“ AMULET, TAKRUT, DSB ADALAH JIMAT BAGI ORANG BUDDHIS, APA BENAR? “

DISKUSI DHARMA FACEBOOK.

Teman2 Dharma kalau sempat silahkan simak pertanyan dari Umat dan kasih komen.

bhante, bisa tanya sedikit seputar amulet, takrut, liong-tin, dll dari Thailand, ato Tibetan, dsb. saya ingin tau sebenarnya bagaimana tanggapan Buddhisme kita Indo terhadap benda2 supernatural seperti itu.....

Karena kadang2 justru amulet dsb, itu dibuat oleh para Thera di Thailand yg sdh dianggap benda supernatural dengan dibacakan Paritta yang Powerful shingga akan memberikan manfaat tertentu utk pemakainya.

Apa Benar demikian?

Mohon tanggapan dari Teman2 , semoga Teman2 bisa menerangkan kepada kami Umat Buddha Indo karena keberadaan barang2 JIMAT spt itu sdh banyak di jual di toko Bursa Buddhis di Kota Jakarta dsb.

Sebagian para bhante dari Thai membagikan kpd Umat Buddha di wihara2 Indo.

Teman2 tlg kasih komen yg benar dan berguna sadhu.

Teman2 Dharma, kl anda punya argumen dg komen teman yg lain silahkan tulis asal tulisannya masuk akal sehat dan mencerahkan bebas aja ini hnya diskusi tuk membuka wawasan bagi yg lain blm tahu, spt komen sdri.Lusiana Lusi bgs sekali, krn bhante 5-6 tahun di Thai hnya dikit pengetahuan spt Amulet dll, ini membuat kita tambah pengetahuan sadhu. yg bhante tahu, Amulet dsb, itu ada yg bgs diisi dg energi positif oleh kekuatan kosentrasi para Thera yg dimaksud diatas, terlepas dari yg negatif bhante tdk tahu.

Wkt bhante di Thai banyak acara2 baca Paritta tuk isi barang tsb oleh para Thera dari mlam jam 19 smp pagi lho, bhante ngantuk sekali tp para Thera msh semangat. Ini krn konsentrasinya kuat msuk dlm tenang dan hening..kali yah jd beliau tetap segar smp pagi...atau krn sdh biasa..

Kesimpulan: Amulet, Jimat dsb bagai pisau bermata dua, ada sisi positif dan negatif. Positifnya, kl kita bijak menggunakan utk menjaga diri dari hal2 negatif, krn ada energi positif melindungi. Alasannya bila yg membuat adalah para Thera yg memiliki Sila yg kuat. Cuma, hrs ingat bahwa yg menggunakan juga hrs menjaga Sila dg baik, sering baca Paritta. Kl hanya menggunakan/ dikalungkan di leher apalagi ada kemelekatan dan salah persepsi dianggap yg gunakan ikut2an jd sakti, itu salah paham, jd sombong, over akting, dsb berbahaya bagi dirinya.

Contoh lain: Jimat dari Jawa spt Keris dsb, adakalanya pada hari2 tertentu misalnya Jumat Kliwon hrs di olesi Minyak Wangi yg mahal, krn ada mahkluknya nempel di Keris tsb yg makanannya adalah minyak wangi tsb (yg mahal). Keris ada yg bisa bergerak, berdiri, mungkin bisa di suruh JOGET NGEBOR, JAIPONGAN, DST…MAAF....

T eman2 terimakasih atas dedikasi dan komen yg berguna.

1. Selamat malam Bhante Sudhammacaro......Semua jimat, amulet, keris membuat kita tdk percaya diri, kalau mempercyai dgn kekuatan itu membuat kita bertambah hokki dsbnya....namun setiap benda pusaka selalu mempunyai energi, pada beberapa kasus dipakai meditasi untuk melakukan sesuatu, dgn bantuan kekuatan itu, bila untuk positip tdk masalah namun bial negatif menjadi masalah.

Dahulu saya tugas di Jawa barat di daerah Jampang Kulon dan sekitarnya, banyak pusaka yg saya dapatkan diantaranya besi kuning, keris kecil , dan lainnya, namun sebagian ada yg saya buang ke sungai atau ke sumur yg tdk dipakai, dan sebagian saya berikan kepada teman saaya paranormal di sana. pulang dgn apa adanya, namun rasa hati tetap bahagia, dan tetap tenang walau setiap malam saya seorang diri membawa mobil kesana seorang diri jam seprti ini jama 1 malam dan sekitarnya.

Jadi semua benda2 tersebut adalah semu , kita kembali lagi pasrah dan percaya kepadaYang Di Atas....Spi sekarang saya praktek selalu menyuruh membuang jimat yg dipakai pada orang tsb bila bertanya secara spiritual, kalau mereka takut biasanya saya yg menyimpannya kemudian saya membuangnya ke sungai.....maaf kalau tulisan saya ada kesalahan ..ini merupakan pendapat pribadi saya..



2. itu hanya sarana saja,,unt mengingatkan kebesaran ajarannya.... Kadang kita lupa
diri... Dengan adanya di tangan serasa kita berusaha selalu ingat akan ajarannya.... Selalu berusaha berada dalam jalan kebenaran...


Cao an bhante... Namo budhaya.. Semoga kali ini tidak salah..
Bila mana ada yang merasakan sebagai sebuah kekuatan.. Sugesti.... buat lah amulet itu sebagai pengingat akan BUDDHA, DHAMMA, SANGHA...jadi sebagai tolak ukur untuk perbuatan kita sehari hari...buat lah sebagai pengingat perbuatan akan kebajikan...perbuatan positif...NamoBuddhaya bhante....Namaskara bhante..


3. selagi manusia hidup didunia ini apapun hal2 magic,atau magic putih,dll itu pasti ada, namun itu semua bs kt hilangkan dgn menciptakan kekuatan ketenangan bathin yg hening, semua itu tdk akn lengket lg ke dlm tubuh kt, mk itu buddha tahu bhw kekuatan keheningan bathin dan pikian adalh alat yg paling ampuh menghadapi segala mcm fenomena black magic baik putih ataupun hitam, jgn melekat pd semuanya, sucikan hati dan pikiran,itulah pemegangnya yg benar.



4. mungkin benda benda tersebut hanya sebagai alat media untuk penyampaian,atau mempunyai manfaat yang bisa membantu mengatasi masalah kita, di dalam agama lain pun banyak seperti itu,contoh salip,tasbih,dan lain lainnya.kalau aku si percaya itu bisa membantu,karna saya mempunyai pengalaman tersebut,tetapi kita tidak boleh menyembah barang tersebut,karna semua itu adalah titipan tuhan.


5. Selamat Pagi Bhante... semua hanya sugesti...kekuatan ada dalam pikiran kita dan perbuatan kita sendiri, Sang Buddha tidak pernah mengajarkan suatu benda yang telah diberkati bisa membantu..semua tergantung dari diri kita sendiri...kembali pada ajaran Buddha sejati...gt Bhante..pendapat dari saya, Maaf kalau ada kata yg tidak enak..


6. Met Pagi Bhante, Namo Buddhaya..Kalau menurut sy hal itu sah2 saja, selama ÿğ memakai nya wajar dan tdk ϑȋ salah gunakan, amulet arti nya adalah jimat ÿğ meliputi, somdej, phayant, sie pheng, nang phaya, phra rod, roop lor, Gumanthong/Gumari, takrut, dll.........ÿğ membuat adalah para luangpu atau para resi (pertapa Thai), akan tetapi banyak sekali amulet2 palsu, ÿğ asli memiliki ciri2 tertentu.

Kekuatan amulet itu sendiri adalah dtg dari kekuatan alam ϑαn kepercayaan ÿğ memakai nya. Dan fungsi nya pun berbeda2 u/proteksi, pengasihan, kekayaan, rejeki, dll........tapi......bila si pemakai nya pun hanya berleha2 mengandalkan kekuatan amulet yah sama jg bohong, bagaikan punguk merindukan bulan, berusaha adalah ÿğ utama u/kt sbg manusia, keberadaan amulet hanya sbg motivasi pendorong, ϑαn u/menambah keyakinan pd diri si pemakai nya sj, bila ϑȋ salah gunakan si pemakai lama2 kyk σгαπƍ stress menganggap diri nya punya perlindungan luar biasa.

Dan perlu ϑȋ ingat siapa pun ÿğ memakai amulet tsb tdk akan luput dari buah karma ÿğ berbuah yaitu bila krma buruk nya ÿğ berbuah kekuatan amulet tdk akan bs menghalau nya, jd jgn salahkan amulet nya tdk berfungsi. Begitu kira2 Bhante.......ma'af kalau salah, Anumodana Bhante. Bhante»

Anumodana Bhante, Hanya sedikit ÿğ sy tahu semoga bermanfaat buat tmn2 ϑȋ sini, agar tdk menyalah artikan kehadiran amulet itu sendiri, ma'af kl salah hehehe.......


7. mnrt sy itu hanya sbg objek pembantu keyakinan umat dlm membaca keng ato mantra...bg sy alat supranatural yg hebat adlah diri sendiri...ini maksudnya smakin bnyk kamma baik di perbuat dan di kumpulkan mk akan menjdi pelindung diri sendiri trbaik...klo di jabarkan seseorg yg rajin liam keng ato baca mantra...akan membuat org tsb slalu trisi waktunya dgn baca keng ato mantra..shingga brkurang lah org tsb brpkr mlakukan hal2 negatif...

smakin sering di baca akan menggerakan hatinya utk beramal....dgn terus mlakakan hal positif akan membentuk pribadi yg bijak...dgn demikian menghadapi hal sulit apa pun dia ttp tenang...om mani pad me hum. sambung lg...kdg pernah sy liat kasus seorg baca mantra ketika brjumpa hantu tidak mempan...

ini lah satu contoh keyakinan dan kamma baik yg di kumpulkan kurang...seorg yg bnyk berbuat kamma baik...dgn sendirinya diri nya sbnrnya dekat ama pousat..ato buddha..jd apabila org tsb jumpa hantu..dgn sekali baca mantra apa aja..hantu itu kabur.....om mani pad me hum.


8. Lee Wei» terkadang keberadaan hantu akan semakin dekat ϑєπĝαπ kita ÿğ sering membaca mantra, keng atau sejenis nya bkn nya malah kabur menjauh, krn hantu pun ingin mendengarkan paritta2 suci ÿğ akan kita bacakan, krn akan membawa kedamaian bagi nya, maka dari itu bila kita membaca paritta bacakan lah ϑєπĝαπ sungguh2 ϑαn hati2 krn kekuatan paritta itu sgt bermanfaat u/sekeliling kt baik terlihat maupun ÿğ tdk terlihat.

Spt hal nya kehadiran Gumanthong/Gumari adalah hantu2 anak kecil ÿğ meninggal krn ϑȋ gugurkan, keguguran, atau meninggal setelah ϑȋ lahirkan ÿğ ϑȋ selamatkan oleh luangpu/resi,

agar kelak dia tdk berkeliaran ϑαn jahat, ϑȋ buatkan gumanthong/ri adalah agar άϑά umat ÿğ mau memelihara nya ϑαn melimpahkan kebajikan pd nya, ajak berparitta ϑαn kebaktian, ϑєπĝαπ tujuan dia akan terlahir ϑȋ alam bahagia, itulah hantu pun punya perasaan, ϑαn kasihan bila kita malah mengusir nya, dia kelaparan, tdk tenang ϑαn tentu nya akan menjadi hantu ÿğ liar ÿğ akan mengganggu manusia.


9. Coba deh baca si cacing dan kotoran kesayangannya, *saya lupa yg ke 1 ato ke 2* ada di bahas oleh Ajahn Bhram.. Rahimah Mei : Õo°˚˚ºo:Ooº°˚˚°ºÕ, apa isi dan hub'an nya? Bisa share ke temen2? Biar jls apa yg Mei mksd, jgn ngambang klu ksh komen. Malah buat org bertny2 dan bingung. ♡"̮hέhέ(•ˆ⌣ˆ•). _/l\_ Anumodana.


10. Bhante» mungkin masih segar krn para luangpu sdg berinterkasi lsg ϑєπĝαπ hantu nya Bhante jd ngobrol2 gitu hehe, tentu nya sahabat2 Bhante skrg pun kebanyakan hantu yah, krn Bhante sering melimpahkan jasa pd mereka, jd mereka senang dkt2 Bhante hehe. amulet...sesuai dengan artinya .......memang mempunyai dampak...secara logika. Bhante»
iya betull Bhante, Di tibet pun ada amulet spt Phurba, Dzi, amulet2 ÿğ bergmbr Dewa/wi Tibet spt Mahakala, Manjusri, Buddha tibet dll.

Kl amulet ÿğ umum kt jumpai ϑȋ vihara adalah Jatukham ramathep adalah jg salah satu amulet ÿğ ϑȋ buat oleh para Bhante ϑȋ V.Vipassana Graha ÿğ isi nya Gbr Bodhisatva Jatukham Ramathep ÿğ ϑȋ dlm nya terdpt batu Leklai dan tanah 9 candi ϑȋ indo ϑαn Thai. Di Thai sendiri amulet Jatukham ÿğ paling terkenal itu buatan Wat Phra Sri Rattana Mahathat ÿğ fungsi nya u/bermacam2.


11. Menurut para bhikkhu Thai, ilmu2 spt itu sebenarnya bukan asli dari Thai tp tradisi dari Kamboja dg ilmu magic putih/ positif tsb. Sedangkan ilmu Kamboja tsb juga ada kaitannya dg ilmu Kejawen dari Indo pada zaman Majapahit, maka tulisan Kamboja hampir sama dg Ha-Na Ca ra ka bahasa jawa Kawinya Indo.

kl di runut ke asalnya tdk jauh ilmu2 tsb berasal dari para Brahmana zaman dulu kl saat ini disebut agama Hindu, cb kl anda pelajari ilmunya orang2 Bali mirip juga dg Kamboja... Sementara Tibetan juga ilmu asalnya dari Borobudur...zaman Raja Majapahit..
ini sekadar pengetahuan bhante aja, blm tentu akurat, kl anda punya tahu lbh silahkan sampaikan komennya, bhante akan senang menerimanya tuk menambah pengetahuan dan wawasan bgs... Lusiana L tau aja yah bs neropong bhante nih sdh hebat, bukan hantu tp YAKKSINI kali.


12. Bhante» hehhe ga koq Bhante, Awal nya sy pun bertanya2 apakah amulet ϑȋ perbolehkan dlm ajaran Buddha, maka nya mencari tahu, dan ÿğ lebih gila nya adalah anak sy ÿğ berumur 10thn lah ÿğ mengetahui semua silsilah amulet2 tersebut dan dia hapal semua luangpu2 ÿğ membuat nya, sampai2 B. Wongsin, B.Boddhi pun gerah ϑȋ buat nya krn pertanyaan seputar amulet2 tsb, dan anak sy lah ÿğ kebanjiran amulet ÿğ bnyk ϑȋ berikan oleh para Bhante salah satu nya adalah B. Weerasin........., begitu Bhante hehehe.


13. Dengan tidak menutup sebelah mata, memang ada amulet atau HU (kertas yang dituliskan mantra dalam tradisi Taoisme), yang "diisi" dengan kekuatan konsentrasi penuh oleh para "ahlinya", yang benar-benar memiliki kekuatan "magis"...terlepas dari diperbolehkan atau tidak, banyak kog umat umat yang menggunakannya.

Pagi bhante n teman2 .. Seru juga nih topik nya ttg amulet ,jimat.. sy pernah dpt cerita kalo di thai itu menggunakan "black magic" nya shg turis2 asing mao mengeluarkan uang nya untuk membeli souvenir2 di sana, krn ada nya sindikat/mafia dari tour guide nya caranya sangat halus ,,menyediakan air minum yg sudah dibacain mantra oleh kepala gangster nya ,, turis2 nya kena ilmu "black magic" jd hilaf belanja nya..

pasti omzet nya bisa milyar an untuk souvenir aja, benar atao tidak nya tapi sudah ada yg alami.. . Ternyata oh ternyata. Namo buddhaya bhante .. Saya kalo di kasih amulet dari bhante 2 diterima dgn senang hati sebagai cinderamata semoga ada yg mau kasih lg hehehe.


14. India itu sejak zaman sebelum Buddha hingga enath kapan tetap gudangnya ilmu spiritual dan banyak para pertapa yg mengembara smp saat ini. Ada bhante dari Thai tadinya tdk percaya bahwa di India msh ada pertapa telanjang, lalu beliau ke India dtg ke sungai Gangga, disitu baru terkejut bhante ini melihat langsung dan difoto bersama dg pertapa telanjang laki2 dg rambut gibalnya sambil senum2, bhante di beritahu melihat fotonya, memang benar2 msh ada..

jd Buddha mengatakan semua ada buktinya smp saat inipun ada pertapa telanjang, cm sdri.Lusiana L tdk blh lht bahaya ntar tdk mau pulang bs ikut terus dg pertapa tsb ehehmm. yg amat memalukan ada Jimat yg bentuknya spt punya Jimatnya si Amin, bhante jd heran, lalu tnya apa sih gunanya..wah..gila2an Jimat2 tsb..

iya Jimat2 tsb lama2 makin menggila kl diikutin, maka umat hrs hati2 aja krn kl sekali sdh tertarik, makin melekat ada umat Thai yg smp pake amulet dsb seputar lehernya, tiap hari bicaranya cm amulet melulu wah..gila2 an dah..lhtnya gunakan kaca pembesar segala..
jng2 Lusiana L koleksi amulet nih blh pesan juga tuh teman2 kl tertarik tp yg bgs positif aja.. memang kl dlht dri sisi ekonomi, soal amulet dsb, di Thai menjadi Komoditi ekonomi permanen, terutama bagi para turis asing..
lingkaran jumlah putaran uang dari pasar amulet sdh masuk miliar bhat.. krn sdh mendunia..kl di Pacet cipanas itu msh nilai ekonomi rendahan..



15. Bhante» biasa nya amulet jenis itu nama nya Phalakit u/pemikat lawan jenis.....hehehe
Memang aneh yah Bhante....ckck. Tp sy bkn penjual amulet loh Bhante cm sekedar tahu saja hehehe.......... Takut nya nanti ϑȋ inbox bnyk ÿğ pesan ihihihii. ya cuma ngak ada salahnya juga percaya sama ngak percaya amulet...

kalau membuat orang itu senang dan membuat orang tersebut menyenangkan kenapa tidak,hehehehe.itu kan privasi seseorang mempercayai atau tidak.yang penting jangan sampai mengagung agungkan barang tersebut.sekiranya kalau jimat bisa membuat orang tidak takut dengan hantu kenapa tidak,hehehehehe.


16. kl Ilmu Taoisme yg suka di praktikan itu bnyak yg nampak kasar dan menakutkan, contoh zaman dulu th60-70an tangsin/ suhu yg suka potong lidah, mandi minyak di goreng, jalan diatas bara api, dsb. dan manfaat secra Dharma kyaknya kurang, cm show aja, sayang tdk di modifikasi dg cara2 modern krn smp saat ini msh tetap spt itu kl cap-go meh pasti ada di klenteng2 tua.

Jd nilai jualnya untuk kalangan intelektual di nilai kurang menarik malah menakutkan. Thai dan Tibetan soal magic/ amulet/jimat itu smp bs menarik turis asing dari seluruh dunia utk dtg lht buktikan. Jd kl dinilai secra Dharma selain menarik dan ada gunanya bila dihitung secara ekonomi. Sebab bagi penduduknya roda ekonmi berputarnya tambah kencang, semua orang bergerak di pusaran ekonomi tsb.




17. putaran yg terlalu kencang bisa selip kalau salah langkah mengetrapkan kebijakan yg merugikan biasanya berdampak jangka panjang tidak seketika terasa.




18. kl anda ke Thai cb mampir ke pasar Jimat namanya: Ran Raj Nanda dari jam 09 pgi hingga petang tutup jam 18. rame, dari liong-tin kecil, gelang, amulet smp Relik ada dijual disitu. Pertama, bhante kaget d tdk percaya wkt di kstau ada Relik dijual, jd penasaran bhante ikut pergi lht d buktikan, ternyata benar2 ada Relik dijual satu botol kecil seukuran botol obat jenggot dulu itu harganya cm 20-30 bhat uang Thai kl dirupiahkan Rp50-75 ribuan, Astaga murah banget.. bhante cb2 tnya: Bu ini relik asli tdk? si penjual jawab: Ya asli lah kl tdk asli kita Nipu dong namanya, bs2 ditangkap polisi, disini tdk ada yg palsu. walah ka da brah..
sedang di Indo namanya Relik di puja2 siang malam smp2 ada yg minta kaya dsb dari relik ohoiii, ini Fenomena yg sungguh menarik di Thai itu orang bilang: dari Neraka hingga Sorga dan Nibbana ada semua jd komplit sdh, tdk perlu pergi jauh2...


19. di Indo spt orang muslim jimatnya ya Keris, Batu ali, jengglot yg baru2 ini, dsb. Cm sayangnya mereka tdk pandai memasarkan secara terbuka spt di Thai dan Tibetan. Contoh; Joko Bodoh dsb yg katanya sakti, cm utk diri sendiri, jd nilai ekonomi utk masyarakat tdk tersentuh, yg menikmati hasilnya sendiri aja, secra Dharma tdk masuk hitungan. Krn tdk memberi manfaat bagi orang banyak spt di Thai d Tibetan.



20. Namo Buddhaya ...Bhante Sudhammacaro...saya koq paling senang bicara masalah kesaktian....,karena merasa belum sakti. saya lagi memperdalam " mantra "....hanya tidak semua aliran percaya dan jujur soal ini....,jadi saya harus hati2 bicara soal ini....bisa2 buang waktu....dan menambah nilai jelek.


21. kalau saya sendiri menganggap amulet sbg karya seni yg indah seperti amulet buterfly buatan kruba khrisana.kalau soal manfaat mungkin bisa lebih PD dari sebelumnya kita saat interaksi dengan orang lain .@lusiana~ cc saya siap nerima hibahan amuletnya klo kebanyakan


22. Hal ini hampri sama tatkala umat Buddha rame rame pergi ke wihara di Pacet, Cipanas, Puncak pada setiap malam jumat kliwon...dengan ramenya umat kesana maka menimbulkan mata pencaharian baru untuk orang sekitar sana. Dengan halnya amulet, jadi ada souvenir untuk cinderamata.


23. Kemudian Sang Buddha membabarkan syair 188, 189, 190, 191, dan 192 berikut ini:

Karena rasa takut, banyak orang pergi mencari perlindungan ke gunung-gunung, ke arama-arama (hutan-hutan), ke pohon-pohon dan ke tempat-tempat pemujaan yang dianggap keramat.

Tetapi itu bukanlah perlindungan yang aman, bukanlah perlindungan yang utama. Dengan mencari perlindungan seperti itu, orang tidak akan bebas dari penderitaan.

Ia yang telah berlindung kepada Buddha, Dhamma dan Sangha, dengan bijaksana dapat melihat Empat Kebenaran Mulia, yaitu:

Dukkha, sebab dari dukkha, akhir dari dukka, serta Jalan Mulia Berfaktor Delapan yang menuju pada akhir dukkha.

Sesungguhnya itulah perlindungan yang utama. Dengan pergi mencari perlindungan seperti itu, orang akan bebas dari segala penderitaan.

Dikutip dari DHAMMAPADA ATTHAKATHA.


24. Ada perbedaan yang sangat besar antara Buddhist yang percaya kepada hal-hal mistis sepeti itu dengan Buddhist yang setiap kebaktian mengucap "Buddham saranam gacchāmi,Dhammam saranam gacchāmi
Sangham saranam gacchāmi.. Anda-anda termasuk buddhist yang mana..?


25. selamat pagi.. @Bhante Sudhammacaro, terimalah hormat namaskara saya... mengenai amulet, takrut, lionti dll sejenisnya ------->> no comment Bhante... kasihan yang dagang.. he..he..he.. saya rasa kl cuma dianggap barang-barang seni... "mei kwan sie lah..." ok-ok sajalah... yg penting jgn punyai pandangan salah thd benda tsb... anumodana Bhante... pamit mundur..


Teman2 trims atas dedikasi dan komennya yang berguna. Karma baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma, para Leluhur d Ortu yg msh hidup atau yg sdh meninggal dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka dapat menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

Komentar

Hendri Ang mengatakan…
Mohon maaf Bhante saya minta ijin berkomentar juga.. Setau saya Amulet atau sebagainya yang dibuat oleh para Bikkhu Thailand awal mulanya bukanlah untuk diperdagangkan, melainkan sebuah cinderamata yang diberikan kepada umat yang telah berdana ke Wat dimana mereka berada, dan sepengathuan saya bila tidak salah , amulet dan sebagainya memiliki kekuatan energi parita dan doa, bukan sejenis khodam jin atau dewa penunggu (kecuali Gumanthong, karena hal tersebut dipercaya diisi oleh ruh anak2 yang meninggal penasaran atau tidak terurus, tetapi awal mulanya gumanthong dibuat juga untuk ditempatkan didalam vihara dan dibacakan paritta setiap hari agar cepat berreinkarnasi, seiring dengan perkembangan jaman karena diketahui benda2 tersebut memiliki energi atau kekuatan yang bisa mempengaruhi baik secara real atau tidak dan hal ini diketahui oleh orang2 maka dijadikanlah sebagai dagangan, setau saya tidak ada harga khusus dipatok bila kita mengambilnya lsng dr Thailand, hanya perlu berdana, adapun mengenai keris jawa, awal mula sejarah pembuatan keris adalah dibuat oleh para empu dengan tidak mudah, setiap keris memiliki wahyu yang ditujukan hanya untuk sipemegang keris, oleh karena itu keris mempunyai tingkatan sendiri seperti keris untuk raja berbeda untuk mentri atau senopati dllnya, teknik pembuatan keris juga dilakukan berpedoman dengan ajaran SiwaBuddha yang ada dijawa saat itu awalnya, dan wahyu dari keris adalah dari dewa atau manusia yang megikuti jalan kesucian dan mengikuti perintah dewa, bukanlah berisi khodam jin atau setan, tetapi setiap wahyu keris hanya diperuntukkan untuk si pemilik awal keris tersebut, sehingga jarang sekali ada keris yang memilki wahyu yang asli saat ini, Semua agama melarang hal2 seperti ini dikarenakan takut jika umatnya men-Tuhankan benda2 ini dan lupa kepada Tuhan yang Sejati, bukan hal jimat ini menjadi sesuatu yang salah untuk dipercaya tetapi mampukah manusianya untuk tidak menjurus kepada men-Tuhankan benda2 ini? dengan kondisi batin kebanyakan manusia adalah sangat sulit sehingga agama menganjurkan untuk tidak memakainya, tetapi sebagaimana kita diajarkan saling menghargai sesama makhluk untuk saling menghargai, baik itu terlihat maupun tidak terlihat, seharusnya kita juga menghargai makhluk halus yang ada disekitar kita, mengenai sesaji jangan dianggap sebagai itu persembahan keharusan, makhluk halus juga adalah teman manusia, apabila ada teman datang kita juga menawarkan makanan dan minuman, anggaplah mereka teman kita dan kita menjamunya, saya hanya ingin berbagi agar kita bisa melihat dari sisi positif suatu hal yang cenderung dianggap negatif, baik atau buruk adalah manusianya sendiri yang menjadikan, salah satu contoh adalah memberikan sesaji kepada pohon2 besar, kita tidak mengetahui maksudnya mengira hal tersebut sangat2 salah, tetapi jika kita berpikir bahwasannya makhluk halus diakui oleh setiap agama, mereka tinggal dihutan2 pepohonan, dan sebagainya, manusia membuka lahan dengan menebang hutan2 dijadikan tempat pemukiman dan pertanian, kemanakah makhluk halus tersebut akan tinggal? jika ada sebatang pohon besar bersisa berikanlah sesaji disana sebagai penghormatan dan rasa terima kasih karena kita telah mengambil tempat tinggal mereka, ( Niat yang menjadi unsur utama, apa yang menjadi niat kita melakukan hal itu, itulah yang membedakan salah atau benar) dan orang lain tidak mengetahui niat kita tersebut karena tidak kita teriakan dalam memberikan sesaji, Haruskan hal itu dilakukan? tidak, tetapi salahkan jika melakukannya dengan niat seperti itu? tidak juga ( menurut saya) sama halnya jangan menilai buku dari sampulnya :) jadi yang saya maksudkan adalah baik jika memang tidak pernah berhubungan dengan benda2 tersebut untuk tidak memulainya tetapi jika memang sudah ada jangan lah disia2kan, bilapun harus dibuang lakukanlah dengan sopan dan selayaknya, karena benar tidak ada seorang dewa ataupun setan yang bisa ikut campur dalam karma seseorang :) Terima kasih Bhante dan mohon maaf jika ada kesalahan dalam pendapat saya, saddhu saddhu saddhu..

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “