“ BUDDHA THERAWADA DAN MAHAYANA APA SAMA, SEBELUM BUDDHA GOTAMA ADA BUDDHA APA SAJA? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.



Teman2 Dharma kl sempat silahkan simak pertanyaan dari Umat di bawah ini dan kasih komen.
Namo Buddhaya Bhante, Sy mao nanya bhante, apa aliran Theravada dan aliran Mahayana, Buddha nya sama? .. Mksd sy sebelum Buddha Gotama lahir bukannya ada Buddha - Buddha sebelomnya?
Mohon pencerahannya temen2 dan bhante. Namo Buddhaya, Sabbe satta bhavantu sukitatta.
Teman2 tlg ks koment yg benar dan berguna, sadhu.

Komen dari teman2 sdh benar dan bgs2.
Teman2 maaf kl komen bhante salah.
Kesimpulan: Semua agama, pasti timbul aliran2 disebabkan banyak faktor, Pertama krn Guru-Nya sdh Wafat. Kedua, krn perbedaan Tafsiran ajaran setelah Guru-Nya Wafat. Ketiga, krn perbedaan tradisi budaya dan bahasa di negara mana ajaran tsb berkembang.
Demikian pula ajaran Buddha aliran Therawada dan Mahayana tp tetap Buddha sama dan satu, hanya cara sebutannya yg beda krn bahasa negaranya berbeda.
Therawada menyebut Buddha Gotama, sedangkan Mahayana menyebut Buddha Sakyamuni. Namun, isi ajarannya tetap sama dan satu tujuan utk mencapai Pembebasan dari Penderitaan hidup ini (dukkha). Yg terkenal disebut 4 Kebenaran Mulia yg di dlmnya terdapat 8 Jalan Mulia.
Sebelum Buddha Gotama ada banyak Buddha, dlm buku Dharma cuma ditulis 28 Buddha. Kl anda mau tahu nama2nya, blh lht di web Buddhis, lengkap dg riwayat hidupnya, www.TamanDharma.Dot.Com, dsb.
Demikian pandangan bhante yg sederhana ini semoga berguna, utk menambah pengetahuan dan wawasan jd luas. Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan dihati, dan terimakasih atas partisipasi teman2 dlm diksui ini.


Teman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.


1. Namo Buddhaya Bhante, menurut sama Buddha tidak pernah menganjurkan umatnya untuk menggolongkan diri menjadi Theravada atau Mahayana, ataupun aliran lainnya. Buddha bukanlah suatu bentuk individu yg harus diidentifikasi. Buddha adalah pencapaian, siapa saja bisa menjadi Buddha kalau ada niat dan usaha. Himbauan saya adalah mari kita bersatu untuk saloing menerima perbedaan, tujuan kita sama, damai dan kebahagiaan dan tujuan akhir adalah Nibbana.



2. Kalau mempelajari lebih dalam ttg Mahayana, tidak pernah dikatakan Buddhanya Mahayana adalah Amitaba, dan Tantrayana Buddhanya Bhaisyaguru. Namun Mahayana menceritakan lebih banyak tentang Buddha2 lain selain Buddha Sakyamuni serta tentang Bodhisatva2. Sedangkan Theravada lebih banyak menceritakan ttg Buddha Sakyamuni sebagai pedoman dan penunjuk jalan untuk menuju pembebasan. Namun sebaiknya kita tidak membahas ttg perbedaan dan pengelompokan Buddha. Lebih baik kita bahas bagaimana kita semua hidup damai tidak saling bermusuhan dan bertentangan diakibatkan oleh perbedaan tafsiran mengenai agama. Seperti yg kita lihat saat ini agama sudah menjadi pemicu perang. Peace=====>


3. Baik Theravada maupun Mahayana adalah sama-sama memuja Buddha Sakyamuni. Dari pada anda memikirkan hal-hal buddha yang lalu atau mahayana dan theravada lebih baik berlatih DANA,SILA dan SAMADHI itu saja dan memang umat budha itu yang harus di latih yg lain cuma menambah pengetahuan saja....semoga jawaban saya bisa di mengerti.. @Toto se 7 sekali, untuk apa membedakan yg penting BUDDHIS. Bersatu kita TEGUH. Pencerahan yg Luar biasa di forum ini .. Btw bhante kemana ya koq belom kasih comment nih. namo buddhaya, bhante, yg penting tujuannya sama.



