“APA TIPS yang TEPAT untuk melupakan masalah pelik”

Diskusi Dharma Facebook.


Diskusi: Tanya; sampai hari ini, kita yang sudah difitnah, disindir, dijelek-jelekkan. Sikap apa yang harus kita lakukan bhante? Dan apa tips yang tepat untuk melupakan dan merelakan segala sesuatu yang telah menjadi masa lalu.Teman-teman tolang kasih komen yang benar dan berguna, sadhu.

Jawab: Menurut Buddha: manusia lahir sudah membawa hutang karma buruk di masa lalu, yang saat ini harus dibayar (sebab-akibat). Sebab itu, orang yang tidak mengerti ajaran Buddha sering tidak mau menerima buah karma buruk itu yang berbentuk fitnah, cacian, dihina, dsb. Bila orang tidak bisa menerimanya, maka akan timbul pemberontakan batin, karena merasa saat ini orang itu rajin ke wihara, rajin puja-bakti, rajin berdana, dsb. Boleh juga karma buruk yang berbuah seperti difitnah, dihina, dijelekkan, dsb, itu adalah hasil perbuatan beberapa waktu yang lalu, tapi lupa.
Tips yang tepat untuk mengatasi masalah pelik ini, pertama kita harus menyadari bahwa apapun yang menimpa kita tidak lain dari hasil perbuatan kita di waktu lalu. Hanya lupa kapan hal itu kita lakukan. Bila kita sudah mengerti hal ini (sebab dan akibat), tinggal kita menerima, lalu berupaya untuk tidak melakukannya lagi. Agar di masa yang akan dating kita tidak akan menerima karma buruk seperti difitnah, dihina, dijelekkan, dsb.

Teman-teman terimakasih atas dedikasih dan komenatarnya.

1.Sbr aj.ikhlas.. N slalu pncrkan cnta ksh.

2. anumodhana bhante.._/\_.. buddha aja masih difitnah n dijelek2kan apalagi kita, "tidak ada manusia didunia ini yg tak dicela".


3. utk merelakan masa lalu : marilah kita berfikir buat apa memikirkan masa lalu yg sdh tdk bisa kita rubah lagi, dn ...jg buat apa kita berandai andai masa yg akan datang lebih baik jalani yg sekarang dg berbuat baik...
yg sekarang apapun yg kita hadapi itu adalah hasil dari perbuatan kita sendiri..kita hrs bisa menerima selalu ingatlah itu saja.. itu menurut saya..
terima kasih bhante... met sore be happy

4. Namo Buddhaya Bhante, klo menurut pendapat saya, semua orang itu selalu dicela, baik dia orang baik, orang jahat, pintar, bodoh, kaya maupun miskin, kita semua selalu dicela, jadi kenapa kita harus ambil pusing, tidak ada hidup tanpa celaan... di dunia ini, :) yang paling penting adalah menumbuhkan sikap cinta jasih kita kepada semua makhluk hidup, dengan begitu, kita tidak akan merasa dendam, benci, iri, dll kepada mereka, malahan kita akan merasa bersyukur, karena mereka, sudah membantu kita u/ melunasi karma buruk kita, selain itu, mereka juga adalah orang yang sangat berjasa bagi kita, karena mereka sudah mau melatih kesabaran kita sehingga kita bs menjadi org yg lbh baik ~^^~ emosi yang stabil adalah yang diperlukan, bukan emosi yang ditimbun sesaat, karena emosi seperti itu, akan meledak suatu saat, berlapangdadalah, maka anda akan merasa bahagia ~^^~
Sekian saja dari saya Bhante, mohon masukannya, Namaste

5. kl menurut saya ya kt beritahukan kebenaran ato yg telah terjadi dan kt biarkan saja org lain mau percaya ato tdk. tdk ush diambil dihati n biarkan waktu yg akan menjawabnya. thx.

6. Orang menjelekan,mencela dan lain sbgnya..


7. Saya ucapkan terimakasih karena telah memberi kesempatan kpd saya melatih diri..

8. selamet sore bhante,manusia itu bny macamnya,baik sifat baik atau sifat buruknya,soal dicela,dicemooh,disakiti saya sendiri sudah sering mengalami nya oleh org2 terdekat saya,yg saya lakukan adalah saya mencoba intropeksi diri,mengapa saya ...selalu disakiti???mungkin krn saya dahulu kurang mengenal ajaran dhama,saya dulu sering lupa berdoa,ke vihara,makanya dgn adanya musibah dlm pernikahan saya,saya merasa diingatkan bhw bagaimanapun manusia hrs selalu ingat kpd penciptanya,sejak saat ini saya merasa bhw cemohan dan hinaan adalah motivasi saya untuk maju dan meraih semua impian saya,soal masa lalu saya menganggap bhw itu adlh kegagalan saya,yg penting di masa depan saya hrs lebih dan lebih baik lagi...namo budhaya bhante...selamat hari asadha...sabbe satta bhavantu sukhitatta...:) semoga semua mahluk berbahagia

9. kuncinya cuma IKHLAS. sebaiknya kita tdk diliputi kekuatiran2 yg tdk perlu, yg terpenting apa yg kita dpt adalah apa yg kita perbuat seblmnya. 'jgn takut, jangan gentar. tdk akan terjadi sesuatu pd dirimu yg bukan bagianmu (karmamu). be positive thinking!

10. namaste bhante, kuncinya adalah kesabaran,jika kita sabar kita pasti bs melaluinya.jd pupuknya kesabaran

11. Namo buddhaya bhante,menurut sy, sikap kita menjelaskan hal yg sebenarnya dan sejujurnya tapi seandainya orang tersebut tetap memfitnah, menyindir dan menjelekkan, ya sudah kita menganggap bahwa hal tersebut adalah kamma kita yg telah dilakukan pada masa lampau, dan melupakan hal tersebut karena hal tersebut pasti akan berlalu..memang hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan, tapi dengan melatih diri/pikiran perlahan-lahan biasanya kita akan terbiasa untuk melupakan hal-hal yang buruk. terima kasih

12. Namo buddhaya bhante
menurut saya,untuk menghadapi fitnahan ,maka kita bisa mengeluarkan statement bhw kita tidak memang tidak begitu dan membuktikannya baik melalui bukti atau tindakan tanpa hrs mencemooh balik orang yg memfitnah kita
.Deng...an bgt orang yg memfitnah kita akan menyadari kesalahannya dan mungkin akan menjadi baik
Cara utk melupakan masa lalu atau tidak terlarut dalam masa lalu adalah dengan menyadari bahwa segala sesuatu adalah tidak kekal/pasti,yang pasti di dunia ini adalah perubahan
dan menyadari juga tentang adanya kamma yg turut mempengaruhi kehidupan.
Serta menyadari bahwa waktu trus berputar jd jangan menyia nyiakan waktu dgn masalah "masa lalu".

13. jika anda berkata kesabaran ada batasnya.anda salah besar,kesabaran tdk ada batasnya.sikap kita cuek aja jika dihina,difitnah,itukah belum tentu betul seperti yg mereka bilang

14. Namo Buddhaya Bhante dan teman2 ,"INI PUN AKAN BERLALU”,

15. Namo Buddhaya..Berdoa aja sm Tien,agar Tien mau memaafkan org tsb..disaat semua jln udah buntu,manusia hanya brserah diri TIEN..Disaat kt brsrh diri disana jalan akn dibuka.krn didlm ada mslh,yg pertama kt ingat adl DIA,kita cari&mengadu pd TIEN.mk DIA jg akn ingat pd kita.. Amitofo..

16. fitnah itu sgt berbhy tp tdk perlu ditakuti krn tdk terbukti kebenarannya. Tunjukkan sikap yg mantap, tdk boleh lengah, jika itu cm fitnahan kecil gpp qt cuekin. Tp jk menyangkut nama baik dan reputasi qt wajib buktiin kbnrnnya. Namun jgn ...menfitnah balik, mslh tambah ruwet. Hal yg pertama lakukan dialog terbuka dgn mengajak tmn qt sbg saksi, niat adalah meluruskan mslh bkn nambh mslh, berikan maaf jika orgnya insaf, akui kekurangan qt sbg manusia. Dgn berlapang dada, musuh bisa jd kwn. Org iri pd qt mgkn slh qt jg, benahi diri, minta nasehat pd yg ahli. Jgn ada dendam, anggap aja pelunasan karma.

17. Amitofo bhante..^_^
menurut lijing kt terima sj,krn itu adalah guru kesabaran kt yg sesungguhnya.
Belajarlah hidup detik ini,menit ini dan sekarang,krn kehidupan kt itu seperti seekor semut.
Amitofo.

18. Kesabaran adalah cara bertapa yg paling baik,mendapatkan dahulu pandangan benar dan pikiran benar tentang hukum kamma dan hukum perubahan,janganlah kita takut pada akibat,takutlah pada sebab,karena sebab pasti akan mendatangkan akibat,walaupun akibatnya tidak pasti waktunya,tidak ada peristiwa apapun dalam ajaran Buddha yang terjadi secara"Kebetulan",terima kasih bhante dan teman2,namo budhaya.

19. Krn kt berusaha melupakannya,maka kt tdk akn bs melupakan nya.krn masa lalu tdk bs dihapus..tp di masa skrg kt berusaha jgn melakukan hal yg sama..trm masa lalu kt sbg cambukan utk menghadapi hr esok..krn kt brjln maju..jgn prnh brjln mundur maka kt gk akan bs sampe ke tujuan

20. utk merelakan masa lalu tdklah mudah krn hati yg penuh dendam apalg masa lalu yg penuh kekejaman, penipuan, apalg pelecehan sexsual hingga menimbulkan trauma. Namun hdp dlm bygan masa lalu yg suram tdk akn menemukan ketentraman. Jd qt hrs ingat hdp adalah proses dgn adanya masa lalu mk qt akn smkn mantap dihari ini. Pengalaman yg ada membuat qt dewasan dan sadar. Hidup yg penuh dendam umpama memikul beban ratusan kilo, membuat gerak dan perasaan qt terasa sesak. Isilah hari ini dgn smgt yg indah.

21. sore.. ucapkan terima kasih pd org yg telah mencela,menfitna kita, karna dgn begitu karma buruk kita telah berkurang..

22. Oo ya bhante..kt hrs mendoakan org itu semoga cpt menyadari kesalahan yg tlah diperbuat dan semoga mengenal jalan kebenaran.
Amitofo..

23. Namo buddha ya bhante ..
Mnrut sya smua mnusia tuh ad coban na ,jdi mkin tuh cob dri than bwd qta ,,
qta cob sbar ajj ,mkin tuh cmua bkal ngebuad qta smakin dewasa dgn celaan itu ,,
mksh bhante
namo buddha ya

24. Namo budhaya ym bhante sudhammacaro, Dlm fitnah,disindir,di jelek2an semua itu kmbali lg kpd manusianya sndiri.apakah dlm diri scr utuh n secara pribadi tdk melakukan hal semcm pertanyaan tersbt. Filosofi kaca cermin.
Cermin adalah kaca u/ sebh... pencerminan pribadi.cermin dpt melihat secara langsung a/ tak langsung sikap a/ perbuatan sdiri dlm pemantulan baik a/ buruknya skap kepribadian qta. Yg sy blm jelas apakah pertanyaan tersbt bertanya kpd pribadi a/ sebuah symbol(religius).

n apabila dlm pertanyaan tersbt dlm kontes religius. Caci maki a/ bentuk a/ apa pun bkn skr yg qta rs kan (cubitan, ataupun lain2nya itu sdh sejak dl sdh ada).Tp sebuah kebnran selalu terungkap. Cthnya dlm sdkt qta melihat sejarah sendiri my country.
Cth salah 1"ramalan sabda palon (dlm ms kerajaan majapahit".Dpt di browsing di situs.Lalu dlm sikap menyikapi sy rs tak perlu qta kubris a/ layani.malah qta hrs memancarkan metta terhdp org yg bersifat netral a/ tdk netral.

25. Kebenaran selamanya akan benar, meski difitnah kalo qt tdk berbuat nanti jg ketauan, org lain wl mrk diam tdk mau ikut campur tp dr sikapnya, qt akan tau mrk dgn diam2 akan mendukung kalau qt benar.

26. Difitnah, disindir, dijelek2an itu hanya pemikiran dr mereka. Mengapa harus peduli? Jika peduli berarti sengaja membiarkan hal itu terjadi dan membenarkannya.

27. Namo Buddhaya.. Jalani smua dgn sabar n sadar. Maafkan dgn tulus dan doakan smga mrka bhagia... Coba n rasakan sendiri kekuatan dr cinta kasih itu... Smga smua mahluk brbahagia.

28. Namo Buddhaya bhante..menurut sy,segala perbuatan tsbt diatas berawal dr diri sendiri,tidak mungkin ada asap kalau tdk ada apinya,tdk mungkin ada akibat kalau tdk ada sebabnya.Bercermin lah kita pd diri sendiri,lht d introveksi pd stiap per...buatan yg dah dilak,ubah tingkah laku d prilaku,kendalikan pikiran ucapan d perbuatan.Jk kita sdh bs melakukan cara tsbt diatas pasti tdk akan ada sgl mcm fitnahan,sindiran atau pun dijelek2kan oleh org lain.Jikalaupun kt sdh berusaha baik tp ttp mendptkan hal2 yg tdk enak, terimalah buah karma buruk tsb dgn lapang dada.Trim

29. Menurut sy apabila ƍtã Ўáňg difitnah disindir đăň dijelek2an Ĩtů tdk masalah yang JªdĨ masalah apabila kita yang memfitnah menyidir đăň menjelek2an,KέŇªa?KãяNª kita tãů ÃĶåň hukum karma,kita tãů sebab đăň akibatnya.sebaiknya kita memaafkan ÕЯªňğ tsb,dgn kita memaafkannya beban pikiran kita ÃĶåň jauh berkurang.drpd kita memikirkan yang membuat kita sakit hati,bukankah masih ßäňųåk tugas Ўáňg dpt lakukan,

30. Namo Buddhaya... Masalah d fitnah di sadari aja,anggap aja membayar perbuatan masa lalu kita atau masa sekarang.doakan aja org yg memfitnah semoga berbahagia dan tidak membuat karma baru lagi shadu shadu shadu

31. Namo buddhaya bhante,menurut saya DIAM adalah emas,malahan mendpt pahala apabila fitnahan itu salah,so kita nga perlu ambil pusing.

32. maaf td comentnya sgj sy buat ky gitu. Mau liat reaksi tmn2. Ternyata kalian sbr smua, coment kalian memang bermutu. Hendaknya dharma itu dipraktekkan. Maaf bhante, kalo sy ngmng kek gt! Bisa buat bhante kesel tp sy rasa bhante adalah org bijaksana. Senang dgn tmn2 yg berjiwa bsr tp tk seorgpun menanggapi koment gua, jgn2 gk dibc lg. Haha... Saat2 sulit masa itulah muncul kebijaksanaan. Salam damai smua.

33. Pakai saja ilmu '' CUCI GUDANG'' dijelek2in, difitnah, itukan barang rusak yg kita buat sendiri diwaktu yg lampau, karma buruk berbuah, nah dikehidupan yg sekarang masukin yg baik2 aja, agar kehidupan yg akan datang keluarnya barang yg baik2 juga.

34. Namo buddhaya bhante,menurut saya DIAM adalah emas,malahan mendpt pahala apabila fitnahan itu salah,so kita nga perlu ambil pusing.

35. Kl ak sih kesal skali ampe rsnya ingn mengutuknya tp ap gunanya kt hrs cape buang tenaga ngomelin dia malah ak yg dpt karma buruk. Cuekin aja yg penting kt ngak buat jahat terserah kat orng. Entar jg kebenaran pasti akan muncul

36. Tuhan maha besar dan Tuhan maha adil...Aku merelakan,aku mengikhlaskan,aku bersbr,aku anggap ini masa lalu karma buruk ku yg harus aku byr masa kehdpan skrg ini.Terima ksh bhante ..Sadhu sadhu sadhu.

37. untuk melupakan masa lalu: pahami masa lalu itu,( sesuatu yg ingin di lupakan yg pasti itu dukkha) kemudian leyapkan.

38. Difficult to forgive.We must admit it.Cause we are human beings.Ever discussed it with my friend.But then, we must realize that nobody is perfect.Everybody ever makes mistakes in his life.Knowing and understanding this fact will help us forgive others.We have love.In buddhist, we know it as"Bodhi".If we can stand on this now, if we can forgive them now,don't force ourselves.Time will heal our "pain".Never have a thought to get revenge.At last,with the love (metta),forgive them even they never apologize. OK?

39. Kalau kita benar kita harus berjuang utk kebenaran itu...dan membimbing org yg sdh mencela atau fitnah kita...itu yg aku lakukan ..dan di ajak meditasi ,mendengarkan dhamma agar dia sadar sendiri...kita harus yakin kebenaran akan terungkap

40. Nammo buddhaya, selamat malam bhante, kl kita tdk merasa bersalah jgn diambil pusing biar orang lain aja yg melihat & menilai nya & kt tinggal ambil hikmah nya dr 41. 41. kejadian ini yg bagus kt ambil & yg buruk kt buang siapa tau ini bs jd pelajaran berharga & berguna nanti nya

42. Namo Buddhaya Bhante. Ikut comment y..tentu berusaha merehabilitasi nama baik dulu..Belajar menerima keadaan bahwa karma buruk sedang berbuah. .supaya tidak membenci y ingat akan kebaikan orang itu.

43. namo buddhaya bhante.klu menurut cyndi.kita harus sabar apapun yg mereka bicarakan tentang kita.anggep saja lgi siaran radio.kita lebih baik diam sbb kita marah2jga percuma.klu marah2tandanya yg diomongin mereka benar tpi klu ga benar yah diem aja.klu kita diem bkn berarti kita kalah.dri pda terpancing emosi lebih baik kita berdoa meminta sma Tuhan agar di berikan kesabaran buat kita&uni orang2yg sudah bicarain&menghina kita.itu sih menurut cyndi loh bhante.BBU

44. Namo Buddhaya. Menurut saya biarkanlah semuanya berlalu.. Jk tdk benar, jgn dimasukkan dlm hati. Jika benar, kita koreksi.
Mengenai melepas masa lalu. Caranya adalah melepaskan diri dari kemelekatan. Sadarilah segala sesuatu itu akan berubah, tidak kekal. Jadi apa yg harus dipertahankan.. BBU.

45. Namaste Bhante : Sedikit mengutip dari Kitab Dhammapada : Syair YAMAKA WAGGA (syair berpasangan).
3. (3) “Ia menghina saya, ia memukul saya, ia mengalahkan saya, ia merampas milik saya.” Selama seseorang masih menyimpan pikiran seperti itu, maka kebencian tak akan pernah berakhir.

4. (4) “Ia menghina saya, ia memukul saya, ia mengalahkan saya, ia merampas milik saya.” Jika seseorang sudah tidak lagi menyimpan pikiran-pikiran seperti itu, maka kebencian akan berakhir.

5. (5) Kebencian tak akan pernah berakhir, apabila dibalas dengan kebencian. Tetapi, kebencian akan berakhir, Bila dibalas dengan tidak membenci. Inilah satu hukum abadi.

6. (6) Sebagian besar orang tidak mengetahui bahwa, dalam pertengkaran mereka akan binasa; tetapi mereka, yang dapat menyadari kebenaran ini; akan segera mengakhiri semua pertengkaran.
Semoga Bisa Memberikan Masukan yang berguna bagi setiap orang...BBU
45. Wah pas bgt nih pertanyaan ma yg q alami skrg, lau q nanggapinx santai n diam az dlm artian tdk nyerang balik coz q yakin lama-kelamaan akn tau dmana letak kekeliruan ato kesalahanx, y memang kita butuh ksabaran tetapi tdk butuh pembenaran dlm menyadarix.

46. Sedikit saya akan menjawab prtanyaan diatas. Kita di fitnah,dijelek2an, di sindir?? Sikap kita yang benar adalah bersabar, karena mereka yang menjelek2an kita, memfitnah kita dan menyindir kita? Mereka adalah GURU-GURU KESABARAN YG SEJATI! Sekian jawaban dari saya.

47. kalo kita difitnah,dijelek2kan,dan disindir biarkan aj...apa lagi kalo kt gak lakuin kesalahan it.berpikir positif aj..kan setiap manusia punya kamma nya masing2.anggap saja kamma buruk kita dimasa lampau berkurang...

48. Tanya; sampai hr ini,kt yg sdh difitnah,disindir,dijelek2 kan.Sikap apa yg harus kt lakukan ? belajar merimalah apa yg tak dapat di terima,menerima apa yg enak enak .. itu manusia biasa, menerima apa yg tak dapat diterima... itu m...anusia luar biasa
Membalas dendam pada, pembuat onar hanya memperbanyak masalah
dan gangguan kehidupan. Kita harus menyadari perasaan negatif hanya
akan membawa penderitaan dan luka pada kita maupun pada pembuat onar.
Usaha mengambil tindakan pembalasan,berarti menanam kebencian
di dlm hati. Kebencian seperti racun, maka racun tersebut akan melukai kita terlebih
dahulu sebelum melukai org lain.
Dgn membenci org lain kita membiarkan org lain menguasai kita.
Kita jgn menyera begitu saja,bahwa bukan diri kita yg berbuat salah,
maka kita cukup membalas sebuah senyum yg tulus, selalu menampil keceriaan
wajah, maka diri kitalah pemenangnya. Tanpa mereka sadari
sebenarnya sikap buruk mereka justru mengasah hati nurani kita semakin
tajam.Kita sdh merasakan dihina,dihasut,difitnah,dll. Dgn demikian kita tdk
akan berani melakukan sikap buruk yg sama. Bahkan kebaikan hati kita
semakin indah terpancar, dlm sikap maupun perbuatan kita.
Kita berusaha bersikap manis sebagai bentuk terimakasih kpd org yg
menyebabkan kita sakit hati,bagaimanapun mereka yg menginspirasi
kita lebih terkontrol utk tdk berbuat sesuatu yg menyakiti org lain.
NAMO BUDDHAYA SALAM METTA.


49. Kita harus bersabar terhadap apa yang mereka katakan, Mengapa?
Kesabaran dan keyakinan adalah hal yang paling utama. Anggaplah orang tersebut tidak ada.Jika kita mengejek dia kembali,pasti akan timbil kebencian.
Lupakanlah hal-hal yang pernah terjadi.Kita harus melihat hari esok.
Jangan pernah kembali lagi ke masa lampau.


Kesimpulan:
Teman2 trimakasih atas komentarnya yang amat berguna bagi yang sedang mengalami hal itu, kalau diistilahkan;orang komen itu seperti penonton bola. Yang bisa tahu dan lihat kesalahan orang yang main bola, coba anda bayangkan sebgai penonton yang suka sorak-sorak dan sumpah serapahi pemain bola. Sedang pemain bolanya malah pusing tujuh keliling, sudah kerja mati-matian tapi tetap disalahkan. Orang yang tidak mengalami seperti pertanyaan diatas, memang bisa bicara mirip Buddha.

Jadi tidak mudah mengatasi masalah yg rumit misal conth:Cut-Tari, Luna Maya yg posisinya sebagai wanita, tiba-tiba kasusnya beredar sampai ke luar negeri.Kalau yang menasihati gampang, lupakan saja, kan sudah berlalu, asal bsk jng bikin lagi.Tapi lain certa bagi yg mengailami, butuh waktu lama untuk memulihkan kondisi batin sepeti semula.Coba kalau anda punya masalh yg rumit lalu renungkan.

Inilah manfaatnya kita perlu berbagi saling memberi dan menerima masukan pendapat. Dengan cara ini paling tidak, bisa meringankan beban psikologi mereka yang sedang mereka alami seperti pertanyaan diatas.

Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma dan semua makhluk yang telah meninggal, semoga mereka menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.
Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhul hidup bahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" NAMA-NAMA BUDDHIS "

“大悲咒 | Ta Pei Cou (Mahakaruna Dharani) & UM-MANI-PAD-ME-HUM”

“ Fangshen cara membayar Hutang Karma Buruk dengan cepat dan Instan “