,anda harus taat dgn Hukum dan peraturan pemerintah, betul?.. Anda mengakui atao tidak bahwa Pancasila sbg Landasan Negara RI? ...skr Pertanyaan anda "apakah kita dirugikan atau tidak memakai nama Tuhan YME dlm agama Budha?" .. Dlm kontek ke warga negaraan tentu IYA .. Seandai nya anda tidak punya "Tuhan YME" dlm agama anda bearti anda disebut ATHEIS , betul? ... Diluar konteks Ke warga negaraan , anda punya "Tuhan" atao tidak( atheis atao non atheis) merupakan hubungan personal pribadi masing2.. Konsep ketuhanan YME sudah diakui oleh pemerintah RI untuk agama budha adlh ADI BUDDHA, mengapa harus di buat lagi oleh "CW" konsep ketuhanan YME dgn Udana VIII:3 merujuk Nibbana? pembahasan ini di kupas tuntas melalui sisi Dharma , kita berdiskusi Dharma bukan berdebat ..


14. sebetulnya, bila STI belum tidak dapat menerima konsep ADI BUDDHA karena belum cukup memahami, seharusnya bisa menanyakan pada yang memahami. dan bila bertanya, seharusnya memberikan kesempatan bagi orang yg ditanya untuk memberikan penjelasan dengan lengkap, baru kemudian memberikan penilaian. yg selama ini dilakukan STI adalah "Mempertanyakan" dan langsung menjustifikasi salah tanpa mendengarkan penjelasan ataupun berusaha mencari informasi terlebih dahulu. ini memang berkaitan dengan sejarah masa lalu disaat mbah ashin jinarakkhita diadu dengan mbok hartati dan terjadilah prahara dalam majelis2 agama buddha indonesia. ada orang yang berkepentingan dibelakangnya, selain bertolak belakang dg mbah sukong juga ambisius dan culas. nah orang ini belum diketahui siapa dalangnya. tapi anyway itu adalah masa lalu. biarlah itu menjadi sejarah dan pelajaran berharga, karena masa depan agama buddha indonesia lebih penting. sekarang setiap orang yg mempertanyakan ttg doktrin adi buddha patut untuk mencari informasi terlebih dahulu dan berdiskusi dg yg menguasai. karena ini adalah ciri orang bijak. Trims.


15. @ Tan Ruslan memang yg terbaik yg diakui pemerintah & keputusan yg sdh menjadi keputusan bersama di konggres WALUBI 1980 saat memutuskan bhikkhu STI (bhante Pannavaru dkk), pakar STI (oknum STI C.Wowor & Panjika) tentu sdh diteliti, dibahas, dipelajari & dianalisa secara mendalam sehingga pihak STI & dkknya menyetujui

Bila kemudian hari pihak STI & dkknya mengingkari lagi konsep KeTuhanan yg telah mereka setujui dgn alasan tdk sesuai dgn agama Buddha, yg menjadi pertanyaannya waktu konggres WALUBI 1980an apa pihak STI & dkknya sedang drop otaknya atau hilang kesadarannya sehingga sekarang mengingkari lalu membuat konsep KeTuhanan yg baru

Bila dilihat cara bertindak & berpikirnya STI & dkknya saat ini tdk ada bedanya dgn kemampuan pola berpikirnya dgn anak2x play group hari ini bilang ya besok sdh melupakan apa yg telah diucapkan & diputuskan
.


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home