“ HAMIL SUDAH 1 BULAN, TAPI JALAN 2 BULAN HARUS DI KURET “


DISKUSI DHARMA FACEBOOK.


 Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.

Bhante..saya sudah menikah dan umur pernikahan saya 2 th lebih tpi saya blm dapat keturunan, bru2 ni sewaktu habis imlek saya sempat gak datang bulan, lalu saya berinisiatif untuk mengecek menggunakan tespack ternyata hasil ny positif tentu saya dan suami merasa senang dan bahagia.

Selang 1 bln saya periksakan kandungan ke dokter kandungan dan hasilny pun cukup memuaskn janin saya baik dan sehat, tpi selang 2 bln saya kembali control ternyata saya harus menelan rasa pahit yg amat sangat, ktanya saya harus di kuret karena janin saya tak berkembang.

Kemarin saya baru dengar kabar klu mengalami hal ini pasti akan berulang..saya amat cemas!
 
Yang jadi beban fikiran saya..apa benar klu yg mengalami janin tak berkembang itu akan mengalami hal yg serupa?

tolong temen2 yg punya pengalaman serupa atau dengar berita ks sy masukanny..trima kasih.
Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. Baiknya jgn hny ke 1 dokter aja. Cr dokter ahli yg ada...(Googling)/ referensi..
Jgn percaya org2 yg Bukan ahlinya.
Jangan khawatir, kl memang ada jodoh dgn makhluk yg akan lahir(berhubungan karma) dgn qta pasti dapat.....
tenangkan n bahagiakan pikiran dgn perbanyak baca parita/pun meditasi, berbuat bajik lainnya.
Semoga anda mendapatkan yg terbaik, semoga berbahagia
Semoga semua makhluk berbahagia
. Konsultasikan kpd dokter kandungan ahli.



2. selamet Malam Bhante... kejadian nya sama seperti yg saya alami karena saya kurang bijaksana and takut kualat jadi saya mengalami hal yg mestinya tidak pernah terjadi... jangan pernah percaya dengan 1 dokter kalo bisa ke2 dokter or 3 dokter or shinse karena jaman sekarang dokter maunya kuret sana sini terus.. alias duit..and yg harus di jaga adalah kalo hamil muda jgn mau di periksa dalam pake alat apapun cukup usg aja... kejadian ini pernah saya alami karena saya tidak tahu apa2 and menurut saja... itulah kebodohan saya terbesar dalam kehidupan saya.. jangan takut coba ke shinse di glodok dulu pas saya udah di kuret shinse itu bilang napa di kuret??!! namanya shinse mutiara kalo ga salah..


3. Namo Buddhaya, saya punya tmn juga sama seperti yang dialami saudari x dan c ninik dama, kehamilan pertama keguguran karena kecapean -harus krn menuju kamar tidur harus naik-turun tangga(letak kamar di lt.2),sehingga ngebuat janin diperut ga berkembang. kehamilan ke 2, tmn saya saat naik motor, terkena guncangan karena jalan yang ga rata, dan saat berjalan katanya semapt kaget karena roda ban masuk lubang agak kencang, sampai dirumah... tmn saya mau buang air kecil dengan sedikit perut terasa mulas, saat buang air kecil disaat yang bersamaan mengeluarkan banyak darah juga mengeluarkan gumpalan darah. di RS dokter bilang harus di kuret, setelah kuret sambil di obati, tmn saya ga boleh hamil dl sampai 1-2tahun juga... 1,5 tahun setelah kuret, akhirnya hamil lagi.. dokter menyarankan u/bedrest, karena kandungan temn saya sangat lemah, dan tmn saya sampai ngontrak rumah kecil ga bertangga dan menyewa 1 pembantu khusus untuk membantunya melakukan sesuatu. sekarang kehamilan uda mau 9 bln, awal mei nanti melahirkan... semoga selamat... sadhu, usg hasilnya cewe anaknya, untuk cari selamat, tmn saya pilih jalan caesaria... jadi jangan khawatir sdri x :). keep positive thinking, be Happy :D



4. Bhante.. itu yg mau di kuret orang mana? udah di kuret belum ? sy dulu juga kaya gitu di suruh di kuret and di periksa dalem sakit banget tapi pas periksa dalem dokter nya marah2 alias bilang awas ya kalo napa2 jgn salahin saya and tuch dokter langsung bilang bayi meli ga berkembang.
and bener selang seminggu sy pendarahan and mules2 terus di suruh di kuret tapi masih ada detak jantung nya.. cuma ke dokter satu aja saking ga mau sakit sy pilih kuret and mertua ga mau punya cucu cacat akhirnya suami tanda tangan tuch buat di kuret.
Tapi penyesalan datang belakangan napa bisa sy bunuh anak sendiri, jadi tolong Bhante jangan sampe terulang kebodohan saya.. ada shinse di glodok jakarta namanya shinse mutiara itu bagus. kalo ga ke dokter tjen ronny di rumah sakit PIK or IBU anak family. dokter ini familiar and baik ga pake periksa dalem segala

alamat lengkap shinse nya meli lupa Bhante tapi ada nya di glodok jakarta barat tanya aja ke orang di glodok pasti tau shinse mutiara. kalo dokter kandungan tjen ronny itu dokter kandungan.. alamat nya : jl. Pluit mas 1 blok A no 2A-5A jakarta utara telp nya: 021- 6628131 atau 6695066 atau 6694990 itu buat tanya kapan dokter nya praktek.
moga2 ga berubah no telp nya karena ini 3 tahun yg lalu tapi meli biasa cek pampers ke dokter ini.. dia ga dikit2 kuret.. and sabar orang nya.. di jamin ga nyesel dech.. semoga bermanfaat ya Bhante..


5. Kalo kandungan tidak berkembang n kalo diperiksa uda ga ada detak jantung lagi, ya mau ga mau toh, harus dikeluarkan janinnya, Temen saya ada koq, ga ampe 1th uda hamil lagi n uda melahirkan dg selamat, Kalo sao2(ipar) sy, pernah keguguran juga, tapi nunggu punya anaknya lama, hampir 7th nikah gitu, eh, begitu dapet skrg ipar sy uda hamil lagi nih, anak pertama masih belun 1th, Kalo mengenai periksa dokter, bener perlu periksa ke bbrp dokter (kalo ada masalah) perlu 2nd ato 3rd, ato 4th oppinion deh.. Hehehhe..



6. hati2... dokter banyak yg mata duitan ga perduli sama pasiennya, dikit2 maen suruh operasi dan maen bedah, dokter2 dan rumah sakit seperti ini seperti lintah darat yg doyan nyedot duit pasien, bagi mereka pasien dianggap kodok yg bisa diobok2 pake piso bedah demi memuaskan keserakahan mereka pada materi. jadi sebaiknya periksakan ke beberapa dokter lainnya



7. Jgn takut, hidup itu tantangan. Aku pernah alami itu, aku keguguran & diagnusa hamil anggur/mola.Waktu itu aku takut, krn hamil anggur setelah dikuret tdk boleh langsung hamil lagi. Harus tunggu 1-2 thn lagi/diobati dulu.Terus aku cek ke dokter lain sampe 3 dokter. Ternyata ke 2 dokter terakhir bilang aku hamil beneran. Meskipun dokter ke-1 dokter onkologi senior/prof n guru besar, ternyata diagnosanya salah.Setelah dikuret , 9 bln kemudian aku hamil lagi. Aku berusaha menjaganya & kontrol dgn 2-3 dokter u. perbandingan. Karma baik anak pertama ku cowok lahir dgn sehat n besar. Sekarang anakku 3. Sdh gak usa khawatir,setiap kehamilan 1,2,3 dst, itu selalu berbeda. Rajin periksa ke 1-2 dokter, jaga makanan saat hamil, berdoa n positif thinking. Semoga semua mahkluk berbahagia.
semoga segara mendapatkan anak.. mnrt sy ga sepenuh nya berulang..sebaiknya konsultasi pada dokter seblm dan sesudah kehamilan.


8. Namo Buddhaya, Namaskara Bhante, Berusaha, Bisa tanya ke yang pernah mengalami dan konsultasi ke dokter.
Dan sebagai umat Buddha, selain berusaha lakukan hal baik, misalnya: membantu ibu yang miskin sekali yang sedang hamil untuk biaya persalinannya atau membantu ibu miskin yang sedang menyusui. Kedua hal ini masih berkaitan dengan hamil/bayi, mudah-mudahan perbuatan tsb cepat berbuah dan dapat segera memiliki momongan. (Tapi memang buah karma tidak semudah itu kita atur-atur).
Demikian menurut saya, bila kurang berkenan mohon diabaikan.
Namo Buddhaya, Namaskara Bhante.


9. sebaiknya dicek ke dokter kandungan yang ahli, ada teman juga yang mengalami hal sama karena janin tidak dapat memperoleh makanan dari tubuh ibunya. melalui suntikan di perut dan pengarahan dari dokter akhirnya ia melahirkan bayi yang sehat. sekarang dia sudah mempunyai dua anak. semoga info ini bermanfaat ya.


10. Jgn lgsg kuret, cr 2nd opinion.. Pindah ke dktr kandungan lain dl lht apakah hslnya sama atau ngak. karena Bhante belum pernah melahirkan jadi saya rasa pertanyaan ini kurang tepat buat Bhante Sudhammacaro tapi cocok lah buat kita kita yang lain pasti ada yang ahli dibidang ke BIDAnan dan saya kurang ahli di bidang itu,,,saya kasih like sajalah.


11. Saran sih jangan takut,bagusnya kalo hamil 1x lagi sih rutin periksa ke dokter aja tiap bulannya..jadi dokter bisa tau perkembangan janin dan mengusahakan obat2an apabila didapati kandungan bermasalah..n biasanya diberikan obat untuk memperkuat janin dan obat yg mengandung zat2 yg dibutuhkan oleh bayi selama dikandungan..juga menjaga agar kandungan kita tetap sehat sampai waktunya melahirkan..semoga bermanfaat. Kedokter yang benar benar dokter,,,,jangan hanya gelarnya dokter heheheh kan banyak tuhhh dokter2an,,,,asal priksaaa ajaaa.



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “