Fenomena Dhamma

Sunday, April 08, 2012

“ MATA BATIN APA BISA DIBUKA OLEH ORANG LAIN “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.
Namo Budhaya bhante..ada yg ingin saya tanyakan perihal kemampuan batin.
Di TV ada acara Indigo, dr acr tersebut membuat saya mau seperti mereka yg bisa komunikasi dg makhluk halus serta melihat dunia lain (alam Gaib) dan lebih2 ada kemampuan bisa menolong makhluk halus itu. Pertanyaannya:

2. apakh mata batin tersebut bisa di perbantukan untuk dibukakan oleh manusia yg memiliki kemampuan serupa? shg kita tdk perlu repot2 lg.

Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kesimpulan: Menurut info ada para bhikshu Tantra yg memiliki kemampuan membuka Cakra, atau mata batin. Hal ini hrs mencari infonya ke wihara2 Tantra.
Info lainnya, coba tanyakan di Link ‘Puri Kasih’ spt yg ditulis oleh Mas Trah Limansantoso kemarin.

Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.

Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

segala sesuatu timbul ada sebabnya , segala sesuatu lenyap karena sebab sebab telah habis . kemampuan batin yg luar biasa memang bisa dilatih dgn cara meditasi secara tekun dan sabar , perlu kesabaran yg tinggi dan ketekunan secara konsisten , dan juga kekuatan keyakinan , kekuatan semangat , kekuatan kesadaran , kekuatan semedi dan kekuatan kebijaksanaan . ini latihan dasar pada umum nya . dan bisa ditingkatkan lagi dgn pandangan benar , pengetahuan benar , kebijaksanaan benar , penembusan benar , dan cahaya benar . banyak bhikku mempunyai kemampuan batin luar biasa , tapi tidak dipamerkan ditonjolkan karena dibatasi oleh sila vinaya . contoh bhante win di buddha metta arama , bhante sudamo di vihara lasem , bhante utamo di batu malang dan lain lain . rata rata para bhikku yg punya kemampuan batin selalu mengingatkan atau mengajarkan KESADARAN DAN KEWASPADAAN pada umat yg sering melatih meditasi . tambah tinggi kemampuan batin yg dimiliki seorang bhikku maka beliau tambah rendah hati dan sederhana hidupnya , itu bisa dilihat dari 22 bhikku suci di hutan hutan thailand . ada umat vihara karena sering melatih meditasi pada thn 86 bisa melihat kerusuhan yg akan terjadi pada thn 98 mei , juga melihat perpecahan di walubi dan timbul sekte sekte baru agama buddha di indonesia , sewaktu ditanyakan pada bhante cara untuk mengatasi atau solusi nya bagaimana ? cuma dijawab kamma kamma kamma . kesimpulan nya walau seorang mempunyai kemampuan batin dan bisa mengetahui apa yg akan terjadi , tetap tidak bisa menghindar dari karma yg telah matang untuk berbuah . omitohud sancai sancai .




Selamat sore bhante,Omitofo....Pertanyaan bhante adalah "apakh mata batin tersebut bisa di perbantukan untuk dibukakan oleh manusia yg memiliki kemampuan serupa?",kemapuan tsb sdh terbawa sejak lahir,dan tdk semua manusia mendpti indra ke 6.spt halnya org2 yg memiliki indigo harusnya menolong makhluk halus jk mereka memerlukan bantuannya.dlm alam gaib,mmg sangat sulit dikatakan dan dilihat dgn mata kita.maka dari itu,Yg memiliki Indra ke 6,seharusnya menolong sesama manusia.Begitulah jwban sy.Mohon maaf jika ada kesalahan Omitofo.


Ada 2 macam kalau dari segi spiritual&supranatural: kata mbah buyutku seseorang yang dimana keilmuan(ilmu ghoib seperti aji-ajian) sudah di tataran tertentu ga usah pakai aji-ajian mata bathin itu terbuka sendiri,sedangkan yang ke-2- ialah memakai aji-ajian,ada pula melihat mahkluk halus dengan mata fisik dan ghaib..... sedangkan mbah buyut saya memiliki kemampuan mata bathin(non-fisik) ......


Klo aku, gk suka mempelajari kemampuan spt itu. Kata org klo suka mempelajari/ berkomunikasi dg mahluk halus(ghaib), ntar ketika kita menjelang ajal mati nya susah. ah kalau saya tunggu masternya saja yg jawab yah. menurut aku pandangan salah terhadap rajin sembahyang ,trus ke vihara gitu saja bisa meraih mata bathin .. mata bhatin itu apaan yah,kita lihat lewat mata bhatin tempatnya di daerah mana nih tolong dong ,,hahah saya tdk ngerti nih.


namo buddhaya, bhante, menurut sy, lebih baik jadilah diri sendiri, itu lebih baik syukurilah apa yg dimiliki, jgnlah meminta sesuatu diluar batas kemampuan diri sendiri karena itu akan merugikan diri sendiri maupun org lain. benar kata Hemi mensyukurin apa yg telah dberi n tdk mta mlebihi kmampuan kt.



Yang beranggapan memiliki kekuatan ghaib mati susah itu kan masing-masing karma mereka sendiri ada pula yang tidak berkaitan dengan kekuatan ghaib yang ia miliki tetapi karma mereka, mbah buyut saya matinya gampang tuh,malahan beliau PAMIT sama sekeluarga bilang ke kakek NTONG BESONG BAPAK MAU PULANG.....tepat saat fajar menyingsing beliau mangkat menghembuskan napas terakhir dengan tenang,tidak kejang,gelisah,gemetar atau sebagaimana yang ANDA pernah dengar dari mulut orang kalau orang ada ilmu ghoib matinya susah.


namo buddhaya bhante,,mnrt sya tdk bisa bhante mnrt sya klw kta srng rajn sebayng,mdtsi,ke vhra kya'a mta btn kta akn. mata batin kita akan di buka,,maaf bhante klw koment saya salah mohon di maaf kan. Selamat Malam Bhante baru bergabung sekarang , enak sekali kalau mata batin bisa dibukaan oleh orang lain aku jua mau , tidak segampang itu semua ada waktunya 1. emang ada bawakan dari lahir seperti anak indigo . 2 bisa dipelajari dengan bimbingang tidak mungkin kalau rajin ke vihara terus mata batin bisa terbuka kalau tidak ada minat apa tujuan ke arah sana pasti tidak akan terbuka.



Selamat malam Bhante. Menurut sy y. Lebih baik mata bahtin untuk melihat dunia lain gak usa dibuka d. Krn lbh baik mata yg ada digunakan untuk meliht bahtin diri kita sendiri aj. Apa sdh benar atau salah. Maaf kalo kata sy sala. Amitopo. yg dikatakan Samma Ditthi ada benarnya bagi mereka yg sudah pada tikatan tinggi bisa melakuan kehendak tanggal matinya kapan yg diinginkan tidak ada masalah.



betul Idola Poto Di Semarang waktu itu mbah buyut pamit ke kakek saya bilang NTONG BESOK BAPAK MAU PULANG..di tanya mau kemana beliau hanya diam saja dan tersenyum............beliau gemar melakukan bertapa,berpuasa,semedhi hehehe.




Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

2 Comments:

  • At 6:15 AM , Blogger WELCOME said...

    jadi inti nya mata batin bisa gag di buka sama orang biasa?????????

     
  • At 2:58 AM , Blogger Mr.Jimmy said...

    Mata batin bisa ko di buka diri sendiri.. Saya sebagai orang yang dalam tahap proses..
    Kalau di buka itu.. Proses attunemen namanya.. Bahaya jangan coba" kalau di buka.. Lebih baik belajar sendiri.. Jadi kita dapat belajar dari basic .. Maka kita bisa mengenal , bentuk" batin., penguasaan batin amat diperlukan s
    Nah saya , sudah dalamam tahap pembersihan kotoran eterik.. Saya sering lihat gadis pake baju putih.. Di rumah saya... Keluar masuk meja sembahyang.. Tapi hanya sepintas saja.. Tapi saya percaya dia pelindung rumah saya.. , sekian masukannya.. Shadu shadu shadu ^^

     

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home