4. klo mnrt sy dr pertanyaan di atas inti ajaran semua aliran agama buddha adalah sama yaitu pencapaian nibanna...hanya pemujaan buddha beda2..tp tetap berinti ke buddha sakyamuni..maksud sy disini sperti di theravada buddha nya buddha sakyamuni..di mahayana adlh buddha amitabha..di tantrayana adlh buddha bhaisyaguru..tetapi baik di mahayana maupun tantrayana tetap jg mngenal buddha sakyamuni..jd kita sebagai umat buddhis jgn di pusingkan dgn hal sedemikian..krn buddha sakyamuni bkn mengajarkan kt utk mempermasalahkan hal ini ...yg penting inti nya pencapaian nibanna..mau dr aliran mana aja..tetap tujuan pencapian nibanna...om mani pad me hum..sy minta maaf klo salah y..tolong di koreksi... Kl kln gabungkan sil, samadhi n panna dgn mahayana n tdk melekat, wah hasilnya lbh asyyikkk tu...utk kita yg jd umat...



5. tentu saja sebelum gotama menjadi sammasambuddha sudah ada buddha-buddha terdahulu di bumi kita,gotama ialah sammasambuddha ke 4.........sedangkan Ajita ialah buddha ke-5- yang merupakan buddha terakhir di bumi kita,dan bumi kita sangat beruntung karena memiliki 5 sammasambuddha dan 5 paccekkhabuddha............... sammasambuddha lainnya seperti Vesabbhu buddha........Dipankara buddha........Kassapa Buddha.....Konagamana Buddha.... dll . seperti kata sammasambuddha gotama,ketika ajaran itu hilang karena di akan oleh zaman bukan berarti lenyap TOTAL...tetapi suatu saat akhirnya akan di temukan kembali. seperti sekarang ini. paccekkha buddha muncul 1000 tahun sebelum sammasambuddha terlahir di DUNIA membabarkan DHAMMA :).. ibaratnya ALARM-laah kepada DUNIA,dan ketika BUDDHA MAHA PARINIBANNA sebelumnya ia akan meramalkan kedatangan sammasambuddha :) hgihihihi.


6. Namo Sabbe Buddhaya. Terpujilah para Buddha. Intinya semua aliran berpedoman utama pada Sakyamuni Buddha (Buddha masa sekarang). Baik Buddha masa lampau dan masa akan datang tetap Dhamma tidak perna berbeda/beruba. Namo Buddhaya Bhante. Buddha Theravada maupun Mahayana seharusnya sama, baik Theravada dan Mahayana selalu menceritakan ttg Buddha2 selain Buddha Gotama. Kedua aliran mempunyai tujuan yg sama, kebahagiaan. Hanya saja metodenya saja yg berbeda.

Sebelum Buddha Gotama memang ada Buddha tapi setiap Buddha muncul yang lama ajaran buddha sebelum nya telah lenyap atau sdh hilang jadi di dunia ajaran budha yang sekarang itu Buddha Gotama... Mengenai tradisi Mahyana sebelum nya anda tanya-tanya dengan umat di tradisi mahayana... saja.... takut nanti salah jawab.


7. Agama budha lahir berkat perjalanan spiritual sang sidharta gautama dan dari situlah tercipta sebuah religi dg nama boedha gautama atau agama budha... tripitaka adalah sebuah kita suci yang ditulis berdasarkan perjalanan spiritual sang budha atau sidharta gautama.budha hanya lah satu .tks



Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Penyusun Ven.Sudhammacaro.

Komentar

lemoned mengatakan…
Namo budhaya...baik theravara.. mahayana... dan thantrayana.3aliran ni.semua ajaran budha.. dharma budha.. semua sama...tujuan juga nibhana...sikap saling menghormati.. dan berterima kasih karma kita semua bisa belajar tentang agama budha...semoga kita selalu mendapatpencerahan budha dari kegelapan menujuh cahaya terang... semoga kebikjaksana kita semua akan lebih luas..

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “