“Pengenalan Dharma pertama yang cocok apa”

Diskusi Dharma Facebook.

Diskusi: Tanya; kalo kita bertemu dengan orANg dAri agAma lain yang baru mau belajar Dhamma sebaiknya apa yang pertama kali kita terangkan Bhante? maksudnya yang cocok untuk pengenalan Dhamma, apa yang pertama kali kita kasih tahu?



Teman-teman trimakasih atas dedikasi dan komentarnya, semoga berguna membwa kebahgiaan bagi mereka yang baru belajar Dharma. Dari banyak kasus soal pengenalan Dharma, tidak semua orang sama, sejak Buddha Gotama masih hidup banyak murid-muridnya bisa mengenal dan mengerti Dharma dengan berbagai topik yg disampikan oleh Beliau.

Jadi tidak ada patokan yang baku untuk mengenal Dharma, tergantung sikon batin d hubungan karmanya dari masa lalu. Kalau tidak ada hubngan karma masa lalunya dia pernah mengenal d mengerti Dharma, walaupun sudah jadi bhikkhu/ni, bhiksu/ni, samanera/ni atau pandita dsb, satu saat dia akan lari ke agama lain. Maka, kekuatan karma dan hubungan masa lalunya itu amat menentukan.

Bhante pribadi asalnya kristen Pantekosta, mengenal Dharma dari diskusi dengan bhikkhu menanyakan tentang apa sebab manusia lahir berbeda-beda. Sebab menurut ajaran kristen Tuhan yang ciptakan dan mengatur, tapi pikiran-ku tidak terima/menolak. Lalu tanya sama bhikkhu dan dijawab hukum karma. Dari jawaban dan uraian sebab-akibat itu baru pikiran tenang, dan menerima, artinya masuk akal sehat, Tahap kedua latihan meditasi, dst.

Namun, semua ini bukan harus seperti bhante cerita, tiap orang berbeda, jalannya, yang penting apakah orang yang mau belajar Dharma itu benar-benar serius atau tidak hal itu yg menjadi pokok utama, semoga berguna, sadhu.


Teman-teman terimakasih atas dedikasi dan komentarnya.



1. Pengenalan tentang hukum karma mungkin sangat cocok bhante.

2. janganlah berbuat jahat,perbanyaklah kebajikan,sucikan hati dan pikiran itulah ajaran para BUDDHA.

3. Lalu tentang 4 kesunyataan mulia, dan 8 jalan utama. Oh iya, jgn lupa Metta (cinta kasih universal)
4. kemudian anjurkan ehipasiko krn merupakan ajaran khas sang budha

5. Belajar Dhamma tdk hrs/wajib menjadi umat Buddha.

6. Pagi bhante.Kalau saya menjwb,,dimulai dulu pembacaan paritta dahulu.Br tahap selanjutnya tentang ajaran hukum sebab akibat(karma,reinkarnasi)..

7. Namo Buddhaya, Bhante. Menurut saya, apa yg kita jelaskan harus sesuai dg apa yg ingin dia ketahui. BBU

8. sebaiknya kita menjelaskan makna berlindung pada Buddha dhamma dan sangha setelah itu menjelaskan ttg hukum karma,ttg tumimbal lahir.... and yg terpenting kita harus bilang AJaran Sang Buddha Bukan hnya di PERCAYA tapi Sang Buddha Mengundang kita Untuk membuktikan ajarannya...

9. Kalo dia serius mau belajar ( bkn tuk berdebat kusir )akan saya berikan buku seperti Membuka Pintu Hati ( Cacing dan kotoran ) karya Ajahn Bram. Sebuah karya Dhamma yg dibabarkan dengan santai dan indah.. BBU

10. Met pg bhante Namo Buddhaya...mgkn menjelaskan d memberikan contoh ttg dukkha, hukum sebab akibat d hukum karma.Trims

11. jelaskan aja apa yang membuat dia tertarik dalam buddha dharma. bila dia mendapatkan jawaban yang sesuai pasti dia akan tergugah untuk belajar dari dalam. jangan memberi tahu ajaran yang lanjut dimana dia belum memiliki dasar dharma yang cukup. misalnya dia belum mengetahui hukum karma di ajarin paticca samupada. nga ngerti dah nanti:d

12. Namaste Bhante,.... langkah pertama adalah berbicara Tentang inti dari Dharma adalah kebaikan....., dan kebaikan ada pada setiap ajaran agama...., untuk belajar Dharma kita perlu pelajaran Metha.... cinta kasih universal bagi semua mahluk ...., karena tanpa Metha maka... Dharma akan sulit di terima oleh siapapun.

13. DATANG. LIHAT dan BUKTIKAN. dalam proses tersebut pasti dia akan bertanya, anda jawab pertanyaanya, kalau anda tidak bisa jawab, tanya sama orang yg LEBIH mengerti dari anda, Bhante misalnya.

14. Namo Buddhaya Bhante dan slamat pagi, menurut sy alangkah baiknya terlebih dahulu mengerti tentang apa itu Buddha Dhamma dan Sanggha sehingga utk selanjut akan lbh gampang mengerti lg tentang dasar2 Buddha Dhamma, mohon masukannya Bhante trima ksh Namo Buddhaya.

15. org yg tlh memiliki agama tdk mudah menerima dharma, mrk mgkn menerima kecocokan saja dan memprotes apa yg tdk sesuai. Jd qt hrs bijaksana. Cangkir teh yg penuh tdk mgkn diisi lg, jika memang berniat hrslah mengosokkan cangkir tehnya dulu.

16. selamat pagi bhante...lebih baik kita memberi kebaikan dan rasa kasih sayang kita buat teman kita yg belum mengerti ajaran dhama,dan membuat mereka tahu dgn sendirinya bhw dhama itu mengajarkan kebaikan,cinta kasih kepada semua umat,tanpa membedakan suku,agama&ras...krn saya yakin jika kita berbuat baik kepada semua org niscaya kita sdh menabung karma baik untuk kehidupan kita kelak...namo budhaya bhante,saya juga mohon berkat&doanya agar supaya masalah saya selesai dgn damai,terima kasih bhante...sadhu3x

17. Pengertian Cinta Kasih.Bagaikan seorang ibu yang menyayangi anaknya yang tunggal.
Semoga Semua Mahluk Berbahagia,Semoga Semua Mahluk Berbahagia,
Semoga Semua Mahluk Berbahagia,Semoga Mahluk-Mahluk
Tidak Ada Yang Mederita, Berbahagia Semua. Damai Semua…
Saya Menghargai Semua Mahluk,Saya Bersahabat Semua Mahluk,
Semoga Semua Mahluk Damai, Dengan mengembangkan pikiran cinta kasihnya itu,
ada dewa.Ada setan yang punya ilmu yang luar biasa yang sedang mau coba-coba atau menguji ilmunya, “ L U M E R”.
Kesaktiannya, kehebatannya,kegaibannya itu pupus.hilang.
Karena ada orang yang menghadapi dengan cinta kasih.
Orang itu tidak punya ilmu hanya punya cinta kasih saja.
Tidak ada pikiran bermusuhan sedikitpun, Tidak ada.
Membenci sedikitpun, Tidak ada.Tapi pada saat itu ia mengembangkan cinta kasih.
Tidak hanya setan,Dewa yang luar biasa ingin menghancurkan dia,
keinginannya menghancurkan,Ilmu yang dikeluarkannya itu menjadi LUMER.

18. Namo Budhaya, ....
Lebih baik kita mengajak orang tsb untuk mendengarkan dhamma klas dari para sangha, krn para sangha telah mencapai tingkat kesucia dan benar-2 mempelajari ajaran Sang Buddha.Bila kita memberikan penjelasan yg kurang kita kuasai, mk akan membuat org tsb meragukan akan dhamma. BBU.

19. Ehipassiko..
If he/she has the same idea about Ehipassiko, then we can explain about "the cause and the result". Hope that sooner or later, he/she will understand about Karma, Dukkha, and at last can live with the heart full of love and care (Metta, Karuna, Mudita), keep balancing in his heart (Upekkha). In this condition, practising Sila in his daily life is not an impossible thing.

20. Namo buddhaya bhante. Sebelum mengenalkan dhamma kita harus tau dulu apa alasanx ingin belajar dhamma, setelah itu baru memulai dgn mengenalkan dhamma-dhamma yg ringan yg erat kaitanx dgn kehidupan sehari-harix disertai contoh yg logis ato masuk akal menurutx, kemudian beri ia kesempatan utk mempertimbangkan utk memilih jalan mana yg cocok buatx dlm menemukan kebenaran, setelah itu ia akan belajar sendiri dalam artian berusaha mencari orang2 bijaksana(bhikkhu) ato buku2 dhamma yg menurutx mampu membimbingx dlm memperoleh pengetahuan.

21. Mskipn umat budha bnyk, tp mungkn brbeda cra mnerngkn'y kpd yg bru mau blajr agama budha. Klo sy mnjlskn hukm sbab akibt lbh dahulu. Mf. Trimksh.

22. ‎@pak tio: mantaf..
@trie wijaya: para sangha belum mencapai kesucian, mereka hanya sedang berjalan menuju kesucian.

‎23. 5 pancasila

24. Namo buddhaya
Dharma tentang kehidupan sehari2 hukum sebab akibat, karma dan dukkha dan hal2 yg bisa kita lihat dalam kehidupan yg ada di sekeliling kita.

25. H.mm kalo sya, hal pertma yg d lakukn adlh mengnalkan sejarh agma buddha trlbh dahulu,,stlh d ketahuin n d pahami tahap ke-2 adlh mengjarkan bgm cra smbyg agma buddha seprti cra branjali,cra du2k,cra bersujud,stlh it bru d ajarkn cra untk mbca paritta n mditasi...nah, stlh d plajari smua it,pzti nti akan muncul pertnya2n dr si pmbelajar,tahap terakhr qta beri pnjelasan dgn mlakukan diskusi dhamma...
Smga bermanfaat. Saddhu3x.

26. namo buddhaya bhante...ajarakan tentang cinta kasih kpd semua makhluk dan kenal kan 5 pancasila budhis.


27. Jika seeorg umat lain beralih ke Dhamma. Pasti ada sebabnya. Tanya saja sebabnya, lalu uraikan apa yg ingin dia ketahui. Trus beri dia buku2 ttg dhamma yg kita punya.. Dan ajak dia berdiskusi dlm keadaan yg menyenangkan, ketika lg santai, mgkn lg duduk di teras rumah sambil minum teh manis. Wow... Muantafff.. _/\_
di dlm teh manis jg ada Dhamma lho.. Kalo ga percaya, coba aja minum, pasti rasanya manis. Ahahahah



28. Ratana n sigung ada benarnya...tadinya saya mau belajar dhamma tapi ga tau gmn n dimana ternyata umat buddhis juga bingung hrs mulai dr mana? Saya mulai dari membaca buku ttg sidharta...dari situ mulai dpt petunjuk dlm mimpi d ajarkan sikap anjali, namaskara...baca parita...mungkin tdk percaya saya belajar dlm mimpi...akhirnya teman menyarankan belajar meditasi... Kalau saya bertanya terus tdk ada umat buddhis yg mau menjelaskan terus menerus...d anggapnya saya cerewet...pdhl saya tdk tau apa2...apalagi ketika sedang kerja ada suara yg mengatakan kusala kamma akusala kamma...apa artinya? Jadi pertanyaan ad saat ingin kuketahui...aku hany d suruh cari sendiri...baca sendiri...apa begitu cara umat buddhis mengajar dhamma?bgmn dg org yg diam saja? Apa bisa tambah pintar?umat buddhis sendiri banyak yg tdk tau dhamma.


29. Pertama-tama mungkin harus berikan pengertian dulu Apa itu Dharma, Dimana Dharma berarti " Kebenaran Sejati" , atau bisa juga berarti "Ajaran Buddha" , Jadi apakah benar-benar sudah siap untuk mempelajari kebenaran sejati? kebenaran sejati tidak hanya berhubungan dengan sesuatu yang membahagiakan saja, tapi kebenaran sejati mencakup semua kondisi bathin, baik yang membahagiakan maupun yang menyedihkan, yang baik dan juga yang buruk....

30. Sehingga Dharma bisa dipelajari dari berbagai tempat, tidak hanya dari buku-buku atau ceramah-ceramah saja, tapi Dharma bisa kita pelajari dalam kehidupan sehari-hari.

31. Untuk awalnya sebaiknya dengan banyak membaca berbagai buku-buku dharma dan mendengar ceramah-ceramah dharma.


32. @Widosari Tjandra , kelihatannya kamu sudah sampai pada tahap kejenuhan teori, berarti saatnya untuk praktek Dharma... , Tahap seperti itu saya juga pernah lewati, sampai tahap dimana setiap buku dharma yang di baca sepertinya sudah pernah baca dan sudah tahu, sehingga penerapan berikutnya adalah praktek Dharma, Silahkan untuk mencari sendiri penerapan dharma yang sudah di pelajari.

33. Ehipasiko = Datang, Lihat dan Buktikan sendiri akan kebenaran Dharma. Dalam Buddhism kita di ajarkan untuk melihat kebenaran secara langsung tidak asal percaya saja apa yang di katakan orang pintar, apa yang tertulis di kitab suci atau apa yang dipercayai masyarakat, tapi setelah kita melihat sendiri, dan membuktikan barulah kita percaya akan hal itu.


34. Menuruk saya: ceritakan dulu riwayat hidup Sang Buddha supaya dia mendapatkan gambaran sosok Sang Buddha secara personal, karena dlm riwayat Sang Buddha jg terkandung Dhamma meski tidak dibahas mendalam tp diceritakan menyeluruh. Setelah itu baru dibahas Dhamma secara mendalam.


35. kita menjelaskan bentuk2 penghormatan...bahwa agama Buddha bukan menyembah berhala.

36. ada kala bertanya apakah makna kehidupannya???
dan bertanya seberapa besar tekadnya untuk mempelajari dan melihat dharma!jika hal ini saja jawabannya kurang dari 70%,maka bicara panjang lebar akan sia-sia,hanya buang buang waktu.

37. biasanya yg paling mudah di kenalkan dgn karma dulu

38. Namo Buddhaya Bhante _/\_ ,kalau dari pengalaman saya mulai tertarik dgn ajaran Buddha adalah dari mendengar kotbah Dharma yg disampaikan oleh Y.M.Bhante Jinadhammo di V.Borobudur tentang Hukum Karma dan Tumimbal Lahir,juga pentingnya peng...endalian diri dalam kehidupan sehari-hari,sehinggga itu sy jadikan pedoman sy dalam menjalankan kehidupan rmh tangga sy stlh married dan tinggal bersama mertua,alhasil sgl cobaan/masalah bisa teratasi,kmdn selalu mau belajar untuk menjadi pribadi yg lebih baik dgn mempraktekkan Dharma dlm kehidupan sehari2.(sblmnya sy juga bljr Kristen slm 7 thn) Ketemu Buddha Dharma langsung klop di hati...:-) Demikianlah Bhante,sharing dr sy,smg bermanfaat bagi semuanya,sadhu...sadhu...sadhu.

39. Nammo Buddhaya Bhante,
saya akan menjawab pertanyaan diatas sesuai pengetahuan saya.

40. Orang yang bari saja mau belajar agama Buddha pertama2 kita harus mengajarkan tentang kronologi hidup Sang Buddha dan Hukum Kamma agar mereka mengerti dahuk...u tentang ajaran Sang Buddha barulah kita mengajarkan Ajaran Sang BUddha lebih dalam, demikianla jawaban dari saya.

41. Anumodana buat saudara-saudari semua, sehingga ada gambaran yang lebih baik bagi saya dalam mengenalkan Dhamma pada orang tua kita atau orang lain yang mau belajar Dhamma.. _/\_
Anumodana bhante, atas topik dan arahannya _/\_
****************...

42. NASIHAT PENUH WELAS ASIH DARI SANG BUDDHA:
".. DENGAN melindungi diri sendiri, seseorang melindungi yg lain. DENGAN melindungi yg lain, seseorang melindungi dirinya sendiri.."

*Nasehat di atas cukup menunjukkan bahwa Sang Buddha, Guru Agung pengenal seluruh alam semesta, sangat mengasihi kita bak orangtua kita sendiri*
------------------

Dan bagaimanakah seseorang, "Dengan melindungi diri sendiri, dapat melindungi yg lain"?
Yakni dengan tekun (penuh perhatian, penuh kewaspadaan, sadar, penuh pengamatan dan perenungan di tiap momen dalam keseharian) melaksanakan latihan meditasi vipassana, yaitu meditasi dengan objek Empat Landasan Perhatian/ Kewaspadaan/Penyadaran/Pengamatan/Perenungan (4 Satipatthana).
------------------

Dan bagaimanakah seseorang, "Dengan melindungi yg lain, dapat melindungi dirinya sendiri"?
Yakni dengan KESABARAN, PENGENDALIAN DIRI, TIDAK BERBUAT JAHAT, CINTA KASIH dan BELAS KASIHAN.

Note:
Saling melindungi di atas, mengingatkan pada inti ajaran para Buddha yaitu tidak berbuat kejahatan, berbuat kebajikan, dan melatih atau mengembangkan kebijaksanaan/kesucian batin.

SUMBER:
- SN 47.19. Sedaka Sutta, Samyutta Nikaya

43. Klungsu-klungsu melu udhu, diskusi kebenaran dengan mengenalkan ajaran Buddha bertujuan supaya yang tidak tahu lebih tahu dst. tapi, bukan untuk menarik mereka beragama Buddha, memilih agama adalah kecocokan, maka ketika kita berteman berik...an argumen dan contoh perilaku yang terbaik, Buddha tidak pernah mencari umat sebanyak-banyaknya, tetapi meluruskan mereka ke jalan yang mulia, membebaskannya dari dukkha.

44. Namo buddhaya bhante,
menurut saya yg pertama kali adalah sejarah mengenai sang buddha dlm proses pencapaian penerangan sempurna terutama pada saat Sang Buddha melihat 4 tanda yg memunculkan pertanyaan
mengapa manusia bisa sakit?
Mengapa manus...ia bisa tua?
Mengapa manusia bisa mati?
Mengapa ada pertapa?

45. Baru mengajarkannya mengenai anicca,anatta,dukkha dan kamma.



46. Sadhu, bhante.

47. Secara umum Dhamma berarti: Kesunyataan, Kebenaran, "Truth".
Dhamma yang diajarkan Sang Buddha, walau banyaknya diibaratkan hanya segenggam daun di tangan dibanding semua yang di dalam seisi hutan, sudah cukup membawa pada lenyapnya dukkha, kebahagiaan tertinggi.
Dhamma yang diajarkan/disampaikan adalah kesunyataan yang menuntun pada lenyapnya penyebab dukkha, yakni nafsu keinginan/keserakahan (tanha atau "desire"). Bagaimana tanha lenyap? Melalui lenyapnya Avijja, kebodohan/kegelapan batin..

48. Lalu apa kondisi-kondisi yang mengarah pada Lenyapnya Avijja ~> Lenyapnya Tanha ~> Lenyapnya Dukkha?

49. Faktor-faktor dalam Jalan Tengah, Jalan Mulia Beruas 8; singkatnya aspek-aspek SILA, SAMADHI dan PAÑÑA.

50. Dan Sang Buddha, Guru Agung Pengenal Segenap Alam Semesta, dengan berbagai cara memberi petunjuk-2, cara-2 termasuk pendekatan-2 dalam menjalankan, mematangkan, & menyempurnakan semua faktor-faktor dalam Moralitas (Sila), Konsentrasi (Samadhi) dan Kebijaksanaan (Pañña) tersebut.

51. Inti dari isi ajaran para Buddha, para Yang Tercerahkan, yaitu tidak berbuat kejahatan, berbuat kebajikan, dan melatih atau mengembangkan kebijaksanaan/kesucian batin.


52. yg akan saya kasih tau pertama kali adalah bagaimana mengatasi PENDERITAAN yg kasar2 dulu dan bagaimana mendapatkan KEBAHAGIAAN baik bermateri maupun kurang bermateri...karena kebanyakan org pada umumnya mendambakan KEBAHAGIAAN... setelah itu baru yg lainnya...

53. Saya masih bingung dg ajaran buddha...ada hal2 yg susah d mengerti....apalagi saat mimpi berada d lingkungan umat buddhis yg tdk saya kenal 1 org pun...saat saya pertama kali ikut meditasi...saya hafal semua bacaan parita walau tdk tau artinya...semakin saya pelajari semakin terbuka misteri kehidupan.

54. Namo Buddhaya.. Sblm mli mengenalkn Dharma pd org tsb sbaikny tny trlbh dhulu, apa ia yakin n sgguh2 u mengenal agama Buddha lbh jauh lg? Krn hny dgn kyakinan yg sungguh2 dr hati mk penjabaran ttg Dharma akn dpt dtrma dgn baik. Semoga smua mahluk brbhagia..




Kesimpulan:
Kalau kita mau meneliti, sebenarnya sejak dulu banyak juga orang barat, eropa Albert Einstain, australia, dsb, pindah ke ajaran Buddha, penulis bku Tipitaka bhs Inggris saja ditulis oleh bhikkhu dari eropa dan barat bhante Nyanamoli dari Jerman. Saat ini banyak selebritis papan atas Holywood masuk agama Buddha seperti; Richard Gere, Steven Seanegal, Jennifer Lovez, dst. Hampir semua artis papan atas Holywood.

Baru-baru ini bhante/Acharn Brahm dari Australia, bhante Bodhi Amerika, bhante Sumedho dari England, dst.Simpulan:Semakin orang maju cara berpikir, gunakan logika,dan makin maju iptek pasti orang akan mencari jawaban ke ajaran Buddha sebagai reverensinya. Sebab itu, kita yang sudah yakin ajaran Buddha harusnya lebih yakin dan kuat.

Amat beruntung secara spiritual dan batin kita bisa mengenal dan mengerti ajaran Buddha yg begitu dalam dan luas tak terjangkau. Seperti pelimpahan jasa saja untuk orang yang telah meninggal hanya ada dalam ajaran Buddha. Meditasi yang unik, jelas, rinci dan transparan juga hanya dalam ajaran Buddha. Hukum Karma dijelaskan secara terperinci hanya ada di ajaran Buddha.

Karama baik ini kita limpahkan kepada para Guru Dharma dan semua makhluk yang telah meninggal, semoga mereka menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup bahagia.
Ven.Sudhammacaro.
Penyusun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “