“ WAISAK MAHAYANA LEBIH DULU, TAHUN INI TG 28 APRIL 2012. MENGAPA ? “

Teman2  inilah info dari Group Buddhis Mahayana. 

Sidharta Bodhi Then
"Perayaan Waisak Dalam Tradisi Mahayana"

Dalam tradisi Mahayana kita tidak merayakan hari Tri Suci Waisak kita hanya merayakan hari suci Waisak mengapa demikian karena kita memiliki perhitungan tersendiri yang sudah diperingati selama ribuan tahun yang lalu. Umat Buddha tradisi Theravada mengakui bahwa Buddha sakyamuni lahir, mencapai penerangan sempurna dan parinirvananya pada bulan yang sama yaitu bulan waisak sedangkan dalam pandangan Mahayana tidak demikian. Sang Buddha memang lahir dibulan waisak tetapi mencapai penerangan dan parinirvananya bukan dibulan waisak tetapi dibulan dan tanggal yang berbeda.

Hitungan bulan dan tanggal menurut kalender Chandrasengkala (LUNAR)

Bulan 4 Tanggal 8 adalah hari peringatan Sang Maha Bodhisattva Sidharta Gautama lahir kedunia.

Bulan 2 Tanggal 8 adalah hari peringatan Sang Pangeran Sidharta Gautama menjadi seorang pertapa dalam bahasa mandarinnya disebut Chu Jia.

Bulan 12 Tanggal 8 adalah hari peringatan pertapa Gautama mencapai penerangan sempurna dengan gelar Sakyamuni Buddha yang berarti orang yang teragung dari suku Sakya yang telah mencapai penerangan sempurna.

Bulan 2 Tanggal 15 adalah hari peringatan Parinirvana Buddha Sakyamuni.

Pada saat perayaan waisak dalam tradisi Mahayana memiliki tradisi memandikan rupang bayi Buddha Sakyamuni yang disebut YI FO atau hujan Buddha karena menurut kisah lahirnya Sang Buddha sewaktu beliau lahir turun hujan yang sangat harum sekali seharum bunga yang paling wangi di-alam semesta ini sehingga kisah tersebut diulang setiap perayaan waisak tiba dengan memandikan rupang bayi Buddha Sakyamuni dengan air bunga.
 
http://a2.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash3/s320x320/554472_2160813915608_1704379702_1022357_95051544_n.jpg

Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

1. Namo Amithofo Bhante Sudhammacaro kami umat mahayana merayakan hari waisak berdasarkan hitungan candrasengkala atau lunar setiap tahunnya yang jatuh ditanggal 8 bulan 4 lunar yang dimana tahun ini jatuh pada tanggal 28 april 2012.



2. "kemungkinan ada alasan yang dapat di trima kalangan >>> melihat dari tanggalan cina >>>... tentunya akan berbeda dengan tanggalan nasional.... di ambil uphosata~Jhu ik, jhu pak, shek uu, atau pun jhi sha... (moga istilah uposhata tidak salah yaa Bhante Sudhammacaro...). yang penting perayaan dapat di laksanakan dengan baik dan khusuk... dan bila saat hari yang lain di rayakan umat mahayana dapat berbagi KUNJUNGAN untuk perayaan di tempat lainnya....
jangan bingung... mengapa tidak tanyakan pada bhante yang mahayana yaaa..... kalo saya perhatikan tgl 28 pas dengan jhu phak>>>>.... marilah kita bersama sama menghormati satu sama lainnya,,,agar ajaran Sidartha Gothama bisa lebih berkembang lagi... damai sentosa....semoga perkiraan saya tidak menyimpang... bila ada yang lebih mengerti.. saya akan duduk membaca untuk menambah pengetahuan saya.... mahayana mataram merayakannya tetap pada hari H nya..kami menunggu karma baik untuk kunjungan
Bhante Vijaya Putta juga Bhante Sudhammacaro _/\_ namo budhaya bhante... semoga selalu sehat...."



3. Utk menyabut Waisak 7hri Seblumnya,Waisak,dan 7hr Sesudahnya.Mungkin dgn Pengertian segala sesuatu yg Ada akan mengalami proses, Sebelum,Sedang/Saat,Sesudahnya.Utk memasuki hari H,dgn penuh Hikmad dan dgn kesadaran penuh,masuk dlm Waisak dlm arti yg sebenarnya bkn hanya sebatas ritual2nya saja.Contoh Sang Budha,Sebelum mencapai Penerangan Mulia dan Sesudahnya semua mengalami proses.Maaf,,apa mungkin seperti itu sy juga ga tau,,hehehehe. saya rasa krn setiap umat sebagian sama ajaran dan sebagian berbeda ajaran.



4. Waisak di teravada malah 1 bulan penuh. Jd tergantung kita aja ada waktunya kapan mo ke vhr, tinggal lihat tglnya di vhr mana yg pas sama kita. Ex: vhr yg kecil akan adakan waisak lbh cepat krn hr waisaknya para samana akan berkumpul di tempat yg lbh besar...



5. WAaahhh.. Kaga tauu bhante.. Bingung.com. nammo budhaya bante,,,,sama ilmunya ga sampe ke sna,,,tp mo tau knp bsa ga sama yah,,,perayaan nya,,,!!!


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “