“ MANUSIA POPULASINYA TERUS BERTAMBAH, APAKAH MEREKA LAHIR DARI BINATANG ? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Nammo Budhaya bhante...
Terima kasih pembahasannya yg kemarin,Skg Saya ingin bertanya lg bhante hehehee...

Saya mau bertanya,
Menurut hukum karma, jk binatang berbuat baik maka dia bs dilahirkan kealam manusia, jd mgkn itu yg trjadi skg, krn populasi manusia terus bertambah.
Nah...Yg ingin saya tanyakan bhante...

Apakah bs jk dijaman skg kan banyak manusia brbuat jahat & terlahir dialam binatang...& jd keadaanx trbalik manusia lbh sdkt dr binatang atau mahluk lainnya?

Apa bs bhante?

Mohon penjelasannya temen2 dan bhante. Nammo Budhaya...
Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kesimpulan: Buddha yg tahu makhluk setelah mati lahir lagi ke alam mana, atau jadi apa. Kl populasi manusia terus bertambah bs dari alam binatang atau dari alam lain (31 alam), kita tdk tahu, hanya Buddha yg tahu. Sebaliknya, walaupun banyak manusia berbuat jahat, blm tentu mereka terlahir di alam binatang, bs juga ke alam Setan (peta), Asura (raksasa), ke alam Neraka, atau jadi manusia lagi.
Semua itu, tergantung dari kekuatan nilai Perbuatan (karma) berat yg sdh saatnya berbuah. Krn nilai karma yg berat itu memiliki kekuatan utk mendorong segera berbuah, dan akibatnya membawa makhluk tsb lahir lagi ke alam mana.
Orang biasa tdk punya kemampuan melihat/ memastikan kelahiran lagi makhluk, setelah kematian makhluk itu terjadi. Kita cuma bisa memprediksi/ kira2 soal HK atau sebab-akibat dari perbuatan dan hasilnya, tp blm tentu benar.

Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

1. namo buddhaya_/\_ tergntung dri krma yg qt lkukn, mnrt sy tidak semudah itu membahas hal semacam itu...btul yg uda di blg temen2...hewan hanya menerima kamma nya yg berat yg harus di jalani...mknya kita2 ini harus menyadari atas keberadaan kt sbg manusia itu bukanlah hal yg mudah...harus di syukuri...yg sy tau harus trhindar dr perbuatan kamma plg berat baru bisa trlahir dr manusia...misal trhindar dr pembunuhan...jd kt sebagai umat buddhis tak perlu di pusingi oleh hkm kamma smacam ini...krn bukan dgn mndapat jawaban ini anda uda trbebas dr penderitaan.....ckp disadari hingga benar2 membuat kt trsadar dan bener membuat kt jd bijak..sorry mohon koreksi lah.




2. Namo buddhaya, slmt pgi smua ny. Smua trgntung dr karma yg kita buat. tentu saja bahkan ada yg terlahir di alam dewa,neraka,peta dan binatang,brahma,manusia. kt sp dialam binatang duank....dialam peta,dialam asura,dialam neraka,n dialam hantu kelaparan itu mungkin terjadi...so berbuat lah kebajikan sblm terlambat..




3. mat"pagi bhante..kalo menurut saya,terlahir ke alam rendah,misalnya alam tiracana(alam binatang) sungguh sulit u/berbuat baik,namun bkn tdk mungkin.suatu contoh bodhisatwa sidharta sebelum menjadi samma sambuddha pernah terlahir menjadi kelinci.namun karena sifat2 luhur/paramita beliau dpt melakukan perbuatan luhur.yg mengkondisikan terlahir ke alam bahagia.namun hanya binatang2 yg mempunyai bawaan/karma,dari sifat2 luhurnya yg mempunyai kesadaran u/berbuat bajik.kebanyakan hanya menghabis kan karma nya dialam binatang td.dan dijaman dahulu hingga pd jaman sekarang ini kemerosotan moral manusia semakin turun,banyak melakukan pelanggaran sila,mengumbar keserakahan,kebencian,iri hati.kekejaman,yg menyebabkan terlahir ke alam2 rendah.bkn ke alam binatang aja,alam peta,ashura dan bahkan alam niraya/neraka jika melakukan 4 pelanggaran berat.bertambahnya populasi manusia dpt disebabkan dari kelahiran2 dr alam2 lain nya,dr alam rendah,alam dewa,dan dari alam2 di 31 alam kehidupan.yg mengkondisikan terlahir dialam manusia..maaf kalo komen saya slh bhante dan teman2 sekalian..




4. Kawan sedhamma met pagi, marilah berlomba2 berbuat banyk kebajikan. Sucikan hati dan pikiran agar telahir kealam yang lebih baik dari manusia :) smua mahkluk berbahagia. bagaimana cara binatang berbuat baik? dan saya punya seekor anjing, sudah mati, saya ingin dia lahir di alam yang lebih baik, adakah parita untuk itu?? Thanks. Binatang mati masih dpt terlahirdalam 6 apaya bhumi spt manusia, peta, tilakhana,asura, dewa tikat rendah n 1 lg lupa...





5. namo Buddhaya bhante, jawabannya simple aja.......apakah yang bisa dihuni cuman bumi aja, khan ada milyaradan tata surya, yang bisa jadi ada milyardan planet yang berpenghuni, jadi masalah bertambah berkurang jumlah ndak bisa hitung2an seperti neraca laba rugi....karena banyak komponen yang tidak kita ketahui hingga sekrg. Neraka yg mana ??? Surga yang mana ??? Berapa lama disana? yg ingin berbuat jasa dgn makluk yg telah meninggal ssangat mudah.... Berdan kepada Sangha kmd limpahkan kepada yg meninggal.





6. klw menurut saya bntang dibumi ini ga mesti dipunahkan krn sbgian dr mrka ada yg bs mbntu pkrjaan manusia jd lbh mudah. Mrka sm spti manusia yg py hak bt hdup layak krn bumi ini bknlah milik kt saja tp milik brsama yg siapapun berhak hdup layak trmsuk bntang itu sndri cuma manusia aja yg.


7. saya prnh belajar, walaupun kta tdk prnh di visudhi dan gk prnh ke vihara tp kta ttp sah beragama buddha asal tingkah laku kta sesuai dhamma, dan mslh dimana kta akn tumimbal lhr tergantung dr perbuatan kta, klo kta tdk mau alam hewan lbh bnyk dr alam manusia...mari kta berbuat kebajikan sebnyk2nya, bknkah lbh baik bila suatu saat hewan cma sisa sedikit, jd manusia jg akn menahan napsu utk memkn hewan.... Namo Buddhaya.


8. dalam hukum Tuhan binatang atau hewan berbuat baik atau tidak berbuat baik sama saja, karena hewan atau binatang tdk akan pernah di mintai pertanggungjawaban atas perbuatannya, kalau setan sdh pasti masuk neraka....yang memepertanggungjawabkan perbuatan semasa hidupnya hanyalah MANUSIA dan JIN, manusia memiliki proses panjang ...Dari alam roh, manusia di kandungan, manusia lahir dan menjalani kehidupan kemudian mati dan menjalani kehidupan alam kubur sampai datangnya hari KIAMAT. pada hari kiamat semua dibangkitkan dari alam kubur dan untuk menghadap Tuhan sang maha pencipta yang berkuasa atas semua makluk dan alam. Dari situ manusia akan menerima kebaikan dan keburukan selama hidupnya....yang banyak pahalanya maka masuk surga atau nirwana sedangkan yg banyak melakukan keburukan atau dosa maka akan di masukan Neraka. tks



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “