“ MATA SAKIT TAPI BISA LIHAT SINAR LAMPU SEPERTI WARNA-WARNI “


DISKUSI DHRAMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.
 Bhante selamat malam, saya pengen dengar nih koment dari temen2 dan bhante tentang masalah kehidupan saya. Dari tahun 2012 ini...januari,,saya punya masalah dengan Mata saya.

Maksudnya, Mata saya pertama januari itu agak sakit bola matanya sudah berjalan sebulan,,saya tak sakit lagi tapi setiap melihat cahaya SIlau sekali. sudah saya kasih obat mata nih.

Bulan 3 waktu terus berjalan setiap mata saya melihat cahaya lampu bulan ke 4 itu lampunya bisa seperti cahaya bintang di langit bisa ada ekornya..


Bulan ke 5 ini mata saya tak mampu melihat sinar matahari pagi baru sebentar saja sudah sangat menyakitkan mata, saya melihat cahaya matahari sangat indah berwarna warni,,,,dan pancarannya seperti kembang api ekor cahayanya sampai menyentuh Bumi.

Warnanya ada unggu kuning putih disetiap garis garis pancaran sinarnya.

Kalau malam hari di jalan raya setiap lihat lampu jalanan mobil atau motor semua seperti kembang api di tahun baru itu, kadang saya sipitkan mata supaya tdk terlalu silau...kadang pakai kaca mata hitam....

Tapi pakai kaca mata malah lebih terang cahayanya sampai menyentuh tanah.
sekarang setiap benda yang mengkilap yg bisa memancarkan cahaya pasti seperti kembang api.


Saya sdh tanya teman katanya saya aneh,,makanya jangan MEDItasi bisa di tempelin makluk halus katanya, dia melarang saya meditasi lagi,,,


Bagaimana yah temen2 dan bhante enaknya, saya kurang ngerti tentang ini..

Tolong yah kalau bisa kasih komen dan pencerahan,,,yah ,,makasih sebelumnya


Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.



Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

Namo Buddhaya, Namaskara Bhante,
Menurut saya, Masalah ini diselesaikan dengan 2 cara :
1. Ke dokter ahli mata untuk mengetahui secara medis penyakit yang diderita, penyebabnya dan obatnya tentunya.
2. Meditasi memang ada tatacara dan aturannya, sebaiknya datanglah ke vihara dan tanyalah kepada yang memang tau meditasi (Bisa Bhante atau siapa saja), tanyalah dengan jelas.
Meditasi banyak dilakukan orang (tapi ingat bukan memejamkan mata, mematikan lampu lalu membuat kesepakatan untuk memanggil mahluk(maaf kalau saya salah)). Dan setelah meditasi dengan benar, banyak yang mendapatkan manfaat. Jadi perlu konsultasi mengenai cara saudara bermeditasi (cobalah datang ke vihara terdekat dan tanyalah dengan jelas kepada yang mengetahui).
Demikian menurut saya Bhante, semoga saudara penanya bisa cepat sembuh kembali. Sadhu 3x.
Namo Buddhaya, Namaskara Bhante.




1. Namo buddhaya Bhante... Menurut sy itu tdk ada hubungannya dengan meditasi, bisa jadi mata saudari/i tsb mulai mengalami gangguan penglihatan krn penyakit, dari zaman dlu sampai sekarang blm prnh dengar ada kasus org meditasi bs kena penyakit kyk gitu, yg ada emang penyakit tu mau datang ke saudara/i tsb. Mendingan di cek ke dokter spesialias mata untuk lebih jelasnya, jgn menarik kesimpulan sendiri atau ke teman yg emang bkn dokter mata & main percaya begitu saja. Demikian menurut saya bhante.. Sadhu.. Sadhu.. Sadhu..




2. tolong periksa mata anda ke jakarta eye centre , di daerah menteng , jl cik ditiro dekat jl diponegoro , kemungkinan besar anda kena penyakit mata glukoma dan cylinder , jangan angap remeh , cepat periksa ke dr johan specialis mata glukoma dan retina . atau anda bisa periksa ke dr raymond di glean eagles medical center , napier road , singapore . atau prof constable di lion eye institute , verdon street , perth westhern australia . atau prof clausse di belgia retina fondation di belgium. atau prof steven di boston retina foundation di usa . mereka adalah profersor mata kelas dunia . kalo mau telp mereka untuk appoiment , silakan inbox no hp anda , nanti saya sms no telp para dokter.



3. Namo buddhaya. Seperti gejala Glukoma ato silinder. Selamat pagi Bhante menurut saya solusi jawabanya ada di Japriadi jayawira , perlu di tindak lanjuti saya dulu juga punya masalah dengan mata tapi beda hanya retinaya bocor , pernah di leser oleh Prof Darman purba di Menteng entah beliau masih hidup apa sudah pensiun kami tidak tau , jangan hubungkan penyakit dengan kegiatan mediatasi kan tidak ketemu. SAkit mat ya kedokter mata donk, kl membaca keluhan spt ini berarti ada infeksi dalam bola matamu. Jgn menghubungkan dg meditasi/ yg lainnya.



4. Mlm bht namo buddhaya n pa kbrnya bht ? Met mlm all pa kbr kalian smua ? Sebenarnya tdk ada hub mata dgn medtsi n sbnrnya mdtsi jika benar di laksanakan dgn baik dan benar akan bermanfaat utk diri sndri n org lain. Kecuali mdtsi tsb tdk di lksnakan dgn baik n objek yg di gunakan melenceng mis menghayal ttg warna tsb bersinar terang n di kembangkan terus hayalan tsb maka tentu akn berakibat yg tdk baik n Mgkn jg akn membahayakan sprti yg di utarakan / di smpikan ke bht. Cobalah jk mdtsi gunakan objek yg sesuai di ajarkan olh guru pembimbing / bhikkhu.. Or gunakan objek yg sederhana mis anapanasati / pernafasan. Trm ksh n smoga smua makhluk berbhg. Sadhu..3x n slmt beristirahat.



5. slmt sore Bhante n semuanya...zaman sekarang sudah tdk diherankan lagi,bnyk kejadian2 yg aneh2 n tak terduga ( DILUAR NALAR)jgn takut n mengira yg bukan2 dulu...telusuri dgn bnyk berdoa/baca paritta...mohon petunjuk sm Ma Kuan Im / apa yg dipercaya...pasti ada jawaban yg baik /kui jen ...n jgn lupa konsul jg sama Dr ahli mata...smg ada jawaban / petunjuk yg baik ...kita semua akan bantu doa jg bt anda..OMITHOFO...slmt sore.



6. Namo buddhaya bhante... Rasa ny org itu sakit mata....n mungkin jg tmn ny yg blg meditasi itu sdng bergurau saja. Pertay'n yg aneh dlm konsep y, mgkin hanya org yg bijaksana yg bisa menjawab pertay'n itu. Smga dibalik ke Anehan yg terjdi ada Hikmah y. Amitofo. BBU...


7. cek mata anda apa termasuk glukoma>>> mata sakit bukannya ke dokter malah obati sendiri yaaa semakin parah atau tanya sama dokt google kan bisa.



8. Malam Bhante, saya setuju dgn komen dari teman2 , jangan tunggu lama langsung inbox ke sdr Japriadi biar bisa dpt info lebih lanjut. Semoga matanya bisa sembuh kembali. menurut saya siih kalau tanya sama orang di vihara dikira penyakit mata di ada ada dan kebanyakan menghayal tingkat tinngi................hahahah.



9. setuju. ke dokter saja. Saya juga pernah mengalami sakit mata yg luar biasa kalau terkena cahaya. biarpun sangat redup apalagi terkena sinar matahari, meskipun tidak sampai keluar warnanya, tapi sinar yg sedikit terang rasanya sampai tembus kedalam bola mata. solusinya ya saya ke dokter mata, diobati dan beres. itu mach matanya emang sakit ada infeksi di mata nya org normal aja kl lihat matahari dgn mata telanjang pasti akan sakit dan silau itu mach biasa tdk ada yg perlu di jelas khan.


10. Namo Buddhaya Bhante. Menurt sy, meditasi sgt baik Buat kesehatan. Bs membantu mengobati penyakit. Dak Ada hubungn nya dgn mata. Mohon segera ke Dr mata, jgn sembarangn memakai obt tetes mata.  mATA ADALAH PINTU UTK MELIHAT, LEBIH BAIK DITANGGANI OLEH DOKTER YG PANDAI DIBIDANGNYA. JGN ADA PIKIRAN KRN MEDITASI AKAN MEMBAWA AKIBAT JELEK. BANYAK BACA PARITA DAN LAKUKAN KEBAJIKAN TERUS MENERUS, DAN RAJIN KE DOKTER. SAYA DOAKAN PENGLIHATAN ANDA PULIH SEPERTI SEMULANYA. TETAP SEMANGGAT. BBU. Ah emank aj matany yg bersalah,meditasi itu bukanny ditempel mahluk halus tp para dewa untk melindungi kita...ato konsep meditasiny yg salah x. ttg mata ke dokter saja,ttg meditasi tnya yg ahli..



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Komentar

Unknown mengatakan…
Ga ada hubungannya dengan meditasi..
Itu kemungkinan besar penyakit mata.. Coba cek ke dokter..
Nah.. Kalau dokternya bilang ga ad penyakit apa" .. Itu baruu..
Jaringan pelindung mata eterik anda sobek/rusak.. Nah.. Kalau sudah begitu.. Saya ada tau 1 orang yang bisa mnyembuhkan,, bernama irmansyah efendi. Shearch aj di google :)

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “