Fenomena Dhamma

Saturday, March 31, 2012

SUTTA APA NAMANYA YANG MENULIS: "Aku adalah Pembuat Karma- ku, Aku adalah Pewaris Kamma- ku, Aku Lahir dari Karma-ku Sendiri, dst.. "?

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Namo Buddhaya Bhante, untuk mendukung ajaran Buddha sendiri.

saya mau tanya soal Sutta Apa yang membahas soal Kamma yang isinya adalah: "Aku adalah Pembuat Karma- ku, Aku adalah Pewaris Kamma- ku, Aku Lahir dari Karma-ku Sendiri, dst.. "?

Agar jelas bahwa ajaran Buddha tidak mengajarkan hal yang keliru Sutta apa namanya.

Thanks atas bantuannya temen2 dan Bhante akan pendapatnya.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

Namo Buddhaya Bhante Sudhammacaro _/\_, mungkin yg ini kali ya: In the ''Upajjhatthana Sutta'' (AN 5.57), the Buddha states: :"I am the owner of my karma. I inherit my karma. I am born of my karma. I am related to my karma. I live supported by my karma. Whatever karma I create, whether good or evil, that I shall inherit." http://www.new-age-center.com/article/karma-in-buddhism-karma-in-the-early-sutras. Anguttara Nikaya 6.1.7.


Bhante, karma dibahas di Maha-kammavibhanga Sutta/Cula-kammavibhanga Sutta.. http://www.accesstoinsight.org/lib/authors/nanamoli/wheel248.html ditulis dalam bahasa Inggris..

The Buddha's Words on Kamma: Four Discourses of the Buddha from the Majjhima Nikaya
www.accesstoinsight.org
Kamma concerns everyone. We make it, a great deal of it, every day while we are awake. We decide whether or not to get up — kamma. (Good kamma if one gets up vigorously, bad kamma if slothfully or grudgingly.) Let's have a cup of tea, breakfast — maybe some greed is involved, so bad kamma. We sympat...


http://sudhammacaro.blogspot.com/2010/07/apakah-karma-orangtua-turun-ke-anak.html Blog Bhante...:)

Fenomena Dhamma: “ APAKAH KARMA ORANGTUA TURUN KE ANAK ? “
sudhammacaro.blogspot.com



parita Brhamaviharaparanam, yaitu:

……………Aku adalah pemilik karmaku sendiri, pewaris karmaku sendiri, terlahir dari karmaku sendiri, behubungan dari karmaku sendiri, terlindungi oleh karmaku sendiri, apapun karma yang kuperbuat, baik atau buruk itulah yang akan ku warisi.

Parita ABHINHAPACCAVEKKHANA (Kerap Kali Direnungkan)

PEMIMPIN KEBAKTIAN:

HANDAMAYAM ABHI APACCAVEKKHANAPATHAM BHA-NAMA SE

BERSAMA-SAMA:

JARA DHAMMOMHI

JARAM ANATITO

BYADHIDHAMMOMHI

BYADHIM ANATITO

MARANA DHAMMOMHI

MARANAM ANATITO

SABBEHI ME PIYEHI MANAPEHI NANABHAVO VINABHAVO.

KAMMASSAKOMHI

KAMMADAYADO

KAMMAYONI

KAMMABANDHU

KAMMAPATISARANO

YAM KAMMAM KARISSAMI

KALYANAM VA PAPAKAM VA

TASSA DAYADO BHAVISSAMI

EVAM AMHEHI ABHINHAM PACCAVEKKHITABBAM

PEMIMPIN KEBAKTIAN:

Marilah kita mengucapkan Perenungan Kerapkali

BERSAMA-SAMA:

Aku akan menderita usia tua,

Aku belum mengatasi usia tua.

Aku akan menderita sakit,

Aku belum mengatasi penyakit.

Aku akan menderita kematian,

Aku belum mengatasi kematian.

Segala milikku yang kucintai dan kusenangi

akan berubah, akan terpisah dariku.

Aku adalah pemilik karmaku sendiri

Pewaris karmaku sendiri

Lahir dan karmaku sendiri

Berhubungan dengan karmaku sendiri

Terlindung oleh karmaku sendiri

Apa pun karma yang kuperbuat

Baik atau buruk

Itulah yang akan kuwarisi.



trim's y pencerahan dr temen2....se7 sy...dl sy cm mendgr ceramah dhamma aja soal ini....lalu saat suatu waktu sy berkeinginan memecahkan apa sebab bencana..musibah...baik buruk dr nasib seseorg baru sy tringat lg hal ini...dan stlh memahami ini dgn baik...adalah paling sulit menjaga kelakuan diri sendiri utk tidak melakukan hal2 buruk...shingga kdg bagi sy itu kaku..ketika melihat film buddha cikung membuat trbuka wawasan jgn kaku...smua di bawa lepas aja....om mani pad me hum.


KAMMA bukanlah nasib, karena masih bisa diperbaiki dan diubah dengan melihat fungsi KAMMA, karena KAMMA adalah niat berbuat. Perbuatan itulah yg paling penting! Kita bisa mengubah KAMMA kita karena sesungguhnya KAMMA itu adalah perbuatan kita sendiri. Melalui perbuatan yg kita lakukan dengan badan, ucapan dan pikiran dapat mengubah jalan hidup kita. Sabbe Satta Bhavantu Sukhitata...Sadhu..Sadhu..Sadhu..


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Friday, March 30, 2012

" Ajaran Buddha mengajarkan hidup yang pasif dan berpandangan yang pesimis contohnya: hidup adalah Penderitaan (Dukkha) "

Diskusi Dharma Facebook.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Namo Buddhaya Bhante. Bhante saya ada tugas karya ilmiah.
Judulnya Anggapan-anggapan keliru dalam Buddhist ada 3 Pandangan.

Jadi saya mau tanya soal pandangan ke-3 terakhir:
3. Menurut mereka (umat lain) ajaran Buddha mengajarkan hidup yang pasif dan berpandangan yang pesimis contohnya: hidup adalah Penderitaan (Dukkha).

Menurut jawaban temen2 dan Bhante gimana mengenai apa yang sering di anggap keliru dalam Buddhist itu.
Mohon bantuannya temen2 dan Bhante. Semoga karya ilmiah ini bisa bermanfaat untuk perkembangan Buddhist di tempat saya. Soalnya sekolah saya Kristen.
Sabbe satta sabba dukha pamuccantu, sabbe satta bhavantu sukhitatha. sadhu.. sadhu.. sadhu..
Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kesimpulan: Ajaran Buddha dipandang/ dinilai oleh umat lain sebagai hidup yang pasif dan berpandangan yang pesimis contohnya: hidup adalah Penderitaan (Dukkha). Pandangan spt ini keliru krn mereka tdk mau mencermati dan tdk cerdas menghayati hidupnya dg benar, akibat mereka terlena oleh Nafsu Keinginan (duniawi). Padahal Buddha hanya menguraikan Realita Kenyataan Hidup yg se-benar2nya, hasil pengamatan dari pengalaman hdiup-Nya dan dg melihat Fakta hidup orang2 lainnya.
Jadi, ajaran Buddha adalah Realita, bukan Pesimisme atau Nihilisme dan Pasif. Contoh: Hidup adalah Penderitaan (Dukkha) adalah bukan Pesimisme atau Pasif, tapi Realita (Realisme). Buktinya: Lahir, Usia Tua, Sakit dan Mati itu Nyata Penderitaan bagi semua orang. Lalu; Pisah dg yg dicintai/disukai, jumpa dg yg tdk disukai, ketemu dg yg dibenci itu adalah pengalaman nyata Penderitaan Batin bagi semua orang.
Setelah mengerti bahwa hidup itu secara Realita/ Nyata adalah Pnderitaan, Buddha mengajarkan Jalan utk keluar dari Penderitaan Hidup dg 8 Jalan Mulia. 1. Pandangan / Pengertian yg Benar. 2. Pikiran yg Benar. 3 Ucapan yg Benar. 4. Perbuatan yg Benar. 5. Nafkah yg Benar. 6. Daya-Upaya yg Benar. 7. Perhatian yg Benar. 8.Samadhi yg Benar (Samatha dan Wipassana). Inilah ajaran Buddha yg Realita/ Nyata dan dpt dibuktikan oleh siapapun.
Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. Tiga pandangan keliru atau salah yang seringkali disinggung di dalam Sutta Pitaka, adalah:
1. Natthika ditthi = pandangan nihilisme, yang menolak kehidupan setelah kematian.
2. Akiriya ditthi = pandangan yang menolak manfaat perbuatan, yang mengklaim bahwa perbuatan-perbuatan baik atau jahat tidak ada akibatnya atau tidak ada pengaruhnnya
3. Ahetuka ditthi = pandangan yang menolak penyebab sesuatu, mengklaim bahwa tidak ada sebab / kondisi yang menyebabkan kekotoran / kesucian mahluk. Mahluk-mahluk kotor ataupun suci karena nasib, kebetulan atau kebutuhan.


3 jenis akiriya ditthi yang berbahaya, yaitu:
1. Pubbekata-hetu ditthi, yang berpandangan bahwa segala sesuatu yang dialami
sekarang ini disebabkan hanya oleh perbuatan lampau.
2. Issaranimmana-hetu-ditthi, yang berpandangan bahwa segala sesuatu sudah dibuat/ditentukan oleh tuhan..jadi orang jahat sudah ketentuan tuhan..
3. Ahetu-appaccaya-ditthi, yang berpandangan bahwa segala sesuatu yang dialami sekarang ini tidak disebabkan atau dikondisikan, melainkan ada dengan sendirinya.
Di dalam sutta yang sama, Sang Buddha menyatakan bahwa pandangan di atas tidak benar, dengan cara memberikan argumen sebagai berikut:
Bagi siapa saja yang berpandangan bahwa :
1. dikarenakan perbuatan lampau, atau
2. karena ciptaan mahluk adi kodrati tertentuatau
3. tidak disebabkan oleh perbuatan,
seseorang menjadi
a) pembunuh
b) pencuri,
c) pelaku perzinahan,
d) pendusta,
e) pemfitnah,
f) penguncar kata kasar,
g) penguncar pembicaraan yang tak bermanfaat,
h) serakah,
i) berniat jahat dan
j) berpandangan salah
maka tidak akan ada manfaatnya lagi keinginan untuk berbuat, upaya untuk berbuat, tidak diperlukan lagi melakukan ini atau itu, atau menghindari diri dari berbuat sesuatu.
Oleh karena itu kebutuhan untuk berbuat atau tidak berbuat tidak ditemukan lagi
eksistensinya di dalam kebenaran, hidup tidak berumah tangga menjadi tidak ada
artinya lagi.


2. Dukha bknla berarti penderitaan dan kesengsaraan,tapi dukkha adalah semua yg berkondisi tidak memuaskan,jd semua hal yg tidak memuaskan itula dukha,mis:bertemu org yg kita benci,berpisah dg org yg dicinta,tidak tercapai keinginan,dll.tapi dengan menyadari hal itu tidak berarti umat Buddha menjadi pesimis,justru sgt optimis dg adanya karma dan tumimbal lahir,krn kitala penentu apakah mau hidup bahagia atau sengsara,apaun yg kita perbuat,akibatnya akan kembali kepada kita,dan tidak ada penghakiman abadi do surg dan neraka,krn kita selalu diberi kesempatan utk lahir kembali untuk memperbaiki karma kita.semoga bisa membantu,. .terima kasih.



3. Namo Buddhaya Bhante, kadang rasanya pantas saja agama lain berpendapat demikian. Banyak pengikut Buddha yg masih kurang memahami agamanya sndri. Agama Buddha masih srg sekali dikaitkan dengan konghucu yg merupakan agama budaya. Menurut saya, mungkin mereka berpendapat agama Buddha mengganggap segala sesuatu itu adalah penderitaan dan tidak berbuat sesuatu terhadapnya. Padahal itu adalah salah satu bagian saja dari agama Buddha. suka, duka, sedih, bahagia, benci, cinta,dsb.. Itu smua termasuk dukkha karena kita masih tergantung dengan perasaan itu. untuk itulah kita harus belajar melepaskannya dengan bermeditasi. Karna inti dari ajaran Buddha adalah membebaskan diri dari kelahiran kembali dan mencapai keBuddhaan.. Jadi agama Buddha tidak pasif dan tidak pesimis. Tidak pasif karena Buddha memberi kita jalan untuk membebaskannya. Tidak pesimis karena kita tahu bahwa suka dan duka yg kita rasakan itu tidak kekal.. Ini penjelasan saya sebagai org awam Bhante, mohon dikoreksi kalau salah..



4. Ajaran budha tdk pasif justru tlalu tinggi maka kadang kita sbagai manusia tdk bs mencerna ajaran budha maka tdk bs terima karna manusia slalu mencari yg enak2 alis bahagia,secara ga sadar kita lupa dlm bahagia jg ada penderitaan jd ajaran budha slalu menekankan yjalan tengah. Hidup adalah duka (itu krn hidup selalu berubah, dan org tidak siap menerima perubahan akan mengalami duka /penderitaan).


Selamat pagi Bhante, ikut komen ya Sebetulnya ini adalah baik bagi kita yg umatBuddha untuk menerangkan konsep tentang Dukkha yg sesungguhnya kepada sekolah Anda karena akan membawa pencerahan bagi yg membacanya, sebab banyak di umat awampun kurang paham tentang Dukkha yg sesungguhnya semua itu harus diselami & di praktekkan dgn sunggu2x.Salam Metta.



5. Hidup adalah duka (itu krn hidup selalu berubah, dan org tidak siap menerima perubahan akan mengalami duka /penderitaan). jika org hny terhanyut dlm penderitaan/kesialan/kegagalan yg dialami maka duka tidak akan berujung. begitu juga sebaliknya jika qta mengalami keberhasilan n terpaku pada keberhasilannya saja, maka iapun akan mengalami penderitaan krn yg terbentuk tidaklah kekal.. so hidup adalah duka n tidak kekal =optimis, krn tidak kekal so jadilah maestro yg baik dan handal dlm hidup ini. isilah hidup ini dgn hal2 yg bermanfaat(kreatifitas,belajar, memperbaiki diri scr mental, materi n spiritual). seperti para pemain teater yg akan bermain sebaik mgkn(good performance) dan akan diakhiri oleh waktu(tidak kekal), mereka jg hrs pulang ke rumah mrk msg2. dan performance itu akan menjadi kenangan yg indah bagi para penontonnya. semoga bermanfaat.... semoga semua makhluk berbahagia



6. Namo buddhaya.. Hidup adl pndritaan,itu mmg btul adY.. Ktika s'org bayi lhr kdunia,dy mrskn dingin yg luar biasa,saat qt skt n lmah,saat umr qt lanjut n qt g bs mlakukn sgl sswtu dgn baik lg,smua itu adl pndritaan.. Hny alm Nibbana yg bbas dr samsara. Thx. Smua makhluk memang d'ciptakan sma ada'a cma. Cuma materi n fsik yg mmbedakan mreka, tp k'samsaraan itu datang dri dri'a sedri dri Åpå yg dia prbuat dn yg dia lakukan s'masa hidup'a, takan ada sbab tanpa akibat thx..



7. Pandangan orang2 terhadap Ajaran Buddha masih sebatas Kulit/Awam itu perlu dimaklumi,sbb tdklah mudah utk memahami suatu Ajaran Buddha,sedangkan Ajaran/Agamanya sendiri sj masih sebatas ritual2/syahreat2nya saja.Apalagi utk memahami makna DUKKHA yg demikian Dalamnya?.Menurut Pandangan sy Pengertian DUKKHA dgn dukha sgt jauh berbeda artinya,klo dukha itu adalah Perasaan menderita;sedih,susah,sakit,dllnya,bgt jg dgn sukha;senang,gembira,riadllnya.Sedangkan DUKKHA diluar dr RASA maupun PERASAAN,kita diajarkan/dilatih utk bs/mampu meliat DUKKHA dlm arti yg seBENARnya,maaf utk menjelaskan tentang DUKKHA blumlah cukup hanya segenggam tangan ini.Sadhu.



8. Agama BUDDHA mengajarkan realitas yg sebenar benarnya dan sebagaimana apa adanya. Terlihat amat jelas, tak bersela waktu, menggundang untuk dibuktikan, patut diarahkan ke dalam batin, dapat dihayati oleh para bijaksana dalam batin masing masing.



9. hidup adl samsara...walau kita bahagia pasti tdk kekal adny...cnth kaya raya,body parasny sempurna...tp ketika dia mati apakah ad yg sempurna dibodyny...ketika dia mati apakah ad kebahagian duniawi lg?tentu tdk...hny satu yg sempurna n tak ad samsara yaitu NIBBANA...mohon dikoreksi bila ad yg slh...SSBS. Mmg sbnrnya Hidup adl Penderitaan. Tapi hanya sedikit org yg memahami sepenuhnya, Betapa dalam dan luasnya penderitaan itu. segala yg berbentuk,berupa,berasa itulah ANICCA, DUKKHA, ANANTA.



10. Namo Buddhaya Bhante, kadang rasanya pantas saja agama lain berpendapat demikian. Banyak pengikut Buddha yg masih kurang memahami agamanya sndri. Agama Buddha masih srg sekali dikaitkan dengan konghucu yg merupakan agama budaya.




Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Thursday, March 29, 2012

“ PANDANGAN KELIRU TERHADAP AJARAN BUDDHA TENTANG POLITEISME ATAU BANYAK TUHAN DAN DEWA, BENARKAH? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.



Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Namo Buddhaya Bhante. Bhante saya ada tugas karya ilmiah.
Judulnya Anggapan-anggapan keliru dalam Buddhist ada 3 Pandangan.

Jadi saya mau tanya soal pandangan ke-2:
2. Sering orang menganggap Buddhist itu politeisme (banyak Tuhan/dewa)?

Menurut jawaban temen2 dan Bhante gimana mengenai apa yang sering di anggap keliru dalam Buddhist itu.
Mohon bantuannya temen2 dan Bhante. Semoga karya ilmiah ini bisa bermanfaat untuk perkembangan Buddhist di tempat saya. Soalnya sekolah saya Kristen.
Sabbe satta sabba dukha pamuccantu, sabbe satta bhavantu sukhitatha. sadhu.. sadhu.. sadhu..
Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kesimpulan: Sejak Buddha msh hidup ada 62 Pandangan salah (lht: Brahmajala Sutta) dari kelompok lain terhadap ajaran Buddha. Kl saat ini msh ada 3 Pandangan salah itu berarti blm semuanya. Maka, wajar saja mereka menilai spt dlm pertanyaan topik2 ini dst.
Umat Buddha perlu memberikan informasi yg benar dan dpt diterima oleh pihak lain. Agar mereka mendapatkan manfaat yg bisa membuka wawasan mereka.
Dalam topik ini, kita hrs menjawab: Bahwa ajaran Buddha tdk sama dg ajaran Tradisi orang China yg memuja banyak Dewa/ Tuhan yg dibuat patung2 dan dipasang di Klenteng2.
Buddha hanya mengajarkan Dharma utk mencapai Pembebasan dari Penderitaan yg diakibatkan oleh Kilesa (Serakah, Benci, Batin Gelap/ kebodohan batin).
Utk mencapai Pembebasan ini selain Gemar Berdana, ada 8 Jalan Mulia yg disingkat: Sila, Samadhi dan Pannya (Moralitas, Meditasi, Kebijaksanaan) sebagai Praktik hidupnya.

Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.

Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. Namo Budhaya for all. Pagi Bhante. Kalo nurut sy, yg namanya Tuhan dan Dewa itu menurut kepercayaan aliran kong hu cu. Sdgkan didlm agama Budha kita hanya mengenal ajaran Dhamma yg akan menuntun kita dalam kehidupan ini. Sdgkan Sang Buddha adalah org yg telah mencapai penerangan yg sempurna. Maaf kalo ada kata sy yg salah. Tp ini hanya pendapat sy pribadi. Terima kasih. konsep Ketuhanan dlm agama BUDDHA memang berbeda dengan yg lain nya. yaitu Yg tak berkondisi namun ADA, yg Mutlak(Absolute).



2. Namo budhaya bhante dan tman2 smua mnrt sya dlm agama buddha tidak di ajarkan adanya konsep ketuhanan krna bhagava lah yang memberikan jlan penerangan bagi dari kekotoran batin yang ada dalam hati kita. Sadhu... sadhu... sadhu... Sang Buddha adalah Guru manusia & Dewa.... Yg membedakan sampai dimana kita belajar & melaksanakannya....Serta hasil yg kita dapat..




3. pagi bhante..kalo menurut saya,dalam pandangan buddhis yg saya tau..maaf kalo salah.agama buddha jg mengenal Tuhan.namun dlm konsep yg berbeda dg pandangan dr agama2 lain nya.Tuhan tdk terceritakan,tak tercipta,tdk dipersonifikasikan,tak terlahirkan dan mutlak.sedangkan kalo dr pandangan agama lain nya,Tuhan dipersonifikasikan,seperti sifat2 manusia,bisa mendengar,marah,dll dan Tuhan jg merupakan tujuan akhir dr setiap agama.misal:kembali kepangkuan bapa disurga atau semoga arwah nya diterima disisi tuhan...,kembali ke Tuhan yg maha esa dll sedangkan menurut konsep Buddhis Nibbana adalah tujuan akhir atau Tuhan td.sedangkan tentang keberadaan dewa,agama Buddha mengenal banyak dewa/surga,tp bkn untuk dipuja/disembah.dewa merupakan pencapaian dari hasil bnyknya manusia berbuat baik,melalui pengembangan dana,sila dan samadhi.setiap org bs menjadi dewa asal bnyk berbuat baik.anda,saya dan siapapun walaupun berbeda agama,bs menjadi dewa asal menjalankan banyak kebajikan melalui pikiran,ucapan dan perbuatan.




4. Menurut saya itu MICCHA DITTHI ,tidak ada dewa atau tuhan tg disembah/puji fan di agungkan yg ada ialah BUDDHA,mengapa buddha ? karena beliau telah menemukan kembali DHAMMA yang hilang,serta PARA YANG BIJAKSANA (para orang suci) serta orang bertekad mencapai pencerahan tertinggi yaitu NIBANNA. mengapa para yang bijaksana dan bertekad kesucian patut di puji ,karena mereka terbebas dari segala macam kekotoran bathin.dan terbebas dari tumimbal lahir,dewa-dewi sama halnya dengan manusia ada yg jahat dan baik ada pula yang bahagia di alam surga dan tidak tergantung karma masing-masing,tentang TUHAN buddha tidak mengajarkan dan menekankan ataupun tidak di tekankan sebab itu tidak bisa meraih NIBANNA. Namo buddhaya bhante, slmt pgi smua,,, agama buddha tdk mngajarkan ajaran tuhan tp buddha mngajarkan kita dhamma. Nammo budhaya semuah y...
Budha bukan lah tuhan,budha bkan lah dewa,beliau adalah (guru)guru agung kita,guru yg telah mencapai penerangan sempurna...



5. Agama buddha tidak mengenal ketuhanan, manusia 1& dosa ditebus. Omitofo. suci kan hati dan pikiran perbanyak amal dan kebajikan itu lah agama buddha...! Gate gate para gate para sangate bodhi svaha ...om mani padme hum...namo avalokitesvara buddhaya...namo amitabha buddhaya.,!sabhe sattha bhavantu sukhittata semoga semua makhluk baek yg kelihatan maupun yg tdk kelhtan agar selalu di ajarkan dharma selalu berbahagia. terbebas dr segala penderitaan saddhu.saddhu.saddhu...!



6. agama itu bermacam2 dan cara pandang tentang TUHAN pun berbeda, Agama langit: Islam, nasrani, yahudi menyebut Tuhannya Allah.....agama Budha , Hindhu, kong hu cu, tao , shinto menyebut Tuhannya Dewa. iman adalah keyakinan hakiki yg setiap orang pegang utk menjalnkan kehidupan...kitab suci lah pedoman hidup kita dan setiap agama punya kita suci... untuk itu kita harus banyak belajar tentang Siapa Tuhan itu? Tks.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Wednesday, March 28, 2012

“ BAKAR KERTAS DAN TAKHAYUL ITU APAKAH ADA DALAM AJARAN BUDDHA? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Namo Buddhaya Bhante. Bhante saya ada tugas karya ilmiah.
Judulnya Anggapan-anggapan keliru dalam Buddhist ada 3 pandangan.

Jadi saya mau tanya soal pandangan ke-1:

1. sering orang menganggap ajaran Buddha mengajarkan tentang ketakhayulan dan bakar" kertas?

Menurut jawaban temen2 dan Bhante gimana mengenai apa yang sering di anggap keliru dalam Buddhist itu.
mohon bantuannya temen2 dan Bhante. Semoga karya ilmiah ini bisa bermanfaat untuk perkembangan Buddhist di tempat saya. Soalnya sekolah saya Kristen.
Sabbe satta sabba dukha pamuccantu, sabbe satta bhavantu sukhitatha. sadhu.. sadhu.. sadhu..
Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kesimpulan:

Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

1. Tanya: Tradisi bakar-bakaran lazim terlihat di dalam ritual-ritual orang Tionghoa. Kapan mulai ada tradisi ini? Mengapa ada tradisi ini? Dan apa maknanya ?

jawaban :Leluhur orang Tionghoa sebelum mengenal agama dan filsafat telah terlebih dahulu mengenal penghormatan pada leluhur. Penghormatan leluhur ini kemudian menjadi titik tolak dan dasar daripada kepercayaan tradisional Tionghoa yang muncul lebih dulu daripada semua agama yang ada di Tiongkok. Kepercayaan tradisional pada mulanya hanya mempercayai bahwa ada 2 alam di alam semesta ini, alam langit dan alam manusia. Alam langit merupakan tempat domisili para dewa-dewi yang dimuliakan, mempunyai kontribusi dan jasa yang besar bagi masyarakat pada zamannya. Setelah masuknya Buddhisme, alam baka ditambahkan ke dalam konsep ini, sehingga menjadi 3 alam.
Evolusi kepercayaan tradisional Tionghoa ini kemudian mempercayai bahwa manusia setelah meninggal akan menuju ke alam baka, namun bagi manusia yang dianggap mempunyai kontribusi dan jasa besar bagi masyarakat dapat pengecualian untuk berdomisili di alam langit. Alam langit, alam baka juga dipercaya mempunyai pemerintahan, kehidupan interaksi masyarakat yang mirip dengan alam manusia. Atas dasar kepercayaan inilah, uang emas dan uang perak diciptakan. Uang emas (kim cua) adalah diperuntukkan kepada dewa-dewi di alam langit. Uang perak (gin cua) diperuntukkan kepada roh manusia di alam baka. Uang perak juga diperuntukkan bagi roh manusia yang gentanyangan di alam manusia (hantu).

Mengapa dibakar? Ini dikarenakan kepercayaan bahwa dewa api adalah penghubung antara ketiga alam tadi. Ini lazim di zaman dulu di banyak kebudayaan lainnya di dunia.

Sejak kapan? Tradisi ini tercatat pertama kali dalam literatur sejarah adalah di zaman Dinasti Jin (265 - 420). Di saat itu telah ada pembakaran uang kertas untuk menghormati leluhur. Tradisi ini menjadi tradisi umum di Tiongkok di zaman Dinasti Tang dan Dinasti Song.

Makna dari tradisi bakar-bakaran tetap saja adalah semacam simbolisasi saja. Simbolisasi atas penghormatan leluhur dan dewa-dewi. Dewa-dewi di dalam kebudayaan Tionghoa adalah makhluk adikodrat yang dimanusiakan, dianggap hidup dan bertindak seperti manusia. Itu makanya tidak heran kalau ada dewa yang mempunyai keluarga misalnya Yu Huang Da Di. Itu semuanya hanya untuk mendekatkan dewa-dewi dengan manusia.

Sekarang, tradisi bakar-bakaran tetap saja ada dilaksanakan di sebagian kalangan Tionghoa. Namun pergeseran nilai juga mulai menggeser tradisi ini. Tanpa mengurangi rasa hormat bagi yang percaya, pemerintah Taiwan, HK atau Singapura mulai mendorong kebijakan mengurangi jumlah pembakaran uang kertas ini. Di Taiwan, selain memasyarakatkan semboyan "kurang jumlah, tidak kurang bakti", pemerintah juga bekerjasama dengan kelenteng2 untuk memusatkan pembakaran uang kertas di tempat pembakaran yang ditentukan pemerintah. Banyak kelenteng yang sudah meniadakan kompor2 tempat pembakaran uang kertas. Semua ini tujuannya hanya satu, prevervasi lingkungan.

Orang tua saya masih melaksanakan tradisi ini, demi menghormati mereka, saya cuma menyarankan agar jumlah uang kertas yang dibakar dibatasi dalam jumlah tertentu karena jumlah tidak mewakili besar ketulusan hati. Bagi yang beranggapan membakar uang kertas dalam jumlah besar dapat menyenangkan leluhur atau menunjukkan bakti, lebih baik tunjukkan rasa sayang anda itu semasa leluhur anda masih di dunia.
http://web.budaya-tionghoa.net/budaya-tionghoa/adat-istiadat/1220-tradisi-bakar-bakaran-dalam-kebudayaan-tionghoakocoa
Rinto Jiang

Tradisi Bakar-bakaran Dalam Kebudayaan Tionghoa
web.budaya-tionghoa.net
Budaya Tionghoa dan Sejarah Tionghoa


‎2. Bhante Sudhammacaro yang bersangkutan bila ada tugas kuliah, sudah pasti perlu referensi yang benar dan sumber kompeten, saya bisa beri refrensi benar dan kompeten. Silakan yang bersangkutan bertanya di
http://www.facebook.com/groups/budaya.tionghoa/
atau mencarinya di
http://web.budaya-tionghoa.net/
dan bisa diberikan daftar pustaka yang tepat, dan berdiskusi dengan nara sumber yang tepat, sebenarnya makna dari membakar kertas sembayang itu.

Budaya Tionghoa
Forum Budaya Dan Sejarah Tionghoa 1. http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/ [Mailing List] 2. http://web.budaya-tionghoa.net/ [Main Portal] 3. http://www.facebook.com/pages/Budaya-Tionghoa/23... karena bersangkutan penanya kepada bhante untuk tugas sekolah, saya tidak menjawab dari opini, dan kebetulan lumayan sibuk, saya hanya bisa bantu, sipenanya perlu daftar pustaka apa ?. soal narasumber saya bisa bantu, dan tulisan pemerhati dan peneliti soal masalah budaya tionghoa bisa di bantu, lebih baik si penanya membuka pertanyaan link saya kasih, disana banyak pemerhati dan peneliti berbagai lingkungan akademisi sampai agama.



3. tradisi cina membakar kertas itu sudah lama sekali , jauh sebelum dinasti tang , itu bisa dilihat di sejarah cina lama , pada masa dulu , setiap raja yg wafat , maka para selir dayang serta kuda domba kucing anjing semua yg disukai kaisar akan dikubur hidup hidup mendampingi kepergian nya , begitu juga intan permata emas berlian perak mutiara dll , seperti makanan dan minuman , semua di masukan dalam kuburan raja yg super megah . datanglah seorang bhikku dari india membabarkan dhamma ke daratan tiongkok , melihat mendengar kekejaman tradisi lama tsb , sang bhikku merasa sedih dan merana , dicari jalan untuk menghentikan tradisi yg kejam , beliau berkata tidak perlu mengubur para dayang selir binatang hidup hidup kedalam kuburan kaisar , cukup mengambar para selir dayang di atas kertas daun , begitu pula binatang emas dan perak digambar di atas kertas , dan membakar kan kertas itu didepan kuburan kaisar , maka kaisar akan mendapat kan semua itu di alam sorga . karena metta karuna sang bhikku maka jutaan nyawa manusia dan binatang ter selamatkan . itulah awal mulai nya pembakaran kertas sehingga menjadi tradisi cina hingga sekarang . selain ajaran dhamma yg di ajarkan sang bhikku , kebiasaan membakar kertas karena lokasi kuburan jauh diatas gunung yg penuh dgn hutan lebat , untuk tidak ke sasar atau kesesat jalan pulang ke kampung , mereka membakar kertas sebagai tanda untuk jalan pulang , inilah tradisi cina yg sebenarnya . semoga bermanfaat dan bisa berguna bagi mereka yg belum mengerti . sancai sancai wo fho che phei .




4. Namo buddha..selama ini sy bc buku2 dhmma,ajarn buddha itu seakan-akan nyata sekali,kl ada yg mengatakan ajaran buddha tahyul itu karna mereka belum mengenal dhamma,buddha mngajar kan ajar nya sesui dgn apa yg beliau ketahui dan di capai nya.bgtu pula dgn bakar2 kertas dll,buddha tdk pernah mngajar kan itu semua,itu hnya suatu tradisi etnis tiongha yg di campur aduk dgn agama...makanya kita hrs bs membeda kan antara tradisi dan agama supaya umat2 lain tdk salah persepsi.. Agama buddha bs berkembang seperti skrg ini karna ikut membaur dgn tradisi setempat,akan tetapi kta sebAgai umat buddha harus bs membedakan mana tradisi mana yg ajaran buddha...semua negara yang ada umat buddha nya punya tradisi masing2, tapi kt jgn mengatas nama kan tradisi kt sebagai ajaran buddha,itu yg membuat umat lain kadang2 memiliki pandangan keliru terhadap agama buddha.jadi kl ada org yg bertnya seperti itu harap di brikan penjelasan yg sesuai dgn ajaran buddha dan sesuai dgn tradisi,supaya umat lain juga mengerti,ini lo ajaran buddha,ini lo tradisi,kl mereka uda mngerti mrka akan memiliki pndgn yang benar terhadp agama buddha maupun terhadp tradisi..


5. Sejak zaman dulu sebenarnya ada 2 jenis kertas yang digunakan dalam tradisi ini, yaitu kertas yang bagian tengahnya berwarna keemasan (Kim Cua) dan kertas yang bagian tengahnya berwarna keperakan (Gin Cua). Menurut kebiasaan-nya Kim Cua (Kertas Emas) digunakan untuk upacara sembahyang kepada dewa-dewa, sedangkan Gin Cua (Kertas Perak) untuk upacara sembahyang kepada para leluhur dan arwah-arwah orang yang sudah meninggal dunia. Mereka yang mempercayai tradisi ini beranggapan bahwa dengan membakar kertas emas dan perak itu berarti mereka telah memberikan kepingan uang emas dan uang perak kepada para dewa atau leluhur mereka; sebagaimana diketahui kepingan emas dan perak adalah mata uang yang berlaku pada zaman Tiongkok kuno.


6. Konon tradisi "Bakar Rumah- rumahan dan uang Kertas" ini baru dimulai pada zaman pemerintahan Kaisar Lie Sie Bien (Lie She Min) dari Kerajaan Tang di Tiongkok. Lie Sie Bien adalah seorang kaisar yang adil dan bijaksana serta pemeluk Agama Buddha yang taat sehingga beliau dicintai oleh rakyatnya. Dalam pandangan Kaisar sendiri, beliau puas dengan kemakmuran yang ada disekeliling beliau. Masyarakat dikota raja semuanya hidup bahagia, tenteram dan damai. Sampai suatu ketika sang raja pergi keluar kota raja dan melihat keadaan masyarakatnya yang sesungguhnya. Keadaan diluar kota raja sungguh menyedihkan. Mereka hanya cukup untuk makan, namun mereka tidak punya apa-apa dan hidup dalam kemiskinan. Yang ada hanyalah pohon-pohonan bambu saja dihalaman rumah mereka. Sekembalinya ke kota raja, sang kaisar murung dan terus berpikir keras bagaimana caranya untuk menyeimbangkan kesejahteraan rakyatnya baik yang dikota maupun diluar kota raja. Akhirnya kemudiandikisahkan sang raja mendapatkan ide untuk berpura-pura mangkat, dengan demikian maka seluruh orang kaya di kota raja akan berkumpul untuk melayat beliau. Disebarkan kabar bahwa Kaisar menderita sakit yang cukup parah, mendengar kabar ini rakyat menjadi sedih. Beberapa hari kemudian secara resmi keluar pengumuman dari Kerajaan bahwa Kaisar Lie Sie Bien meninggal dunia. Rakyat benar benar berduka- cita karena merasa kehilangan seorang Kaisar yang dicintai, sebagai ungkapan rasa duka cita ini penduduk memasang kain putih di depan pintu rumahnya masing-masing tanda ikut berkabung atas mangkatnya Sang Kaisar.



7. Sebagaimana tradisi pada waktu itu, jenazah Kaisar tidak langsung dikebumikan,
melainkan disemayamkan selama beberapa minggu untuk memberi kesempatan
pada para pejabat istana dan rakyat untuk memberikan penghormatan terakhir.
Alkisah, setelah beberapa hari kemudian Kaisar Lie Sie Bien hidup kembali atau
bangkit kembali dari kematiannya. Dan kemudian beliau bercerita mengenai
perjalanan panjangnya menuju alam neraka, yang dialaminya selama saat
kematiannya. Dimana salah satu cerita beliau, adalah ketika beliau dalam perjalanan menuju alam neraka, sang Kaisar bertemu dengan ayah bunda, dan sanak keluarga,
serta teman-temannya yang telah lama meninggal dunia. Dimana dikisahkan bahwa
kebanyakan dari mereka berada dalam keadaan menderita kelaparan, kehausan, dan serba kekurangan walaupun dulu semasa hidupnya mereka hidup senang dan mewah.
Keadaan mereka sangat menyedihkan, walaupun saat ini anak-anak dan keturunannya yang masih hidup berada dalam keadaan senang dan bahagia. Makhluk-makhluk yang
menderita ini berteriak memanggil Lie Sie Bien untuk minta pertolongan dan bantuannya untuk mengurangi penderitaan mereka. Menurut Kaisar mereka ini sangat
mengharapkan bantuan dan pemberian dari keturunan dan sanak-keluarganya yang
masih hidup.


8. Lalu sang Kaisar menghimbau dan menganjurkan agar keturunan dan sanak
keluarga yang masih hidup jangan sampai melupakan leluhur dan keluarganya yang telah meninggal. Kita yang masih hidup wajib mengingat dan memberikan bantuan
kepada mereka yang menderita di alam sana, sebagai balas budi kita kepada leluhur kita itu. Untuk itu keluarga yang masih hidup dianjurkan untuk mengirimkan bantuan
dana/uang kepada mereka yang berada di alam penderitaan itu. Dan dana bantuan itu adalah salah satunya berupa "Rumah- rumahan" dan uang-uangan untuk dibakar yang terbuat dari bambu-bambu (yang juga merupakan bahan dasar pembuatan kertas saat
itu). Rumah-rumahan ini yang kemudian dibakar dan akan menjelma menjadi rumah beserta isinya di alam sana, sehingga dapat dipergunakan oleh ayah bunda, leluhur, dan sanak keluarga yang berada di alam sana untuk meringankan penderitaan mereka.
Karena yang berkisah ini adalah seorang Kaisar yang sangat dihormati dan dicintai
segenap rakyatnya, maka tentu saja cerita ini dipercayai, dan himbauan kaisar langsung mendapatkan tanggapan yang baik dari para pejabat, bangsawan, dan seluruh rakyat kerajaan Tang. Dengan demikian maka masyarakat kota raja akan
berbondong-bondong membeli bambu untuk kebutuhan rumah-rumahan yang akan dibakar serta pembuatan kertas kepada masyarakat luar kota raja yang hidup dalam
kemiskinan.



9. Selamat pagi, Kalo nurut saya, mereka itu tidak dan belum memahami agama buddha yang sesungguhnya, kalo bakar2 kertas itu nurut saya berbaurnya agama buddha dng tradisi, sdgkan ketakhayulan itu demikian, sang buddha ƍåк̲̮̲̅͡ pnh ajarkan kita demikian di sutra manapun, sungguh kasihan org yg py pandangan demiakan krn mereka sdh melakukan fitnah damma, saran saya kita sbg umat buddha hrs memberikan pengertian ttg agama buddha yg sesungguhnya, agar mrka memahami dan ini juga merupakan bagian dari penyebaran dhamma. itu adl tradisi...



10. hahahhaa apanya yang bakar bakar kertas,, dalam ajaran SIDARTA GAUTAMA tak ada bakar bakaran kertas.. ini salah besar..... coba deh di teliti lagi... ajaran mana yang pakai bakar bakar kertas....?? rasanya bukan suatu agama tetapi tradisi.... ini boleh di lakukan dan boleh tidak... dalam ajaran agama budha hanya ada ehipasiko .. kalo gak salah looo.... bakar tubuh setelah kematian itu baru ada yaitu kramasi ....
~~ bagai mana bhante.... selamat pagi.. Namo Budhaya . bakar kertas itu ada ceritanya.. saya rasa Bhante Sudhammacaro tau akan cerita itu.... ntar pasti bhante akan memberi penjelasan yang mendetail. APAKAH INI SUATU PERTANYAAN YANG AKAN MEMOJOKKAN DAN MENJATUHKAN AJARAN YANG LURUS DAN DATAR..??? pandai pandailah menyimak suatu pertanyaan yang akan membuat diri terlihat BODOH .. berpikirlah secara masuk diakal.... semua tradisi yang terbawa sampai kini itu ada ceritanya bukan merupankan tahayul... jaman dahulu kala sebelum suatu agama/ajaran muncul ... itu sudah ada,, jadi jangan menelan mentah2 yang akan membuat diri jadi BEGOQ ... hehehhheee. Sudah tradisi.


11. pagi bhante dan teman teman, hahahaha,betul dalam ajaran agama budha ngak ada bakar bakar kertas, itu adalah tradisi dari orang china dulu,atau ajaran kong hu chu, yang masih di pertahankan sampai sekarang,tujuannya untuk simbol menhormati leluhur saja.bukan sang budha yang mengajarkan.harus bisa dibedakan mana ajaran , mana tradisi.kong hu cu itu bukanlah suatu agama , melainkan suatu ajaran orang china dahulu,untuk menghormati penghuni langit yaitu dewa dan dewi,serta yntuk sekedar menghormati para leluhur kita.kalau dalam tradisi konghucu banyak tradisi,misaalnya cheng beng sembayang kubur,ini merupakan tradisi untuk membersihkan kuburan leluhur yang telah meninggal,terus membakar kertas kertas semisalnya perlengkapan seperti baju, uang ,sandal,dan lain lain.itu merupakan suatu tradisi yang masih dipertahankan sampai sekarang. Met pagi Bhante, dan smua..,Buddhism itu gk ada bkar kertas. Yg bakar kertas itu Konghucu/Taoisme...



12. Slmt pg bhante,namo buddhaya.. Kl mnrt sy seh,yg mnanyakn ptnyaan ini cm Buddha KTP,msa hl bgtu aj hrs btnya.. Pd umumY mf y bkn mjlk2n tp ini suatu fkta,org kristen tu sk sx mjlk2n agama laen tnp tw ap kbnrn.. MkY yg plg srg prg agama kn cm agama itu aj! Smua agama tu baik,tgntung dr org yg mjlnknY.. Kl fanatik mbabi buta ini yg rpot.. Kdg sk pgn bnr sdri. Smntr yg djlek2in pun bodo,g sk bc bku2 ttg agama buddha. Spt tradisi mbkr krtas bwt org yg mninggal,itu mmg ud tradisi org tionghua dr sjak dl,mkY smp skr msi ad,n djlnkn bg yg pcy dgn tradisi tsb,tp bg yg ud g pcy tdk lg mjlni tradisi tsb. Spt sy.. Sdh dtradisikn bayi 40hr hrs dbotakin kplaY bwt buang rmbt kotor,tp hl tu g sy lkukn.. Kl bayi kpalaY gundul kn lbi mdh msuk angin,aplg tdr druang b'AC. Malah jd lbi ksian kn? Toh nti rmbut kotorY jg bs tbuang,ktika rmbtY pjg,dptg.. Lm2 kn abs rmbt bayiY.. Sdg agama plg tua adl agama buddha,suku plg tua jg,adl etnis tionghua.. MkY kbykn org tionghua ikut agama Buddha.. Sdg tradisi kunoY g dlpas mkY org tu slh presepsi. Dlm ajrn agama buddha g ad tradisi bkr krts.. MkY sblm btnya kmY sdri hrs tw ttg agama buddha..,jgn cm dgr ktY.. ktY.. dan ktY.. Jd btnya pun g malu2in ky bgni..



13. Siang bhante, tradisi bakar Tua Kiem atau sio kiem itu nyampek lo pada yg dikirikan , kalau kita kirim pasket kalau salah alamat kan pasti balik ini tidak balik berarti nyampek dan ini lebih baik dari pada bakar bakar rumah beneran orang lain yg dirugikan .kalau bakar uang kertas pasti tidak ada yg dirugikan .!!!



14. Tuk membedakan yg mana ajaran Sang BHAGAVA (Buddha) dgn Tradisi yaitu bila sesuatu hal yg di perbuat melalui badan jasmani, ucapan, dan pikiran yg mengarah tuk mengurangi atau bahkan bisa tuk menghilangkan yg namanya, keserakahan, kebencian dan kebodohan bathin, itulah sesungguhnya ajaran BUDDHA yg indah di awal, tengah dan akhirnya..SSBS Namo BUDDHAYA. harus dibedakan antara tradisi dan agama, agama Buddha berusaha merangkul setiap budaya selama tidak bertentangan dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga agama Buddha...meski pada perkembangannya, tradisi ini mengikat kuat dan seakan2 sebagai bagian dari ajaran agama Buddha, karena penganut agama Buddha disini adalah orang tionghoa.



15. Namo Buddhaya Bhante. Agama Buddha tdk mengajarkn umt nya untk bkr kertas. It cm tradisi aja, selama tradisi tsbt tdk merugikan siapa pun, it ok2 aja. Agama Buddha adlh agma yg paling logika. Dimana letak ketakhayulannya. Semua pertanyaan di agama Buddha, bs di jwb secara logika, dpt ditrima oleh pikirn n dpt di perdebatkan secara ilmiah. Mhn maaf kalo comment sy slh. Selamt pagi Bhante n Teman semua.



16. Bakar kertas memang tradisi,,,,yaitu berharap disana sesuai kelahirannya,,,misalnya uang kertas, atau kertas apa yang dibakar,,,,itu merupakan doa,, yang diluapkan dengan bakar kertas,,,,karena punyaa uang tentunya untuk membeli,,,,walauu dilarang2 ya tetep dilakukan orang itu luapan emosi tentang doa mereka,,yaitu " kemantepan" atau ke afdolan bagi mereka,,,,esensinya menunjukan doa bhakti bagi yang meninggal,,,,so dari pada mengorbankan mahkluk lain untuk doa,,,mendingan bakar kertasss ajaaaa,,,sementara komen aku kayak gini lain kali disambung,,,so mauu berangkat kerja.


17. bener sy se7 komen temen2 diatas..bakar kertas hanya tradisi..blg aj dlm ajaran buddha itu fleksibel..tdk hukum baku melarang..asalkan itu baik dan bisa mengarahkan umat manusia jd lebih baik tidak masalah..yg penting mnganut inti yg sama.



18. no 1 itu bukan buddhist tapi TAOIST,kalau ada yg keras kepala bahwa agama buddhist membakar kertas kasih saya tahu darimana ia mendapatkan informasi demikian ? kalau menurut sy bkar2 tu bkanya ajaran buddha namun itu hanyalah suatu tradisi kbnyakan tu budaya tionghoa.trmksh. dan jelaskan lebih detail tentang takhayul ? takhayul seperti apakah ? hmm menurut saya itu adalah sebuah tradisi yg dipercaya oleh suku tionghoa jadi bukan ajaran buddha. hehehe,,Klo bakar2 kertas kyknya bkn Ajaran Buddha,tp klo Bakar2 Karma kyknya sieh iya?.




Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Tuesday, March 27, 2012

“ BEDA AGAMA TERTARIK SAMA SAYA DAN AJAK PINDAH AGAMANYA GIMANA? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Selamt sore bhante, Namo Buddhya. Bhante saya mau curhat, sya perhatikan tentang jodoh ku.
Knp org yg tertarik sma sya berbeda agama, bhkan ada yg ajak sya tuk pindah agamanya?

tlg temen2 dan bhante bantu bimbingan saya y tentang hal ini.
Terimakasih temen2 dan bhante.

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kesimpulan: Knp org yg tertarik sma sya berbeda agama, bhkan ada yg ajak sya tuk pindah agamanya?
Krn dlm pergaulan itu anda bukan hanya satu kelompok agama saja (Buddha), tp ada kelompok agama lainnya. Yah…otomatis orang yg tertarik sama anda pasti akan menariknya utk pindah ke agamanya. Berarti orang yg tertarik sama anda keyakinan kpd agamanya kuat sekali, itu bagus dan benar. Dan hal itu tdk salah.
Tinggal anda yg ditarik pindah ke agama lain oleh mereka, gimana kualitas keyakinan anda kuat atau tidak?
Hal ini, termasuk Ujian Keyakinan anda terhadap agama sendiri (agama Buddha). Kl anda kuat keyakinan terhadap ajaran Buddha, anda hrsnya menolak pindah agama.
Jangan dikaitkan dg Hukum Karma masa lalu anda, tp bagaimana Reaksi/ Respon anda saat ini atau cara anda mengatasi masalah ini. Yg kelak akan menjadi bagian Karma anda ke masa depan atau kehidupan yang akan datang. Itulah pentingnya kita belajar Dharma tentang seluk beluk Hukum Karma.

Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.

Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

1. Pg bhante,namo buddhaya.. Mslh ini sm prcis dgn ap yg sy alami wkt sblm mnkh dgn suami sy.. B'x2 pria yg mw dgn sy slalu bbda agama.. Yg ptg qt sbg wnta hrs pny prinsip br bs dhrgai ma pria.. Kl mmg km ykn dgn agama km yg skr djlni,knp hrs btnya spt itu k bhante..? Cm org2 yg g ykin'la yg bs btny spti itu.. G ush tkt g dpt jdoh.. Bibi sy (janda) yg umrY ud 55th aj bs nkh lg itu pn dgn pria yg s'agama. Lalu knp hrs kwtr dgn jodoh? Jodoh tu dtg g cm sx. Kl dy mmg bnr2 ttarik ma km.. Da psti dy yg ikt agama km.. Kl d'sn sy lht sptY km yg sgt ttarik dgn pria tsb. Bkn pria tsb yg sunggu2 ttarik dgn km. MkY km bs btnya spt itu kpda bhante.. Smua kmbli k'dri sndri.. Krn agama tu suatu kyakinan utk pdoman hidup.. N g bs dtukar ma CINTA,kl tu smp tjd.. Sunggu2 km g pny prinsip sbg pganut agama n sgt mmalukan..


2. Namobudhaya Banthe..Itu pengalaman saya sewaktu SMP..Klo saya bilang, itu hanya secara kebetulan saja..mungkin emang blm jodohnya, ya sabar saja.. Lambat laun juga akan menemukan yg seiman..Nah kalau disuruh pindah agama.. Lebih baik dihindari org seperti itu..Klo dia emang beneran sayang ya ga mungkin nyuruh pindah agama..biarkan memeluk agama masing2 aja harusnya..



3. Met pagi.."Knp org yg tertarik sma sya berbeda agama, bhkan ada yg ajak sya tuk pindah agamanya?" Yg tertarik siapa? Knp anda yg ditarik pindah agamanya?
Seharusnya kan yg tertarik ikut. Ke yg menarik? Anyway, itu sih pilihan anda... Semua(agama n jodoh) bisa diseleksi dgn waktu? Agama apapun mrpkn tuntunan hdp....Pelajarilah,cr mana yg lbh logis...Carilah yg Terbaik untukmu(mll seleksi),semoga anda mendapatkannya. Sabbe satta Bhavantusukkhitatta.


4. klo itu bisa aja berarti ujian atas keyakinan mu...jd nilai sendiri rasa suka itu gmn....kbanyakan rasa suka ingin pasangan menuruti keinginannya...sharusnya yg baik rasa suka melihat pasangannya itu bahagia...om mani pad me hum. Klo anda pindah agama buddha hanya karena cinta, menyedihkan sekali. Cintai segala kekurangan pasangan dan agama anda sendiri.



5. Pagi Bhante , semua kembali ke nurani anda krn anda yg merasakan dan menjalani pikir dahulu sebelum bertindak kalau salah bertindak menyesal seumur hidup krn jodoh tidak seperti orang beli motor kalau tidak cocok bisa di tukar tambahkan. Pagi bhate dan teman2,kalau menurut amin sih pacaran atau nikah dengan beda agama kenapa ngak?yang penting kita manghargai satu sama lain,berteloransi agama dalam keluarga bisa juga kan.semua jodoh diatur yang terbaik buat kita .jadi kenapa ngak,yang penting anda sayang,cinta,dan nyaman dengan dia,sebaliknya dia kenapa ngak.



6. Slmat pg Bhante dan teman2 dharma. Pagi yg cerah utk kt semua...meskipun ada sedikit kegelisahan demo. Be Happy always. Menurut sy mungkin bisa salahm si penanya perhatikan tentang jodohnya selalu bd agama. Agama tdk dpt dipaksa dan dikalahkan oleh cinta. Katakan si penanya jd pindah agama, apalagi sebelumnya buddhis, dgn keyakinan 100% ia akan tersiksa dan tdk punya keyakinan dlm hdp. Krn buddhis sulit divisualisasi. Hrs Ehipasikho. Ujung2 nya akan back to Buddhis... Thank's.



7. slamat pagi bhante.ikut nimbrung nih.hehe..sbnrnya mslh ketika seseorang bertemu dg org lain lalu muncul rasa sk,selanjudnya timbul keinginan u/memiliki,adalah hal yg wajar.ketika kita bertemu dg seseorang dit4 kerja,diangkot atau dimanapun pd saat itu jg dpt dikatakan'jodoh'.tapi masa/waktunya masing2 pertemuan itu berbeda.demikian pula dlm hal"perasaan",anda disukai oleh org yg berbeda keyakinan,jalani aja sbg teman.janganlah sampai merubah keyakinan sendiri.apalagi Buddhis..."sungguh sulit mendengarkan/bertemu dg ajaran benar/dhamma...jd jgn disia2kan.apalagi meninggalkan,ibaratnya menukarkan permata dg batu bata.rugikan?hehehe maaf kalo slh komen..



8. Apa yg terjadi bila beda agama jadi kawin ?? di catatan sipil akan mengalami beberapa hambatan semisalnya yg satu Buddha & yg satu kristen terus waktu skramen pernikahannya cara apa ?? gereja apa wihara ,bingungkan apa pakai cara keduanya.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Monday, March 26, 2012

“ SAYANG SAMA LAWAN JENIS SUDAH PISAH TAPI MASIH MIKIRIN DIA AJA “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.
Namo Budhaya.. bhante sy (wanita) pengen nanya:
Bhante rasa syang itu sebenary bgmn sie?
Walau aq dn dy tak sma2 lg, Tpi knp aq msh mikirin dy?
Aq makan tak enak tdr tak nyenyak krn inget dy aja.
Yg aq smpe skrg blm tahu dan memahami knpa aku syang banget sm dy.
Ap qt hrus slalu mengalah dlm setiap mslh sedih ini yg qt hadpin?
Sya minta bimbingan dri temen2 d bhante akan makna sayang sm dy itu ap?
Gimana cara atasin sedih pisah dg dy itu?
Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kesimpulan: Topik ini blh jd Pembelajaran bagi para Pasutri yg baru nikah atau yg sdh Kadaluarsa.
Manusia pasti butuh kasih sayang dan perhatian dari siapapun. Utamanya dari ortu terhadap anaknya. Tp kl dari lawan jenis, sayang dan perhatiannya berbeda. Krn arti sayang dari lawan jenis itu ada muatan Nafsu Kemelekatan. Sebab itu, ketika lawan jenisnya meninggalkan akan timbul rasa ‘SEDIH’ krn berpisah. Ini akibat dampak dari Nafsu Kemelekatan tsb (kilesa).
Banyak kasus yg menghebohkan di masyarakat akibat tdk bs menahan rasa sedih akibat berpisah. Utk mengatasinya, orang sdh terlibat kasih sayang (cinta) dg lawan jenis harap siap menghadapi Risiko yg terburuk bila lawan jenisnya meninggalkan, apalagi tanpa memberi alasan yg jelas. Yg sering terjadi dialami oleh pihak Wanita.
Bahkan yg sdh menikahpun pasti akan mengalami saat2 perpisahan, bila maut menjemput salah satu lawan jenis. Karenanya bersiap-siaplah menghadapi perpisahan. Sebab hal ini sdh Hukum Alam yaitu Lahir, Tua, Sakit dan Mati (berpisah).
Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

1. Namo buddhaya bhante __/\__ mf kl sy agk lncg,ap sbnrY yg mbwt dy bpsh dgn psgnY? Kl mmg syg,knp wkt bsma stp x mylsaikn mslh sllu dgn emosi? Sy n suami sk s'x btgkr krn bbda pndpt,tp smua itu kmbli pd dri qt sdri. Mw trs mylsaikn mslh dgn emosi at dgn kpla dgin? Sy n suami slh satu sllu ad yg mgala ktika bbda pndpt.. N akhrY mslh pun dpt dslsaikn b'sm. Kl rs syg itu timbul dr ht yg plg dlm.. Kl mmg mrsa ud g ad kcocokn krn psgn sllu mykti ht qt.. Knp rs syg itu msi dsmpn..? Cb d,cr kgiatn yg lbi ptg.. N sibukn diri km dlm kgiatn tsb,ykn lmbt laun km bs mlupakn n mlpaskn rs syg yg km rs'kn.. At g cb mbuka ht utk pria laen,agr pria yg br neh dpt mnemani hr2 km.. Bwt ap msi myygi dy n sllu mgigt ms lalu smntr dy blm tntu mgigt km.. Knp km bs btmu dgnY,smua itu tjd krn iktn karma.. Km hrs bpsh dgnY pn krn krma km dgnY da slsai.. Bpisah dgn yg dcnta,bkumpul dgn yg dbnci.. Smua itu tjd krn karma.. N cb'la bljr utk tdk melekat dgn suatu hal.. Krn kbhgiaan km,ad dtgn km sdri.. hahahaha cinta adl penderitaan...sejak dl begn lah cinta deritanny tiada akhir...enjoy aj n ikuti alur hdp...


2. Pagi Bhante. Setuju dengan sdri.Eva Yane. Pertemuan dan perpisahan itu adalah jodoh yg berkala, akan usai dalam masanya. Jika masih ada 'rasa' apapun itu, sebenarnya seperti "gaung" suara yg terjadi walaupun kita sudah selesai berteriak di goa/tebing, namun tetap terdengar pantulan suaranya, walau sering 'tak jelas'. Semoga pendapat saya ini bermanfaat. Nammo Buddhaya..Setuju juga dengan sdr.Ukky Huang.
Memang begitulah Cinta.



3. semua akan berlalu juga.... cinta sayang hidup kerja semua2 .. apa yang tak akan berlalu seiring dengan detik jarum jam.. ?? di sana dia berbahagia,tertawa terbahak bahak... sedangkan anda duduk menangisi penderitaan diri... hehehhee... salah besar,,... cinta dan sayang ibarat taik kucing rasa coklat.... saat manis terasa coklat... manis hilang asli taek nya keluar.. jadi biarlah semua berlalu,,,jalani hidup .. jangan menjadi orang BODOH yang membuat diri menderita pikiran dan sakit... bergembiralah seperti dia ... tunjukkan semua padanya bahwa anda bisa lebih baik tampa dia... jangan BODOH aahh... dah gak jamannya.... :)) hehehhe... seremmmm yaa.. namo buddhaya bhante..lupakan dia,krn bkn pasangan anda lagi.



4. Kl km syang sma org,org itu tdk akan membuat km jdi mendrita memikir kan dia merindukan dia sampai2 g bs tdr.rasa sayang yg km rasa kan itu hya rasa yg mengingin kan dia rasa ingin memiliki.kamu memiliki perasaan ingin memiliki maka nya km merasa kan rindu,rasa kagn itu timbul dan membuat km mendrita memikir kan nya.kasih sayang yg Buddha ajar kan ke kita, Bukan kasih syg seperti itu,tapi yg di ajar kan buddha kepada kita adalh kasih syg yg Universal, tidak ada rasa ingin memiliki,yang ada hanya rs syg tanpa syarat kepda semua mahluk..



5. mnrt sy rasa sayang berlebih adalah bentuk kemelekatan...dr ini contoh dr kemelekatan timbul penderitaan...gmn mau hilang kan nya....berlapang dada...jdlah org yg optimis...org yg selalu menatap ke depan dgn percaya diri...jgn menyesali masa lalu..masa lalu ckp di renungkan...apa hal2 yg dapat di ambil sbg pelajaran brharga...smoga membantu.



6. beginilah cinta deritanya tiada akhir klo kta om patkai hehehehe..... cara ilanginya rajin2 kebaktian dengerin ceramah dan terapkan dharma dikehidupan sehari2 km maka kebahagiaan akan mendekatimu Sadhu3x Namo buddhaya bhante ~~ inilah yang disebut kemelekatan. Menurut saya orang ini salah nanya kalau ke Bhante, jadi jelas Bhante gak perlu jawab pertanyaannya. hehehe . Kalau tanya jawabannya ke saya, jawabnya sederhana "ANICCA" renungkan saja itu.



7. Lie Po Hian ~ ya ... Gak salah dong, salah nya justru nanya ke orang seperti anda :)
Orang bertanya ke bhante,tentunya bhante lebih banyak menangani kasus apapun walaupun seorang bhante tidak menikah,tetapi umat dan pengalaman yang bikin seorang bhante lebih banyak tau dan solusi menenangkan .. Tentunya si penanyak tidak akan mengerti dengan jawaban singkat anda dengan "ANICCA" hhehee tentunya ulasan yang di perlukan seorang penanya bukan seperti yang anda beri jawaban.. Berilah solusi yang anda ambil posisi dia .. Makasi .. Bila tak berkenan tak apa .



8. Smua akar dr masalah adalah karna lobha,dosa n moha yg terlalu kuat melekat pada diri yg disebut mahluk hidup,berkaitan pd kasus si penanya sy mo berkomentar yaitu mungkin,ini mah mungkin x aj bener y...rasa sayang yg bgitu kuat mungkin dikehidupan yg lalu adalah spasang kekasih tetapi karna sesuatu hal maka dikehidupan skr gak bisa bersatu lg secara fisik tp tidak dgn batin'y,msh ada keterikatan.




9. namanya cinta susah emang... mau ga dipikirin ech tiba2 kepikiran.. lagi ngapain tiba2 muncul tuch dipikiran.. mau ngapa2 in selalu kepikiran dia mulu.. xixixi jalanin aja.. saya percaya dengan karma.. mungkin di kehidupan yg lalu kita pernah berhutang or punya hutang yg belum lunas dengan nya.. jgn di bawa stres.. kalo masih jodoh pasti ketemu lagi suatu saat.. kalo ga berjodoh ya.. enjoy aja..itu arti nya jodoh kita sudah habis mungkin nanti kehidupan YAD kita ketemu lagi dengan dia.. sekarang kita pikirin gimana supaya kita nanti terlahir menjadi yg lebih baik dari sekarang agar nanti dikehidupan YAD ketemu dia ga malu2 in hehehe.. cia yo...



10. Nama Buddhaya Bhante. Slmt siang Teman. Seru se x diskusi hour ini. Pk acara taik kucing rasa coklat xixixi. Tp sy sgt setuju dgn sis fera. Jgn jd manusia bodoh. Udh gak jaman nya lg. Ikt baca n tambh wawasn aja. Siang Bhante, yang komen dah banyak banget karena topiknya banyak orang pernah mengalaminya ..termasuk saya ..hahaha Cinta- Jatuh Cinta berjuta rasanya ...kalo u wanita nga usah terlalu dipikir banget karna katanya wanita lebih mudah melupakan cinta daripada kaum pria. Jadi sementara blm bisa lupakan biarkan dulu, cari aktifitas biar nga ngelamun trus ingat si dia. Bergaul lagi nanti kalo sudah ketemu penggantinya juga bisa melupakan yang lama. Maaf ya kalo komen saya salah ..



11. tepat skali! suatu kebodohan apabila melekt , smw bikin qt mendrita jika qt sayang/cinta tapi mlekat. oiy amboy. paling enak ya jlni aja slaraas dg alam smesta, ga usah memaksakan kehendak kita, yg blm tentu bnr.



12. Pagi Bhante.sulit mengatakan apabila menyangkut dgn cinta. Krn cinta jua la maka kita bs ingat ama dia. Berani buat kpts untk pisah berarti kita hrs berani ikhlas tanpa cinta dari dia. Sorry kalo ada kata yg tdk berkenan. Amitopo. Pagi bhante Dan teman-teman,dia mempertanyakan bagaimana rasa sayang itu ,looh bukannya dia sedang merasakaannya,hahaha.gara-gara rasa sayang kamu sama mantan kamu,ngak napsu makan,ngak bisa tidur.menurut Saya rasa sayang itu mengenai hati Dan perasaan.jika kita merasa nyaman dan senang,itu lah rasa sayang,rasa sayang itu meluas artinya,tidak selalu untuk pasangan saja,rasa sayang itu umum Yang penting hati kita senang Dan nyaman hehehe.



13. 'Sang Perasa/sang Penikmat' ini yg merasakan suka duka dr perasaan yg diterimanya,dr Perasaan inilah muncul ke Akuan,dr keAkuan muncul kemilikan,dr kemilikan muncul kemelekatan.dr rasa suka muncul sayang,dr rasa duka muncul Dengki.Suka & Duka sama2 didalam DUKKHA,Orang yg terbebas dr perasaan Suka & Duka,akan terbebas jg dr DUKKHA,akan muncul METTA (KASIH & SAYANG) yg bersifat Universal,sayang yg masih didlm prasaan adalh rasa yg masih akan mengalami perubahan,mungkin klo ingat dgn prilaku kasarnya akan berubah jd Benci,,hehehe begitulah permainan dr sang Perasa. yg buddha ajarkan ya itu UNIVERSAL.



‎14. "makna sayang" itu luas, terlalu luas utk dijelaskan dg kata-kata...Kesedihan itu lumrah, asal dihati mu slalu ad dia. Sejak dulu begitulah cinta. Deritanya tiada prnah berakhir. Jangan terlalu di pikirkan.Cari penganti yg baru aja kl gitu..... Mati 1 tumbuh seribu. Masih buayak koq cew di dunia ini yg lebih dari dia... Hehehehe....



15. Pagi Bhante, pagi teman2, sy hny ingin menyumbngkn pemikiran sy sj. Semoga bermanfaat bagi yg bertanya. Hny 1 jwbnnya : rasa syng itu adalh slh stu bentuk kemelekatan. Saat bersama, yg dirasakan ada saat2 yg "menyenangkan" kita, shg kita ingin dan ingin lg merasakannya. Mengapa sampai tdk bisa mkn tdk bs tidur? Krn melekat pd rasa "menyenangkn" itu. Cb direnungkan, sbnrnya apa sih yg kita "lekati" itu? Apa sih sesungguhnya yg kita katakan kita "sayangi" itu? Sgl sesuatu yg berbentuk, termasuk kesenangan indra, adalah tidak kekal, selalu mengalami perubahan.
Dengn MENYADARI (SADAR) hal ini, MAU MENERIMA KONDISI, dan kemudian MELEPASKANNYA, mk anda sedang berjln ke akhir penderitaan anda.
Semoga anda bisa terbebas dr penderitaan ini, sadhu...



16. bukan kemelkatan tapi itulah namanya manusia saat lagi disisi kita , kita tdk merasa kan btapa berharga, apabilang udah hilang baru merasakan btpa enting dia ada disisi kita. ingat jangan selalu memikirin masa yg lalu lihat kedepan karena didepan masih banyak yg harus kita jalanin, masa waktu bisa memutar kembali. Rsa syg memng wjar stiap mnusia pzt mrasaknnya apalg trhdp psangan yg sempat ada di hati qt.tetpi tdk slmax qt mlekatkn rsa syg it apalg smpi mnyksa batin sndri.mari plan2 qt renungi bhwa didpan sna msh bnyk yg hrus qt pkirkan dan qt jalani.



17. mungkin masih ada sesuatu yg menganjal di hati, jd membuat anda tidak bisa melupakannya...selalu memikirkannya...entar juga lama-lama lupa kalau udah menemukan orang yang jauh lebih baik dari dia... Saya tanya balik bhante, pada orang yg mengajukan pertanyaan. Yang sedang dibahas pagi ini. Klo memang cinta dan sayang kenapa harus putus? Kebanyakan manusia terlena dengan cinta. Omitofo. Krn masih sayang.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Sunday, March 25, 2012

“ FITNAH LEBIH KEJAM DARI PEMBUNUHAN “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.
Malam bhante, apa kabarnya. Bhante sy ada masalah tentang pekerjaan: status sy masih kontrak akan berakhir april 2012.
Sy difitnah katanya: sy minta2 uang ke nasabah, pdhal sy tidak pernah minta2 laporan tsb smp ke telingga bos gede.
Bagaimana cara membuktikan bahwa sy tidak pernah minta2 uang ke nasabah. mohon petunjuk bhante, skrg sy sdh cari pekerjaan baru lagi, krn takut tidak perpanjangan lg.
Skrg sy ada 2 anak masih balita butuh uang utk kelangsungan hidup.
Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kesimpulan: Fitnah itu lbh kejam dari Membunuh kata pribahasa. Artinya Fitnah itu tuduhan tanpa bukti, secara psikologi dikatakan Fitnah termasuk Pembunuhan Karakter. Apalagi, kl Bos percaya kpd Fitnah, karyawan tsb lalu dikeluarkan dari kerja, maka orang tsb nganggur (tdk kerja) akibatnya sekeluarga tdk dpt jatah utk nafkah hdp mereka. Yg jd korban 4 orang, inilah hasil Fitnahan yg berakibat membunuh 4 orang, hingga disebut lbh kejam dari Membunuh. Dg alasan tuduhan itu menyangkut kerjaan yg menjadi gantungan hdp orang, apalagi sdh punya anak dua dan istri (4 orang).

Utk membuktikan anda tdk minta2 uang ke nasabah, baiknya anda ajak orang yg Fitnah bawa di depan Bos lalu tanya sm yg Fitnah; siapa saja (nama2) yg diminta uang oleh saya, tlg tunjukkan?
Bl orang yg Fitnah tdk bs membuktikan, anda langsung lapor ke Bos, bahwa tuduhan itu adalah Fitnah belaka (blh bicara cara anda).

Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.

Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

1. Namo Buddhaya Bhante, menurut saya sih tidak perlu membuktikannya. Apabila anda lsg ditanyai bos, anda malah harus meminta bukti dari bos anda... Siapa yg bilang? Nasabah mana yg sy minta uangnya...kalau perlu hadirkan nasabahnya... Saya rasa kita tidak perlu takut jika kita tidak berbuat salah.. Tidak salah anda mencari pekerjaan lain dulu, lebih bgs yg tidak kontrak.



2. Ya , kalau saran saya , bicara langsung ke Boss Gede , mengutarakan apa adanya. Kalau Boss gede menuduh demikian , cari aja nasabahnya yang mana , buktikan ada gak ? ya kira-kira begitulah untuk membersihkan nama baik. yah saya setuju dengan comments sdr Johanes chandra begitulah jalannya.....emang susah kalau sdh kena gosip,




3. bekerja difitnah , berdagang jg difitnah .. dimana kita mempertahankan dan melewati kondisi tsb . mengenai dilanjutkan kontrak tergantung kinerja kita . penjelasan cari pekerjaan yg baru ini baru melamar ato sudah diterima bila sudah di terima ya anda boleh melupakan kejadian tsb .
lepaskan noda / beban di hati kita semoga semua berbahagia.



4. Met pagi bhante. Mnrt sy anda tdk hrs membuktikan apapun. Jstru org yg menfitnah anda lah yg hrs membuktikan tuduhan tsb.. bilang ke boss,kalau ada tuduhan ke yg bersangkutan,agar ada buktinya. pagi bhante,sbaik'a kta tdk prlu mlakukan apapun krna klw kita di fitnah,nanti yg akan mmfitnah kita akn brbalik krma'a. maaf bhante klw komant saya salah /(n_n)/.


5. Kesabaran anda sedang diuji, ada peribahasa:anjing menggonggong kafilah berlalu. Semoga mslh cpt selesai. Semoga smua makhluk berbahagia. jalanin aja sampai masa kontrak habis...

bila kontrak habis carilah pekerjaan yang tidak pake kontrak segala... tidak usah takut bila anda memang tidak bersalah. ibarat sebuah bangkai walau disembunyiin bagaimanapun juga baunya pasti akan tercium juga. bgmnpun juga pasti kebenaran selalu menang dari kejahatan. sabar aja akhir april tinggal sebulan lagi. entar juga cepat berlalu...


6. pagi bhante,kalo menurut saya adalah sebaiknya menjelaskan kesalahpahaman ini ke bos anda,bs dilakukan u/pembuktian anda menghadirkan nasabah anda ke bos anda mungkin dg cr demikian bos anda dpt mempercayai dan mengerti bahwa anda tdk bersalah.jika itu sdh dilakukan tp si bos msh jg tdk percaya dan tak mau mengerti,sebaiknya anda siap2 cr pekerjaan br.karena sulit bg seseorang u/meluruskan permasalahan apabila ada alasan lain nya dan sibos udah punya rasa nda sk.jd sebaik nya anda ckp memberikan penjelasan dg sungguh2dan jujur.jika sibos tetap kukuh dg penilaian nya,biarkan saja.maaf kalo seandainya tdk berkenan.


7. masalah ini udah ngak aneh lagi namanya kerja disatu perusahaan pasti ada yg baik ama kita dan juga ada yg iri pada kita kok. inilah org yg iri akan selalu mencari masalh kekita. buat apa kita membuat pusing semua ini waktu akan membuktikan semuanya kok. apalagi kita cuma kontrak kerja aja, masa kamu cuma mau kerja disitu selamanya, saran saya sih kenapa anda memikirkan coba buka suaha sdri. kenapa anda ngak mikirin kita sehari kerja 8 jam kita yg bekerja keras banting tullang kita cuma menikmati gaji berapa aja dan kita berjuang trus yg utg kan sih bos.



8. wuah masalah ini buktikan dgn minta bukti nyata bahwa anda melakukan kesalahan...klo cm bukti dr omongan aja di percaya...mk anda tnya kembali kenapa skrg dr perkataan pengakuan sy malah tidak percaya...klo mank apes jg anggap aja pengalaman berharga...shingga bisa kita ambil pelajaran dr kasus ini yg bisa kita buat jd bekal diri mnjadi pribadi yg lbh baik...


jikalau di FITNAH jika itu tidak benar maka BENARKANLAH bahwa itu tidak benar,jika itu BENAR maka TERIMA-LAH itu buah karma pada kehidupan yang lampau.......dan janganlah muncul perasaan membenci KEPADA-NYA karena jika memang itu benar fitnah maka akan menjadi BERAT,jika itu tidak benar maka luruskanlah dan benarkanlah bahwa itu tidak benar...


9. Selamat siang B'Sudhammacaro and all teman2 Dharmma. siang yang ceria buat kita semua... Menurut sy yg blum tentu benar, berarti sdh tdk ada masalah mengenai Si penanya. Be Happy aja... jangan dipikirkan. mengenai fitnah agak sulit dipermasalahkan. jika sudah waktunya akan tiba kebenaran itu. jangan paksa boss utk mengertikan kamu. suatu saat beliau akan ngerti. Thank'S... Namo Buddhaya, Sang putih adalah putih, dan sang hitam adalah hitam. Yang sulit adalah jika kita berada di antaranya/abu-abu. Selama berada di jalan yang benar, hanya diri ini dan Nya yang mengetahui segala sesuatu hal. berhubung saya tidak pernah berkecimpung di dunia per BANKan.gua tidak bisa koment soal begini,,,maafkan yah.


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Saturday, March 24, 2012

“ BISNIS DENGAN CARA MENIPU, GIMANA KARMA AKIBATNYA “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.
Bhante, bagaimana dgn org yg menipu dalam bisnis. cth produk di bgks bagian atas dikasi yg bgs tp dibwh rusak. kesanny kan bgs tp saat dibongkar br nampak yg jelek.

Trus kamma apa bila orang suka iri dan mengadu domba. bgm dgn org yg senang mencampuri urusan org lain. sy uda search di internet tp tak ketemu jd tlg dijawab ya bhante. Thx.

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kesimpulan: Manusia itu makhluk paling Unik krn pnya akal yg cerdik, kita bs pake internet krn akal cerdiknya manusia. Saking cerdiknya, Bisnispun gunakan akal cerdik tp busuk, jelek, buruk dan jahat.
Bisnis dg cara menipu spt itu tdk dibenarkan oleh semua agama, krn merugikan orang lain. Akibatnya pelanggan kl sdh tahu, tdk akan membeli barangnya lagi (kapok). Si pebisnis spt itu hanya dpt untung seketika, tp suatu saat dia akan bangkrut dan rugi besar serta tdk dpt kepercayaan dari orang lain lagi. Suatu saat kl sdh karma buruk berbuah dia akan kena musibah besar. Kl sdh mati bs msk alam menderita…
Akbat kamma bagi orang suka iri-hati dan mengadu domba dan org yg senang mencampuri urusan org lain, lama2 teman2nya akan pergi krn tdk suka dg sifatnya yg jelek, akhirnya tdk akan punya teman2 lagi. Kl sdh mati bs msk alam menderita…
Alam menderita ialah: alam Neraka, Peta, Asura, jd Hewan, atau kl jdi manusia dlm keluarga miskin terhina, dsb…
Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.



Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

1. Namo Buddhaya, Namaskara Bhante, Pekerjaan yang menyebabkan orang lain sulit/bersedih/rugi sudah pasti merupakan perbuatan yang harus dihindari, karena akan mendatangkan akibat tidak baik pada orang lain dan diri kita. Mengenai buah karma yang akan diterima, bagi kita semua memang tidak bisa menjawab dengan pasti, tapi buah karma bisa berbuah dikehidupan sekarang atau mendatang. Buah karma bisa bearasal dari satu atau beberapa perbuatan. Yang pasti adalah buah karma yang akan kita dapat masih ada kaitannya dengan jenis perbuatan yang kita lakukan.
Contoh : Di salah satu kehidupannya, Buddha Gautama pernah melakukan penghinaan, maka pada kehidupannya yg terakhir dia juga mengalami penghinaan dan fitnahan dari Cinca.
Mengenai hal diatas :
Pedagang yang curang atau orang yang iri, adalah orang yang kesadaran untuk menjalankan Dhammanya kurang, jadi dia sedang menanam benih tidak baik yg akan berbuah keburukan pada dirinya.
Sedangkan kalau sampai ada yang tertipu, maka orang yang tertipu tsb, harus menyadari bahwa dia sampai tertipu, itu karena karma buruknya berbuah(tidak boleh sembarang bertindak yg menyebabkan timbulnya karma buruk(maksudnya kalau bisa diselesaikan dengan kekeluargaan maka selesaikan dengan kekeluargaan kalau tidak selesaikan dengan hukum, tidak boleh menghina dll, karena penipuan itu terjadi disebabkan perbuatannya sendiri dikehidupan sekarang atau sebelumnya).
Oleh karena itu, sebaiknyalah kita memahami Dhamma dengan baik, dan menerapkannya dalam kehidupan kita, supaya di kehidupan ini dan mendatang kita akan sering berhadapan dengan kebahagiaan dan bisa lebih cepat mewujudkan Nibbana.
Demikian menurut saya Bhante, mohon koreksinya bila ada yg salah dan tidak tepat. Bila kurang berkenan mohon diabaikan pendapat saya.
Terima kasih Bhante, Semoga Bhante dan Kita Semua memiliki kesempatan yang banyak untuk melakukan perbuatan baik dan bisa cepat mewujudkan Nibbana. Sadhu 3x. Namo Buddhaya, Namaskara Bhante.



2. namo budhaya bhante.. selamat pagi...luar bagus dalamnya rusak... seperti kehidupan manusia... juga luarnya ganteng/cantik hatinya jahat,mulutnya rusak....
dalam penipuan begini yang harus waspada adalah diri kita.... penipuan akan mendapat karmanya entah berupa apa tentunya bukan kita yang tau atas hasil penipuan... yang ketipu adalah korban... iklaskan aja.... diri yang harus waspada..... di semua pembelian sesuatu apapun dengan siapapun... jaman sekarang sulit mencari kejujuran murni.....

karma apa yang akan di dapat pada orang yang suka iri dan mengadu domba juga mencampuri urusan orang lain..... menurut saya... tak akan ada yang tau.... karma merupakan misteri atas segala perbuatan manusia... karna dampak berbeda di setiap perbuatan manusia...
hasil buah karma ada yang mengatakan akan berdampak di kelahiran yang akan datang.... inipun merupakan misteri pula.... hasilnya kini yang akan datang maupun kelahiran gak ada yang tau pasti dan hasil karma di setiap perbuatan tak ada yang tau pasti... jadi jangan terlalu mau tau hasil dampak karma kesalahan ataupun perbuatan baik kehidupan.......

hahhhaa... seperti seporsi sayur capcai yang terdiri dari aneka sayuran yang di masak dan itu sudah pasti .... jadi karma dan hasilnya tidak bisa di pastikan hasil buahnya apa nantinya...


3. Namo Buddhaya Bhante, cau an... Org yg bebisnis dengan cara tidak jujur, sudah pasti apabila bila diketahui pasti bisnisnya tidak panjang dan tentunya berurusan dgn kepolisian. Seperti org yg memberi formalin pada ayam, mie dsb...setiap org yg berbuat, apapun itu pasti menghasilkan apa yg harus dia petik. Kita tidak bisa mengetahui dgn pasti karma apa yg diaterima kelak, yg pasti semakin sering kita berbuat baik. Karma buruk tentunya akan smkn sedikit jadi tergantung bgaimana seseorg itu berbuat. Apakah itu demi kebaikan org lain atau demi keuntungan diri sndri. Mencampuri urusan org lain. Sebenarnya tergantung juga, mngkin dia ingin mmbantu...ato malah merusak... Jadi tergantung tujuan dan mksud awalnya. Tidak selalu mencampuri urusan org itu salah (mnrut sy) terkadang seseorg itu bermaksud membantu...



4. Namo budhaya bhante..klo mnrut saia anggap sja pa yg trjadi pda qta adlah hasil kamma yg sdg brbuah..klo qta dtipu mgkn dkhdupan sblm ny qta jg prnah mnipu..klo da yg iri dan adu domba,mgkn dlu qta jg sprti it..yg pntg dkhdupan yg skrg qta mmprbaiki smua kamma qta,agr dkhdupan mndtang hdup qta lbh baik lg..trims.maaf klo ad kta2 yg slah.BBU all.


klo mnrt sy...biarkan aja klo org tsb mau melakukan hal buruk..ntar jg akan jd bumerang bg org tsb...jgn lah sbg umat buddha menanggapi masalah mau liat krn kamma apa ini itu...ckp menjadi org bijak uda bisa mendapat jalan keluar setiap permasalahan...klo org iri ato suka adu domba y penting ktnya sendiri jgn trpengaruh...buat lah bathin setenang air yg jernih...ibarat kan org tsb ingin hidupkan api pada kayu basah krn rendam air...shingga cepat lambat org iri itu akan menyerah krn apa pun yg di lakukan org tsb hanya sia sia....om mani pad me hum. Ya karma buruk orang itu lah.. Fiuhhhh..



5. http://www.youtube.com/watch?v=y346xcEtiEU share ini dan dengarkan semoga SELURUH MAHKLUK MENCAPAI NIBBANA

大悲六字真言急速加持祈请颂
www.youtube.com
大悲六字真言急速加持祈請頌 這個修法的緣起,來自上藏阿爾地區大成就者土登加波的化身大成就者赤誠榮布,他在人間活了130歲,但 是看上去很年輕很莊嚴,最終虹身成就。大成就者赤誠榮布親見觀世音菩薩,並親自傳授了這個法門。後來,上師蔣揚欽哲旺波在定境中,大成就者赤誠榮布親自現 前傳授這個法門,並且很多信眾都見到。如是,...




6. Sungguh memalukan ditipu,,,tetapi lbh memalukan lg org yg menipu... Org yg berbohong akan hilang kepercayaan dr org lain. Org yg mau mencampuri urusan org lain,,,sesungguhnya adalah org yg memiliki rasa simpatik yg tinggi. bisnisnya akan tidak bertahan lama - hidupnya tidak akan bahagia. jangan dong kasihan org yg beli nantinya,,orang beli sekali kapok.nanti semua pada tdk mau beli produknya nanti tak laku lagi.......!!!!



7. semua akan balikan kepada diri kita sendiri apa aku seperti itu kah diluar begitu baik tapi didalmnya bgt jelek bgtulah manusia selalu melihat diluar aja dan tidak pernah membalikan lihat kedalam diri kita. kalau kita masih suka lihat diluar dan tdk bisa membalikan kedalam diri kita makanya hidup tdk akan membawah kebahagian atau ketenagan. karma apa yg akan dia dapat, jujur itu juga bukan urusan kita yg bisa campur kan apa yg akan didapatkan karmanya.



8. Beda banget dengan profisi kami ,orang yg datang justru minta di tipu kalau tidak di tipu rasanya kurang puas , contohnya orang foto minta di bikin wajahnya cantik dan putih aslinya tidak begitu dan minta di beri pemandangan luar negeri padahal hanya di studio saja , kalau dikerjakan apa adanya kan orang kurang puas hitam jadi hitam wajah jelek tetap jelek berjerawat mana ada orang yg mau bayar kepeda saya ?



9. Kalau sdh tahu hasil y, berarti hrus waspada akan peristiwa yg sama,dan sebelum membeli hrus lebih telitih lg. Agap perstiwa itu menjadi pelajaran tuk Kedepan nya. _/\_ slam dharma...buat apa kamu sibuk utk mencari karma org lain, sebaliknya anda nanya bgt menanda in kamu juga suka mencampurin urusan org lain jugakan. dosa atau karma apa yg anda akan dapat.


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Friday, March 23, 2012

“ CHENG BENG ORANG HAMIL BOLEH PERGI KE MAKAM ATAU TIDAK? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.
Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Sore Bhante, apa kabar? Bhante, saya mau tanya nih, Nih kan lg bln Cheng Beng (Berziarah ke Makam), trus tmn saya kan lg hamil.
Qt ada kepercayaan klo yg lg hamil g blh ke t4 yg kek gt/ yg berunsur negatif gt. Tp di lain pihak yg mau dikunjungi ke makam itu adalah Mertua nya yg br meninggal.
Klo dia g pigi salah, klo pigi tkt g baik bt dirinya n janinnya. Jd skrg dia lg bingung hrs gmn.

Mohon Bimbingannya Bhante.dan temen2 thanks.

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kesimpulan: Cheng Beng ialah tradisi Berziarah ke Makam ortu/ mertua d para leluhur.
Sebenarnya tdk ada halangan/pantang/ciong bagi siapapun yg mau Berziarah ke Makam ortu/ mertua d para leluhur. Namun, kl lg hamil baiknya ga usah pergi utk menghindari hal yg tdk diinginkan, spt terpeleset atau jatuh krn di Makam itu tempatnya msh spt tanah lapangan basah banyak rumput.
Jd, bukan krn hamilnya, cuma watir terpeleset atau jatuh akan berbahaya buat si Ibu dan Janin yg sedang dlm kandungan. Maka, lbh baik tdk usah pergi, tp hrs memberi alasan yg jelas dan benar secara jujur, bukan malas pergi.
Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. Pg bhante,kl mnurut sy seh,lbi baik jgn prg.. Bkn tdk mghormati lluhur,tp ini dmi kbaikn ibu n bayi yg dkndungnY. Bkn pcy at g pcy dgn mitos,tp mhluk halus yg berbau ngtf tu ad.. Bkn mertuaY yg br mninggal yg sy mksd,tp lgkungan dsktrY. Bkn g pcy dgn parita suci,g smua mhluk halus negatif tkt dgn paritta suci. AlY hl ini prnh tjd dgn ma2 sy.. Bliau kmsukn roh negatif smp dgn 4 roh,dhri apesY. Kbtulan bi2 sy org vihara,bliau smp mgundg 3 bhante utk mnyembuhkn ma2 sy.. Tp ttp g bhsil.. AkhrY mw g mw pggl org pintar,n slsai smuaY,n kmbali normal.. Lbi baik mjga kn dr pd mgobti..? Krn stp org pny hr apes.. Tmsuk bhante sx'pn. Mf bhante kl jwbn sy krg bknan..Pergi2 aja ke makam leluhur, toh hanya mitos klo hamil ga bole pergi ke makam.. Mank klo pergi ke makam langsung keguguran ? Baca parita2 suci aja. Jika selama itu cetanna baik,mengapa tidak?



2. Namo Buddhaya, ak krg ngerti dgn masalah blh / gak org hml ke leluhur termasuk kuburan, krn kmrn semasa istri ak hamil beliau sering dtg ke makam alm ibux n tdk ada apa2.Secara Buddhis rasanya tidak ada pantangan..tp secara tradisi mmg ada pantangan..sekarang balik lagi ke diri sendiri, jika Ibu Hamil kuat dan sehat serta penuh keyakinan tidak tersugesti hal2 Ƴƍ tahyul pergi saja ziarah, gak apa2. Tetapi jika keyakinan akan tradisi begitu kuat dan sugesti negatif jg kuat sebaiknya Ibu Hamil di rumah saja. Krn bagaimanapun di lokasi kuburan mmg Hawa Yin nya sangat kuat. Untuk ibu Hamil juga ga usah kuatir komentar org lain, jika ga pengen pergi bisa beralasan lagi "Mual-Mual"... Ibu Hamil selalu jd prioritas.. Dan 'alm' mertua jg ngerti kog, so don't worry..pergi atau tidak is Űr choice.



3. Eva benar.. Di kuburan hawa Yin sangat kuat., makhluk halus di mana2..jika tidak kuat atau karma buruk sdg berbuah akan banyak hal2 negatif Ƴƍ terjadi.. Kadang2 Paritta pun tdk 'mempan'.. Saran Śγ sbg Wanita Ƴƍ pernah Hamil.. Lebih baik diam di rumah aja.. Nikmati 'prioritas' sbg ibu Hamil..Cobalah berfikir Terang dan Benar,utk benar2 memahami makna dr Silbbata paramasa,,Bebaskan pikiranmu dr belenggu Tahyul. Mau tidak mau,suka tidak suka suatu saat kita jg bakal jadi penghuni kuburan jg.mengapa hrs percaya mithos.anumodana bhante.



4. lakukan pelimpahan jasa untuk Mertua yg meninggal, bacakan paritta di rumah, akan sangat bermanfaat tidak hanya untuk mertua, tapi juga bagi yg bersangkutan dan semua makhluk. Demokian smg semua bahagia. Sadhu. @LPH.. Śγ setuju dgn usulmu..krn sebenarnya Pelimpahan Jasa itulah Ƴƍ dibutuhkan oleh para leluhur dan makhluk2 lainnya..bukan sekedar sembahyang.. Klo mau pelimpahan jasa divihara buddha meta arama, karena sedang membuka pelimpahan jasa untuk arwah leluhur.



5. namo budhaya bhante,.. selamat pagi. hehehhhee.... minta pendapat dari keluarga mertuanya... boleh pergi atau tak boleh pergi... ambil suara dari keluarga swami..... atau tanya swami mengijinkan gak perginya... ???
kalo masa kandungan 3 bulan lebih dan janin sehat tak ada masalah dengan kandungan saya rasa gak apa2 .. yang rawan adalah masa kehamilan sampai 3 bulannya.... setelah itu bila tak ada gangguan tubuh yaa... gak masalah.... masa riskan masa di mana penyesuain tubuh dengan benda asing berupa janin yang baru tumbuh.....
bergejolaknya boleh atau tak boleh itu tergantung diri sendiri... bila di pikirkan terus yaaa.. maka akan jadi masalah unt diri.... bukan masalah dari luar diri ... yaitu pikiran yang dapat membuat semua keadaan menjadi menderita....



6. Namo Buddhaya bhante..Kbetulan skali istri sy jg sdang hamil, kmrn pergi sm sy melayat...
Sy rasa she gk da masalah ya.. Kelahiran Dan kematian khn 1 paket. Lahir... Tua...Sakit... Mati.... Semua ada di Rumah Sakit...Apa ada yg takut ke Rumah Sakit ?? Ke kuburan ??? Ga terlalu penting sich.... Paling juga utk mencegah omongan family n kel... Mo pergi boleh ...Ga juga gpp... Yg penting datang ke vhr kmd dana kepada Sangha trus pelimpahan jasa deh utk yg meninggal....



7. Pagi Bhante komen saya kalau sudah ada pemikiran seperti itu buat apa pergi dengan rasa waswas lebih baik lain kali saja kan masih ada kesempatan , kecuali waktu itu hari kematian mertua walau hamilpun rasa rasanya ikut tidak masalah kecuali sudah masuk hamil 8 bulan keatas sangat riskan. Tnykan dl sm kel kl kel ga izin jgn pergi tp kl kel izin ya pergi,itu cm tgantung piikiran aja.



8. izinkan saya menjawab, sebenarnya tidak ada larangan untuk pergi mengunjungi makam atau melakukan cheng beng dalam tradisi tionghoa, walau keadaan hamil sekalipun, Hanya kalau memang kondisi penanya untuk kawannya yang sedang hamil mengunjungi mertua yang sudah meninggal, cukup bawa barang item sebagai berikut, Jahe, kunyit yang sudah dipotong itu meningkatkan energi yang di dalam tubuh, setelah selesai sembayang buanglah item ini ke perempatan jalan.

ke dua gunakan pao shen hu atau embelem, ruan/ liotin yang sudah diblesing, berangkat, atau saat mengunjungi makam bacalah parita karaniya sutta boleh, ta pei cou boleh (maha karuna dharani), kegunaan baca parita adalah meningkatkan energi positif atau yang kepada si pembaca sehingga terhindar dari hal yang buruk. itu saja cukup. Anda sudah bisa mengunjungi makam keluarga tanpa rasa cemas. tambahan saya lupa, boleh dengan membawa permen jahe atau air jahe Bisa dibeli dari tukang Jualan Sekoteng,dimakan pada saat di kuburan, dimakan atau minum, berguna untuk tubuh menghindari energi negatif, terutama mahluk halus itu bersifat energi yin atau energi negatif, dilawan atau sinyalir dengan jahe kerena mengandung energi yang lebih.Paling penting si Teman anda yang sedang hamil jgn cemas kalau cemas itu energi negatif, netral saja, dan biasa saja, semua akan berjalan dengan baek. Sekian terima kasih.



9. Pagi bhante....kalu menurut saya itu semua balik ke pikiran kita masing....maksudnya kalu kita berpikirnya positif pasti hasilnya juga positif....kalu kita berpikirnya negatif maka hasilnya juga akan negatif....jadi menurut saya kalu sedg hamil mau ke kuburan ya oke2 aja selama kitanya ga punya pikiran yg negatif....maksih bhante. bante berikan komentarnya dong !! sebagai seorang panutan kami ingin mengetahui pendapat bante. Ada baiknya bante berkomentar. kalo kaya gini yang satu ngomong gini yang lain ngomong begitu makin kaga jelas.




Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Thursday, March 22, 2012

“ ANAK WANITA DITUNTUT SEGERA DAPAT PASANGAN HIDUP OLEH ORTU "

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.
Namo Budhaya.. bhante sy mau tanya:
Sy anak perempuan dituntut oleh kluarga untk cepat mencari pasangan, ibu saya juga prnh menjodohkan saya sm seorg laki2.
Tapi, laki2 itu tdk sesuai kriteria saya krn dia mata keranjang, cm ibu saya slalu mengatakan laki2 itu hal biasa, dan slalu meminta saya pacaran sm laki2 itu...

Hehehee... Sori bhante masalah saya sbenarx agak riskan dg keluarga krn itu skg saya benar'' bingung... disatu sisi sy lagi butuh laki2 utk menikah, sisi lain sy takut kl2 dpt laki2 matanya keranjang.
Jd gimana minta solusi ma temen2 dan bhante jalan keluar yg bgs.

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kesimpulan: Wanita bnyak yg dijodohkan oleh ortu krn itu tugas ortu bila anaknya sdh ckp umur blm dpt jodoh. Baiknya kstau sm ortu kl anda hati2 dlm memilih pasangan, sebab takut dpt laki2 yg tdk bener akibatnya Rt berantakan, jd bukan menolak pilihan ortu.
Wanita zaman skrang hrs bersaing mencari pasangan, artinya wanita jng tinggal diam menunggu laki2 yg memilih dan menyatakan cinta. Namun, wanita juga punya hak utk memilih dan menyatakan cinta bila sdh merasa cocok.
Dg alsan ada beberpa tipe wanita yg tdk suka dipilih oleh laki2. Sebaliknya, ada wanita bila sdh merasa cocok dg kriterianya ia berani menyatakan suka atau cinta lbh dulu sm laki2.
Barangkali, anda tipe yg memilih sendiri menyatakan suka dan cinta, tp tdk berani menyatakan suka dan cinta kpd laki2. Kini saatnya anda hrs berani menyatakan suka dan cinta kpd laki2 pilihan anda utk membuktikan kpd ortu, bahwa anda sdh dpt pasangan.
Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.


T eman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. ikut share banthe..kalo menurut saya,jika seseorang yg dijodohkan dg pasangan yg tdk disukai akan tdk menyenangkan menjalaninya,tp ini relatif jg.ada yg bs menerima walaupun diluar kriterianya hub.td bs berjalan tp kalo sebaliknya hanya akan menyakitkan.kadang ada yg beranggapan dg berjalannya waktu seseorang belajar u/menyukai pasangan nya td tp itu hanyalah buang2 waktu selama perasaan nya tetap td sk.mslh jodoh harus terbuka antara keinginan ortu dan sianak yg menjalaninya.jika ortu blm bs menerima pendapat sianak,adalah lbh baik sbg anak kita harus lbh bersabar.jgn melawan ortu cobalah dg bantuan pihak ke 3 yg kiranya pendapatnya bs didngr ortu.mungkin paman atau saudara.seseorang dpt berjodoh dg pasangan yg tepat jg didasari oleh bnyk sebab salah satunya chemistri karma.kita akan mendapatkan apa yg menjadi hak kita dan kita tak akan mendapatkan apapun yg bkn menjadi hak kita.jgn kawatir berusahalah terus.suatu saat anda akan bertemu pasangan yg sesuai dg yg diharapkan. i agree with you koh roni karyadi. saya juga setuju dengan bang roni with kencana. minta dipilihkan, dimantapkan oleh Tuhan.



2. Slamat Pagi,,Klo menurut pandangan saya,Peranan sang istri sngt dominan utk membuat rumahtangga menjadi harmonis.Hampir sebagian besar laki2 suka iseng dgn wanita lain,tergantung si istri menyikapi hal itu,utk membuat suami mencintai istri yg dimata dia hanya istrinyalah yg paling sempurna adalah,
1,Belajarlah mencintai dia sepenuh Hati.
2,Perhatian kpdnya cukup membuat suami puas,sehingga tdk berpaling dgn yg lainnya.Contoh,klo kita sudah kenyang rasa makanan seenak apapun disodorkan tdk akan ada selera.
3,Sering2lah komunikasi yg menyenangkan,usahakan tdk menampilkan wajah kusam,jaga agar tetap cantik berseri.
4,Luangkan waktu utk melakukan Sammadhi,sbb effek positif dr Sammadhi sangat besar terhadap kehidupan kita.
Cara ini sdh terapkan kpd teman2 sy yg suaminya suka iseng dan ternyata berhasil.Pada intinya segala sesuatu keadaan adalah datangnya dr diri sendiri,Baik dan Benar perbuatan kita akan menghasilkan Baik dan Benar pula,,,Sadhu.



3. Bhante slmt pagi. Bhante ada org yg berkata: bahwa Jodoh,rejeki,mati itu dh ada yg atur,
dan yg megatur akan hal itu hya diri qt sendiri, selagi msh hidup hanya menjalanin apa yg sdh menjd pilihan, antara ia/tidak. Kalau ada kata2 sya, ada yg tdk berkenan,sya minta arah'n nya. Tq. ikut" an ahh..
P6i banthe..Law menrut 5ya kmu ikut'in jha pa kta hti kmu., krn kta hti lbh brpran pntin9..& kn menjdy baek nnty nya. Krn 6a da or6 tua y6 mau ank ny mendrita..Tq., Sebenar nya kta jga tdk bleh menyalahkan org tua.setiap org tua pasti menginginkn yg trbaik utk anak nya tetapi mgkn hanya org tua nya krg berpengertian. kalau soal jodoh saya tak berani koment ....gua aja di jodohkan cuma 1jam sajaaaa..........besoknya di bawa ke kalimantan..hahahah.



4. Met pagi.... Ternyata msh ada ya Zaman Siti Nurbaya...
Kasi pengertian ke mamanya "kl jd, yg ngejalani kehdpan pernikahan kan sdri, bukan mamanya.so apa mamanya bisa memastikan sdri bahagia dgn co itu."
Anyway kl emang dipaksa dgn laki mata keranjang pilihan mamanya, baiknya sdri memberikan bukti(foto) jika (selingkuh)...
Ato seiring dgn wkt, jika tuh co bukan pria baik2,bs pake org ke-3 yg dipercaya ur mom Sebagai saksi(detektif).......
Menjadi wanita jg ga hrs menikah, wanita jg bisa mandiri dengan menikmati n berbagi kabahagiaan org sekitarnya.
So hiduplah seperti air Jernih n sehat... Mengalir membawa kebahagiaan bagi sndr dgn org lain
Seiring dgn waktu, kl ada jodoh kan pasti ketemu... Cari lah yg terbaik(org yg baik),krn pernikahan 1xseumur hdp, sampai sepanjang sisa hdp qta.
Banyaklah berbuat baik dr pikiran, ucapan n perbuatan, dan setiap malam dedikasikan kabajikanmu kpd semua Makhluk n bertekatlah. cri laki2 lain saja.



5. ini pasti umur anda sudah mendekati umur kepala 3 yach?xixixi so ortu anda suruh anda cepet2 merit.. bilang pada ortu anda.. sekarang jaman nya sudah berubah kalo ga ada pasangan hidup yg ga cocok mending sendirian kalo ga jadi Bhikkhuni aja..jgn mau di paksa2 yach..ikutin suara hati kamu kalo ga suka jgn mau merit nanti kamu nyesal and apalagi kalo sudah punya anak.. ayo kamu maen ke luar negeri biar terbuka wawasan nya disini banyak wanita tua yg ga merit.. alias perawan tua tapi mereka enjoy,,,, cia yo... kembali ke diri anda sendiri kalau tidak suka tolak aja....kayak ngak ada yg lain aja...
hehehe....



6. semua itu ada dlm diri kita sendiri bagaiman qt mnyikapi sgala maslah yg ad,,jng krn ortu or keinginan emosi sesaat anda menentukan pasangan hidup asal2an..namun pilihlah psangan hidup anda yang sesuai dng anda dan mampu mmbwt anda bhagia,,krn qt mencari psangan adlh untuk kbhagiaan bkn materi or paksaan dr ortu sbg patokan. Solusinya: gk ush trburu2. Khan sdh semestinya ad yg namanya "Pacaran" dlu. Pcaran bbrapa tahun dlu, klo udh cocok barulah lanjut kprnikahan. Santai aj n nikmati aj. . Jgn terburu2..He he he. .(hidup tuh gak semudah kata-kata nya SonJi.. :D )


7. namo buddhaya bhante serta anda yg mau dijodohkan oleh ortu anda tpi maaf sm ortu anda knp jaman skrg ini msh ada jodoh2an sgl kshan skli pd anak anda apakah tdak akan batin krn bkan pilihan anak anda sendiri skli lgi mohon maaf kita sebagai ortu liat dri blkg ajah biar anak anda mencari jodohnya sendiri serta anda apa melihat sendiri lki2 itu mata keranjang atau dri org lain n ingat ortu itu jgn lah turut campur dlm hal anak mencari jodohnya itu serta klo udh rumah pun jgn berat sebelah sebagai ortu itu hrs bsa mempersatukan kembali anak2 atau jgn memperkeruh rumah tangga mrk itu jd ini saran ajah krn banyak skli kejadian nya mmg jaman skrg ssh walaupun dijodohkan atau tdak, krn pd membawa keegoan masing2 sih jd hrs ada yg saling mengalah itulah kuncinya.



8. Siang Bhante, menurut saya jangan terburu buru seperti komen dr Sonji. Kalo memang mata keranjang ya..cari yang nga seperti itu. Jangan karna butuh u nikah jadi nga selektif. Terlambat sedikit nga apa yang penting dapat yang baik. Maaf ya kl komennya salah.


9. Pagi bante..Menurut sy ikuti kata hati saja.. Jika memang kita gak suka ama laki laki pilihan ibu.. Ya jangan di turuti.. Krn tidak selamnya pilihan orang tua itu benar.. Trimakasih bante..beginilah cinta deritanya tiada akhir sadhu3x _/|\_
klo tidak mau sakit hati jangan terbelenggu oleh cinta...
saran saya si baca dhammapada deh pasti ketemu jawabanya ....
semoga smua mahluk hidup berbahagia. Lebih baik hidup sendiri asal mandiri drpd hidup berlinang airmata. Kl gue sich lebih senang hidup mandiri, sendiri... Bisa kemana2 n happy2... ga pusing urusan rumah, keluarga dll... kl dipanggil ya pulang kumpul keluarga... kl ga ya happy2 aja. Kebahagiaan hanya ada dalam diri sendiri.... Kebahagiaan yg ada dlm berkeluarga hanya luarnya saja..



10. Coba bcra baik2 dgn org tua anda.kalau cow itu bkan lah sebagus yg dipkirkan olh org tua anda.dan jgn krena tuntutan org tua ,anda mengikuti keinganan mrka.krna yg menjalani kehidupan dgn cow itu adalah anda sndiri.bkn org tua anda.pernikahan yg tanpa cinta tdk akan bhagia.trima kasih.



11. yah awalnya jalani aja sbg temen dulu...lalu jd temen baik..lanjut lg jd temen tp mesra...he3....jalani...mana tau cowok tu sejak mengenal kamu jd berubah baik...bisa aja loh..mknya sblm kt menjalani sesuatu jgn lah terus menilai secara luarnya..ato menilai dr perkataan org...kita nilai dgn diri sendiri..tu yg baik...mohon di koreksi lah...om mani pad me hum.



12. Bhante, I ikut nimbrung yha...."Daripada makan hati, capek pikiran, masa tua dihabiskan dgn laki2 mata keranjang yg dr awal uda ketahuan belangnya mendingan cari yang laen aja" amit2 ketemu Buaya Darat....~menunggu seseorang yg tepat lbh baek drpd menghabiskan waktu seumur hidupmu dgn laki2 mata keranjang..... Pagi Bhante, ikut bicra y. Mendingan gak usa d. Jelaskan dgn baik ke mama pasti mau ngerti. Krn mama adala org yg paling. Ngerti ama kita. Tq.


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Wednesday, March 21, 2012

“ SEDIH KECEWA DAN SAKIT HATI KARENA KEJUJURAN TIDAK DIHARGAI “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.
Namo Buddhaya bhante...Saya mau tanya bhante, jika kita merasa sedih, sendirian, tidak bisa mengatakan kesedihan kita pada orang lain, apa yang harus dilakukan?

Krn kurang jelas Bhante tanya: Apa saja kesedihan tsb?
Jawab dia: Sbenarx byk, tp yg akhir'' ini buat saya paling sedih, saya merasa kecewa, sakit hati krn kebaikan & kejujuran kita tidak dianggap oleh orang lain..

Bhante tanya lagi: Tlg diperjelas materi persoalannya agar tdk bikin bingung?
Jawab dia: ini soal pekerjaan bhante...

Saya kerja disatu cabang prusahaan, yg dimana disana saya sbg pengawas skaligus mengurus keuangan,dll... Saya selalu dipengaruhi tmn krj utk berbuat yg tdk baik utk perusahaan, tp saya tdk prnh mau, bawahan jg menjaga jarak krn dikira saya bs melapor kesalahan mrk pd pimpinan...
Saya selalu jujur & berfikir yg trbaik, diantara org'' yg mau mengambil keuntungan dr perusahaan.. Tp sewaktu skg kantor akan pindah, pimpinan malah sangat perhitungan sm saya, sampai uang makan pun tdk dikasi, seperti habis manis sepah dibuang...

Saya sbenarx tdk mau mengungkit2 lg bhante, sangking percaya sm bos saya, saya sampai brantem & tdk percaya sm sodara saya karena sodara saya sdh memperingatkan saya utk tdk trlalu percaya sm bos saya, tp saya msh ttp mengira bos saya msh pny hati nurani utk menghargai krj saya,tp trnyata saya salah..
saya sama sekali tdk dihargai...Yg ingin saya tanyakan:
bagaimana cara agar saya bs sabar dan menghilangkan sakit hati saya...

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kesimpulan: Sedih, kecewa, sakit hati krn tdk dihargai oleh orang lain itu adalah Risiko hdp akibat kita memelihara EGO kita, yg selalu minta diperhatikan oleh orang lain. Banyak kisah sedih spt itu di mana2 dan oleh siapapun, dan disebabkan oleh banyak soal. Jd bukan cuma krn soal Bos tdk kasih harga sm kita. Tp orang lain pun mendpt pengalaman serupa misalnya oleh pacarnya, atau suami/ istri oleh mertuanya, murid oleh gurunya, dst…

Alasannya, hal ini soal menyangkut harga diri (ego) kita. Yg maunya dimanja. Walaupun anda berusaha dg sabar tdk akan pernah berhasil menuntaskan soal sedih, kecewa dsb.
Satu2nya cara menghilangkan rasa sedih, kecewa sakit hati tsb, ialah dg menerima dulu, apa pun yg orang lain lakukan terhadap kita. Sebab, hal itu bagian milik kita. Selanjutnya, kita jng mengulang hal yg sama di wkt lain, artinya kita jng minta dihargai oleh siapapun.
Lepaskan dan bebaskan keinginan kita utk mendpt nilai kerja kita dari siapapun.
Intinya, kita kerja tetap dg kejujuran namun ‘Tanpa Pamrih’, apapun alasannya. Meski satu hari kerja anda dihargai atau dohormati sekalipun, anda tdk perlu bangga, tp cb terima apa adanya.

Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.

Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

1. di jaman sekarang masi ada orang yang seperti anda ..''SAYA SALUT DAN MENGHARGAI ANDA SE TINGGI TINGGI NYA'' bila mana posisi saya seperti anda saat ini jalan satu satunya adalah dengan diam2 mencari pekerjaan yang lain/PINDAH .. di sana baru bos anda akan merasa kehilangan se orang yang mau berkorban demi perusahaan dan tentunya bos anda akan membandingan bagai mana hasil kerja semasi anda dan bagai mana hasil kerja setelah anda pindah.....
tetaplah berpegang pada kejujuranmu.... hasil kejujuranmu tidak terlihat seketika tetapi akan anda dapatkan di saatnya nanti.. di mana nama dan pribadi anda adalah bersih dari noda .....
pekerja yang baik akan merasa ikut memiliki perusahan tersebut dan bekerja seolah olah perusahaan adalah miliknya juga ... itu adalah karyawan yang betul2 berjalan di REL YANG BENAR dan calon pengusaha sukses disuatu hari nantinya bila modal ada dan pengalaman adalah saham besar ... jadi berbahagialah .. jangan membawa diri dengan kepedihan .. bangkitlah,,jalanmu masi panjang ... JANGAN ADA PENYESALAN ATAS SEMUA KEPEDIHAN YANG DI DAPAT.... mengadulah pada alam.. bila mana tak ada yang bisa anda ajak berkeluh kesah .... karna di jaman sekarang sulit mencari teman yang betul2 teman yang bisa di ajak berbagi dan tidak MEMBAGIKANNYA LAGI KE ORANG LAIN ... sulit .. karna akan keluar kata kata ''JANGAN BILANG SIAPA SIAPA YA.... :)) akan semakin membuat sesak diri... tumpahkan ke alam dan tak perlu mencari semua jawaban .. karna alam tak akan menjawab..... semua jawaban ada di dalam diri kita bukan ORANG LAIN .....
hehheee bila anda karyawan saya,, tentunya saya sangat beruntung... seharusnya semua bos harus jeli menilai karya dari karyawan2 nya.....
namo budhaya bhante,_/\_ selamat pagi......
waaahhh comt saya terlalu panjang yaaa..... turut prihatin aja dengan yang mendapat masalah ....



2. malem Bhante..jadi ingat waktu saya kerja dulu,,,setiap saya mau resign disetiap perusahaan pasti owner menghalangi saya, entah dinaikkan gaji dsbnya berbagai cara agar tidak keluar.. coba anda ajukan resign ke atasan anda tetapi dg syarat cari kerja dulu and dapet kerjaan di tempat baru dulu.. kalo anda masih mau bertahan di tempat sekarang minta bos untuk menerima apa yg anda tidak inginkan alias anda jujur pada bos apa yg anda tidak sukai di perusahaan sekarang and ingin menganti nya dg yg anda inginkan sehingga bos pun tau kemampuan anda selain anda jujur...emang susah kerja dengan kejujuran.. banyak tekanan dari bawahan maupun atasan saya pernah rasakan itu..tapi enjoy aja semakin naek keatas angin nya makin kencang.. cia yo...




3. Pagi Bhante kisahnya ada kemiripan dengan yg pernah saya alami, panas setahun dengan dihapus hujan sehari, jadi kebakan yg lama bisa hilang dengan sedikit kesalahan kalau saya waktu itu hanya selisih paham dengan istri bos yg ikut campur urusan pekerjaan , saya dicari cari kesalahan akhirnya Th 83 saya tinggalkan pekerjaan tsb waktu saya tinggal toko masih rame karyawan 4 saja makan terkadang tidak sempat , apa yg terjadi setelah itu ??? 2 tahun kemudian toko tsb tutup krn pendapatan tidak bisa menutup keperluan , toko tsb adalah Modern Photo Supply Jl. gajah mada no. 16 Semarang. berdiri Tahun 1971.padahal sehari hari toko tsb di serahkan kepada saya . saya sendiri akhirnya menyadari dan merasa berterima kasih pada istri bon , bila saya tidak dimusuhi mungkin saja sampai hari ini saya masih kerja di tempat tsb ( Jadi Kuli orang lain ) krn saya tidak banyak nuntut terhahir keluar gaji saya cuman Rp.100.000,- Th 83 .setelah saya keluar saya kerja free line Rp. 100.000,- bisa saya cari dalam waktu 15 hari bayangkan kemampuan yg terkadang kita sendiri meragukan ternyata diluar dugaan .



4. mnrt sy ttp tegar berada di jalan yg bener...perbuatan baik walau didepan tidak mendapat keuntungan...tetapi di jauh hari penyakit menghindari nya...perbuatan jahat di lakukan walau di depan trlihat kesenangan ttpi penyakit sudah menghampirinya...om mani pad me hum. Pertahankan kejujuran,
dan semangat. Jika kita memiliki Keberanian u berkata 'Good Bye',HIDUP akn menyapa kita dgn sebuah 'Hello' yg baru...)fighting !!! @idola foto disemarang: good idea Ђέ^⌣^ђέ.



5. Cerita ini merupakan sebuah cerita Jataka Kuno. Cerita ini menunjukkan, untuk menjadi “baik” dan “peduli sesama”, tidak selalu berarti kita harus menjadi lembek, lemah dan pasif.
Silahkan sobat baca hingga selesai, dan dapatkan pelajaran dari kisah ini…
Oiya, cerita ini saya tuliskan kembali dari buku “Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya”, karangan Ajahn Brahm.
Here is the story…
Seekor ular jahat hidup di sebuah hutan di pinggir sebuah desa. Dia kejam, jahat dan licik. Dia akan menggigit orang untuk senang-senang — demi kesenangannya belaka. Ketika si ular jahat telah berusia lanjut (menurut perhitungan ular tentunya, hehe..), dia mulai merenungkan apa yang terjadi pada para ular ketika mereka mati. Selama hidupnya, dia telah sering melecehkan agama-agama dan ular-ular yang menurutnya naif dan bodoh, percaya saja pada omong kosong seperti itu. Dan, seperti layaknya manusia yang sudah tua, sekarang dia mulai tertarik pada agama.
Tidak jauh dari liangnya, di puncak bukit, tinggal seekor ular suci. Semua orang suci bertempat tinggal di puncak bukit atau gunung, demikian pula dengan ular suci. Tidak pernah kita dengar orang suci tinggal di rawa-rawa.
Suatu hari, si ular jahat memutuskan untuk mengunjungi sang ular suci. Ia memakai jas hujannya, kaca mata hitam, dan topi supaya tak ada yang mengenalinya. Kemudian dia mulai merayap ke atas bukit menuju wihara sang ular suci. Ia tiba ketika ceramah sedang berlangsung. Sang ular suci duduk di atas sebuah batu dengan ratusan ular mendengarkan dengan penuh perhatian. Si ular jahat merayap di pinggiran kerumunan (dekat dengan jalan keluar, tentunya), dan mulai ikut mendengarkan ceramah.
Makin didengarkan, makin terasa masuk akal baginya. Dia mulai merasa yakin, lalu terinspirasi, dan akhirnya, tercerahkan. Seusai ceramah, dia menghadap sang ular suci, dengan air mata bercucuran, dia mengakui kejahatannya selama ini, dan berjanji, mulai sekarang dia akan menjadi ular yang sama sekali berbeda. Dia bersumpah di depan sang ular suci untuk tidak lagi menggigit manusia. Dia akan menjadi baik. Dia akan mulai menunjukkan kepedulian. Dia akan mulai mengajarkan kepada ular-ular lain bagaimana menjadi baik. Dia bahkan memasukkan uang ke kotak amal di dekat jalan keluar (saat semua orang melihatnya, tentu dong).
Walaupun sesama ular dapat bercakap-cakap, itu terdengar seperti desis yang sama di telinga manusia. Si ular jahat, eh, si mantan ular jahat, tidak bisa mengatakan kepada ular-ular lain bahwa dia sekarang pecinta damai. Orang-orang desa masih menghindarinya, walaupun mereka bertanya-tanya atas lambang Cinta Damai International yang dikenakannya dengan jelas di dadanya. Suatu hari seorang penghuni desa sedang asyik mendengarkan walkman-nya, berjingkrak-jingkrak tepat di sebelah si ular, dan si ular sama sekali tidak menyerang; dia hanya tersenyum kecil, seperti layaknya para pemuka agama.
Semenjak itu, orang-orang desa menyadari bahwa si ular jahat tidak lagi berbahaya. Mereka berjalan melewati si ular (hal yang jarang terjadi) sewaktu dalam meditasi di depan liangnya. Lalu beberapa anak nakal dari desa mulai mengganggunya….

“Hai tukang rayap!” mereka mengejeknya dari jarak yang aman. “Tunjukkan taringmu, jika kamu memang punya, hai cacing kegedean. Dasar dodol, tempe, bikin malu spesiesmu saja!”



6. sang ular jahat sedang diganggu oleh anak-anak yang tidak takut lagi pada si mantan ular jahat. Bayangkan, si ular di bilangin “cacing kegedean, tempe, dodol, dsb…” hahaha…
Kalo gitu, ini dia kelanjutannya….
Dia tidak suka di panggil tukang rayap,walaupun ada benarnya juga, ataupun cacing kegedean, tetapi bagaimana dia bisa membela diri? Dia sudah bersumpah untuk tidak menggigit lagi.

Menyaksikan si ular sekarang begitu pasif, anak-anak itu menjadi semakin berani dan mulai melemparinya dengan batu dan gumpalan tanah. Mereka tertawa jika ada yang kena. Si ular mengetahi bahwa dia bisa saja merayap cukup cepat untuk menghabisi kumpulan bocah dungu itu, bahkan sebelum kalian semua yang membaca cerita ini mengucapkan “World Wildlife Fund”. Namun sumpahnya mencegah dia melakukan hal itu. Lalu anak-anak itu semakin mendekat dan mulai memukulinya dengan tongkat. Si ular menerima semua pukulan itu, tetapi di saat bersamaan dia mulai sadar, bahwa dalam dunia nyata, kita harus tega menjadi jahat untuk melindungi diri. Ternyata agama hanyalah omong kosong. Jadi dia merayap dengan menahan sakit ke atas bukit untuk mengunjungi sang ular suci dan dia akan mencabut sumpanya.
Sang ular suci melihatnya datang, dengan tampang lusuh dan lecet-lecet, dan bertanya, “kenapa kamu?”

“Ini semua salahmu!” si ular jahat mengeluh dengan tampang masam.

“Apa maksudmu ‘ini semua salahku’?” protes sang ular suci.

“Kamu mengajarkanku untuk tidak menggigit. Sekarang lihat apa yang terjadi pada diriku! Agama mungkin cocok di wihara dan tempat ibadah lainnya, tetapi dalam kehidupan nyata……”

“Oh, dasar kamu ular bodoh!” sang ular suci menyela. “Oh, ular dungu! Oh, ular bego! Memang benar aku menyuruhmu berhenti menggigit, tetapi aku tidak pernah menyuruhmu berhenti mendesis kan?” (*&08&%%#%&5(*&#,.

Terkadang dalam kehidupan, orang suci sekalipun harus “mendesis” untuk tetap menjadi baik, tetapi tidak ada yang perlu menggigit, bukan?


7. Dari cerita jataka tersebut dapat kita simpulkan bahwa berbuat baik bukan berarti sikap kita harus lemah lembut tetapi harus menggunakan kebijaksaan ( panna ) sehingga mendatangkan kebahagian untuk diri sendiri dan orang lain, dalam kasus diskusi tersebut ... anda sebagai salah satu menejer alangkah baik menggunakan power anda untuk menentukakan langkah langkah apa yang harus di lakukan bawahan anda dan apa yang di inginkan atasan anda sehingga kelangsungan perusahaan maju terus sehingga menguntungan semua orang.Coba gunakan dahil dahil manejemen yang anda pernah pelajari di sekolah untuk menyelesaikan kasus tersebut, untuk maju ( sukses ) seorang menejer harus punya banyak persolan ( tantangan ) yang harus di selesaikan bukan persolan yang untuk di keluh ( complain). Salam sejatera untuk semuanya dan terima kasih banyak untuk bhante karena telah memposting dhamma yang luar biasa ( Vihara dharma santi kompleks PT. Indah Kiat pulp & Paper/ perawang riau).


8. Namo Buddhaya Bhante.. _/|\_ kalau menurut saya, sampe dimana pun,kapan pun dan terhadap siapa pun tetaplah pertahankan kejujuran. Jika rekan" kerja ada yg bersikap tdk jujur dan malahan mengajak diri kita utk mengikuti langkahnya yg tdk benar,lbh baik kita menolaknya. Wlpn stlh kita menolak hal tsb, pst kita akan dibenci oleh rekan". Namun bersabarlah utk sementara wkt. Lbh baik mencari pekerjaan yg baru. Dan mengenai bos yg tdk menghargai kebaikan kita, jgn terlalu diambil ke hati. Krn setiap orang mempunyai sifat dan karakter yg berbeda. Berlapang dada lah. Dan lbh baik mencari pekerjaan yg baru. Jgn hy menapakkan kaki kita di 1 tanah apalagi jk tanah tsb adalah tanah yg berlumpur. Keluarlah dari tanah yg berlumpur dan menujulah ke tanah yg berpadang rumput luas yg dipenuhi dgn bunga yg indah. Jk kita adalah orang yg penuh kejujuran tdk perlu takut tdk akan mendapatkan pekerjaan yg lbh bagus dibanding yg ada skrg. Orang yg tdk pernah menghargai keberadaan dan kebaikan kita, dia sendirilah yg merasakan kerugian tsb. SANG PEMBUAT KEJAHATAN AKAN MENERIMA AKIBATNYA DAN SANG PEMBUAT KEBAIKAN AKAN MENDAPATKAN PAHALA (SABDA SANG BUDDHA)
jika ada kata" saya yg salah dan kurang berkenan di hati, terlebih dahulu saya meminta maaf. Semoga pendapat saya bisa sedikit membantu bagi yg membutuhkannya. Terima Kasih.. Namo Buddhaya.




9. Memang terkadang tidak semua kejujuran berakhir membahagiakan seketika itu.tetapi bgaimanapun itu adalah tantangan dalam hidup ini. Cepat atau lmbt pasti hasil baiknya akan datang. ikuti alur hdp aj di bw enjoy...toh nanti jg mendapatkan hasilny...ya memamk yg ky bgt bnyk sy jg bgt...tp kl dipikir2 lg buat ap mengeluh dijalanin aj. Hidup memang demikian,walaupun kita brbuat yg bnar tapi di mata org lain kita tetap salah.jadi menurut saya sebaiknya kta tidak usah memperdulikan pendapat org lain trhdp kta.be your self:-).



10. Salam Bahagia all, Minggu yg cerah. Selamat siang B'Sudhammacaro dan terima kasih juga . Utk hal di atas menurut sy, yg blum tentu benar adalah semua ada waktunya tdk ada yg kekal/seterusnya. Hanya masalah waktu rasa sedih dan sakit hati akan hilang. yg jadi masalah adalah SI DIA mau cepat atau lambat. Lupakan semua cari sesuatu yg lbh baik. Mengenai SI BOSS itu hak dia mau percaya atau tdk. Kalau sy jadi boss pun akan demikian. apalagi SI DIA hanya pekerja. anggap ini adalah bagian hdp yg manusia saja/wajar/normal. Demikian. Semoga Semua mahkluk hdp bhg... TX



11. Hidup adalah penderitaan, semua serba tidak memuaskan. Baik utk si Bos maupun si Karyawan. Hendaknya kita menyikapi dengan BIJAK. Terus berada dijalan DHAMMA, dan memegang SILA tentunya. Semua akan berubah itu sudah pasti. Tak ada yang kekal (ANNICA). Yang penting adalah melepaskan, (bisa menerima keadaan apa adanya). Hanya kita sendiri yg bisa membuat pikiran kita menjadi Bahagia. Dengan begitu rasa SEDIH dan SAKIT akan HILANG. (BOS MAU JAHAT SAMA SAYA , EMANG GUE PIKIRIN). berdoa kepada buddha mohon jalan keluarnya.



12. Siang Bhante, sepertinya si penanya type orang yang apa aja dipikirin ...jadi banyak hal kadang kala tidak sesuai dengan hati membuatnya sedih. Mungkin harus belajar u tidak seperti itu, harus bisa menerima kenyataan kadang didunia seperti itu. Caranya ? Mungkin Bhante bisa ksh petunjuk apakah dgn latihan meditasi atau baca parita. Dan mslh pekerjaan dan boss, pindah kerja cari yg lebih baik lg. Maaf ya kalo komennya salah.



13. Lbh baik pindah kerja saja,sudah saatnya anda melihat dunia kerja yg lain..disaat situasi sprt itu sudah tidak (y)ßɑªɑªġOº°˚˚°ºOŠs(y)\=D/(y):D utk diteruskan..pada saatnya nanti org yg meremeh kan anda bahkan bos anda bisa jd akan menjadi bawahan anda nantinya..jgn membuang wkt untuk perusahaan yg tidak memiliki managemen yg (y)ßɑªɑªġOº°˚˚°ºOŠs(y)\=D/(y):D apa ƪªäa̲̅ƍϊ sampe tidak dihargai spt itu..┌┐(•ˋoˊ•)┌┐"̮ Sεε♍åªànGɑɑŦ.


14. kuncinya ada pada diri sendiri anda! jk anda mrs sprt itu, stdknya anda th/pham akn mkna trsebt,,,brbuat baik tak'n prnh slh, hdp adlh tjuan,jd jlnkn j zmua dngn sllu baik... aggp hal yg ingn mg3 anda(scr tdk lgsg) mnjd lndsn c0ba'n batin sj,,,skt hati, mnysl n sbg'a, hny mrpkn suatu hal yg tdk br lg, selaku kt sbg mnusia sj. s0, enjoykn j hdp ini, jgn srg bnyk beban pikirn sj. cobalah lbh brfkir trbuka;-) m0rning all;-)".


15. Namo Buddhaya.....met pagi Bhante..Saya jg pernah merasakan kejadian seperti itu..cara sy untuk mengatasinya cukup dgn menyadari keadaan saat itu.Saya diam menikmati keadaan perasaan sedih, kecewa dan gejolak perasaan lainnya..lama kelamaan, rasa sedih dan lainnya menghilang dgn sendirinya...hati menjadi lega, krn sy menyadari dlm hidup tidak lepas dari persoalan.
Yg terpenting kita tetap menjalankan kehidupan kita sehari hari dgn berada di jln yg benar...sesuatu yg dikerjakan dgn kebaikan pasti akan membuahkan hasil yg baik.



16. sore bhante dan teman teman , kalau menurut amin sih muda aja , segera lupakan sakit hati , pikir yang terbaik aja , jalani hidup dengan baik, buang semua kekesalan ,jauhi rasa dendam anda,mungkin ini adalah cara agar kamu semakin pintar ,dan tetap dengan kebaikan hati anda, jangan pernah berubah, semua sifat anda yang baik terus pertahankan. biarkan saja yang penting kamu sudah menjalankan kewajiban anda dengan anda. buang jauh jauh karma buruk , kejar karma baik , haahhahahah.


17. betul , lakukan segalannya dengan suka cita, ikhlas , lakukan sesuatu yang menurut anda baik , tanpa pamrih , pemupuk karma baik anda , juga akan anda nikmati hasilnya kelak.rasa emosi , cemburu, egois ,serta dendam adalah rasa yang harus dicoba untuk dibuang jauh jauh.karena bila mengganjal di hati rasannya ngak enak,jadi lepaskan saja . saya pun begitu , engak mau pikirin perkataan orang , mau menghina atau mengejek abaikan saja,jika kita meladenin marah makin jadi,hahahaha.di mana pun kita berada , di kalangan saudara, teman , kantor,sekolah pasti ada seseorang yang baik dengan kita , juga ada orang yang benci atau pro dengan kita.itu lah manis dan asemnya jadi manusia,hahaha.kalau manusiannya begitu aja ngak seruh hidup di dunia, ngak ada tantangan buat kita mewawas diri kita.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.